Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika
Vol 6, No 2 (2017): KOMUNIKA

IMAGE PROCESSING WARNA UNTUK PROSES INTERUPSI LED PADA LAMPU LALU LINTAS BERBASIS OPEN CV

Prihatin Oktivasari (Program Studi Teknik Informatika, Konsentrasi Teknik Komputer dan Jaringan, Politeknik Negeri Jakarta)
Erwin Ardiansyah (Program Studi Teknik Informatika, Konsentrasi Teknik Komputer dan Jaringan, Politeknik Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2017

Abstract

Lampu lalu lintas merupakan alat yang digunakan untuk mengatur kendaraan bermotor pada sebuah persimpangan jalan agar tidak terjadi kemacetan dan arus kendaraan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Kemacetan lalu lintas bisa menyebabkan pengurangan efisiensi waktu dan biaya. Kendaraan darurat seperti ambulan, pemadam kebakaran dan kendaraan polisi yang akan melintasi lampu lalu lintas juga pasti akan terhambat di perjalanan untuk melakukan pertolongan darurat ke tempat tujuan. Dalam penelitian ini, dilakukan perancangan sistem cerdas pengaturan lampu lalu lintas untuk kendaraan darurat dengan menggunakan image processing berbasis OpenCV dan phyton programming. Citra yang diolah berupa objek warna contessa. Sistem ini memiliki delay yang sangat kecil dalam pergerakan objek yang lamban, sehingga dapat bermanfaaat bagi kendaraan darurat seperti ambulan, pemadam kebakaran dan kendaraan kepolisian agar tidak terjebak kemacetan pada persimpagan traffic light. Kondisi maksimum citra warna contessa yang dapat ditangkap terbaik oleh kamera dan sistem berjalan optimal yaitu pada jarak maksimum 90 cm, intensitas cahaya 9600 lumen dengan delay untuk proses interupsi LED berubah warna hijau adalah 0 detik.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

komunika

Publisher

Subject

Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Komunika is a scientific communication media publishing research finding/critical analysis focused on communication, media, and information technology. It is published twice in a year, in June and ...