cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. blitar,
Jawa timur
INDONESIA
Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and thinking about the development of education and learning, Science and Technology.
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 4 (2017): Volume 2 Nomor 4, November 2017" : 16 Documents clear
Penerapan Metode Usmani dalam Pembelajaran Al-Qur’an Santri TPQ Nurul Iman Garum Blitar Abidatul Hasanah
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 2, No 4 (2017): Volume 2 Nomor 4, November 2017
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.901 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v2i4.107

Abstract

Metode  Usmani ini sebenarnya adalah metode dari ulama’ salaf yang telah hilang, dikarenakan ada beberapa percobaan metode-metode baru yang belum pernah ada, yang mungkin bisa lebih mudah dan cepat dalam belajar membaca Al-Qur’an. Tetapi pada kenyataannya, banyak bacaan-bacaan Al-Qur’an yang masih menyalahi dan tidak sesuai dengan kaidah-kaidah tajwid. Untuk itulah penulis memilih Metode Usmani untuk dijadikan sebuah penelitian. Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan Metode Usmani dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an metode ceramah, tanya jawab, latihan, eksperimen dan drill serta menggunakan teknik mengajar menggunakan Metode Usmani yaitu individual  dan klasikal.
Penerapan Problem Based Learning dengan Resitasi terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Mata Kuliah Auditing Linawati Linawati
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 2, No 4 (2017): Volume 2 Nomor 4, November 2017
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.662 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v2i4.102

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan aktivitas belajar dan hasil belajar mahasiswa menggunakan pendekatan pembelajaran Problem Based Learning dengan metode resitasi  dengan pembelajaran secara konvensional pada mahasiswa akuntansi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain true experimental design. Model eksperimen yang digunakan adalah pretest-posttest control group design dengan satu macam perlakuan. Sampel dalam penelitian adalah Mahasiswa tingkat III akuntansi, Universitas Nusantara PGRI Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan aktivitas belajar dan hasil belajar mahasiswa menggunakan pendekatan Problem Based Learning dengan metode resitasi dibandingkan dengan menggunakan pendekatan konvensional. Aktivitas belajar dan hasil belajar mahasiswa menggunakan pendekatan Problem Based Learning dengan metode resitasi daripada aktivitas belajar dan hasil belajar mahasiswa dengan pendekatan konvensional.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Question Student Have (QSH) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pengukuran pada Siswa Kelas IV Aminudin Aminudin
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 2, No 4 (2017): Volume 2 Nomor 4, November 2017
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (39.775 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v2i4.106

Abstract

Pelajaran matematika di kelas IV dari 30 siswa yang telah mengalami belajar tuntas baru 14 siswa (46,7%) sementara 16 siswa (53,3%) mendapat nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) atau belum memenuhi belajar tuntas dengan nilai rata-rata 59,1. Padahal KKM yang telah ditentukan pada pelajaran matematika adalah 70. Untuk mengatasi hal tersebut salah satu alternatifnya adalah dengan memilih model pembelajaran yang tepat. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have (QSH) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung perkalian dan pembagian pada kelas IV SDN Sukorejo 1 Kota Blitar.
Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Organisasi melalui Model Numbered Head Together di Kelas V Endah Tri Wahyuni
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 2, No 4 (2017): Volume 2 Nomor 4, November 2017
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (142.326 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v2i4.111

Abstract

Penelitian peningkatan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan melalui model Numbered Heads Together bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Numbered Heads Together dalam pendidikan kewarganegaraan dengan materi organisasi dan menggambarkan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Numbered Heads Together. Ini akan sangat berguna bagi siswa dan guru dalam belajar. Model Numbered Heads Together juga dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan (1) Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together pada pembelajaran PKn dilaksanakan guru dengan baik dan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran Numbered Heads Together, (2) siklus I, ketuntasan belajar klasikal mengalami peningkatan sebesar 67% dengan kualifikasi cukup dan pada siklus II ketuntasan klasikal meningkat menjadi 92% dengan kualifikasi sangat baik.
Menjadi Modern dan Religius: Perguruan NU di Blitar 1950an-1970an Saiful Hakam
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 2, No 4 (2017): Volume 2 Nomor 4, November 2017
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.212 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v2i4.119

Abstract

Kajian ini merupakan kajian pustaka. Hal yang diutamakan ialah pembacaan penuh atas buku-buku yang membahas tentang sepak terjang NU di ranah agama, politik, sosial, dan ekonomi. Selain itu, penelitian ini adalah penelitian historis.. Hasil Kajian menunjukkan perguruan NU berusaha membangun umat. Perguruan NU berusaha membangun kader-kader terbaik NU dengan cara mendidik para santri menjadi modern dan memiliki pengetahuan umum yang luas dan mendapatkan ijasah negara. Beberapa dari alumni kemudian melanjutkan pendidikan sekolah menengah hingga perguruan tinggi khususnya IAIN. Setelah lulus banyak dari mereka yang kemudian duduk sebagai birokrat di Kementerian Agama di tingkat lokal, regional, maupun pusat.
Menumbuhkan Kebiasaan Membaca Buku Pelajaran melalui Media Ular Tangga Erna Nur'aini
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 2, No 4 (2017): Volume 2 Nomor 4, November 2017
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (86.638 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v2i4.58

Abstract

Kebiasaan membaca sebenarnya berbeda dengan minat membaca.Pada kebiasaan membaca, motifnya bukan lagi hanya untuk mendapat pengalaman emosional yang mengasyik­kan tetapi juga untuk mendapat informasi atau pengetahuan baru.Permainan ular tangga merupakan salah satu alat permainan yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran.Permainan ini dapat dimainkan untuk semua mata pelajaran dan semua jenjang kelas.Dengan permainan ular tangga ini siswa lebih termotivasi untuk membaca buku sebelum maupun sesudah pembelajaran, sehingga kebiasaan membaca buku pelajaran dapat ditumbuhkan.
Islam dalam Bingkai Ke-Indonesiaan: Toleransi Sebagai Pilar keberagamaan yang Humanis Setiamin Setiamin
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 2, No 4 (2017): Volume 2 Nomor 4, November 2017
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.802 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v2i4.114

Abstract

Tulisan ini mendiskusikan tentang bagaimana sikap sebagian masyarakat muslim Indonesia dalam beragama. Serta mengungkap terjadinya kesenjangan antara pesan ideal Islam dan realita yang ada. Terjadi pula oposisi antara pemahaman yang disuarakan dengan praktik yang dilakukan. Kesenjangan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Tulisan ini kemudian menghasilkan kesimpulan bahwa Islam adalah agama yang menjunjung tinggi hak-hak manusia. Islam merupakan solusi atas permasalahan, bukan sumber permasalahan. Kehadiran Islam sesungguhnya untuk menyatukan umat, bukan memecah-belah kebersamaan. Dalam hal ini, toleransi menjadi solusi terpenting untuk mewujudkan kedamaian dan persaudaraan dalam bingkai kehidupan masyarakat Indonesia yang plural dan multikultural.
Cover Briliant Volume 2 Nomor 4, November 2017 Dewan Redaksi
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 2, No 4 (2017): Volume 2 Nomor 4, November 2017
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (843.736 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v2i4.121

Abstract

Cover Briliant Volume 2 Nomor 4, November 2017
Efektivitas Media Huruf Bergambar Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Bagi Siswa Tunagrahita Ringan Riska Ayu
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 2, No 4 (2017): Volume 2 Nomor 4, November 2017
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.618 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v2i4.110

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahita ringan kelas I SDLB BC Kepanjen Kabupaten Malang sebelum diberikannya perlakuan, (2) untuk mengetahui kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahita ringan kelas I SDLB BC Kepanjen Kabupaten Malang sesudah penggunaan media huruf bergambar, (3) untuk mengetahui efektivitas media huruf bergambar terhadap kemampuan emnulis permulaan siswa tunagrahita ringan kelas I SDLB BC Kepanjen Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain One Group Times Series Desain. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh media huruf bergambar terhadap kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahita ringan kelas I SDLB BC Kepanjen Kabupaten Malang.
Metode Belajar Menurut Imam Zarnuji: Telaah Kitab Ta’lim Al Muta’alim Arif Muzayyin Shofwan
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 2, No 4 (2017): Volume 2 Nomor 4, November 2017
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.226 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v2i4.96

Abstract

Sebelum para pakar Barat memperkenalkan metode belajar kepada dunia secara luas, sebenarnya Islam sudah memiliki metode belajar sendiri untuk para pelajar. Metode belajar tersebut telah ditulis oleh salah satu intelektual muslim abad pertengahan yang bernama Imam Zarnuji dalam kitab berjudul Kitāb Ta’līm al-Muta’allim. Tulisan ini bertujuan menelaah sekelumit biografi Imam Zarnuji dan metode belajar yang ditawarkan. Adapun metode penulisan dalam penelitian ini menggunakan riset perpustakaan dengan mengambil berbagai literatur yang sesuai  dengan kajian. Tulisan ini menghasilkan dua temuan, yaitu: Pertama, Imam Zarnuji merupakan salah satu intelektual muslim abad pertengahan yang telah menulis metode belajar secara sistematis sebelum para pakar Barat memperkenalkan metode belajar modern. Kedua, dalam pandangan Imam Zarnuji, apabila para pelajar ingin sukses mendapatkan manfaat dari ilmu pengetahuan, maka ada dua hal yang harus dilaksanakan, yaitu: (1) hendaknya melakukan dengan benar ketika menapaki jalan atau metode dalam menempuh ilmu pengetahuan; (2) hendaknya melaksanakan syarat-syarat dalam menempuh ilmu pengetahuan. Dengan melaksanakan kedua hal tersebut, maka para pelajar akan mendapatkan ilmu pengetahuan serta mendapatkan manfaat ilmu pengetahuan yang dicita-citakan,

Page 1 of 2 | Total Record : 16


Filter by Year

2017 2017