cover
Contact Name
Nurhayati
Contact Email
nurhayati.sudirman@uin-suska.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jcie.piaud@uin-suska.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education
ISSN : 26210339     EISSN : 26210770     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau terbit dua kali setahun pada bulan Maret dan November, memuat artikel hasil Kajian Teori dan Praktik di bidang Pendidikan Anak Usia Dini.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2019): November" : 8 Documents clear
Upaya Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menari Pada Kelompok B di RA Al-Ikhlas Medan Khotimatul Majdah
KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education Vol 2, No 2 (2019): November
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/kjiece.v2i2.9102

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Kecerdasan Kinestetik anak usia dini melalui kegiatan menari pada kelompok B di RA Al-Ikhlas Medan. Penelitian ini dilaksanakan pada kelompok B di RA Al-Ikhlas Medan dengan jumlah 13 orang anak yang  dilaksanakan pada semester II T.A 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas partisipan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif dengan statistik deskriptif yaitu membandingkan hasil yang diperoleh dari Pra Siklus, Siklus pertama dan Siklus kedua. Analisis data kualitatif dengan cara menganalisis data dari hasil observasi selama penelitian. Pada pra siklus 23,1%, siklus I meningkat menjadi 38,5% dan siklus II menjadi 84,6%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan kinestetik anak usia dini pada kelompok B yang dilakukan melalui kegiatan menari.
Pengembangan Model Media Audio-Visual untuk Meningkatkannilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini Kota Bengkulu Lydia Margaretha; Dwi Nomi Pura
KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education Vol 2, No 2 (2019): November
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.316 KB) | DOI: 10.24014/kjiece.v2i2.9060

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Merancang Pengembangan Media audio-visual yang dapat meningkatkan nilai-nilai agama dan moral pada pembelajaran; (2) Mendeskripsikan efektivitas penggunaan media audio-visualuntuk meningkatkan nilai-nilai agama dan moral. Subyek penelitian ini adalah guru dan anak PAUD kelas B Kota Bengkulu. Sedangkan objek penelitian ini adalahberupa media audio-visual sebagai media pembelajaran aspek nilai-nilai agama dan moral. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan “ Penelitian Pengembangan” ( Research and Development). Penelitian dan pengembangan bertujuan untuk menemukan dan mengembangkan dan memvalidasi suatu produk, dengan demikian penelitian R&D bersifat longitudinal, penelitian dan pengembangan juga suatu metode yang digunakan untuk menghasilkan produk baru dan menguji keefektifan produk tersebut. Berdasarkan analisis yang digunakan pada penelitian ini maka diambil kesimpulan: (1) Media audio-visual sebagai media pembelajaran yang dapat menjelaskan hal mengenai nilai-nilai agama dan moral yang bersifat abstrak menjadi kongkrit dan menarik perhatian anak sehingga dapat meningkatkan nilai-nilai agama dan moral anak. (2) Media audio-visual yang dikembangkan ini merupakan media alternatif yang  efektif sebagai media pembelajaran aspek nilai-nilai agama dan moral untuk meningkatkan nilai-nilai agama dan moral anak PAUD Kelas B. Peningkatan nilai-nilai agama signifikan berdasarkan hasil uji-t taraf signifikasi 0,00 yang lebih kecil dari 5%. Penggunaan media audio-visual dapat meningkatkan moral anak setelah menggunakan media audio-visual lebih tinggi dibanding sebelum menggunakan media audio-visual.
Kemampuan Guru Menggunakan TIK Untuk Pengembangan di Taman Kanak-Kanak febrialismanto febrialismanto; Hidayatun Nur
KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education Vol 2, No 2 (2019): November
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (660.643 KB) | DOI: 10.24014/kjiece.v2i2.8296

Abstract

The progress of the era is recognised by the development of Technology and Information. Almost everyone uses technology and information in their lives. The use of Technology and Information has entered the world of education. The teacher has a big role to use technology and information in learning. The purpose of this study was to determine the ability of teachers to use ICTs for development in kindergartens, Riau Province. In kindergarten there is a development that should get attention in learning that is cognitive, language, physical, social & emotional, religious & moral values, and art. From the research results, it can be seen that teachers use Technology and Information for development is still low. Besides that the use of ICTs makes teaching materials, change learning, store materials and learning outcomes, communicate learning materials and results, and disseminate information on materials and learning outcomes of teachers are categorized into the low category.Kemajuan zaman ditandai dari berkembangnya kemajuan dalam Teknologi dan Informasi. Hampir semua orang menggunakan Teknologi dan informasi dalam semua pada saat ini dalam kehidupannya. Penggunaan Teknologi dan Informasi sudah masuk dalam dunia pendidikan. Guru memiliki peran yang besar memanfaatkan teknologi dan informasi dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampauan guru menggunakan TIK untuk pengembangan di Taman Kanak-Kanak di Provinsi Riau. Di Taman Kanak-kanak ada pengembangan yang harus mendapatkan perhatian dalam pembelajaran yaitu kognitif, bahasa, fisik motorik, sosial & emosional, nilai agama & moral, dan seni. Dari hasil penelitian dapat diketahui guru menggunakan Teknologi dan Informasi untuk pengembangan masih rendah. Disamping itu Penggunaan TIK membuat bahan ajar, mengubah pembelajaran, menyimpan bahan dan hasil pembelajaran, mengkomunikasikan bahan dan hasil pembelajaran, serta menyebarkan informasi bahan dan hasil pembelajaran guru termasuk dalam kategori rendah. 
THE KNOWLEDGE OF EARLY CHILDHOOD EDUCATION TEACHERS ABOUT NATURAL DISASTER MANAGEMENT Yeni Solfiah; Devi Risma; Hukmi -; Rita Kurnia
KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education Vol 2, No 2 (2019): November
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.552 KB) | DOI: 10.24014/kjiece.v2i2.8090

Abstract

Disaster management
PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK ANAK USIA DINI (STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK ) STPPA TERCAPAI di RA HARAPAN BANGSA MAGUWOHARJO CONDONG CATUR YOGYAKARTA Nur Kamelia
KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education Vol 2, No 2 (2019): November
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.84 KB) | DOI: 10.24014/kjiece.v2i2.9064

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perkembangan fisik motorik anak usia dini sesuai STPPA. Perkembangan fisik motorik AUD merupakan proses perkembangan yang berkesinambungan, terjadi secara signifikan dalam pembentukan tulang, tumbuh kembang gerakan otot-otot dan saraf sesuai dengan rentang usianya yang akan mempengaruhi keterampilan anak dalam bergerak. Penelitian ini dilakukan di RA. Harapan Bangsa Maguwoharjo, pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode observasi dan wawancara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) perkembangan fisik motorik AUD; 2) tahapan dan tugas perkembangan fisik-motorik AUD sesuai standar; 3) peran lingkungan dalam tumbuh kembangnya fisik serta kecerdasan motorik anak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa anak yang memiliki perkembangan fisik-motorik yang baik, Ketika anak mampu mengkoordinasikan gerakan-gerakan otot tubuhnya dengan optimal. Lingkungan kondusif, pola asuh orang tua, makanan bergizi menjadi faktor penunjang perkembangan fisik-motorik anak, terutama pada saat mereka masih berada di bawah usia lima tahun (batita).
Pembelajaran Audio Visual Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Dalam Membaca Al-Qur’an Di Tk Rahmat Damai Aceh Fatmawati Fatmawati
KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education Vol 2, No 2 (2019): November
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/kjiece.v2i2.8990

Abstract

The researcher aims to see the language development of children through visual audio with group B children with a sample taken 37 children consisting of one class B1 totaling 19 people who made 10 children as the control class and 18 more as the experimental class. Population and Research SamplesPopulation is all data that researchers pay attention to in a scope, and a predetermined time. In this study the subject is determined as a source of data relevant to the problem under study to study and draw conclusions. The sample is the population or subject chosen and determined as a source of data or sources of information from the study. Sampling is done by purposive sampling technique which means it is a technique of determining the sample with certain considerations. Based on the results of research students in classes B1 and B2 show that 3 students get high test results, then 22 students get test results with enough categories, and 12 students get the test results in the low category, in knowing and how in the paragraph. A student is called complete learning if he / she scores at least 75 of the ideal grade. In a class students are called complete learning if the class there are at least 85% of students who complete. Keywords : Audio visual, develops children's language
Asesmen Aspek Perkembangan Nilai Agama dan Moral Menggunakan Teknik Penilaian Penugasan (Unjuk Kerja) di TK Al-Fadillah Kelompok (B) Usia 5-6 Tahun Sleman DIY Sri Wahyuni
KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education Vol 2, No 2 (2019): November
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (671.968 KB) | DOI: 10.24014/kjiece.v2i2.9062

Abstract

            Penelitian ini merupakan penelitian langsung di lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan implementasi asesmen aspek perkembangan nilai agama dan moral di TK Al-Fadlillah, Sleman, DIY (2) Mendeskripsikan teknik penilaian berupa penugasan (unjuk kerja) dan instrumen penilaian yang digunakan di TK Al-Fadlillah, Sleman, DIY (3) mendeskripsikan tindak lanjut yang dilakukan guru setelah penilaian berlangsung. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik Miles dan Hubberman melalui proses reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari analisis data yang dilakukan menunjukkan bahwa asesmen aspek perkembangan nilai agama dan moral melalui melalui teknik penilaian unjuk kerja dilakukan setiap hari contoh kegiatannya adalah anak berdoa, memberi salam, dan berbagi, setiap minggu contoh kegiatannya adalah mempraktekkan gerakan beribadah, membacakan doa-doa pendek, dan lain sebagainya, setiap bulan, dan setiap semester. Untuk penilaian menggunakan teknik penugasan (unjuk kerja) dalam melihat aspek perkembangan nilai agama dan moral di TK Al-Fadlillah, Sleman, DIY guru menggunakan instrumen penilaian berupa ceklis dan portofolio.
Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar dalam Perkembangan Bahasa Anak Widya Anggraini Selian; Nurhayati Nurhayati; Sariah Sariah
KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education Vol 2, No 2 (2019): November
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/kjiece.v2i2.8989

Abstract

This research was instigated by some problems of student language development, so it aimed at knowing the effect of using Story Book with Picture media toward student language development at Group B of Mayang Kindergarten Pekanbaru. It was conducted from June to October 2019 at Mayang Kindergarten Pekanbaru. The subjects of this research were the students. There were two classes that were studied by the researcher—15 students of group B2 as the experimental group and 16 students of group B3 as the control group, and they were 31 students. The object was the effect of using Story Book with Picture media toward student language development at Group B of Mayang Kindergarten Pekanbaru. Observation, documentation, and interview were the techniques of collecting the data. Based on the research findings, the use of Story Book with Picture media could affect student language development, and it was based on the comparison between pretest and posttest of experimental group using t-test. It was obtained that tobserved was 20.051, and Sig. (2-tailed) 0.000. Because Sig. (2-tailed) was lower than 0.05, it could be concluded that there was a significant effect after using Story Book with Picture media toward student language development.  So, it meant that H0 was rejected and Ha was accepted. There was an effect before and after using Story Book with Picture media toward student language development of experimental group. The effect of using Story Book with Picture media toward student language development at Group B of Mayang Kindergarten Pekanbaru was . Keywords: Story Book with Picture Media Use, Language Development

Page 1 of 1 | Total Record : 8