cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota cimahi,
Jawa barat
INDONESIA
Empowerment
ISSN : 22524738     EISSN : 25807692     DOI : -
Core Subject : Education,
Empowerment Journal publishes original research or theoretical papers about : 1. non formal education 2. community education 3. community development 4. training and course 5. informal education 6. social communication to support community learning process
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2017): Volume 6, No 1, Februari 2017" : 4 Documents clear
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN PERMAINAN KARTU KATA DI TK AL-FAUZAN DESA CIHARASHAS KECAMATAN CILAKU KABUPATEN CIANJUR Nining Hadini
Empowerment : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Vol 6, No 1 (2017): Volume 6, No 1, Februari 2017
Publisher : IKIP Siliwangi Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (422.735 KB) | DOI: 10.22460/empowerment.v6i1p%p.370

Abstract

Merujuk pada permasalahan yang ada  yaitu masih kurangnya kemampuan membaca anak usia dini di TK Al-Fauzan peneliti mencoba mencari solusi atau jalan kelurnya yaitu melalui kegiatan permainan kartu kata untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini. Penelitian ini bertujuan 1) Mendeskripsikan perencanaan meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini melalui kegiatan permainan kartu kata di TK AL-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. 2) Mendeskripsikan proses meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini melalui kegiatan permainan kartu kata di TK AL-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. 3) Mendeskripsikan hasil meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini melalui kegiatan permainan kartu katadi TK AL-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Dalam penelitian ini akan menggunakan beberapa metode untuk mendapatkan data yang lebih akurat sebagai dasar dalam pengambilan keputusan untuk mendapatkan solusi yang tepat dalam pemecahan masalah meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini melalui kegiata kartu kata. Adapun pendekatan penelitiannya menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif ini digunakan untuk mendeskripsikan peristiwa, perilaku orang, atau keadaan pada tempat tertentu secara rinci dan mendalam dalam bentuk narasi. Teknik penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah: observasi, wawancara, dokumentsi dan studi literatur. Yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak Al-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur dan yang menjadi sample penelitian adalah 1orang pengelola, 1 orang tutor dan 5 orang peserta didik. Hasil penelitian ini merujuk bahwa tingkat kemampuan membaca anak TK kelas B sebelum dilaksakan kegiatan membaca melalui permainan kartu kata tingkat membaca nya rendah, tetapi sesuadah diadakannya pembelajaran dengan permaina kertu kata sudah mulai terlihat ada peningkatan. Hasil penelitian ini sudah mencapai indicator yang diharapkan, dengan menggunakan permaianan kartu kata dapat mneingkatkan kemampuan membaca anak usia dini. Kata Kunci : Kartu Kata, Membaca, Anak Uisa Dini
PENGEMBANGAN KAPASITAS WISATA BUDAYA MASYARAKAT MELALUI PROGRAM KESENIAN SASAKALA KARINDING KINANTI DI PKBM KINANTI KECAMATAN LEMBANG Fahmi Arachim
Empowerment : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Vol 6, No 1 (2017): Volume 6, No 1, Februari 2017
Publisher : IKIP Siliwangi Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (581.546 KB) | DOI: 10.22460/empowerment.v6i1p%p.371

Abstract

Dalam rangka penyelenggaraan pelayaanan kepada pelaku seni  dan peningkatan  pengetahuan keterampilan  individu maupun organisasi agar teroptimalkanya potensi seni budaya lokal yang ada di lingkungan sekitar. Pengembangan kapasitas wisata budaya masyarakat  mengandung sebuah pemahaman tentang berbagai upaya meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan pelaku seni.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  dan menganalisis bagaimana strategi pengembangan kapasitas wisata budaya masyarakat melalui   program kesenian sasakala karinding kinanti di PKBM Kinanti Kecamatan Lembang yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sehingga dapat menganalisis pengembangang kapasitas wisata budaya masyarakat dan faktor pendukung serta penghambat yang  dihadapi dalam pengembangan kapasitas wisata budaya masyarakat di PKBM Kinanti Kecamatan Lembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian antara lain: (1)perencanaan pengembangan kapasitas wisata budaya masyarakat (2) pelaksanaan pengembangan kapasitas wisata budaya masyarakat (3)evaluasi pengembangan kapasitas wisata budaya masyarakat. Hasil penelitian ini adalah strategi pengembangan kapasitas wisata budaya masyarakat yang di lakukan kelompok seni sasakala karinding kinanti ini sudah cukup memadai dengan faktor pendukung dan penghambat. Saran yang di berikan adalah Kelompok Seni Sasakala Karinding Kinanti harus lebih inovatif dalam pengembangan kapasitas wisata budaya masyarakat. Kata Kunci: Pengembangan Kapasitas, Wisata Budaya Masyarakat, Program Kesenian Sasakala Karinding  Kinanti
PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI BERBAHASA INGGRIS GURU DALAM PEMBELAJARAN BILINGUAL DI SDIT BILINGUAL FITHRAH INSANI KABUPATEN BANDUNG BARAT Nurhasanah, Santi
Empowerment Vol 6, No 1 (2017): Volume 6, No 1, Februari 2017
Publisher : IKIP Siliwangi Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (432.843 KB) | DOI: 10.22460/empowerment.v6i1p%p.373

Abstract

Peningkatan kualitas pendidikan tidak akan berarti tanpa didukung guru yang professional dan berkualitas. peningkataan kompetensi guru merupakan kebijakan strategis dalam rangka membenahi persoalan guru secara mendasar. Pengembangan kapasistas guru ini dsusun dalam rangka peningkatan mutu pendidikan yang menjadi salah satu pilar pembangunan pendidikan nasional. Persaingan dan perubahan yang cepat dalam teknologi menyebabkan meningkatkan kehausan keterampilan/ kemampuan, maka dari itu suatu sekolah atau lembaga pendidikan perlu melanjutkan pelatihan bagi sumber daya manusianya agar tetap kompetitif, misalnya dengan diadakannya program pelatihan bahasa inggris. Penelitian yang berjudul Pelatihan Peningkatan Kompetensi Berbahasa Inggris Guru Dalam Pembelajaran Bilingual Di SDIT Bilingual Fithrah Insani KBB (adalah untuk mengetahui dampak Pelatihan dalam peningkatan kompetensi berbahasa inggris guru dalam pembelajaran Bilingual Di SDIT Bilingual Fithrah Insani KBB. Penulis menggunakan studi kualitatif. Dari hasil penelitian, penulis memahami bahwa dengan penyampaian materi pada program pelatihan dapat berjalan dengan baik bila didukung dengan adanya modul yang berisi satuan bahasa tertentu yang disusun secara sistemati, operasional, dan terarah untuk digunakan memungkinkan peserta pelatihan memperoleh kompetensi yan belum dikuasai, mengevaluasi kompetensinya untuk mengukur keberhasilan belajar, juga mengundang penutur asli bahasa inggris sebagai Instruktur. Pembelajaran dalam pelatihan ini merupakan salah satu tahapan penting dalam urutan pelaksanaan program pelatihan bahasa inggris, karena hampir seluruh materi ya dilatihan, maka selalu diakhiri dengan praktek dalam proses pembelajarannya.Kata Kunci : Kompetensi berbahasa inggris, pelatihan, pembelajaran bilingual.
UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI ALAT PERMAINAN BALOK DI TAMAN KANAK-KANAK CIPTA MULIA KECAMATAN CIPATAT KABUPATEN BANDUNG BARAT Ika Kemalawati
Empowerment : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Vol 6, No 1 (2017): Volume 6, No 1, Februari 2017
Publisher : IKIP Siliwangi Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (495.749 KB) | DOI: 10.22460/empowerment.v6i1p%p.369

Abstract

Masalah pokok dalam makalah ini berfokus pada Upaya Meningkatkan Kereativitas Anak Melalui Alat Permainan Balok Di Taman Kanak-Kanak Cipta Mulia Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1. Agar dapat mengetahui langkah-langkah penerapan penerapan balok di Taman Kanak-kanak Cipta Mulia Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. 2. Agar dapat mengetahui hasil dari penerapan permainan Balok di Taman Kanak-kanak Cipta Mulia Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. 3. Agar dapat mengetahui apa saja Faktor pendukung dan penghambat penerapan permainan Balok di Taman Kanak-kanak Cipta Mulia Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandug Barat. Landasan teoritis yang mendasari penelitian ini adalah Konsep Kreativitas, Konsep Anak Usia Dini, dan Konsep Permainan Balok. Penelitian ini di rancang dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian kegiatan bermain balok dalam upaya meningkatkan kreativitas anak dimulai dari tahapan perencanaan kegiatan, serta evaluasi dan hasil kegiatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, studi dokumentasi, studi literatur, catatan lapangan, dan catatan hasil kegiatan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan bermain Balok dapat Meningkatkan Kreativitas Anak di Taman Kanak-Kanak Cipta Mulia Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Adapun faktor penghambat kegiatan bermain balok ada faktor internal dan faktor eksternal dari Taman Kanak-Kanak Cipta Mulia Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Sedangkan faktor pendukung kegiatan Bermain Balok yaitu adanya kreativitas dan inovasi dari tenaga pendidik maupun orangtua murid itu sediri. Kata Kunci : Anak Usia Dini, Kreativitas, Permainan Balok

Page 1 of 1 | Total Record : 4


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 1 (2023): February 2023 Vol 11, No 2 (2022): September 2022 Vol 11, No 1 (2022): February 2022 Vol 10, No 2 (2021): Volume 10 Nomor 2 Vol 10, No 1 (2021): Volume 10 Nomor 1 Vol 9, No 2 (2020): Volume 9 Nomor 2 September 2020 Vol 9, No 1 (2020): Volume 9 Nomor 1, February 2020 Vol 8, No 2 (2019): Vol 8 No. 2 September 2019 Vol 8, No 1 (2019): Volume 8, No 1, Februari 2019 Vol 7, No 2 (2018): Volume 7, No 2, September 2018 Vol 7, No 1 (2018): Volume 7, No 1, Februari 2018 Vol 6, No 2 (2017): Volume 6, No 2, September 2017 Vol 6, No 1 (2017): Volume 6, No 1, Februari 2017 Vol 6, No 1 (2017): Volume 6, No 1, Februari 2017 Vol 6, No 1 (2017): Vol 6 No 1, Edisi Februari 2017 Vol 5, No 2 (2016): Volume 5, No 2, September 2016 Vol 5, No 2 (2016): Volume 5, No 2, September 2016 Vol 5, No 1 (2016): Volume 5, No 1, Februari 2016 Vol 4, No 2 (2015): Volume 4, No 2, September 2015 Vol 4, No 2 (2015): Volume 4, No 2, September 2015 Vol 4, No 1 (2015): Volume 4, No 1, Februari 2015 Vol 4, No 1 (2015): Volume 4, No 1, Februari 2015 Vol 3, No 2 (2014): Volume 3, No 2, September 2014 Vol 3, No 1 (2014): Volume 3, No 1, Februari 2014 Vol 3, No 1 (2014): Volume 3, No 1, Februari 2014 Vol 2, No 2 (2013): Volume 2, No 2, September 2013 Vol 2, No 2 (2013): Volume 2, No 2, September 2013 Vol 2, No 1 (2013): Volume 2, No 1, Februari 2013 Vol 2, No 1 (2013): Volume 2, No 1, Februari 2013 Vol 1, No 2 (2012): Volume 1, No 2, September 2012 Vol 1, No 2 (2012): Volume 1, No 2, September 2012 Vol 1, No 1 (2012): Volume 1, No 1, Februari 2012 Vol 1, No 1 (2012): Volume 1, No 1, Februari 2012 More Issue