EDUKASIA
Vol 13, No 1 (2018): EDUKASIA

PENGUATAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MADRASAH ALIYAH DI KUDUS

Ihsan, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2019

Abstract

Secara politis dan yuridis eksistensi madrasah sebagai lembaga pendidikan semakin kokoh dengan keluarnya Undang-Undang No. 2 Tahun 1989 dan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003  beserta berbagai regulasi turunannya.  Satu sisi regulasi tersebut telah menghantarkan madrasah pada posisi setara dan sederajat bahkan sama dengan sekolah umum. Namun pada sisi lain kedudukan tersebut menghadapkan madrasah pada tantangan dan dilema yang sulit terutama bila dikaitkan dengan kondisi objektifnya. Dampak secara umum dari status baru tersebut, setidaknya menurut beberapa kalangan tertentu, adalah menurunnya kemampuan/penguasaan ilmu agama para lulusan madrasah. Model Penguatan Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan mengadopsi sistem pendidikan pesantren ini secara konseptual merupakan manifestasi dari divinity based education.  Secara teknis model ini mengadopsi konsep boarding school  dan/atau  full days school. Dengan konsep ini diharapkan tidak akan ada lagi kendala keterbasan waktu untuk proses pendidikan dan pembelajaran yang berorientasi pada kualitas. Karena dengan konsep ini pendidikan dan pembelajaran di MA tidak hanya dalam formal kurikulum tetapi juga hidden curriculum. Berangkat dari realitas objektif dan tipologi MA di Kudus, Model Penguatan Madrasah Aliyah Berbasis Pesantren sebagai model yang ditawarkan sebagai hasil dari penelitian ini dikelompokkan  ke dalam tiga model, yaitu: (1) Madrasah Pesantren (MP), (2) Madrasah Lingkungan Pesantren (MLP), dan (3) Madrasah Sistem Nilai Pesantren (MSNP).  Untuk implementasi tiga model tersebut bersifat alternatif sesuai dengan konteks dan kapasitas masing-masing MA. From political and regulatory viewpoints, the existence of Madrasahs as educational institutions get stronger with the issue of Regulation No. 2 Year 1989 and Regulation No. 20 Year 2003 and their derivative regulations. On the one hand, the regulations have helped facilitate the madrasahs get equal footing with public schools – even to some enjoy equal status  with public schools – and on the other hand, this new position confronts madrasahs with the challenges due to the fact that many of them have inferior resources. Conceptually, this Islamic boarding-based madrasah model is manifestation of divinity based education concept. Technically, this model adopt concept boarding school and/or full-day school. With this model, it is hoped that there will no more limitation of time to offer quality teaching and education. This model will not only let the madrasahs offer formal curriculum but hidden curriculum as well. Departing from the objective realities and the typology of madrasah aliyah in Kudus, the Islamic boarding-based madrasah as a model offered in this study is classified into three different models, i.e. (1) Pesantren (Islamic boarding) madrasah, (2) Pesantren Environment Madrasah, (3) Pesantren Values System Pesantren. As to implement these models, it is suggested that the madrasah will choose either one of the three which suits best to their contexts and capacities.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Edukasia

Publisher

Subject

Education

Description

Articles to be received and published in the Journal of EDUKASIA are included in the scope of Islamic ...