Bullying merupakan perilaku agresif yang ditunjukan oleh seseorang untuk menunjukan sikap seperior terhadap yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian bullying di SMA BUNDA Padang tahun 2017. Jenis penelitian deskriptif corelasi dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan di SMA BUNDA Padang dengan populasi seluruh siswa/siswi kelas X dan XI sebanyak 68 orang. Penelitian dengan cara wawancara menggunakan kuesioner yang dianalissis secara univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat kejadian bullying sebanyak 57,4 %, kecerdasan emosional siswa yang rendah sebanyak 39,7 %, pengaruh teman sebaya sebanyak 45,6 % dan pengaruh lingkungan sekolah sebanyak 47,1 %. Hasil uji statistik terdapat hubungan yang bermakna antara kecerdasan emosional, teman sebaya, dan lingkungan sekolah dengan kejadian bullying. Diharapkan kepada guru BK untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa menjadi lebih baik, yaitu mengaktifkan aktivitas anti bullying dan program SAHABAT yang mengandung unsur perilaku, kognitif dan emosi, dengan tujuan menanggulangi kejadian bullying.
Copyrights © 2019