cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. blitar,
Jawa timur
INDONESIA
Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and thinking about the development of education and learning, Science and Technology.
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2017): Volume 2 Nomor 1, Februari 2017" : 16 Documents clear
Supervisi Akademik Bentuk Tsubasa Meter untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Srikah Srikah
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 2, No 1 (2017): Volume 2 Nomor 1, Februari 2017
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.533 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v2i1.22

Abstract

Berdasarkan supervisi kelas, proses pembelajaran matematika didapatkan bahwa dalam menyusun rencana pembelajaran dan pelaksanaan masih rendah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan 2 siklus. Subjek pada penelitian ini adalah guru matematika dan siswa kelas IV SDN Wonodadi-1 Kutorejo Mojokerto yang berjumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data yaitu observasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi penyusunan RPP, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran dan lembar tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa melalui supervisi akademik dengan penerapan media Tsubasa Meter pada materi satuan panjang meningkatkan profesionalisme guru dan hasil belajar siswa.
Dewan Editorial Dewan Redaksi
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 2, No 1 (2017): Volume 2 Nomor 1, Februari 2017
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.264 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v2i1.33

Abstract

BRILLIANT JURNAL RISET DAN KONSEPTUAL Volume 2, Nomor 1, Februari 2017, Halaman 1 - 123 P-ISSN: 2541-4216 E-ISSN: 2541-4224 Laman E-Jounal BRILLIANT www.journal.unublitar.ac.id/briliant
Peningkatan Hasil Belajar Melaporkan Isi Bacaan melalui Metode Diskusi Karyadi Karyadi
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 2, No 1 (2017): Volume 2 Nomor 1, Februari 2017
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.347 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v2i1.28

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas II SD Negeri 3 Depok Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek semester I Tahun pelajaran 2012/2013. Dari hasil analis didapatkan bahwa metode diskusi memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (ketuntasan belajar meningkat dari sklus I, II, dan III) yaitu masing-masing 64,00%, 80,00%, dan 88,00%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode Diskusi mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Penggunaan Media Wayang untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Pendek Widayati Widayati
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 2, No 1 (2017): Volume 2 Nomor 1, Februari 2017
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (115.386 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v2i1.23

Abstract

Berdasarkan observasi, pembelajaran inilah yang membuat peneliti merasa ingin melakukan pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk meningkatkan hasil belajar di SD tersebut dengan berkolaborasi dengan gurunya. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes dan lembar angket. Subyek penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SDN Kepuharum Kutorejo. Prosedur penelitian meliputi tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data dapat dilihat hasil tes siswa menunjukkan bahwa keterampilan menyimak cerita pendek meningkat. Pada pra siklus hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 55. Siklus I dengan nilai rata-rata 65 dan siklus II dengan nilai rata-rata 85.
Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Penjasor dalam Menerapkan Metode Demonstrasi pada Latihan Kebugaran Jasmani Anwar Anwar
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 2, No 1 (2017): Volume 2 Nomor 1, Februari 2017
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (124.769 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v2i1.18

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (a) mendeskripsikan peningkatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, (b) mendeskripsikan bagaimana peningkatan hasil belajar latihan dasar kebugaran dalam pendidikan jasmani pada siswa setelah diterapkannya metode domonstrasi, (c) mengetahui motivasi belajar latihan dasar kebugaran dalam pendidikan jasmani setelah diterapkannya metode domonstrasi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran Sasaran. Subyek penelitian ini adalah guru penjasor dan Siswa Kelas V SD Sampangagung 2. Dari hasil analisis didapat bahwa supervisi Akademik dengan penerapan metode domonstrasi mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan kompetensi guru dan hasil belajar siswa.
Peningkatan Prestasi Belajar Sumberdaya Alam melalui Metode Demonstrasi Siswa Kelas IV SD Supriyanto Supriyanto
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 2, No 1 (2017): Volume 2 Nomor 1, Februari 2017
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.375 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v2i1.29

Abstract

Kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran IPA walaupun guru sudah berusaha semaksimal mungkin tanpa di barengi metode yang relevan dengan materi pembelajaran maka hasilnya tidak akan memuaskan. Pengalaman membuktikan bahwa melihat dari perolehan hasil ulangan akhir semester untuk mata pelajaran IPA selalu berada di bawah rata-rata, yaitu 65. Ketuntasan secara klasikal masih belum tercapai dari yang ditetapkan yaitu 85 %, ketuntasan klasikal masih mencapai 68 %. Permasalahan rendahnya ketercapain ketuntasan secara klasikal dapat diataasi dengan penggunaan medode demontrasi dalam pembelajaran sumber daya alam. adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan prestasi belajar ipa tentang sumber daya alam melalui metode demonstrasi siswa kelas IV di SDN 2 Suko Kidul
Model Pembelajaran Tugas Terstruktur untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar dalam Mengenal Makna Peninggalan Sejarah Wulyaningsih Wulyaningsih
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 2, No 1 (2017): Volume 2 Nomor 1, Februari 2017
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (143.944 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v2i1.24

Abstract

Tujuan penelitian tindakan ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran terstruktur dengan pemberian tugas terhadap hasil belajar Pengetahuan Sosial. (b) Untuk mengungkap pembelajaran terstruktur dengan pemberian tugas terhadap motivasi belajar Pengetahuan Sosial. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. subyek penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN Bendung-1 Kec. Jetis Kabupaten Mojokerto. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65%), siklus II (71%), siklus III (81%). Berdsarkan penelitian ini adalah menunjukkan bahwa model pembelajaran terstruktrur dengan pemberian tugas dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa SDN Bendung-1 Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto.
Penerapan Model Treffinger dengan Media Colorcard untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Djemari Djemari
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 2, No 1 (2017): Volume 2 Nomor 1, Februari 2017
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (41.824 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v2i1.35

Abstract

Perkembangan globalisasi yang pesat menimbulkan banyak pengaruh untuk berbagai kalangan salah satunya adalah anak-anak usia SD. Sehingga pembelajaran untuk mengembangkan kognitif dan afektif sangat diperlukan untuk menyaring pengaruh globalisasi tersebut. Jadi, membelajarkan Matematika yang salah satu mata pelajaran dalam ranah kognitif dan memasukan ranah afektif pembelajaran. Dalam kenyataannya pembelajaran tersebut diperlukan untuk anak SD Kelas 6 di SDN Tumpakrejo 5. Sehingga, membelajarkan Matematika pada materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan dengan memasukkan nilai afektif ke dalamnya menggunakan Model pembelajaran Treffinger dengan media Color Card. Pembelajaran ini memiliki tujuan meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas 6 dengan menumbuhkan nilai afektif.
Penerapan Model Kooperatif STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan Akhmad Bisri Arifin
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 2, No 1 (2017): Volume 2 Nomor 1, Februari 2017
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (86.393 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v2i1.19

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan selama 2 siklus dengan subyek siswa kelas V sebanyak 29 siswa di SDN Kaligoro Kecamatan Kutorejo Tahun 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian selama dua siklus diperoleh prosentase aktivitas peserta didik dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD meningkat menjadi 86,7 % pada siklus II dan dikategorikan sangat aktif. Hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD perolehan nilai rata-rata peserta didik pada siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 80,17 dengan prosentase ketuntasan 93,10%.
Konselor Sebaya: Pemberdayaan Teman Sebaya dalam Sekolah Guna Menanggulangi Pengaruh Negatif Lingkungan Sarmin Sarmin
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 2, No 1 (2017): Volume 2 Nomor 1, Februari 2017
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.603 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v2i1.30

Abstract

Hubungan sebaya memiliki peranan yang kuat dalam kehidupan remaja. Hubungan sebaya menimbulkan suatu hubungan saling percaya antar teman sebaya. Hubungan ini dapat menimbulkan suatu perilaku dimana remaja lebih percaya terhadap teman sebaya daripada dengan orang tua Sehingga pembentukan dan pelatihan konselor sebaya dapat menjadi suatu pilihan yang tepat dalam upaya membentengi anak atau remaja dari pengaruh negative lingkungan. Hal ini juga yang diterapkan oleh dinas pendidikan kota Surabaya yang mana berhasil menekan dan menanggulangi perilaku menyimpang siswanya. Dalam pemberdayaan ini hendaknya guru tetap memberikan pembinaan, pelatihan dan pendampingan.

Page 1 of 2 | Total Record : 16


Filter by Year

2017 2017