Perspektif Ilmu Pendidikan
Vol 33 No 1 (2019): Perspektif Ilmu Pendidikan

IMPLEMENTASI METODE BERMAIN DALAM PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI DI SEKOLAH DASAR

Sumbara Hambali (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode bermain terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Kota Cimahi. Metode penelitian yang digunakan adalah True Eksperimen dengan desain Randomize Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar di Kota Cimahi, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar passing bawah bolavoli yang menekankan pada penilaian proses. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pengujian hipotesis didapat nilai signifikansi sebesar 0,000, yang dimana nilai tersebut < 0,05. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa implementasi metode bermain pada pembelajaran bolavoli memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli di Sekolah Dasar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pip

Publisher

Subject

Education

Description

Perspektif Ilmu Pendidikan published by Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Perspektif Ilmu Pendidikan contained results of the research which focused about education from practitioners, academics, researchers, and education ...