cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Upajiwa Dewantara : Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat
ISSN : 26140888     EISSN : 25804553     DOI : -
Core Subject : Economy,
Upajiwa Dewantara merupakan jurnal yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember oleh Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Upajiwa Dewantara menerbitkan artikel yang melaporkan hasil penelitian dan hasil pemikiran dari berbagai bidang yang berkaitan tentang ekonomi, bisnis dan manajemen. Jurnal Upajiwa Dewantara menerima naskah dari berbagai kalangan yang memenuhi syarat penulisan ilmiah dengan ruang lingkup ekonomi, bisnis dan manajemen.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2023): UPAJIWA DEWANTARA: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat" : 5 Documents clear
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham di BEI Sektor Perusahaan Ritel di Masa Pandemi dixian bhikuning; Hera Wasiati
UPAJIWA DEWANTARA : Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat Vol 7 No 1 (2023): UPAJIWA DEWANTARA: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Untuk membuat keputusan tentang pembelian dan penjualan saham, investor memerlukan akses ke data tertentu. Investor khawatir bahwa epidemi Covid-19 di seluruh dunia dapat berdampak buruk pada harga saham, yang menyebabkan penurunan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang tajam. Diantaranya adalah penjelasan tentang praktik peminjaman korporasi dan keuntungan kepemilikan saham. Ketika indikator secara keseluruhan mulai turun, lebih banyak fokus akan ditempatkan pada konsekuensi dari epidemi di tahun 2019 hingga 2021, saat pandemi Covid-19 sedang memuncak, penelitian ini mengkaji hubungan antara harga saham bisnis sektor ritel yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dengan price-earning ratio, debt-to-equity ratio, dan rasio laba atas ekuitas. Dalam penyelidikan ini, para peneliti mengumpulkan data melalui metode yang dikenal sebagai "pengambilan sampel yang bertujuan". Dua puluh dari 35 emiten ritel BEI digunakan sebagai sampel penelitian. Data dianalisis dengan menggunakan model regresi linier berganda. Harga saham berbagai emiten yang terdaftar di BEI antara tahun 2019 sampai 2021 terbukti dipengaruhi secara signifikan oleh rasio harga-pendapatan, rasio utang terhadap ekuitas, dan pengembalian atas ekuitas. Namun, selama jangka waktu tersebut, hanya return on equity yang memiliki efek negatif yang substansial terhadap harga saham perusahaan yang beroperasi di sektor ritel.
Transformational Leadership, Organizational Culture, Work Motivation on Employee Performance in Kapanewon Pengasih, Kulon Progo, Yogyakarta Kusmaryati Dwi; Karisa Salsabila
UPAJIWA DEWANTARA : Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat Vol 7 No 1 (2023): UPAJIWA DEWANTARA: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study tries to ascertain how the Organizational Culture, Employee Motivation, and Leadership style of Kapanewon Pengasih Kulonprogo personnel affect their Performance. A Likert scale of five questionnaires collected samples from 100 individuals. The data were examined using Multiple Linear Regression. The study's findings demonstrate that Transformational Leadership, Organizational Culture, and Motivation significantly improve worker Performance.
PENGARUH CITRA DESTINASI, FASILITAS DAN PENGALAMAN PEMBELIAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI PADA WISATA PUNCAK BECICI YOGYAKARTA Siti Malikhah
UPAJIWA DEWANTARA : Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat Vol 7 No 1 (2023): UPAJIWA DEWANTARA: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh citra destinasi, fasilitas dan pengalaman pembelian terhadap minat berkunjung kembali wisatawan domestik Puncak Becici. Penelitian ini berlokasi di Kabupaten Bantul yang melibatkan pengunjung domestik Wisata Puncak Becici Yogyakarta. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah metode rumus Hair. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis inferensial dan analisis mediasi. Alat analisis yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) dengan software SmartPLS 3.2.9, sedangkan analisis mediasi menggunakan Bootstrapping. Hasil analisis uji hipotesis yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali; fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali; pengalaman pembelianberpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali Kata kunci: Citra Destinasi; Fasilitas; Pengalaman Pembelian; Kepuasan Konsumen; Minat Berkunjung Kembali.
ANALISIS KOMPETENSI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP PENGEMBANGAN KARIR PEGAWAI KPU DIY Meirino Setyaji
UPAJIWA DEWANTARA : Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat Vol 7 No 1 (2023): UPAJIWA DEWANTARA: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis kompetensi, budaya organisasi, prestasi kerja dan pengembangan karir pada pegawai Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah pengembangan karir. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner melalui google formulir maupun secara langsung dan disebarkan ke 33 responden pegawai Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, kemudian teknik pengambilan data penelitian dengan metode sensus dan menggunakan alat analisis data SPSS (Statistic Package for Social Science) serta Partial Least Square (PLS). Berdasarkan hasil yang diperoleh bahwa faktor yang berpengaruh terhadap pengembangan karir adalah budaya organisasi. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai P Values < 0.05 yaitu 0.000 dan P Values < 0.05 yaitu 0.025 sedangkan kompetensi tidak berpengaruh terhadap pengembangan karir pada pegawai Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN NILAI PELANGGAN DALAM MEMBENTUK LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus BRI Kantor Cabang Yogyakarta Mlati) Feby Hidayati
UPAJIWA DEWANTARA : Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat Vol 7 No 1 (2023): UPAJIWA DEWANTARA: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the effect of service quality, customer values on customer satisfaction. The population in this study is the savings deposits of retail customers BRI Yogyakarta Branch Office Mlati for 5 years with a balance above Rp 100.000.000.- sampling technique used was accidental sampling method of selecting samples taken from members of the population are chosen by chance fit a particular purpose , The technique of collecting data using questionnaires. The analysis is an inferential analysis path analysis. From the results of the study concluded that: The test results show that Quality of Service positive and significant effect on the Customer Satisfaction although positive and significant effect, but this value is still low. Good service, and as expected foster a sense of satisfaction and confidence of consumers in enjoying the products or services it uses. The test results show that the Customer Value effect on Customer Satisfaction). It means to have a positive and significant influence but this result is lower when compared to the variable quality of service. If more and more customers look sacrifice or service benefits exceed the costs incurred to acquire a service, the higher their perceptions of the value of the service, since they get more than expected, which in turn will produce greater satisfaction.

Page 1 of 1 | Total Record : 5