cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota salatiga,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ekonomi dan Bisnis
ISSN : 19796471     EISSN : 25280147     DOI : -
Jurnal Ekonomi dan Bisnis is a fully refereed (double blind peer review), open-access online journal for academics, researchers, graduate students, early-career researchers, and undergraduate students, published by Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis is a periodical publication (two times a year, in April and Oktober) from the Faculty of Economics and Business Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga with the main objective to disseminate scientific articles in the fields of economics, business and accounting.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 20 No 2 (2017)" : 9 Documents clear
Factors Affecting Employee’s Awareness of Their Impact on Corporate Reputation Dindha Vitri Primadini; Muhammad Irfan Syaebani
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 20 No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (447.994 KB) | DOI: 10.24914/jeb.v20i2.609

Abstract

This study examines factors that affect employees’ awareness of their impact on corporate reputation (AICR). We distribute our questionnaire to 161 employees of Indonesian state-owned enterprises (SOEs) as our sample. Our main findings show that both perceived corporate reputation (PCR) and affective commitment positively affect AICR with PCR exhibits the greatest effect. It then can be concluded that building a good corporate reputation is the most effective way to increase employees’ AICR.AbstrakPenelitian ini mengkaji faktor-faktor yang memengaruhi kesadaran karyawan bahwa tindakan mereka dapat memengaruhi reputasi perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan milik pemerintah Indonesia. 161 kuesioner dianalisis menggunakan metode penelitian kuantitatif. Temuan utamanya adalah bahwa kesadaran karyawan bahwa tindakan mereka dapat memengaruhi reputasi perusahaan dipengaruhi secara langsung oleh seberapa bagus persepsi karyawan terhadap reputasi perusahaan tersebut dan komitmen afektif mereka terhadap perusahaan. Namun demikian, pengujian terhadap model menyatakan bahwa persepsi karyawan terhadap reputasi perusahaan memiliki pengaruh terbesar terhadap kesadaran karyawan, oleh karena itu disimpulkan bahwa cara efektif dalam meningkatkan kesadaran mereka adalah dengan membangun reputasi perusahaan yang bagus.
Niat Melakukan Pencatatan Akuntansi pada Usaha Kecil Menengah: Pengetahuan Akuntansi ataukah Herding? Yohanes Hendri Andhika; Theresia Woro Damayanti
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 20 No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.61 KB) | DOI: 10.24914/jeb.v20i2.664

Abstract

Indonesian SMEs exhibit low intention to prepare accounting records. Previous studies suggest that the level of accounting knowledge is positively associated with the intention to prepare accounting records, but none of them discusses the likely effect of the Indonesian collectivism culture on the intention to prepare accounting records. Accordingly, this study adds the role of herding behavior in explaining the SMEs’ intention to prepare accounting records. Using SMEs in Salatiga as our respondents, our study shows that both herding behavior and accounting knowledge positively affect the intention to prepare accounting records.AbstrakRealitas UKM di Indonesia menunjukkan rendahnya niat melakukan pencatatan akuntansi. Penelitian-penelitian sebelumnya lebih melihat bagaimana niat untuk melakukan pencatatan dikaitkan dengan pengetahuan akuntansi. Namun, dengan melihat latar belakang budaya masyarakat Indonesia yang kolektivisme, maka penelitian ini menambahkan variable perilaku herding dalam kaitannya dengan niat melakukan pencatatan. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh antara pengetahuan akuntansi dan perilaku herding terhadap niat melakukan pencatatan akuntansi. Penelitian dilakukan pada UKM yang berada di Kota Salatiga. Pengambilan sampel menggunakan metode convenience sampling. Hasil pengujian menunjukkan perilaku herding dan pengetahuan akuntansi berpengaruh positif terhadap kemauan dalam membuat pencatatan keuangan.
Capital Expenditure, Leverage, Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility: Pengaruhnya Terhadap Nilai Perusahaan Noni Aisyah Sofiamira; Nadia Asandimitra Haryono
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 20 No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.311 KB) | DOI: 10.24914/jeb.v20i2.691

Abstract

This study aims to investigate the effects of capital expenditure, leverage, managerial ownership, institutional ownership, and corporate social responsibility on firm value. We use Tobin’s Q as the proxy of firm value. Our sample firms are 11 mining firms listed in the Indonesian Stock Exchange for years 2011-2014. We generate our date from the official website of the Indonesian Stock Exchange. We run the multiple linear regression to analyze our data statistically. The results show that all independent variables simultaneously affect corporate value. Individual results indicate that managerial ownership (leverage) positively (negatively) affects firm value. However, other independent variables (institutional ownership and CSR) exhibit no significant influence on firm value. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh capital expenditure, leverage, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan yang diproksikan dengan Tobin’s Q pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di BEI periode 2011-2014. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari website resmi BEI. Pengamatan dilakukan terhadap 11 perusahaan sebagai sampel yang didapat dari teknik purposive sampling. Hasil penelitian secara simultan seluruh variabel independen berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hasil secara parsial menunjukkan bahwa variabel leverage berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, kepemilikan manajerial berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, sedangkan kepemilikan institusional dan CSR tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
The Quality of Accounting Information System: a Case of Regional Public Hospital Manokwari Mona Permatasari Mokodompit; Anik Wuriasih
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 20 No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (344.025 KB) | DOI: 10.24914/jeb.v20i2.696

Abstract

This study aims to examine the influence of several factors (user involvement in the development process of accounting information system, training and education, and top management support) on the quality of accounting information system at the Manokwari Regional Public Hospital. We distribute our questionnaire and conduct the interviews to 35 accounting information system users at this hospital to generate our research data. Our findings indicate that only top management support significantly affects the quality of accounting information system. Practically, this study contributes to address the issue of the quality of accounting information system at the Manokwari Regional Public Hospital.AbstrakPenelitian ini mengkaji pengaruh beberapa faktor (keterlibatan pengguna dalam proses pengembangan sistem informasi akuntansi, pelatihan dan pendidikan, dan dukungan manajemen puncak) terhadap kualitas sistem informasi akuntansi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Manokwari. Data penelitian dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner dan melakukan wawancara kepada 35 pengguna sistem informasi akuntansi RSUD Manokwari. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari ketiga faktor yang diteliti hanya faktor dukungan manajemen puncak yang memiliki pengaruh terhadap kualitas sistem informasi akuntansi. Sedangkan untuk keterlibatan pengguna dan pelatihan dan pendidikan tidak memiliki pengaruh terhadap sistem informasi akuntansi. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk memecahkan masalah terkait kualitas kualitas sistem informasi akuntansi pada RSUD Manokwari.
Profil Kepala Daerah dan Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Ari Kuncara Widagdo; Mohammad Badrul Munir
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 20 No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.643 KB) | DOI: 10.24914/jeb.v20i2.747

Abstract

This study aims to determine the effect of the profiles of local government heads on local government performance. In this research, the profiles of local government heads consists of working experience, competence, and the strength of legislative oversight. We also control for other variables, namely: size, wealth, leverage, the strength of public oversight, and the quality of financial statements, all at the local government level. This study relies on a mixed method that combines qualitative and quantitative approaches in order to generate more comprehensive results. We focus on all 38 districts/ municipalities in the East Java Province for the years 2009-2013, resulting in 152 district-year observations. Our multiple regression analysis indicates that all profiles of local government heads have no significant effects on local government performance. Our interview clarifies further our previous findings. Regarding the control variables, local government size, the strength of public oversight and the financial reporting quality have significant effects on local government performance.AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profil dari kepala pemerintah daerah terhadap kinerja pemerintah daerah. Profil terdiri dari pengalaman kerja, kompetensi, dan pengawasan oleh legislatif. Selain variabel-variabel tersebut, penelitian ini meneliti beberapa variabel kontrol seperti ukuran pemerintah daerah, kekayaan pemerintah daerah, leverage, pengawasan masyarakat, dan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran yang menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk mendapatkan hasil yang lebih komprehensif. Penelitian ini menggunakan regresi berganda untuk menganalisis data dalam pendekatan kuantitatif, sedangkan metode wawancara digunakan dalam pendekatan kualitatif. Data mencakup semua kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur, yaitu 38 kabupaten/kota, dan periode pengamatan adalah 2009 sampai 2013. Terdapat 152 laporan keuangan pemerintah daerah yang diteliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel yang terkait dengan profil dari kepala pemerintah daerah (pengalaman kerja, kompetensi, dan pengawasan oleh legislatif) tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan kinerja pemerintah daerah. Dalam analisis lebih lanjut, hasil wawancara memberikan klarifikasi lebih lanjut efek dari variabel-variabel ini. Dalam hal variabel kontrol, beberapa variabel seperti ukuran pemerintah daerah, leverage, pengawasan masyarakat, dan kualitas laporan keuangan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pemerintah daerah.
Anteseden dan Konsekuensi Kepuasan terhadap Penggunaan E-Learning pada Mahasiswa Margaretha Pink Berlianto
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 20 No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (596.75 KB) | DOI: 10.24914/jeb.v20i2.1023

Abstract

This research aims to analyze the effects of self-efficacy, subjective norms, system accessibility, attitudes, and satisfaction on intention to use e-learning among university students. Accordingly, I propose eight hypotheses and test these these hypotheses using the PLS analysis. The results show the following. Firstly, self-efficacy does not affect attitude and intention to use e-learning. Secondly, subjective norms affect attitude and intention to use e-learning. Thirdly, system accessibility has no effect on attitude and intention to use e-learning. Fourthly, attitude affects e-satisfaction and lastly e-satisfaction affects intention to use e-learning. This study could provide valuable inputs to universities in implementing e-learning system by suggesting that e-learning system fits the norms and values of society and students exhibit positive attitude towards e-learning. Further, system accessibility is no longer a factor that may affect attitudes and intention to use e-learning because currently there are so many places that offer internet access that students can access e-learning system everywhere without having to rely university-provided system.AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah menganalis bagaimana self-efficacy, norma subjektif, aksesibilitas sistem, sikap, kepuasan dan niat untuk menggunakan e-learning pada sebuah universitas. Pada penelitian ini terdapat delapan hipotesis yang diuji. Pengujiaan masing-masing variabel diukur dengan 5 skala Likert. Pengujian uji kecocokan model dan hipotesis dilakukan dengan analisis PLS. Hasil dari penelitian ini adalah self-efficacy tidak berpengaruh terhadap sikap dan niat untuk menggunakan, subjek normatif berpengaruh terhadap sikap dan niat untuk menggunakan, aksesibilitas sistem tidak berpengaruh terhadap sikap dan niat untuk menggunakan, sikap berpengaruh terhadap kepuasan dan kepuasan berpengaruh terhadap niat untuk menggunakan. Kontribusi penelitian ini adalah memberikan masukan kepada universitas yang mengimplementasikan sistem pembelajaran e-learning bahwa sistem e-learning sesuai dengan norma dan nilai masyarakat yang berlaku dan mahasiswa memiliki sikap yang positif terhadap e-learning. Aksesibilitas sistem bukan lagi menjadi kendala yang dapat mempengaruhi sikap dan niat untuk menggunakan mahasiswa dikarenakan pada saat ini sudah banyak tempat yang menyediakan akses internet sehingga mahasiswa dapat mengakses sistem e-learning dimana saja tanpa harus mengandalkan sistem dari universitas.
Month of the Year Effect pada Pasar Obligasi di Indonesia Robiyanto Robiyanto
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 20 No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.398 KB) | DOI: 10.24914/jeb.v20i2.1093

Abstract

This study examines the month-of-the-year effect on the bond returns in Indonesia. I use the monthly closing price index (Indonesia Bond Indexes / INDOBeX) data for the periods of July 2003-July 2017 from Bloomberg. I then run the Generalize Autoregressive Conditional Heteroscedasticity (GARCH) analysis technique to analyze the data because the residuals exhibit a significant pattern of Autoregressive Conditional Heteroscedasticity (ARCH). The results show that only the month of July has a significantly positive effect on the bond returns; indicating that there is the month-of-the-year effect in the Indonesian bond market. Further, these also imply that the Indonesian bond market does not exhibit a random walk pattern and consequently they are inefficient in the weak form.AbstrakPenelitian ini menguji pengaruh bulan-bulan perdagangan (month of the year) terhadap return obligasi di Indonesia. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data indeks harga obligasi (Indonesia Bond Indexes / INDOBeX) penutupan bulanan selama periode Juli 2003 hingga Juli 2017 yang diperoleh dari Bloomberg. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis Generalize Autoregressive Conditional Heteroscedasticity (GARCH) karena pola residual yang dihasilkan menunjukkan adanya pola Autoregressive Conditional Heteroscedasticity (ARCH) yang signifikan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bulan Juli memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap return obligasi di Indonesia. Sementara bulan-bulan lainnya tidak memiliki pengaruh terhadap return obligasi di Indonesia. Hasil ini menunjukkan bahwa terjadi month of the year effect di pasar obligasi di Indonesia. Temuan ini memiliki implikasi bahwa pasar obligasi di Indonesia tidak berjalan acak (random walk) sehingga tidak efisien dalam bentuk lemah.
Kesesuaian Pengasuhan Perusahaan Multibisnis: Studi Kasus Kelompok Bisnis “Media Group” Ningky Sasanti Munir
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 20 No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (518.154 KB) | DOI: 10.24914/jeb.v20i2.695

Abstract

The strategic objective of a multi-business firm is to generate firm value that exceeds the sum of the values of its strategic business units. Parent company can facilitate the value-creation of multi-business firm trough “parenting” activity. Previous studies show that higher compatibility between parent companies’ parenting style and subsidiaries’ needs likely generates higher firm values.  Accordingly, this research aims to investigate the fit between parenting style of the parent company and subsidiaries’ needs of Media Group (MG) as a multi-business firm that engages in media business. I obtain our primary data by conducting interviews with directors of the parent company and subsidiaries. In addition, I also support my interview data by analyzing the firm’s internal documents and information from the firm’s external environment. I classify the results into four categories, namely parent company’s characteristics, critical success factors of subsidiaries, parenting opportunities, and parenting fit matrix. The results show that 15 or all subsidiaries are heartland or edge of heartland businesses; implying high fit between parent company’s characteristics, critical success factors of subsidiaries, and existing parenting opportunities. Although the firm as a whole exhibits a parenting fit, there are two subsidiaries that still underperform.AbstrakSasaran perusahaan multibisnis adalah menciptakan nilai lebih dari sekedar penjumlahan nilai yang diciptakan seluruh unit-unit bisnis stratejik. Kreasi nilai di perusahaan multibisnis dapat dicapai melalui “pengasuhan” dari perusahaan induk. Studi terdahulu menunjukkan, semakin sesuai pengasuhan perusahaan induk dengan kebutuhan perusahaan anak, semakin besar nilai yang diciptakan. Oleh sebab itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menentukan kesesuaian pengasuhan antara perusahaan induk dan perusahaan-perusahaan anak. Penelitian dilakukan di perusahaan multibisnis, “Media Group” (MG) yang bergerak di bidang media. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif terapan yang menggunakan pendekatan studi kasus. Data primer diperoleh terutama melalui wawancara dengan direksi perusahaan induk dan perusahaan-perusahaan anak. Data sekunder diperoleh melalui kajian dokumen internal perusahaan dan informasi dari lingkungan eksternal perusahaan. Hasil penelitian dikelompokkan dalam empat kategori, yaitu karakteristik perusahaan induk, faktor sukses kritis perusahaan-perusahaan anak, peluang-peluang pengasuhan, dan matriks kesesuaian pengasuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat ini 15 atau seluruh perusahaan anak merupakan bisnis heartland dan edge of heartland yang berarti terdapat kesesuaian yang tinggi antara karakteristik perusahaan induk, faktor sukses kritis perusahaan anak, dan peluang-peluang pengasuhan yang ada. Walau terdapat kesesuaian pengasuhan, terdapat dua perusahaan anak yang tidak menunjukkan kinerja yang memuaskan.
Intentions to Apply as Internship Students on Digital Start-Up Companies in Jakarta Liza Agustina Maureen Nelloh
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 20 No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (533.305 KB) | DOI: 10.24914/jeb.v20i2.1000

Abstract

Human capital plays an important role in explaining organizational performance and survival, not only for well-established firms but also for digital startup companies. However no previous human resource literature, especially on employers’ brand, investigates the internship program in the startup digital firms. Our pre-test shows that students are less attracted to apply to startup digital companies. Consequently, this study aims to test students’ intention to be on an internship in startup digital companies with its several antecedents (organizational attractiveness, job meaning, organizational attributes, and institutional image). My purposive sampling generates 101 business and management students in Jakarta as my sample. I run Partial Least Square (PLS) to test my hypothesis. The results indicate that organizational attributes do not affect intention to be on an internship and other hypothesis tests exhibit positive results. Further, the findings also show that organizational attributes do not exhibit mediating effect. Overall, the results suggest that digital startup companies cooperate and collaborate with universities, especially business and management departments in research and student projects in order to attract the best students to be on internship on these companies that eventually will improve their performance.AbstrakSumber Daya Manusia memegang peran penting dalam ketahanan dan peningkatan kinerja perusahaan baik berskala besar ataupun berskala startup digital. Akan tetapi, penelitian sebelumnya mengenai sumber daya manusia khususnya merek perekrut yang menguji secara khusus pada program magang yang banyak dilakukan oleh jurusan bisnis dan manajemen atau sejenisnya masih jarang dilakukan. Kemudian, hasil prates menunjukkan rendahnya ketertarikan dan keinginan mahasiswa untuk melamar di perusahaan startup digital. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji intensi melamar calon mahasiswa magang di perusahaan startup digital bersama beberapa antesendennya (ketertarikan organisasi, arti pekerjaan, atribut organisasi, dan citra institusi). Survey purposive sample dilakukan terhadap 101 mahasiswa jurusan bisnis dan manajemen di Jakarta. Partial Least Square (PLS) digunakan dalam penelitian ini untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa atribut organisasi tidak signifikan pengaruhnya terhadap intensi melamar, bersamaan dengan hasil posifitif pada semua uji hipotesis, dan juga membuktikan tidak adanya mediasi variabel atribut organisasi. Hasil penelitian ini menyarankan perusahaan startup digital untuk membina kerjasama dan kolaborasi yang kuat dengan pihak universitas khususnya jurusan bisnis dan manajemen dalam bidang riset dan proyek mahasiswa untuk menarik calon mahasiswa magang yang berkualitas sehingga dapat mencapai kinerja organisasi yang optimal.

Page 1 of 1 | Total Record : 9