PEDAGOGIA
Vol 17, No 1 (2019)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN VISUAL SPASIAL

-, Subrata (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2019

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pejalaran geografi melalui pendekatan visual spasial  di kelas XII IPS 2 SMAN 1 Pagaden. Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan alur penelitiannya yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Alur tersebut disusun sehingga membentuk suatu siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 di XII IPS 2 SMAN 1 Pagaden Tahun Pelajaran 2017/2018. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan wawancara. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahw rata-rata siswa pada siklus pertama mendapatkan nilai yang di bawah KKM hanpir mencapai angka 69,85%, tetapi pada siklus kedua setelah diterapkan suatu model pembelajaran yang berbeda dapat meningkatkan hasil belajar siswa hingga pada tes yang dilakukan pada siklus kedua siswa yang mendapatkan niilai di atas KKM hingga 82,03%. Hal ini menunjukan progres yang baik, sehingga pendekatan visual-spatial dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat diterapkan oleh guru-guru yang lainnya. AbstractThis study aims to improve student learning outcomes in geographic course through a visual spatial approach in class XII IPS 2 of SMAN 1 Pagaden. The method used in this research is Action Research with its research flow, namely planning, action, observation and reflection. The flow is arranged so that it forms a cycle. The subjects of the study were students of class XI IPS 2 at XII IPS 2 in SMAN 1 Pagaden 2017/2018 academic year. Data collection uses questionnaires, observation and interviews.. The results obtained from this study show that on average the students in the first cycle get scores under the Hanpir KKM reaching 69.85%, but in the second cycle after being applied a different learning model can improve student learning outcomes until the tests performed in the second cycle students who scored above the KKM were 82.03%. This shows good progress, so the visual-spatial approach can be an alternative that can be applied by other teachers.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pedagogia

Publisher

Subject

Education

Description

PEDAGOGIA (e-ISSN 2579-7700, p.ISSN 1693-5276 is a peer-reviewed (double blind review) journal published by Faculty of Education, Indonesia Univerity of Education. The goal of this journal is to facilitate scholars, researchers, and teachers for publishing the original research articles or review ...