Jurnal Vokasi Indonesia
Vol 7, No 1 (2019): Vol. 7, No.1 January-July

MITIGASI RISIKO DAN KLAIM ASURANSI PENGIRIMAN BARANG EKSPOR PADA PERUSAHAN INTERNASIONAL FREIGHT FORWARDER (Studi Kasus pada PT. MSA Kargo Surakarta)

Sarjiyanto Sarjiyanto (Universitas Sebelas Maret)
Handayani Tri Septian (Program Diploma III Manajemen Perdagangan Universitas Sebelas Maret, Surakarta Jawa Tengah)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penemuan studi lapangan bahwa ekspotir pemula masih banyak yang tidak mengerti tentang risiko perdagangan internasional beserta mitigasinya. Sehingga dibutuhkan peran perusahaan freight forwarder untuk membantu pelaksanaan pengiriman barang ekspor supaya eksportir pemula tidak kesulitan dan mendapatkan jaminan atas pengiriman barang ekspornya. PT MSA Kargo adalah perusahaan bergerak dibidang jasa pengiriman barang dalam-maupun luar negeri yang mempunyai prinsip kerja move fast-move save. Bentuk perwujudan prinsip kerja tersebut adalah PT MSA Kargo melakukan inovasi produk jasa ekspor handling dengan menambahkan analisis risiko beserta mitigasinya. Hasil penelitian meliputi risiko yang muncul dalam pengiriman barang ekspor ada dua yaitu risiko pembayaran dan risiko pengiriman; analisis mitigasi risiko yang dilakukan MSA dilakukan melalui empat tahapan (identifikasi bahaya, penilaian risiko, manajemen risiko, dan komunikasi risiko); mekanisme klaim dilakukan saat eksportir melayangkan surat klaim kepada MSA yang akan diteruskan dan diurus oleh MSA kepada pihak perusahaan asuransi sebagai penanggung. Saran dari penelitian yaitu menambahkan konteks buyer pada analisis risiko untuk mencegah non-payment, dalam proses komunikasi risiko hendaknya MSA lebih bisa mempengaruhi eksportir untuk melakukan cover menyeluruh supaya MSA bisa melakukan pencegahan maksimal dan eksportir tidak rugi besar serta kredibilitas MSA akan tetap aman dimata konsumen.Kata Kunci : Barang Ekspor, Manajemen risiko ekspor, klaim pengiriman barang ekspor.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jvi

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Vokasi Indonesia is a applied and scientific journal which publishes original articles on new knowledge, research or applied research and other development related to vocational issue. The journal is published by Vocational Program universitas Indonesia and provides a broad-based forum for ...