cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Edukasi: Jurnal Pendidikan
Published by IKIP PGRI Pontianak
ISSN : 18298702     EISSN : 24071803     DOI : -
Core Subject : Education,
EDUKASI: Jurnal Pendidikan is a Research Scientific Journal published two times a year by LPPM IKIP PGRI Pontianak with p-ISSN 1829-8702 (print) and e-ISSN 2407-1803 (online). The article contains the results of research and other scientific literature related to education, learning, science, technology, socio-culture, and entrepreneurship, especially related to higher and basic Education in order to inspire and provide benefits for the wider community. it contains research results and basic scientific literature) according to the field of its scientific work.
Arjuna Subject : -
Articles 27 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 2 (2018): Edukasi: Jurnal Pendidikan" : 27 Documents clear
KELAYAKAN POWERPOINT INTERAKTIF ORGAN TUMBUHAN KELAS XI SMA BERDASARKAN ANALISIS UKURAN DAN TIPE STOMATA K, Dhea Vivin; Daningsih, Entin; Marlina, Reni
Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 16, No 2 (2018): Edukasi: Jurnal Pendidikan
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (528.227 KB) | DOI: 10.31571/edukasi.v16i2.948

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kelayakan powerpoint interaktif organ tumbuhan sebagai media pembelajaran yang berisi informasi dari hasil analisis ukuran dan tipe stomata tanaman di Kota Pontianak. Penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen validasi, untuk ahli materi berisi 3 aspek dan 7 kriteria, sedangkan untuk ahli media berisi 6 aspek dan 10 kriteria. Proses validasi dilakukan oleh tiga orang ahli materi dengan hasil validasi yaitu Rata-rata total validasi (RTVTK)sebesar 3,45 dan tiga orang ahli media dengan hasil validasi yaitu RTVTK sebesar 3,70. Baik validasi materi maupun media secara keseluruhan powerpoint interaktif dengan menggunakan informasi dari hasil analisis ukuran dan tipe stomata tanaman di Kota Pontianak layak digunakan dalam proses pembelajaran pada sub materi organ tumbuhan di kelas XI SMA. Kata Kunci: kelayakan, powerpoint interaktif, ukuran dan tipe stomata.
KELAYAKAN CD INTERAKTIF PADA SUBMATERI ORGAN TUMBUHAN DI KELAS XI SMA Utami, Rati; Daningsih, Entin; Marlina, Reni
Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 16, No 2 (2018): Edukasi: Jurnal Pendidikan
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.608 KB) | DOI: 10.31571/edukasi.v16i2.949

Abstract

Abstrak Penelitian bertujuan untuk menguji kelayakan CD interaktif sebagai media pembelajaran pada submateri organ tumbuhan di kelas XI. Penelitian menggunakan metode deskriptif. Pembuatan CD interaktif dilakukan dengan memasukkan media teks, gambar, audio, animasi, dan video menggunakan aplikasi Adobe Flash Professional cc 2015. Validasi media dilakukan oleh enam orang validator yang terdiri dari tiga ahli materi dan tiga ahli media. Ahli materi terdiri dari satu orang dosen Pendidikan Biologi dan dua orang guru Biologi yang menggunakan KTSP. Ahli media terdiri dari dua orang dosen ahli media dan guru Teknologi Informasi dan Komunikasi. Validasi CD interaktif oleh ahli materi diperoleh RTVtk sebesar 3,63, sedangkan validasi oleh ahli media diperoleh RTVtk 3,72. Hasil validasi menyatakan bahwa media CD interaktif layak digunakan dalam proses pembelajaran pada organ tumbuhan.Kata Kunci: kelayakan, CD interaktif organ tumbuhan, validasi.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK KOMPREHENSIF DAN KRITIS DENGAN METODE RESITASI Wiranty, Wiendi
Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 16, No 2 (2018): Edukasi: Jurnal Pendidikan
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.236 KB) | DOI: 10.31571/edukasi.v16i2.942

Abstract

Penelitian dilakukan berdasarkan kesulitan mahasiswa akan keterampilan menyimak komprehensif dan kritis. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan menyimak komprehensif dan kritis menggunakan metode resitasi. Metode penelitian menggunakan classroom action research.  Subjek penelitian adalah mahasiswa kelas A Sore semester 2 angkatan 2017. Teknik pengumpul data menggunakan komunikasi langsung, komunikasi tidak langsung, observasi, pengukuran, dan dokumentasi. Alat pengumpul data menggunakan pedoman wawancara, angket, panduan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data meggunakan teknik statistik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan yang signifikan antara siklus pertama dan siklus kedua. Siklus pertama terjadi peningkatan menjadi 60,01% dan siklus kedua mencapai 78,50%, sehingga dapat disimpulkan penerapan metode resitasi pada mata kuliah Menyimak Komprehensif dan Kritis dinyatakan dapat meningkatkan keterampilan menyimak mahasiswa.            Kata Kunci: menyimak, komprehensif, kritis, resitasi.
KELAYAKAN VIDEO ORGAN TUMBUHAN DI KELAS XI SMA S, Mustika; Daningsih, Entin; Marlina, Reni
Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 16, No 2 (2018): Edukasi: Jurnal Pendidikan
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (432.105 KB) | DOI: 10.31571/edukasi.v16i2.964

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menguji kelayakan video organ tumbuhan sebagai media pembelajaran pada submateri organ tumbuhan di kelas XI. Penelitian menggunakan metode deskriptif. Pembuatan video organ tumbuhan dilakukan dengan memasukkan gambar, teks, animasi, narasi, dan audio menggunakan aplikasi software Wondershare Filmora Video Editor. Validasi media dilakukan oleh enam validator yang terdiri dari tiga ahli materi dan tiga ahli media. Ahli materi terdiri dari satu orang dosen Pendidikan Biologi dan dua orang guru Biologi yang menggunakan KTSP. Ahli media terdiri dari dua orang dosen ahli media dan guru Teknologi Informasi dan Komunikasi. Instrumen materi dan media mempunyai tiga dan empat aspek masing-masing. Validasi oleh ahli materi memperoleh RTVtk sebesar 3,67 sedangkan oleh ahli media memperoleh RTVtk sebesar 3,54. Hasil validasi menyatakan bahwa media video organ tumbuhan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada submateri organ tumbuhan. Kata Kunci: kelayakan, video organ tumbuhan, validasi.
KELAYAKAN BUKU AJAR MATA KULIAH PEMBELAJARAN IPA SD BAGI MAHASISWA PGSD Wedyawati, Nelly; Lisa, Yasinta
Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 16, No 2 (2018): Edukasi: Jurnal Pendidikan
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.125 KB) | DOI: 10.31571/edukasi.v16i2.943

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui kelayakan dan efektivitas buku ajar pembelajaran IPA SD untuk mahasiswa PGSD. Indikator kelayakan pakar Pembelajaran; isi, penyajian, dan kebahasaan. Indikator kelayakan pakar media; ukuran buku ajar, desain cover, dan desain isi. Indikator kelayakan dosen adalah kejelasan, kesesuaian dengan kurikulum, keutuhan penerimaan, pengaruh produk, ketepatan waktu dan kepraktisan. Tahapan penelitian R&D; studi pendahuluan, perancangan produk, validasi pakar, implementasi produk dan sosialisasi. Alat pengumpul data; angket, soal tes, dan dokumentasi. Data kualitatif dianalisis dengan hitungan persentase. Data kuantitatif diujiprasyaratkan dan uji hipotesis. Hasil menunjukkan produk sangat baik (96,1), penilaian dari pengguna buku sangat baik (90,1). Hasil implementasi menunjukkan sebaran data normal dan tidak homogen. Sehingga uji hipotesis menggunakan uji non parametrik diperoleh nilai p-level (0.000) < alpha artinya ada pengaruh penggunaan produk terhadap hasil belajar. Rata-rata hasil belajar sangat baik (95,31).  Kesimpulannya bahwa buku ajar mata kuliah pembelajaran IPA di SD sudah layak dan efektif untuk diimplementasikan. Kata Kunci: buku ajar, pembelajaran IPA, mahasiswa, PGSD.
PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MODUL BERBASIS POTENSI LOKAL PADA CALON GURU BIOLOGI Yokhebed, Yokhebed
Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 16, No 2 (2018): Edukasi: Jurnal Pendidikan
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.423 KB) | DOI: 10.31571/edukasi.v16i2.966

Abstract

Kemampuan dalam memecahkan masalah merupakan kemampuan yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari atau dalam pekerjaan. Pembelajaran semestinya memberikan akses kepada peserta didik untuk memiliki pengalaman-pengalaman belajar yang memberikan kesempatan pada proses pemecahan masalah.  Penelitian bertujuan untuk mengetahui keterampilan pemecahan masalah melalui pembelajaran berbasis potensi lokal pada calon guru Biologi.  Metode penelitian  yang digunakan yaitu  penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Masing- masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data berupa lembar observasi keterampilan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan rata-rata keterampilan pemecahan masalah dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 3,13. Peningkatan keterampilan pemecahan masalah pada kelima aspek, yaitu: aspek keterampilan mengevaluasi masalah sebesar 0,37; mengelola masalah  0,32; mengambil keputusan 1,00; pemecahan masalah 0,76; dan mengevaluasi kesimpulan  0,67. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran berbasis potensi lokal meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada calon guru Biologi. Kata Kunci: keterampilan pemecahan masalah, potensi lokal, calon guru biologi.
PENERAPAN METODE PRAKTIKUM UNTUK MENGETAHUI RESPONS SISWA PADA SUBMATERI PERAN TUMBUHAN DI BIDANG EKONOMI Nursapikka, Endi; Daningsih, Entin; Yokhebed, Yokhebed
Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 16, No 2 (2018): Edukasi: Jurnal Pendidikan
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.778 KB) | DOI: 10.31571/edukasi.v16i2.944

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui respons siswa terhadap praktikum pembuatan permen nanas (Ananas comosus (L.) Merr.). Implementasi metode praktikum memberikan contoh nyata penggunaan bahan tumbuhan untuk meningkatkan ekonomi. Pengukuran respons siswa terhadap praktikum pembuatan permen nanas menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dan pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket respons serta penilaian sikap, keterampilan, dan pengetahuan siswa saat melakukan praktikum. Pernyataan pada angket repons siswa terdiri dari pernyataan positif dan negatif berjumlah 12 pernyataan. Hasil respons siswa terhadap praktikum pembuatan permen nanas pada submateri peran tumbuhan di bidang ekonomi memperoleh persentase rata-rata 83,33% dan termasuk kategori sangat tinggi. Respons didukung oleh nilai sikap siswa dengan nilai rata-rata 92,06 termasuk kategori sangat tinggi, sedangkan nilai keterampilan siswa dengan nilai rata-rata 88,27 dan termasuk kategori sangat tinggi. Kata Kunci: praktikum, permen nanas, respons siswa.
POTENSI ANTIULSER SEDUHAN SERBUK BUAH MENGKUDU DAN KULIT DAUN LIDAH BUAYA TERHADAP GAMBARAN MAKROSKOPIK LAMBUNG Robiyanto, Robiyanto; Marsela, Marsiana
Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 16, No 2 (2018): Edukasi: Jurnal Pendidikan
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.531 KB) | DOI: 10.31571/edukasi.v16i2.946

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi serbuk buah mengkudu dan serbuk kulit daun lidah buaya sebagai antiulser terhadap tukak lambung tikus Wistar jantan yang diinduksi aspirin. Hewan uji dibagi menjadi kelompok kontrol normal/KN (akuades), kontrol negatif/K- (aspirin 90 g/kgBB), P1 (serbuk 0,27 g/kgBB),  P2 (serbuk 0,54 g/kgBB) dan P3 (serbuk 0,81 g/kgBB). Induksi aspirin satu kali sehari selama 14 hari. Kombinasi serbuk diberikan pada hari ke-15 hingga ke-30. Tukak lambung diamati secara makroskopik pada hari ke-3 dan  dinilai skor jumlah tukak dan skor diameter tukak serta dihitung indeks tukak lambung tiap kelompok. Data dianalisis dengan One-Way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai indeks tukak P2 (3,60) dan P3 (2,80) berbeda signifikan dengan indeks tukak K- (7,50). Sehingga disimpulkan bahwa seduhan kombinasi serbuk buah mengkudu dan kulit daun lidah buaya kelompok P2 dan P3 memiliki potensi sebagai antiulser dengan nilai indeks tukak lambung lebih rendah dibandingkan dengan hasil kontrol negatif. Kata Kunci: antiulser, aspirin, indeks tukak, lidah buaya, mengkudu.
RESPONS SISWA TERHADAP PRAKTIKUM PEMBUATAN SIRUP JAHE SUBMATERI PERAN TUMBUHAN DI BIDANG EKONOMI Chaniago, Aulia Rahma; Daningsih, Entin; Yokhebed, Yokhebed
Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 16, No 2 (2018): Edukasi: Jurnal Pendidikan
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.333 KB) | DOI: 10.31571/edukasi.v16i2.977

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui respons siswa terhadap praktikum pembuatan sirup jahe dengan mengimplementasikan metode praktikum pada submateri peran tumbuhan di bidang ekonomi. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Siswa dibagi dalam kelompok kerja dan diberikan arahan dengan bantuan media leaflet. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Pontianak. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen angket dengan 12 pernyataan menggunakan skala likert. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan respons siswa tergolong sangat tinggi. Kata Kunci: praktikum, sirup jahe, respons siswa.
KELAYAKAN VIDEO TUTORIAL PEMBUATAN DONAT JAHE SUBMATERI PERAN TUMBUHAN DI BIDANG EKONOMI Apriani, Apriani; Daningsih, Entin; Yokhebed, Yokhebed
Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 16, No 2 (2018): Edukasi: Jurnal Pendidikan
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (599.291 KB) | DOI: 10.31571/edukasi.v16i2.978

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kelayakan video tutorial sebagai media pembelajaran untuk membantu kegiatan pembuatan donat jahe(Zingiber officinale var. officinale) pada submateri peran tumbuhan di bidang ekonomi. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantittatif. Instrumen validasi video tutorial oleh ahli media terdiri dari 8 aspek dan 15 kriteria, sedangkan validasi oleh ahli materi terdiri dari 3 aspek dan 10 kriteria. Kelayakan video tutorial pembuatan donat jahe divalidasi oleh 3 orang ahli materi dengan hasil validasi yaitu RTVTK sebesar 3,92 dan 3 orang ahli media dengan hasil validasi yaitu RTVTK sebesar 3,44  yang termasuk dalam kategori valid. Sehingga secara keseluruhan video tutorial pembuatan donat jahe layak untuk digunakan (LD) sebagai media untuk membantu pembelajaran dalam pembuatan donat jahe pada sub materi peran tumbuhan di bidang ekonomi.Kata Kunci: kelayakan, video tutorial, donat jahe.

Page 1 of 3 | Total Record : 27


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 21, No 1 (2023): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 20, No 2 (2022): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 20, No 1 (2022): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 19, No 2 (2021): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 19, No 1 (2021): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 18, No 2 (2020): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 18, No 1 (2020): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 17, No 2 (2019): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 17, No 1 (2019): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 17, No 1 (2019): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 16, No 2 (2018): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 16, No 2 (2018): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 16, No 1 (2018): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 16, No 1 (2018): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 15, No 2 (2017): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 15, No 2 (2017): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 15, No 1 (2017): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 15, No 1 (2017): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 14, No 2 (2016): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 14, No 2 (2016): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 14, No 1 (2016): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 14, No 1 (2016): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 13, No 2 (2015): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 13, No 2 (2015): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 13, No 1 (2015): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 13, No 1 (2015): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 12, No 2 (2014): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 12, No 2 (2014): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 12, No 1 (2014): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 12, No 1 (2014): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 11, No 2 (2013): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 11, No 2 (2013): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 9, No 2 (2012): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 9, No 1 (2012): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 8, No 2 (2011): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 8, No 2 (2011): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 8, No 1 (2011): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 7, No 1 (2010): Edukasi: Jurnal Pendidikan More Issue