Jurnal Lensa Pendas
Vol 1 No 1 (2016): September 2016

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN 1 SAMPAI 500 DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERNYANYI DENGAN MEDIA HITUNG JARI PADA SISWA KELAS II SDN CISUKADANA KABUPATEN KUNINGAN

Yuliah Yuliah (SD Negeri Cisukadana Kabupaten Kuningan)
Nana Sutarna (STKIP Muhammadiyah Kuningan)
Jojo Artija (SD Negeri Cisukadana Kabupaten Kuningan)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2016

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan dilapangan bahwa hasil belajar matematika terutama dalam operasi hitung bilangan 1 sampai 500 masih rendah. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui peningkatkan pembelajaran dengan menggunakan metode bernyanyi dengan media hitung jari, siswa kelas II SD Negeri Cisukadana Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan melalui penggunaan metode bernyanyi. Metode Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua Siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri Cisukadana sebanyak 15 siswa. Hasil Penelitian didapatkan bahwa pemanfaatan metode bernyanyi dengan media hitung jari dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD Negeri Cisukadana Kec. Kadugede Kab. Kuningan. Hal ini dibuktikan adanya perkembangan pemahaman hasil belajar siswa. Adapun hasil yang dicapai dari setiap siklus adalah siklus I dikualifikasikan kurang (K) yang rata-rata skor nilai keseluruhan siswa mencapai 20%, untuk siklus II dikualifikasikan sangat baik (SB) yang rata-rata skor nilai keseluruhan siswa mencapai 93,3%.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

lensapendas

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Lensa Pendas merupakan majalah publikasi artikel ilmiah Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memuat karya tulis ilmiah berkaitan dengan IPTEK terkait dengan pendidikan dasar, ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala. Lensa Pendas menjadi ...