Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 5, No 3 (2017): Jurnal Kreatif Online

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Pengaruh Gaya Terhadap Gerak Benda di Kelas IV SDN 1 Ogowele

Andriani, Andriani (Unknown)
AS.A., Mestawaty (Unknown)
Paudi, Ritman Ishak (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2017

Abstract

Masalah utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa terhadap pembelajaran IPA tentang pengaruh gaya terhadap gerak benda. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, maka peneliti menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan penelitian mengacu pada desain Kemmis dan Mc Taggart, yang terdiri (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Tindakan dalam penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Ogowele, terdiri 30 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, bahwa hasil belajar siswa pada siklus I masih rendah yakni hanya 19 Orang Siswa yang memperoleh nilai 80 dengan ketuntasan belajar siswa 63,3%, pada siklus ke dua meningkat menjadi 28 orang siswa mencapai ketuntasan belajar 93,3%, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang pengaruh gaya terhadap gerak benda di kelas IV SDN 1 Ogowele.

Copyrights © 2017