cover
Contact Name
Evandro Adolf Willem Manuputty
Contact Email
evandro_willem@yahoo.com
Phone
+6281343016488
Journal Mail Official
evandro_willem@yahoo.com
Editorial Address
PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT JL. Ir. M. Putuhena, Wailela-Rumahtiga, Ambon Maluku, Indonesia Kode Pos: 97234
Location
Kota ambon,
Maluku
INDONESIA
Jurnal Maneksi (Management Ekonomi Dan Akuntansi)
ISSN : 23029560     EISSN : 25974599     DOI : 10.31959
Core Subject : Economy, Science,
Yth Pengelola Garuda Kami Editor Jurnal maneksi memohon agar nama jurnal kami disesuaikan dengan nama jurnal yang ada di ISSN Brin dari Jurnal Maneksi menjadi Jurnal Maneksi (Management Ekonomi Dan Akuntansi), karena hal ini menjadi masukan ketika kami mengajukan akreditasi jurnal kami. Atas bantuan dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih Editor
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 1 (2020): Juni 2020" : 13 Documents clear
PENGARUH DIMENSI KUALITAS LAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN SIM CARD KARTUHALO TELKOMSEL REGIONAL MALUKU : (UNIT PELAYANAN GRAPARI MALUKU) Roy Alan Wattimena
Jurnal Maneksi (Management Ekonomi Dan Akuntansi) Vol. 9 No. 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Politeknik Negeri Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.21 KB)

Abstract

The Maluku GraPARI Service Unit is currently faced with a business competition in cellular telecommunications operator services with a number of other cellular telecommunications operators in the country. The problem of this research is how the effect of service quality on SIMCard GSM kartuHALLO customer satisfaction and the purpose of this research is to test and analyze service quality on SIMCard GSM kartuHALLO customer satisfaction.This research was conducted to achieve the research objectives that have been set, namely to identify and analyze the level of importance of each attribute dimension of service quality in creating total customer satisfaction for SIMCard GSM kartuHALO Telkomsel services. samples taken as many as 100 samples. Data collection is carried out by distributing questionnaires to kartuHALO customers. Multiple Regression Analysis is used to measure the influence of the independent variables on the dependent variable.The results of the analysis show that the F-test statistical test shows that the independent variables tangible, reliability, responsiveness, assurance and empathy simultaneously have a positive and significant effect on consumer satisfaction using the SIMCard Telkomsel HALLO card.tangible, reliability, responsiveness, assurance and empathy have a positive and significant influence on kartuHALO user satisfaction. This means that every increase in tangible, reliability, responsiveness, assurance and empathy is in line with an increase in customer satisfaction. Keywords: Service Quality, Customer Satisfaction
Analisis Pengaruh Word of Mouth (WOM) dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Chyntia Imelda Tjokro
Jurnal Maneksi (Management Ekonomi Dan Akuntansi) Vol. 9 No. 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Politeknik Negeri Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.969 KB) | DOI: 10.31959/jm.v9i1.317

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh word of mouth dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek Oppo di Kota Masohi. Jenis penelitian ini adalah eksplanatori (explanatory research) dengan model penelitian yang digunakan adalah model survey. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pelanggan handphone merek Oppo di Kota Masohi. Penarikan sampel menggunakan acendential sampling sehingga jumlah sampel akhir adalah sebanyak 124 responden. Analisis data penelitian menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda.            Hasil penelitian menunjukan bahwa word of mouth maupun kualitas produk terbukti berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian handphone merek Oppo di Kota Masohi. Hal ini dapat dibuktikan melalui koefisien regresi word of mouth maupun kualitas produk yang menunjukkan jika nilai word of mouth maupun kualitas produk meningkat, maka peningkatan tersebut akan diikuti oleh peningkatan keputusan pembelian handphone merek Oppo di Kota Masohi. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa peningkatan word of mouth maupun kualitas produk akan meningkatkan keputusan pembelian handphone merek Oppo di Kota Masohi. Kata Kunci: Word of Mouth, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian 
Implementasi Model Collaborative Learning: Sebagai Landasan Untuk Membangun Ketrampilan Sosial Dan Keaktifan Mahasiswa Vascolino Pattipeilohy; Febiyola Wijaya
Jurnal Maneksi (Management Ekonomi Dan Akuntansi) Vol. 9 No. 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Politeknik Negeri Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.507 KB) | DOI: 10.31959/jm.v9i1.325

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Model Collaborative Learning dalam membangun ketrampilan sosial mahasiswa dan meningkatkan keaktifan mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Politeknik Negeri Ambon, Semester I Jurusan Administrasi Niaga satu kelas sejumlah 33 orang. Teknik  pengumpulan  data  dilakukan melalui kegiatan berupa: (a) observasi; (b) tes; dan (c) angket. Prosedur penelitian  tindakan  meliputi  tahap:  (a)  Pre Collaborative Learning,  (b)  Proses  Collaborative Learning dan, (c) Post Collaborative Learning.Hasil penelitian ini Penerapan  Metode  Pembelajaran  Kolaboratif  dalam  proses  pembelajaran Bahasa Inggris dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa dan ketrampilan sosial mahasiswa. Berdasarkan hasil observasi terjadi peningkatan keaktifan mahasiswa dari observasi I  hingga  observasi V.  Jumlah  skor  jawaban  dalam  1  kelas  meningkat  dari  1119  di observasi I (pre pembelajaran kolaboratif) menjadi 1349 pada akhir pembelajaran kolaboratif (observasi V). Rata-rata skor dalam  1  kelas  juga meningkat dari 3.39 pada Observasi I menjadi 4.09 pada observasi V. Jika dilihat dari rata-rata persentase skor mahasiswa, terjadi peningkatan yaitu 68% pada Observasi I menjadi 82% pada observasi V. Juga terjadi peningkatan ketrampilan sosial mahasiswa dengan Jumlah  skor  jawaban  dalam  1  kelas  meningkat  dari  1202  di observasi I (pre pembelajaran kolaboratif) menjadi 1366 pada akhir pembelajaran kolaboratif (observasi V). Rata-rata skor dalam  1  kelas  juga meningkat dari 3.64 Observasi I menjadi 4.14 pada observasi V. Jika dilihat dari rata-rata persentase skor mahasiswa, terjadi peningkatan yaitu 73% pada Observasi I menjadi 83% pada observasi V
MODEL EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI E-PROCUREMENT SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DI PROVINSI MALUKU Victorio Fernando Nahuway; Eduard Yohannis Tamaela
Jurnal Maneksi (Management Ekonomi Dan Akuntansi) Vol. 9 No. 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Politeknik Negeri Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.072 KB) | DOI: 10.31959/jm.v9i1.327

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh prinsip akuntabilitas dan transparansi, terbuka, adil dan bersaing terhadap efektifitas dan efisiensi e-procurement serta dampaknya terhadap kepuasan pengguna ULP Provinsi Maluku.Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta atau penyedia barang/jasa pemerintah yang terdaftar pada ULP Provinsi Maluku dengan purposive sampling sebagai metode sampel dengan 79 peserta atau penyedia barang/jasa pemerintah sebagai responden. Pengumpulan data dilakukan dengan survei langsung. Pengujian hipotesis diuji secara empiris menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda.Hasil penelitian menunjukan bahwa prinsip akuntabilitas dan transparansi, terbuka, adil/tidak diskriminasi dan bersaing terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektifitas dan efisiensi e procurement pada ULP Provinsi Maluku dan penerapan e procurement telah dilaksanakan secara efektif dan efisien juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna layanan e procuremen di Provinsi Maluku. Hal ini dapat dibuktikan melalui koefisien regresi yang menunjukkan jika prinsip akuntabilitas dan transparansi, terbuka, adil/tidak diskriminasi dan bersaing meningkat, maka peningkatan tersebut akan diikuti oleh peningkatan efektifitas dan efisiensi e procurement pada ULP Provinsi Maluku serta jika penerapan e procurement secara efektif dan efisien meningkat maka peningkatan tersebut akan diikuti oleh peningkatan kepuasan pengguna.
Retracted: RELASI KUASA DAN BISNIS MARCUS FRETS PESSIRERON; Justintje A. Moriolkosu
Jurnal Maneksi (Management Ekonomi Dan Akuntansi) Vol. 9 No. 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Politeknik Negeri Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.749 KB) | DOI: 10.31959/jm.v9i1.338

Abstract

https://bit.ly/SuratPermohonanPencabutanArtikelThis study aims to obtain in depth information about the pattern of relations between ruling groups and entrepreneurs in the maros political atmosphere in Indonesia.  This type of research is qualitative by using a constructivism approach. In collecting data researchers gather discourse data through print and electronic media and researchers act always as research instruments. Collected data is the relationship between the authorities and entrepreneurs in the Maros political atmosphere in Indonesia. In data collection, researchers collected, discourse data through print and electronic media and researchers acted as instruments of research. Data collected was the relationship between rulers and entrepreneurs in the political atmosphere of Maros in Indonesia. This data was obtained through two sources namely documentation and informants. Collection techniques the data was carried out through the in depth interview method. Furthermore, the data was analyzed using interactive analysis techniques intended to see the process of meaning and effects of discourse production and reproduction. The results showed that power relations between ruling groups and entrepreneurial groups had two objective and subjective dimensions reciprocally influential in producing up to reproducing the discourse of power it produces support for upper level middle level ruling groups to the lowest level of authority in the region.
STUDI MANAJEMEN MARKETING BERBASIS ONLINE (PENELITIAN PADA UMKM PRODUKSI MEBEL DI BABAKAN MUNCANG TAMANSARI KOTA TASIKMALAYA) Lia Yulia; Wiwin Setianingsih
Jurnal Maneksi (Management Ekonomi Dan Akuntansi) Vol. 9 No. 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Politeknik Negeri Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (597.245 KB) | DOI: 10.31959/jm.v9i1.397

Abstract

Masalah marketing menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi oleh para pelaku bisnis UMKM, berhubung sebagian besar pelaku bisnis UMKM masih mengandalkann cara pemasaran konvensional. Sedangkan pertumbuhan ekomomi dan teknologi yang terus maju secara tidak langsung mendorong pengusaha mebel agar meningkatkan produksi. Namun kurangnya pengetahuan mereka dalam menggunakan teknologi yang maju sebagai media promosi menjadi hambatan pemasaran. Sebagian besar para pelaku UMKM mebel di Jl. Tamansari Gobras Kota Tasikmalaya belum memahami dan menerapkan konsep pemasaran berbasis online dalam memperkenalkan produk mereka kepada masyarakat luas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan penerapan konsep marketing berbasis online serta penerapannya dalam meningkatkan perkembangan usaha UMKM mebel tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang digunakan untuk memaparkan fenomena terkait peran penerapan konsep marketing berbasis online dalam meningkatkan perkembangan usaha pada UMKM mebel tersebut. Hasil penelitian menunjukan dengan diterapkannya sistem manajemen marketing berbasis online ada peningkatan jumlah penjualan dan jumlah konsumen. 
IMPLEMENTASI AKUNTABILITAS MELALUI EVALUASI ONLINE DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Ardiansyah Ardiansyah
Jurnal Maneksi (Management Ekonomi Dan Akuntansi) Vol. 9 No. 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Politeknik Negeri Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.093 KB) | DOI: 10.31959/jm.v9i1.401

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan nilai-nilai ANEKA yang dapat diimplementasikan melalui evaluasi online pada mahasiswa akuntansi vokasi sebagai langkah serius menghadapi era revolusi industri 4.0. Adapun metode pengumpulan data dengan cara observasi, kuesioner dan wawancara mendalam sesuai jenis penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pemanfaatan aplikasi online untuk evaluasi mahasiswa merupakan wujud pengamalan nilai-nilai ANEKA; (2) pelaksanaan pendidikan vokasi harus mampu melakukan penyesuaian dari kurikulum lama menuju kurikulum berbasis teknologi di era revolusi industri 4.0; (3) Di era ini dapat dipastikan seluruh tingkatan perusahaan menggunakan software akuntansi; (4) Nilai ANEKA merupakan kebutuhan mendasar yang wajib dimiliki akuntan karena hanya nilai-nilai tersebut yang secara hakiki tidak akan dapat digantikan oleh kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence).
PERHITUNGAN DAN PENYAJIAN LAPORAN PENJUALAN DENGAN MENGGUNAKAN PIVOT TABLE PADA UD. MULTI TEHNIK MUHAMAD RIDWAN; MERSYIA F APONNO; JAMES PELUPESSY
Jurnal Maneksi (Management Ekonomi Dan Akuntansi) Vol. 9 No. 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Politeknik Negeri Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (411.022 KB) | DOI: 10.31959/jm.v9i1.403

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan fitur Microsoft Excel, Pivot Table, pada pembuatan laporan penjualan UD. MULTI TEHNIK. Oleh karena itu, waktu meminimalkan perhitungan dan penyajian laporan dapat dioptimalkan. Menggunakan perbandingan waktu sebelum dan sesudah penerapan, maka fitur ini menunjukkan hasil yang menguntungkan.Hasilnya menunjukkan bahwa fitur Pivot Table memangkas waktu kerja secara efektif. Pekerjaan selesai sekitar 15 hingga 25 menit secara elektronik sementara itu akan selesai sekitar 1 hingga 2 jam secara manual.
MODEL PERILAKU ANGGOTA KLUB MOTOR DI BENGKAYANG: PENDEKATAN EKSPLORATORIS Pramatatya Resindra Widya; Aloysius Hari Kristianto; Jimmi Jimmi
Jurnal Maneksi (Management Ekonomi Dan Akuntansi) Vol. 9 No. 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Politeknik Negeri Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.902 KB) | DOI: 10.31959/jm.v9i1.405

Abstract

The aim of this study is to explore the antecedents and consequences of people’s intention to join the brand community. Nowdays, brand community has become a new marketing channel for marketers to enter the market. This exploratory research conducted with Qualitative methods with ethnography approach and some motorbike clubs  as the participant. This research found a new concept of behavioral models in brand community and it can be use for behavioral sciences studies especially in consumer behavior.
ANALISIS WORKING CAPITAL TURNOVER PADA PT. DUA PUTRA MAKMUR Tbk. erma yuli; Nurhayati Nurhayati
Jurnal Maneksi (Management Ekonomi Dan Akuntansi) Vol. 9 No. 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Politeknik Negeri Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (770.009 KB) | DOI: 10.31959/jm.v9i1.442

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar working capital turnover pada PT. Dua Putra Utama Makmur Tbk. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah data laporan keuangan mulai dari perusahaan listing di BEI yaitu dari tahun 2012 – 2018 atau 7 tahun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dengan menggunakan semua populasi yaitu 7 tahun. Teknik analisis data menggunakan analisis working capital turover dan t-test one sample. Hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan sebelumnya dapat di tarik kesimpulan bahwa Working Capital Turnover pada PT. Dua Putra Utama Makmur  Tbk. Sesuai dengan hasil perhitungan didapatkan angkat tersebut berada dibawah 6 kali, artinya PT.Dua Putra Utama Makmur  Tbk.  berada pada kategori lancar. Berdasarkan hasil analisis statistik, didapatkan nilai thitung = -3,663 selanjutnya angka tersebut dibandingkan dengan ttabel untuk taraf kesalahannya 5% (0,05) dan derajat kebebasannya ( dk = 7-1 = 6 maka di peroleh ttabel = 1,9432 kemudian dibandingkan, maka ttabl > thitung (1,9432 > -3,663 ) sehingga angka tersebut menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya “working capital turnover pada PT Dua Putra Utama Makmur Tbk lebih kecil 6 kali dari kriteria yang diharapkan  atau kriteria lancar “ diterima.

Page 1 of 2 | Total Record : 13