cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
JURNAL MANAJEMEN
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : 02856911     EISSN : 25281518     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
JURNAL MANAJEMEN is a scientific journal in the field of management published twice a year (in January & July).
Arjuna Subject : -
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 3 (2021): September" : 25 Documents clear
Pengaruh penggunaan debit card, credit card, e-money, dan e-wallet terhadap pengeluaran konsumsi mahasiswa Ainun Yaumil Achir; Trias Madanika Kusumaningrum
JURNAL MANAJEMEN Vol 13, No 3 (2021): September
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jmmn.v13i3.8503

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh penggunaan Kartu Debit, Kartu Kredit, E-Money, dan E-Wallet terhadap Pengeluaran Konsumsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuesioner sebagai sumber datanya. Sampel penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan adalah sampel mahasiswa Universitas Negeri Surabaya yang telah menggunakan uang elektronik. Analisis data dengan analisis regresi linier berganda pada program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Kartu Debit dan E-Money secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengeluaran konsumsi. Artinya, peningkatan penggunaan kartu debit dan atau e-Money juga akan meningkatkan pengeluaran konsumsi secara signifikan. Kartu kredit dan e-Wallet tidak berpengaruh signifikan terhadap pengeluaran konsumsi. Penggunaan seperti Kartu Debit, Kartu Kredit, E-Money dan E-Wallet dapat berkontribusi 37,2% terhadap perubahan pengeluaran konsumsi.
Formulasi strategi bisnis Johanes Tolan Pari; Ningky Sasanti Munir
JURNAL MANAJEMEN Vol 13, No 3 (2021): September
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jmmn.v13i3.10049

Abstract

PT Smartfren Telecom (Smartfren) merupakan salah satu pemain dalam Industri Telekomunikasi Seluler. Tingkat persaingan pada industri ini cukup ketat, ditandai dengan tingkat penetrasi pelanggan yang telah melebihi jumlah populasi penduduk Indonesia sementara Smartfren merupakan pemain dengan pangsa pasar terkecil (6.8%). Hal ini berdampak kepada kinerja keuangan Smartfren yang masih mengalami tingkat kerugian yang cukup signifikan. Walaupun kinerja yang berhasil dibukukan pada Tahun 2018 dan 2019 menunjukkan trend pertumbuhan pendapatan usaha yang baik, namun hal ini masih belum mampu untuk memperbaiki kinerja keuangan perusahaan secara keseluruhan, bahkan pada semester I Tahun 2020, Smartfren masih mengalami kenaikan tingkat kerugian sebesar 14%, dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk memformulasikan strategi bisnis yang tepat bagi Smartfren sehingga dapat mengoptimalkan keuntungannya. Penelitian terapan ini dilakukan secara kualitatif, dimana isu stratejik eksternal dikompilasi dalam matriks External Factor Evaluation (EFE) dengan nilai tertimbang 2,87 dan isu stratejik internal dalam matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dengan nilai tertimbang 2,85, yang berarti strategi bisnis ke depan adalah tahan dan pelihara (hold and maintain). Langkah selanjutnya adalah melakukan analisis menggunakan Matriks Internal-Eksternal (IE) dan matriks TOWS untuk mengembangkan alternatif-alternatif strategi yang kemudian dipertajam menjadi prioritas-prioritas strategi dengan menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Dua prioritas strategi yaitu melakukan penetrasi pasar dan pengembangan produk yang didukung oleh prioritas alokasi dan efisiensi biaya serta promosi yang atraktif.
Pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen pada alfamart kecematan bolo kabupaten bima Amirullah Amirullah
JURNAL MANAJEMEN Vol 13, No 3 (2021): September
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jmmn.v13i3.9649

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen pada Alfamart blok Bolo Kecamatan Bima. Penelitian ini menggunakan data primer yang bersumber dari kuesioner penelitian yang disebarkan oleh 96 responden terpilih. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket dan studi kepustakaan. Data pembaca data adalah uji validitas, data penilaian data validitas, uji validitas validitas, uji validitas, uji validitas, uji validitas, uji reliabilitas, uji reliabilitas, uji reliabilitas, uji reliabilitas, uji aset, uji, uji validasi produk, dan variabel utama meliputi produk dan promosi secara positif dan signifikan kualitas dan promosi pelanggan secara positif dan habis pakai akan menciptakan kepuasan pelanggan. Sedangkan harga dan tempat tidak mempengaruhi kepuasan konsumen, artinya secara tidak langsung konsumen akan dengan sendirinya beralih membeli produk lain.
Stimuli pengaruh brand ambassador terhadap purchase intention melalui mediasi consumer satisfaction Tri Tjahjo Poernomo
JURNAL MANAJEMEN Vol 13, No 3 (2021): September
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jmmn.v13i3.10067

Abstract

Artikel penelitian ini, bertujuan mengidentifikasi keempirisan stimuli pengaruh duta merek terhadap minat beli konsumen melalui mediasi pembentukan nilai-nilai kepuasan pelanggan di lotte mart dewasa ini. Artikel penelitian ini bersifat inferensial statistika (mengidentifikasi kempirisan hipotesis observasi secara faktual). Aktivitas penelitian dilaksanakan pada bulan pebruari 2021 di lokasi lotte mart, Waru Sidoarjo. Subyek penelitian dalam artikel ini terdiri dari keseluruhan pelanggan tetap lotte mart.  Metode penyamplingan responden dilakukan melalui pendekatan sampel penilaian terhadap 60 partisipan penggiat belanja di lotte mart. Identifikasi instrument penelitian dilakukan melalui bantuan media kuesioner observasi. Keseluruhan elemen duta merek (truthwothness, attractiveness, expertise) berpengaruh positip terhadap minat beli melalui mediasi kepuasan pelanggan. Aktivitas pembelian kembali akan terwujud jika pelanggan merasa puas secara optimal melalui proses rangsangan pemasaran yang berkelanjutan dalam jangka panjang.  
Pengaruh perceived ease of use, perceived usefulness, perceived risk, dan brand image terhadap keputusan pembelian menggunakan metode pembayaran shopee paylater Rita Dewi Anggraeni Purnamasari; Hadi Sasana; Ivo Novitaningtyas
JURNAL MANAJEMEN Vol 13, No 3 (2021): September
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jmmn.v13i3.10130

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perceived ease of use (persepsi kemudahan), perceived usefulness (persepsi manfaat), perceived risk (persepsi risiko), dan brand image (citra merek) terhadap keputusan penggunaan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif bersampel 100 responden melalui metode purposive sampling. Pengujian hipotesis menggunakan uji analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan keputusan penggunaan metode pembayaran Shopee PayLater dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh variabel perceived usefulness (persepsi manfaat) dengan nilai (0.000 0.05) dan brand image (citra merek) dengan nilai (0.000 0.05). Variabel perceived ease of use (persepsi kemudahan) terbukti berpengaruh dengan arah pengaruh yang negatif dengan nilai (0.041 0.05) sedangkan perceived risk (persepsi risiko) tidak terbukti berpengaruh secara signifikan dengan nilai (0.053 0.05). Keputusan penggunaan pada metode pembayaran Shopee PayLater dapat dijelaskan sebesar 42,1 persen oleh variabel independen dalam penelitian ini yaitu variabel perceived ease of use, perceived usefulness, perceived risk dan brand image. Sedangkan 57,9 persen variabel keputusan penggunaan dijelaskan oleh variabel-variabel diluar variabel independen dalam penelitian ini.
Pengaruh habit dalam keputusan mengikuti program permata serta dampaknya pada kepuasan pelayanan Nova Audina; Reminta Lumban Batu
JURNAL MANAJEMEN Vol 13, No 3 (2021): September
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jmmn.v13i3.9808

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Habit terhadap Keputusan melalui Kepuasan Pelayanan. Responden dalam penelitian ini berjumlah 77 responden yang merupakan mahasiswa program PERMATA SAKTI Universitas Singaperbangsa Karawang. Berdasarkan data-data yang telah dikumpulkan dan pengujian yang telah dilakukan terhadap masalah menggunakan model analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan program IBM AMOS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Habit berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan, keputusan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelayanan, dan Habit berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan pelayanan.
The Impact Of Advertising Through Social Media On The Purchase Decision Of Samsung Hp (Case Study On Students Of The Faculty Of Economics And Business, Muhammadiyah University Jember) Arvin Bagaskara; Nurul Qomariah; Ahmad Izzudin
JURNAL MANAJEMEN Vol 13, No 3 (2021): September
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jmmn.v13i3.9631

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis iklan melalui media sosial terhadap keputusan pembelian dan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian Hp Samsung pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Muhammadiyah Jember. Penelitian ini deskriptif kuantitatif. Data primer diperoleh dari penyebaran secara langsung kuesioner kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Muhammadiyah Jember. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel sebanyak 75 responden. Data lainnya didapatkan dengan cara melalui observasi dan studi kepustakaan. Adapun metode yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa keputusan pembelian Hp Samsung pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Muhammadiyah Jember adalah variabel independen hasilnya yaitu Attitude Toward The Ad berpengaruh signifikan namun variabel keputusan pembelian, sedangkan variabel Ad Recall dan Clik Throught Rates tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian Hp Samsung pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Muhammadiyah Jember.
Aksi gerakan cuitan #unsikakenapasih di twitter: analisis wacana kritis Ulliandi Refdi; Mayasari Mayasari; Fardiah Oktariani Lubis
JURNAL MANAJEMEN Vol 13, No 3 (2021): September
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jmmn.v13i3.9612

Abstract

Artikel ini membahas tentang cuitan-cuitan pada gerakan #UnsikaKenapaSih di Twitter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan analisis wacana kritis model Norman Fairclough. Analisis Norman Fairclough berdasarkan kepada tiga aspek penting yakni: dimensi teks, dimensi discourse practice dan socialcultural practice. Hasil penelitian tersebut adalah (01)  adanya penggunaan kata repitis, majas, dan pemilihan diksi dalam pembangunan wacana pada #UnsikaKenapaSih. (02) terdapat adanya maksud dan tujuan dari pembuat dan respon dari wacana yang dibangun dalam gerakan #UnsikaKenapaSih tersebut. (03) adanya keterkaitan dan faktor aspek sosial dalam terbentuknya wacana dalam gerakan #UnsikaKenapaSih.
Implementasi linear programming metode simpleks pada home industry khasanah sari karawang Lina Nurmayanti; Ajat Sudrajat
JURNAL MANAJEMEN Vol 13, No 3 (2021): September
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jmmn.v13i3.10085

Abstract

Dalam linear programming dikenal salah satu metode penyelesaian masalah linear yaitu metode simpleks. Metode simpleks merupakan salah satu pendekatan yang dapat digunakan dalam memecahkan permasalahan linear programming dalam menentukan solusi optimal yang memiliki dua atau lebih variabel keputusan dimana dalam menentukan kombinasi optimal dilakukan melalui iterasi secara berulang terhadap tabel simpleks sampai ditemukan nilai yang optimum dalam masalah optimasi yang diteliti. Dalam dunia bisnis masalah optimasi meliputi memaksimumkan keuntungan (maksimasi) atau meminimumkan biaya (minimasi) dimana keduanya dapat diselesaikan menggunakan metode simpleks. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi linear programming menggunakan metode simpleks sehingga diperoleh keuntungan maksimum pada home industry Khasanah Sari Karawang. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis menggunakan metode simpleks dengan perhitungan secara manual. Hasil penelitian menunjukkan banyaknya jumlah produksi optimum dari masing-masing produk pada home industry Khasanah Sari Karawang sehingga diperoleh keuntungan maksimum.
Pengaruh return on asset, debt to equity, earning per share, economic value added terhadap return saham Adita Nafisa; Muhamad Robied Mustofa
JURNAL MANAJEMEN Vol 13, No 3 (2021): September
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jmmn.v13i3.10034

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk a) menganalisis pengaruh Return On Asset (ROA) terhadap return saham pada perusahaan advertising printing dan media  yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI), b) menganalisis pengaruh Debt To Equity Ratio (DER) terhadap return saham pada perusahaan advertising printing dan media  yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2018, c) menganalisis pengaruh Earning Per Share (EPS) terhadap return saham pada perusahaan advertising printing dan media  yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2018, dan d) menganalisis pengaruh Economic Value Added (EVA) terhadap return saham pada perusahaan advertising printing dan media  yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2018. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 5 perusahaan advertising, printing dan media pada Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2018. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan model regresi linier berganda dengan uji t. Hasil dari penelitian ini yaitu: a) Return On Assets (ROE) secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap return saham pada perusahaan advertising printing dan media  yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2018, b) Debt To Ratio (DER) secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap return saham pada perusahaan advertising printing dan media  yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2018, c) Earning Per Share (EPS) secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap return saham pada perusahaan advertising printing dan media  yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2018, dan d) Economic Value Added (EVA) secara parsial memiliki pengaruh siginifikan secara negatif jadi apabila nilai EVA tinggi  maka return sahamnya rendah.

Page 1 of 3 | Total Record : 25