Texture : Art and Culture Journal
Vol 1, No 2 (2018)

DI BALIK CITRA IKLAN SHAMPOO PANTENE (Makna Bias Gender pada Iklan Pantene versi Labels Against Women di Televisi).

Rahmi Dyah Pratiwi (Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta)
Handriyotopo Handriyotopo (Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2019

Abstract

ABSTRACTThis papaer is research on Pantene Shampoo advertisement Labels Against Women which visualizes gender bias and sexism. The aims are to find out messages, to outlines images conveyed through audio-visual advertising by comparing gender culture in Indonesia. Using qualitative descriptive research methods through Julia Kristeva’s intertextual semiotic analysis. Analyze the frames of each scene to describe the ad as a whole, describing signs that contain elements of gender culture. As a result, this Pantene advertisement campaigned for gender equality, and determined working women as the targets. Keywords: advertisingPantene, gender, semiotics, and intertextuality.ABSTRAKPenelitian iklan Shampoo Pantene “Labels Against Women” memvisualkan bias gender dan seksisme untuk mengetahui pesan-pesan, menguraikan citra yang disampaikan melalui audio-visual iklan dengan mengkomparasikan sbudaya gender di Indonesia. Menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif melalui analisis semiotika intertekstualitas Julia Kristeva. Menganalisis frame tiap adegan untuk menggambarkan iklan secara keseluruhan, mendeskripsikan tanda yang mengandung unsur budaya gender. Hasilnya, iklan Pantene ini mengkampanyekan kesetaraan gender, dan menentukan wanita pekerja sebagai konsumen.Kata kunci: iklan Pantene, gender, semiotika, dan intertekstualitas.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

TXT

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Texture art and culture journal, memuat artikel hasil penelitian ilmiah dalam spektrum penciptaan dan pengkajian seni rupa dan budaya. Lokus seni rupa berfokus pada praktik artistik dalam beragam medium ungkap, baik dua dimensi, tiga dimensi, hingga ragam praktik seni intermedia. Budaya dilihat ...