cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. blitar,
Jawa timur
INDONESIA
Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and thinking about the development of education and learning, Science and Technology.
Arjuna Subject : -
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 4 (2019): Volume 4 Nomor 4, November 2019" : 22 Documents clear
Peningkatan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menjahit pada Kelompok A TK Al- Hidayah VI Wahid Hasyim Siti Aminah
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 4, No 4 (2019): Volume 4 Nomor 4, November 2019
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.988 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v4i4.411

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki pembelajaran yang berhubungan dengan motorik halus yaitu menjahit dengan benang. Karena dalam kegiatan menjahit ini koordinasi mata dan tangan harus diperhatikan. Anak-anak harus teliti dan telaten mana lubang yang harus dilalui untuk dijahit. Penelitian dilaksanakan di TK Al-Hidayah VI Wahid Hasyim Sukorjo Kota Blitar. Penelitian ini dilakukan pada pembelajaran perkembangan motorik halus melalui menjahit pada kelompok A, TK Al Hidayah VI Wahid Hasyim Sukorjo Kota Blitar. Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 15 anak. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada tanggal 7 dan 8 Mei 2018 dengan Tema Alam Semesta. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Siswa mampu menjahit dengan benang sehingga dapat meningkatkan motorik halus anak supaya terlatih jari jemarinya di dalam pembelajaran.
Peningkatan Keterampilan Materi Akord dengan Model Pembelajaran Berkelompok pada Pembelajaran Seni Musik SMA Negeri 1 Kota Sukabumi Linda Herlina
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 4, No 4 (2019): Volume 4 Nomor 4, November 2019
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (133.069 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v4i4.406

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat memberikan perbaikan pada proses pembelajaran seni musik khususnya pada materi akord yang nantinya akan menjadi bekal saat mereka menganalisis musikalitas dan penyajian musik kontemporer serta berkreasi musik kontemporer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah action research atau penelitian tindakan. Adapun temuan penelitian ini yaitu: (1) Proses pelaksanaan pembelajaran materi akord dalam tingkat dengan pengaplikasian pada alat musik keyboard dan gitar menerapkan metode pembelajaran berkelompok (cooperatif learning) dengan tahapan pelaksanaan yakni dari proses identifikasi, pelaksanaan tindakan, refleksi serta evaluasi yang sesuai dengan siklus penelitian tindakan. (2) Hasil proses pembelajaran materi akord dalam tingkat adalah terciptanya perbaikan pada proses KBM pada peningkatan aktifitas dan pemahaman penguasaan materi akord dalam tingkat dengan model pembelajaran berkelompok (cooperatif learning) dengan pengaflikasian terhadap alat musik keyboard dan gitar pada kelas XII IPA program 4 semester.
Peningkatan Hasil Belajar Mekanika Teknik dengan Model Pembelajaran Ekspositori Berowiyana Berowiyana
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 4, No 4 (2019): Volume 4 Nomor 4, November 2019
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.663 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v4i4.377

Abstract

Prestasi belajar mekanika teknik siswa kelas X DPIB 1 SMK Negeri 1 Blitar ditunjukan nilai P dan K pada materi redoks yang belum mencapai batas ketuntasan secara klasikal sebesar 85%. Hal ini terutama disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan kurang sesuai. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran ekspositori untuk meningkatkan hasil pembelajaran mekanika teknik siswa kelas X DPIB 1 SMK Negeri 1 Blitar. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat ketuntasan awal pengetahuan dan keterampilan sebesar 44% dan 61%. Dengan penerapan model pembelajaran ekspositori dan dengan taktik mengajar tertentu, tingkat ketuntasan meningkat menjadi 61% dan 78% (pada siklus 1) dan meningkat lagi menjadi 89% dan 94% (pada siklus 2), sehingga hasil belajar mekanika teknik pada bahasan konstruksi rangka batang kelas X DPIB 1 SMK Negeri 1 Blitar bisa mencapai ketuntasan belajar secara klasikal.
Revitalisasi dan Pola Penataan Massa Bangunan pada SMP Negeri 3 Batu Provinsi Jawa Timur Enggal Chairyadi Mulyono
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 4, No 4 (2019): Volume 4 Nomor 4, November 2019
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.492 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v4i4.395

Abstract

Pengembangan Sarana prasarana dalam dunia pendidikan merupakan salah satu upaya yang penting untuk diperhatikan dalam menunjang dan meningkatkan proses pembelajaran di sekolah. Melihat kondisi tersebut, dipandang perlu dan segera untuk memenuhi kebutuhan sarana pendidikan berwawasan lingkungan baik ditingkat regional, nasional maupun internasional. Maksud dan tujuan dari kegiatan Perencanaan Revitalisasi Kawasan Lingkungan Pendidikan SMPN 03 Berwawasan Lingkungan, meningkatkan mutu kinerja sekolah, Mendukung terciptanya Kota Batu sebagai kota pendidikan, memberikan tempat belajar, menyediakan, melengkapi dan memperbarui fasilitas dan bangunan pendidikan. Hasil perencanaan yang telah dikaji ini akan menjadi konsep yang sesuai.
Pengembangan Model Pembelajaran PBL Berbasis Blended Learning Pada Mahasiswa PGSD UNU Blitar Cindya Alfi; Kistin Restu Perdana
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 4, No 4 (2019): Volume 4 Nomor 4, November 2019
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.668 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v4i4.412

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan pembelajaran berbasis masalah (PBL) berbasis blended learning agar mahasiswa lebih menguasai pembelejaran dengan memanfaatkan teknologi dan pemecahan masalah. Model pengembangan Dick and Carey. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil validasi ahli pembelajaran diperoleh nilai 90 %, uji coba kelompok kecil yang dilakukan di offering B semester 1 PGSD UNU Blitar diperoleh presentase sebesar 85%. Hasil uji coba lapangan dari angket subjek ujicoba diperoleh nilai 90%. Artinya produk yang dikembangkan berupa model PBL berbasis Blended learning dalam kualifikasi sangat valid/layak sehingga secara umum tidak perlu revisi.
Peningkatan Kemampuan Membaca dengan Pemanfaatan Media Kartu Kata pada Anak Didik Kelompok B2 TKN Pembina Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar Eko Agus Ningsih
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 4, No 4 (2019): Volume 4 Nomor 4, November 2019
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (141.45 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v4i4.407

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan pemanfaatan media kartu kata dalam peningkatan kemampuan membaca anak didik kelompok B2 Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 TKN Pembina Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Hasil dari penelitian ini adalah kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca anak. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil ketuntasan belajar klasikal prasiklus mencapai 53,9%, siklus I sebesar 64,5%, dan siklus II sebesar 77,23%. Selain itu, proses pelaksanaan pembelajar menunjukkkan bahwa siklus I mencapai hasil 68% dan siklus II mencapai hasil 90,7%. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca anak dan kualitas proses pembelajaran membaca.
Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Meningkatan Hasil Belajar Menyimak Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas V SDN Kraton Kabupaten Kediri Suparmi Suparmi
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 4, No 4 (2019): Volume 4 Nomor 4, November 2019
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.313 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v4i4.398

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mengetahui penggunaan model pembelajaran CTL terharap peningkatan hasil belajar menyimak cerita rakyat pada siswa kelas V SDN Kraton Kabupaten Kediri. (2) Mengetahui penggunaan model pembelajaran CTL dalam meningkatan aktivitas belajar menyimak cerita rakyat pada siswa kelas V SDN Kraton Kabupaten Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pada siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 75% dengan nilai rata-rata kelas 75. Setelah dilaksanakan siklus II, nilai rata-rata kelas maningkat menjadi 83 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 93,75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II sebesar 8 dengan kenaikan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 18,75%. Hasil pengamatan aktivitas siswa menunjukkan jumlah rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus I yakni sebanyak 307 dengan persentase keaktifan belajar siswa sebesar 53,21% dengan kriteria Cukup. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan pada pelaksanaan siklus II. Jumlah rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus II yakni sebanyak 423 dengan persentase keaktifan belajar siswa sebesar 73,44% dengan kriteria Baik.
Perencanaan Kombinasi Beton dengan Metode Departement of Environment (DoE) Rahayu Isnin Astuti
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 4, No 4 (2019): Volume 4 Nomor 4, November 2019
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (647.113 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v4i4.414

Abstract

Mengetahui kebutuhan air di mortar dan kebutuhan air dicampuran cor untuk menentukan kadar kuat tekan rencana, jenis semen, jenis agregat kasar yang akan digunakan, serta umur kubus beton dimana kekuatan tekan rencananya akan ditinjau, serta diperkirakan kuat tekan kubus beton untuk W/C = 0,5 dapat ditetapkan. Maka kwalitas semen yang dibutuhkan dalam perencanaan dapat dihitung menggunakan data banyaknya air bebas yang diperlukan untuk setiap kubikasi beton, besarnya jumlah semen yang dihitung atas dasar jumlah air bebas dan W/C yang sebelumnya telah ditetapkan, tidak boleh kurang dari jumlah semen minimum yang disyaratkan pada kondisi exposure tertentu untuk menjamin ketahanan pada kondisi yang disyratkan.
Pengaruh High Intensity Interval Training Kettlebell Workout Terhadap Peningkatan Daya Tahan Anaerobik Eko Andi Susilo
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 4, No 4 (2019): Volume 4 Nomor 4, November 2019
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.377 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v4i4.362

Abstract

Daya tahan anaerobik merupakan kemampuan tubuh dalam melakukan aktifitas tanpa memerlukan adanya oksigen. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa melakukan High Intensity Interval Training Kettlebell Workout dapat meningkatkan daya tahan anaerobik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen tanpa kelompok pembanding. Rancangan penelitian yang digunakan adalah onegroup pretest-posttest design. Penelitian dilakukan pada atlet pencak silat Kabupaten Tulungagung yang berjumlah 30 atlet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tahan anaerobik yang diukur menggunakan tes lari 300m sebelum perlakuan sebesar 39,8047 detik dan daya tahan anaerobik yang diukur setelah dilakukan perlakuan selama 3 kali per minggu dalam waktu 4 minggu sebesar 38,8617 detik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu High Intensity Interval Training Kettlebell Workout dapat meningkatkan daya tahan anaerobik.
Supervisi Akademik Kepala Madrasah di Madrasah Aliyah Darussalam Sumedang Dian Dian; Ari Prayoga
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 4, No 4 (2019): Volume 4 Nomor 4, November 2019
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.487 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v4i4.413

Abstract

Kepala madrasah belum mengambil inisiatif untuk mendekati pengajar untuk mengetahui kendala yang dialami dan belum intensif dalam menerapkan pendekatan klinis. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap proses pengawasan akademik meliputi; merencanakan, melaksanakan dan menindaklanjuti hasil pengawasan di Madrasah Aliyah Darussalam Sumedang, Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, pelaksanaan supervisi akademik dilakukan dengan menyusun program supervisi akademik dan membentuk tim supervisi. Kedua, pelaksanaan supervisi akademik menggunakan pendekatan dan teknik; kunjungan kelas, mengamati kegiatan pengajar, mengamati penguasaan bahan ajar, melakukan diskusi kelompok. Ketiga, menindaklanjuti hasil supervisi akademik pengajar dengan membahas metode pembelajaran, penggunaan dan teknik penilaian, penggunaan media pembelajaran dan penggunaan waktu dalam pembelajaran.

Page 1 of 3 | Total Record : 22


Filter by Year

2019 2019