cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
JURNAL MANAJEMEN
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : 02856911     EISSN : 25281518     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
JURNAL MANAJEMEN is a scientific journal in the field of management published twice a year (in January & July).
Arjuna Subject : -
Articles 50 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 1 (2022)" : 50 Documents clear
Pengaruh profesionalisme pegawai dan standard operating procedure terhadap kepuasan masyarakat dengan kualitas pelayanan sebagai variabel intervening Toni Herlambang; I Dewa Gede Aristana Wijaya Kesuma; Arik Susbiyani
JURNAL MANAJEMEN Vol 14, No 1 (2022)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jmmn.v14i1.10849

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profesionalisme pegawai dan Standard Operating Procedure terhadap kepuasan masyarakat dengan kualitas pelayanan sebagai variable intervening. Populasi penelitian yaitu semua masyarakat Kabupaten Banyuwangi. Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin yaitu 97 responden. Hasil penelitian menunjukkan Profesionalisme pegawai dan Standard Operating Procedure (SOP) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan perizinan UMK di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Banyuwangi. Profesionalisme pegawai, Standard Operating Procedure (SOP)  dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat terkait perizinan UMK di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Banyuwangi. Profesionalisme pegawai, berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat melalui kualitas pelayanan. Dengan nilai pengaruh tidak langsungnya lebih kecil dari pada pengaruh langsungnya. Standard Operating Procedure (SOP), berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat melalui kualitas pelayanan. Dengan nilai pengaruh tidak langsungnya lebih kecil dari pada pengaruh langsungnya.
Pengaruh brand trust, media sosial dan online consumer review terhadap minat beli Fajrin Mustika Hapsari; Sudarwati Sudarwati; Fithri Setya Marwati
JURNAL MANAJEMEN Vol 14, No 1 (2022)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jmmn.v14i1.10747

Abstract

Seiring perkembangan internet saat ini berdampak pada perubahan gaya hidup seseorang terutama dalam pola konsumsi dan belanja masyarakat. Selain itu, perubahan gaya hidup masyarakat menyebabkan munculnya pesaing sejenis yang membuat persaingan bisnis dituntut untuk berlomba-lomba dalam menciptakan inovasi untuk menarik minat beli seseorang dengan tetap mempertahankan konsumen yang loyal. Marketplace Shopee saat ini sedang mengalami tren penurunan karena berbagai faktor yang menurunkan minat beli konsumen. Dalam penelitian ini, minat beli diukur dengan menggunakan variabel seperti kepercayaan merek, media sosial dan review konsumen online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kepercayaan merek, media sosial dan review konsumen online terhadap minat beli pengguna aplikasi Shopee di Surakarta secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna aplikasi Shopee di Surakarta yang tidak dapat diketahui jumlahnya, sedangkan sampel yang digunakan adalah 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan merek, media sosial dan review konsumen online memiliki pengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap minat beli di marketplace shopee.
Pengaruh current ratio dan debt to assets ratio terhadap return on assets Dela Nadia Alfiani
JURNAL MANAJEMEN Vol 14, No 1 (2022)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jmmn.v14i1.10905

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh antara Current Ratio (CR) dan Debt To Asset Ratio (DAR) terhadap Return On Asset (ROA) pada PT Adarao Energy, Tbk. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menganalisis laporan keuangan dengan menggunakan data kuantitatif dan teknik data yang digunakan adalah data sekunder. Penelitian ini menggunakan data laporan keuangan tahun 2011 sampai dengan tahun 2020 pada PT Adarao Energy, Tbk. yang diperoleh dari website www.adaro.com . Metode analisis data statistik yang digunakan adalah regresi linear berganda dan dilakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu. Pengolahan data statistic menggunakan software SPSS 25 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penelitian ini memenuhi uji asumsi klasik. Dari hasil analisis linear berganda, didapat persamaan Y = -0,055 + 0,021 X1 + 0,144 X2 + e. Besarnya koefisien determinasi adalah sebesar 0,145. Hal ini menunjukkan bahwa Current Ratio dan Debt to Asset Ratio memberikan pengaruh terhadap Return On Asset sebesar 14,5% sedangkan sisanya 85,5% dipengaruhi oleh variabel lain. Secara uji parsial (uji t) variabel Current Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset berdasarkan hasil t-hitung sebesar (0,849) < t-tabel (2,306), dengan nilai signifikansi 0,424 > 0,05, maka Ho diterima dan Ha ditolak. Sedangkan Debt To Asset Ratio tidak  berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset berdasarkan hasil thitung (0,988) < ttabel (2,306), dengan nilai signifikansi 0,356 < 0,05, maka Ho diterima dan Ha ditolak. Secara uji simultan (uji f) diperoleh hasil Fhitung (0,594) < Ftabel (4,74) dengan nilai signifikansi 0,578 > 0,05, sehingga Ha ditolak dan Ho diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa secara simultan Current Ratio dan Debt to Asset Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset.
Penilaian tingkat kesehatan pada koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syariah Dedi Muhamad; Risal Rinofah; Agus Dwi Cahya
JURNAL MANAJEMEN Vol 14, No 1 (2022)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jmmn.v14i1.10795

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis tingkat kesehatan KPSPPS BTM Kotagede periode 2014-2020. Penelitian yang dilakukan penulis bersifat deskriptif kuantitatif. Data-data keuangan yang berupa neraca dan laporan laba rugi periode 2014 sampai 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Aspek permodalan memperoleh kriteria cukup sehat dan CAR kriteria sehat: 2) Aspek kualitas aktiva produktif pada rasio piutang dan pembiayaan bermasalah terhadap jumlah piutang dan pembiayaan kriteria cukup lancar, rasio portofolio bermasalah terhadap piutang dan pembiayaan berisiko kriteria tidak berisiko, dan PPAP dalam kriteria lancar; 3) Aspek manajemen, aspek manajemen kelembagaan, manajemen permodalan, manajemen aktiva, dan manajemen likuiditas memperoleh skor maksimal; 4) Aspek likuiditas pada rasio biaya operasional  terhadap pelayanan memperoleh kriteria efisien, rasio aktiva tetap terhadap total asset kriteria kurang baik, dan rasio efisiensi pelayanan kriteria tidak baik; 5) Aspek efisiensi dilihat dari rasio kas termasuk kriteria cukup likuid, rasio pembiayaan terhadap dana yang diterima kriteria likuid; 6) Aspek kemandirian dan pertumbuhan pada rasio rentabilitas asset memperoleh kriteria rendah, rasio rentabilitas ekuitas kriteria cukup, dan rasio  kemandirian operasional kriteria cukup; 7) Aspek jati diri koperasi kriteria bermanfaat, dan pada rasio partisipasi bruto kriteria tinggi; 8) Aspek kepatuhan prinsip syariah telah mencapai skor maksimal.
Pengaruh kelayakan harga dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening Hartati Dwi Nawastuty; Ida Bagus Nyoman Udayana; Agus Dwi Cahya
JURNAL MANAJEMEN Vol 14, No 1 (2022)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jmmn.v14i1.10388

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh Kelayakan Harga terhadap Kepuasan Konsumen; (2) pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen; (3) pengaruh Kelayakan Harga terhadap Loyalitas Konsumen; (4) pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen; (5) pengaruh Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen. Sampel dalam penelitian ini adalah 160 konsumen/pelanggan JNE yang berdomisili di Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan teknik pengambilan sampel Non Probability Sampling dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Dalam penelitian ini memanfaatkan SPSS 25 untuk melakukan Uji Kualitas Data, Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis dan Uji Sobel Test. Hasil penelitian ini menunjukan (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kelayakan Harga terhadap Kepuasan Konsumen; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kelayakan Harga terhadap Loyalitas Konsumen; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen; (5) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen.
Pengaruh motivasi kerja, lingkungan kerja, dan keselamatan kerja terhadap kinerja karyawan Mona Mona; Ignatius Soni Kurniawan
JURNAL MANAJEMEN Vol 14, No 1 (2022)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jmmn.v14i1.10873

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh motivasi kerja, lingkungan kerja, dan keselamatan kerja,terhadap kinerja karyawan dinas transmigrasi dan ketenagakerjaan kota yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan data primer diambil menggunakan kuesioner yang diambil secara accidental sampling pada 50 responden. Penarikan sampel menggunakan rumus Slovin. Data dikumpulkan melalui survei langsung kemudian diolah menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja, lingkungan kerja dan pengaruh keselamata kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan.
Pengaruh brand ambassador eiger dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Dhani Teguh Prasetyo; Akmad Suharto; Wahyu Eko
JURNAL MANAJEMEN Vol 14, No 1 (2022)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jmmn.v14i1.10643

Abstract

Saat ini di Indonesia ketat terkait dengan tingkat persaingan dunia usaha dalam bidang outdoor. Salah satu perusahaan yang memproduksi peralatan dan perlengkapan outdoor di Indonesia yaitu PT. Eigerindo Multi Produk Industri atau yang dikenal sebagai Eiger. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh brand Ambasador dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada produk Eiger di Jember. Teknik pengambilan sample yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Analisa data yang digunakan yaitu menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda dengan 130 responden. Berdasarkan Uji T didapatkan nilai sebesar 2.855 yang berarti brand ambassador memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, berdasarkan uji F didapatkan nilai 12,564 yang berarti secara simultan berpengaruh positif dan signifikan variabel Brand Ambassador dan Kualitas Produk mempengaruhi keputusan pembelian, berdasarkan analisisn koefisien determinasi sebesar sebesar 83,5% dipengaruhi oleh variabel lain.
Pengaruh right issue terhadap return saham pada periode covid-19 Nurfitri Desliniati; Fauzi Eka Prasasti; Rifka Manda
JURNAL MANAJEMEN Vol 14, No 1 (2022)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jmmn.v14i1.10909

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh right issue terhadap return saham (actual return) selama periode COVID-19, dan menggunakan return IHSG sebagai variabel kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang sudah melakukan right issue dan listing di Bursa Efek Indonesia pada Periode Maret 2020 s/d Oktober 2021 selama pandemi COVID-19. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 38 perusahaan yang sudah membagikan right issue dari 1 Januari s/d 02 Desember 2021. Teknik pengambilan sampelnya adalah menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini merupakan event study dengan menggunakan signaling theory pada periode peristiwa pengumuman right issue, cum date right issue, dan ex date right issue. Pengujian hipotesis ini adalah menggunakan uji regresi data panel, dan analisisnya berdasarkan uji regresi linier dengan menggunakan software E-views 9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara pengumuman right issue dengan return saham; Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara cum date right issue dengan return saham; dan Terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara ex date right issue dengan return saham.
Pengaruh gaya kepemimpinan, komitmen organisasi, dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja pegawai Yohana Febriyanti Nadya Pally; Epsilandri Septyarini
JURNAL MANAJEMEN Vol 14, No 1 (2022)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jmmn.v14i1.10796

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan, komitmen organisasi, motivasi kerja terhadap kepuasan kerja pegawai di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitin ini adalah seluruh pegawai dinas pertanian dan ketahanan pangan DIY yang berjumlah 40 orang karyawan dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan Non Probability sampling dengan teknik yang dipakai adalah sampling jenuh (sensus). Hasil penelitian menunjukan bahwa  gaya kepemimpinan berpengaruh  negatif dan  tidak signifikan  terhadap kepuasan kerja, komitmen organisasi dan  motivasi kerja secara parsial   berpengaruh  positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Gaya  kepemimpinan, komitmen organisasi dan motivasi kerja berpengaruh secara simultan dan signifikan positif terhadap  kepuasan kerja.
Pengaruh kompensasi, kepemimpinan transformasional, dan lingkungan kerja terhadap organizational citizenship behavior (ocb) melalui motivasi kerja sebagai variabel intervening Amjad Maulana; Muinah Fadhilah; Kusuma Chandra Kirana
JURNAL MANAJEMEN Vol 14, No 1 (2022)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jmmn.v14i1.10607

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis: pengaruh kompensasi, kepemimpinan transformasional, dan lingkungan kerja terhadap motivasi kerja; pengaruh kompensasi, kepemimpinan transformasional, dan lingkungan kerja terhadap organizational citizenship behavior (OCB); pengaruh motivasi kerja terhadap organizational citizenship behavior (OCB). Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan kuesioner untuk pengambilan data, dan diuji menggunakan software SmartPLS 3.3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompensasi tidak berpengaruh terhadap motivasi kerja, kepemimpinan transformasional tidak berpengaruh terhadap motivasi kerja, lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja, Kompensasi tidak berpengaruh terhadap organizational citizenship behavior (OCB), kepemimpinan transformasional tidak berpengaruh terhadap organizational citizenship behavior (OCB), lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior (OCB), motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior (OCB), sehingga disimpulkan bahwa motivasi kerja tidak memediasi kompensasi terhadap organizational citizenship behavior (OCB), motivasi kerja tidak memediasi kepemimpinan transformasional terhadap organizational citizenship behavior (OCB). Perlu adanya memberikan sumbangan keilmuan khususnya sumberdaya manusia, terutama hubungan antara kompensasi, kepemimpinan transformasional, lingkungan kerja, organizational citizenship behavior (OCB), dan motivasi kerja.