cover
Contact Name
I Nyoman Sutama
Contact Email
i.nyoman.sutama.ekonomi@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
i.nyoman.sutama.ekonomi@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN : 19783787     EISSN : 26153505     DOI : -
Media Bina Ilmiah, ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505 (online), diterbitkan 12 (Dua Belas) nomor dalam setahun (Januari-Desember) oleh lembaga pengembangan sumber daya insani. Jurnal ini merupakan sarana komunikasi dan penyebarluasan informasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan, kajian serta pemikiran dalam bidang pendidikan secara berkala.Redaksi menerima tulisan atau artikel ilmiah bidang Sosial. Redaksi berhak mengedit tulisan tanpa merubah maknanya.
Arjuna Subject : -
Articles 40 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 4: Nopember 2019" : 40 Documents clear
TINJAUAN MAKROSKOPIK KEPADATAN LALU LINTAS BERDASARKAN KONSEP DINAMIKA FLUIDA Viska Noviantri
MEDIA BINA ILMIAH Vol 14, No 4: Nopember 2019
Publisher : BINA PATRIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (726.023 KB) | DOI: 10.33758/mbi.v14i4.351

Abstract

Analisis kepadatan lalu lintas dilakukan sebagai dasar untuk menyusun rekayasa lalu lintas dalam mengurangi kemacetan. Kepadatan lalu lintas pada ruas jalan dan waktu tertentu dapat direpresentasikan melalui pendekatan makroskopik. Pendekatan ini meninjau arus lalu lintas sebagai suatu aliran fluida dengan kendaraan sebagai partikelnya. Melalui pendekatan ini, kita dapat melihat hubungan antara kepadatan, kecepatan, dan fluks lalu lintas. Pertama-tama, diasumsikan bahwa kecepatan dan kepadatan lalu lintas memiliki hubungan yang non linear, yang lebih dikenal dengan model LWR (Lighthill Witham Richards). Model ini diselesaikan secara analitik dengan menggunakan metode karakteristik. Sedangkan secara numerik, model diselesaikan dengan menggunakan metode beda hingga. Hasil simulasi menunjukkan bahwa adanya kesesuaian antara hasil analitik dan numerik.  Pada bagian akhir, akan dianalisa hasil dari simulasi untuk melihat dan menganalisa faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kepadatan, kecepatan, dan fluks lalu lintas.
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DISIPLIN PEGAWAI DI BALAI LATIHAN KERJA MANDIRI PROVINSI JAWA BARAT Engkus, Engkus
MEDIA BINA ILMIAH Vol 14, No 4: Nopember 2019
Publisher : BINA PATRIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.994 KB) | DOI: 10.33758/mbi.v14i4.346

Abstract

The problem in this study is that there are still: employees who do not comply with working hours, do not carry out morning apples, leave work hours for personal gain, and lack awareness in using working hours optimally. The purpose of this study was to determine the implementation of the policy and to find out the factors that influence the discipline of civil servants at the West Java Provincial Independent Training Center. The research method used is descriptive qualitative method. The instrument of this research is the researchers themselves while the research informants are Civil Servants at the Independent Training Center of West Java Province. Data obtained through observation, interviews, documentation, and literature study using data analysis techniques according to Miles and Huberman. In this study, researchers used the George Edward III model policy implementation theory. The results of the study show that the Policy Implementation of Government Regulation Number 53 of 2010 concerning Discipline of Civil Servants at the West Java Provincial Independent Training Center has not run optimally. Supporting factors in implementing this policy are facilities and infrastructure, the existence of awards and incentives, and clear Standard Operating Procedures (POS). While the inhibiting factors are the low intensity of socialization, as well as human resources and readiness in implementing disciplinary regulations are not sufficient.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA SISWA KELAS V SDN 2 SEMBUNG TAHUN PELAJARAN 2018-2019 Makmun Muliadi
MEDIA BINA ILMIAH Vol 14, No 4: Nopember 2019
Publisher : BINA PATRIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.813 KB) | DOI: 10.33758/mbi.v14i4.341

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui penerapan model pembelajaran Examples Non Examples pada siswa kelas V SDN 2 Sembung  tahun pelajaran 2018-2019. Bentuk prosedur perbaikan pembelajaran ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dirancang dalam 2 (dua) siklus tindakan, dimana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan dan tahap refleksi.  Masalah pembelajaran dapat ditemukan melalui observasi dan atau refleksi awal terhadap pembelajaran.  Berdasasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa Model  Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI  SDN  2 Sembung  tahun pelajaran 2019/2020, hal ini ditunjukan bahwa  pelaksanaan perbaikan pembelajaran siklus II menggunakan Model  Examples Non Examples telah terjadi peningkatan dari siklus I sebesar 24,00% atau dari 68,00% menjadi 92,00%. Hasil siklus II sudah melampaui indikator ketuntasan klasikal yaitu 85%. Berarti pelaksanaan penelitian tindakan kelas dinyatakan berhasil. Maka hipotesis tindakan diterima dan penelitian dinyatakan tuntas
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X IPS SMA N 1 SURALAGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Ihsan Ihsan
MEDIA BINA ILMIAH Vol 14, No 4: Nopember 2019
Publisher : BINA PATRIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.847 KB) | DOI: 10.33758/mbi.v14i4.357

Abstract

Critical thinking skills are very necessary and very useful for students to complete learning tasks and solve problems of daily life. In addition, critical thinking skills can stimulate student intelligence, and therefore need to be sharpened from an early age. This study aims to determine the effect of applying the problem based learning model to improve students' critical thinking skills. This study uses a quantitative approach of the type pre-experimental design, with one-group pretest - posttest design. Subjects used in class X IPS SMA N 1 Suralaga totaled 34 students. Data collection techniques used multiple choice and essay tests on critical thinking skills.Data analysis using t test. Obtained the results of data analysis, the value of sig α = 0,000 < 0.05 proves that there is a significant influence on the application of the problem based learning model to the improvement of students' critical thinking skills.
STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA UNTUK PENINGKATAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR Ahmad Suhendri; Muhammad Habibullah Aminy
MEDIA BINA ILMIAH Vol 14, No 4: Nopember 2019
Publisher : BINA PATRIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.162 KB) | DOI: 10.33758/mbi.v14i4.352

Abstract

This study is entitled Tourism Development Strategies for Increasing Economic Growth in East Lombok Regency. The object of this research is the tourism sector in East Lombok Regency in order to increase economic growth. Meanwhile, the problem examined in this study is the ways to increase the role of the tourism sector in East Lombok Regency paving the way to boost the economic growth. The method used in this study is qualitative through descriptive approach while the selected tool is SWOT analysis. The results of this study shows that the tourism sector in East Lombok Regency is in quadrant I or lies between external opportunities and positive internal forces (growth strategies) with rapid growth strategies which are the strategies that must be used to increase and maximize outputs from the tourism sector. This is to continue to grow so that later it will become a potential leading sector in East Lombok Regency.
KOLABORASI PENGGUNAAN MEDIA KOMPUTER DAN SUPERVISI AKADEMIS KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATAN KETRAMPILAN GURU MENYUSUN ADMINISTRASI DI SDN 2 BUWUN SEJATI KEC. NARMADA TAHUN PELAJARAN 2017-2018 Kasimun, Kasimun
MEDIA BINA ILMIAH Vol 14, No 4: Nopember 2019
Publisher : BINA PATRIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.651 KB) | DOI: 10.33758/mbi.v14i4.347

Abstract

Mengajar bukanlah menyelesaikan satu buku, tetapi membantu siswa mencapai kompetensi. Oleh karena itu, hendaknya guru menggunakan banyak sumber materi. Bagi guru, sumber utama untuk mendapatkan materi pembelajaran adalah buku teks dan buku penunjang yang lain. Namun masalah penting yang sering dihadapi guru dalam kegiatan pembelajaran adalah memilih atau menentukan materi pembelajaran atau bahan ajar yang tepat dalam rangka membantu siswa mencapai kompetensi.Tujuan dari penelitian tindakan sekolah( PTS ) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pembinaan kepala sekolah melalui supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja guru dalam memanfaatkan bahan ajar.Dalam penelitian tindakan sekolah( PTS ) ini dilakukan dalam 3 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan kemampuan guru  dengan mencapai standar ideal. Berdasarkan analisis hasil penelitian dan diskusi dapat disimpulkan sebagai berikut : Bahwa pembinaan melalui Supervisia Akademis Kepala Sekolah memiliki dampak positif dalam meningkatkan ketrampilan guru, hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman guru terhadap pembinaan yang disampaikan kepala sekolah ( Ketrampilan menyusun administrasi pembelajaran meningkat dari siklus I, II, dan II ) yaitu masing-masing 42,86  % ; 71,07 % ;98,86 % secara kelompok dikatakan tuntas/meningkat karena sudah mencapai ketuntasan. serta dapat mengorganisasikan sekolah kearah perubahan yang diinginkan telah mencapai  85 % ketercapaiannya, maka kinerja guru dalam menyusun administrasi pembelajaran dengan menerapkan pembinaan melalui supervisi akademis kepala sekolah tersebut dinyatakan efektif dan tuntas
MENGGERAKAN PEREKONOMIAN MELALUI PEMULIHAN USAHA DAN INDUSTRI MIKRO KECIL MENENGAH PASCA BENCANA GEMPA BUMI DI NUSA TENGGARA BARAT Sri Maryanti; Iga Oka Netrawati; Faezal Faezal
MEDIA BINA ILMIAH Vol 14, No 4: Nopember 2019
Publisher : BINA PATRIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.865 KB) | DOI: 10.33758/mbi.v14i4.342

Abstract

Bencana gempa bumi lombok tanggal 5 agustus 2018 menyisakan permasalahan belum pulihnya perekonomian ntb pasca gempa. Sebagai provinsi yang ditopang oleh sektor pariwisata, lesunya pariwisata akibat gempa juga berimplikasi pada lemahnya sector-sektor ekonomi lainnya. Program pemulihan umkm (usaha mikro kecil menengah) dan ikm (industri kecil menengah) yang adil, merata, dan tepat sasaran merupakan strategi yang diambil untuk dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Strategi ini dirasa paling mampu untuk memberikan sinergi dengan sektor-sektor ekonomi lainnya, tidak terkecuali dengan sektor pariwisata. Keberadaan umkm dan ikm sering kali terkait erat dengan keberadaan destinasi pariwisata yang menjadi salah satu andalan penggerak ekonomi ntb. Tujuan penelitian ini adalah memberikan deskripsi sebaran umkm dan ikm yang ada di ntb kepada berbagai pihak, sehingga memudahkan pelaksanaan program pemulihan umkm dan ikm guna menggerakkan kembali perekonomian. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, metode pengumpulan data yaitu studi literatur, teknik analisis data menggunakan crosstab. Hasil dari penelitian menunjukkan persentase 3 dari 10 kota/kabupaten yang memiliki jumlah umkm terbanyak adalah lombok timur 24,85 %, lombok tengah 19,94 %, lombok barat 18,66 %, sedangkan ikm adalah mataram 18,75 %, lombok tengah 18,21 %, lombok barat 15,54 %. Namun jika dilihat dari dampak kerusakan gempa yang ditimbulkan, maka daerah lombok utara, lombok barat dan lombok timur merupakan daerah yang paling berhak untuk mendapatkan pemulihan umkm dan ikm
PENERAPAN METODE EKSPERIMEN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 44 CAKRANEGARA H MURDIANA
MEDIA BINA ILMIAH Vol 14, No 4: Nopember 2019
Publisher : BINA PATRIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.099 KB) | DOI: 10.33758/mbi.v14i4.358

Abstract

Selama ini penulis melaksanakan pembelajaran IPA dengan menggunakan metode ceramah. Hal ini berdampak pada proses pembelajaran yang cenderung teacher center, sehingga siswa hanyalah sebagai objek. Hal ini ditunjukkan dengan masih rendahnya nilai pengetahuan siswa khususnya pada materi pencernaan makanan. Untuk mengatasi hal tersebut penulis memperbaiki proses pembelajaran dengan memilih metode eksperimen dalam proses pembelajaran. Melalui kegiatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 44 Cakranegara. PTK dilaksanakan mulai dari penyusunan proposal sampai dengan penyusunan laporan yaitu dari bulan Juli sampai dengan bulan November 2019.  Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 26 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen aktivitas siswa selama proses pembelajaran, sedangkan Teknik analisa data adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dikatakan berhasil apabila aktivitas belajar siswa telah mencapai nilai ≥ 80 % dengan kategori tinggi. Hasil analisis data yang diperoleh adalah skor rata-rata untuk aktivitas  belajar siswa pada siklus I adalah 2.75 (68.75%) meningkat menjadi 3.5 (87.50%) pada siklus II. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut peneliti menyimpulkan bahwa setelah menggunakan penggunaan metode eksperimen aktivitas belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 44 Cakranegara mengalami peningkatan.
MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT DAN SEGITIGA DI KELAS VI SD NEGERI 1 SELAT REPI REPI
MEDIA BINA ILMIAH Vol 14, No 4: Nopember 2019
Publisher : BINA PATRIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.355 KB) | DOI: 10.33758/mbi.v14i4.353

Abstract

Masalah  dalam penelitian ini adalah  Bagaimana meningkatkan aktivitas siswa dan guru dalam penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) dalam pembelajaran matematika pada pembahasan materi segiempat dan segitiga di kelas VI SD Negeri 1 Selat?. Bagaimana meningkatkan hasil belajar matematika siswa dalam penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dalam pembelajaran matematika pada pembahasan materi segiempat dan segitiga di kelas VI SD Negeri 1 Selat?. Dan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui cara meningkatkan aktivitas siswa dan guru dalam penerapan pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dalam pembelajaran matematika pada pembahasan materi segiempat dan segitiga di kelas VI SD Negeri 1 Selat. Dan untuk mengetahui cara meningkatkan hasil belajar matematika siswa dalam penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dalam pembelajaran matematika pada pembahasan materi segiempat dan segitiga di kelas VI SD Negeri 1 Selat. Penelitian yang     dilaksanakan   adalah penelitian tindakan kelas classroom action research) yang dilaksanakan minimal dua siklus. Setiap siklus pada penelitian tindakan terdiri dari empat tahap, yaitu 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) Refleksi. Berdasarkan pembahasan diketahui bahwa strategi pembelajaran berbasis masalah (problem based learning dapat  meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan) pada pokok bahasan segiempat dan segitiga di kelas VI SD Negeri 1 Selat dinyatakan berhasil ini terbukti dengan peningkatan hasil belajar. Pada siklus I, hasil belajar peserta didik pada siklus I lebih baik dari tes awal sebelum tindakan. Di mana diketahui rata-rata kelas adalah 69,07 dengan ketuntasan belajar 59,26% (16 peserta didik)  meningkat menjadi  ketuntasan belajar 88,89% (24 peserta didik)   Maka disimpulkan bahwa perbaikan pembelajaran di atas dinyatakan tuntas.
PEMODELAN TINGKAT KERAWANAN DEMAM BERDARAH DI KABUPATEN BANJAR DENGAN METODE ANALISIS REGRESI LOGISTIK YANG TERBOBOTI GEOGRAFIS Dewi Sri Susanti; Pamona Dwi Rahayu; Oni Soesanto
MEDIA BINA ILMIAH Vol 14, No 4: Nopember 2019
Publisher : BINA PATRIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.316 KB) | DOI: 10.33758/mbi.v14i4.348

Abstract

Regression analysis is a metodh for investigating the relationship between the dependent variable (Y) and independent variables (X). Logistic regression is a regression model that used related to the qualitative Dependent variable. If the Logistic regression influenced by factors of the location of each point from observation where the data is collected, it will be a Geographically Weighted Logistic Regression (GWLR). In the case of insecurity rate model of dengue fever has two or more categories, so that this case can be resolved by GWLR. This research aims to clarify the procedure of testing the parameters GWLR model and form insecurity rate model of dengue fever with GWLR method in Banjar Regency. Dependent variable with catagoric is Insecurity rate of dengue fever ( ) and independent variables is the population density ( ), the distance from the capital of the subdistrict to capital of regency ( ), fogging per subdistrict ( ), the percentage of households living clean and healthy ( ), pesentase healthy homes ( ), the percentage of access to decent sanitation ( ). The results from this research are estimate parameters using Maximum Likelihood Estimation method and presented in the form of thematic map that shows not all dependent variables give influence on Insecurity rate dengue fever

Page 1 of 4 | Total Record : 40


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 16, No 9: April 2022 Vol 16, No 8: Maret 2022 Vol 16, No 7: Februari 2022 Vol 16, No 6: Januari 2022 Vol 15, No 12: Juli 2021 Vol 15, No 11: Juni 2021 Vol 15, No 10: Mei 2021 Vol 16, No 5: Desember 2021 Vol 16, No 4: Nopember 2021 Vol 16, No 3: Oktober 2021 Vol 16, No 2: September 2021 Vol 16, No 1: Agustus-Special Issue 2021 Vol 16, No 1: Agustus 2021 Vol 15, No 9: April 2021 Vol 15, No 8: Maret 2021 Vol 15, No 7: Februari 2021 Vol 15, No 6: Januari 2021 Vol 14, No 12: Juli 2020 Vol 14, No 11: Juni 2020 Vol 14, No 10: Mei 2020 Vol 15, No 5: Desember 2020 Vol 15, No 4: Nopember 2020 Vol 15, No 3: Oktober 2020 Vol 15, No 2: September 2020 Vol 15, No 1: Agustus 2020 Vol 14, No 9: April 2020 Vol 14, No 8: Maret 2020 Vol 14, No 7: Februari 2020 Vol 14, No 6: Januari 2020 Vol 13, No 12: Juli 2019 Vol 13, No 11: Juni 2019 Vol 13, No 10: Mei 2019 Vol 14, No 5: Desember 2019 Vol 14, No 4: Nopember 2019 Vol 14, No 3: Oktober 2019 Vol 14, No 2: September 2019 Vol 14, No 1: Agustus 2019 Vol 13, No 9: April 2019 Vol 13, No 9: April 2019 Vol 13, No 8: Maret 2019 Vol 13, No 8: Maret 2019 Vol 13, No 7: Februari 2019 Vol 13, No 7: Februari 2019 Vol 13, No 6: Januari 2019 Vol 13, No 6: Januari 2019 Vol 12, No 12: JULI 2018 Vol 12, No 11: JUNI 2018 Vol 12, No 11: JUNI 2018 Vol 12, No 10: MEI 2018 Vol 12, No 10: MEI 2018 Vol 13, No 5: Desember 2018 Vol 13, No 5: Desember 2018 Vol 13, No 4: Nopember 2018 Vol 13, No 3: Oktober 2018 Vol 13, No 3: Oktober 2018 Vol 13, No 2: September 2018 Vol 13, No 2: September 2018 Vol 13, No 1: AGUSTUS 2018 Vol 13, No 1: AGUSTUS 2018 Vol 12, No 9: APRIL 2018 Vol 12, No 9: APRIL 2018 Vol 12, No 8: MARET 2018 Vol 12, No 7: FEBRUARI 2018 Vol 12, No 7: FEBRUARI 2018 Vol 12, No 6: JANUARI 2018 Vol 12, No 6: JANUARI 2018 More Issue