cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. mojokerto,
Jawa timur
INDONESIA
TARBIYA ISLAMIA : Jurnal Pendidikan dan Keislaman
ISSN : 20892608     EISSN : 26140527     DOI : -
Core Subject : Social,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2017): Agustus" : 6 Documents clear
PENGEMBANGAN MORAL KEPEMIMPINAN SISWA DI SEKOLAH Syaikhu Rozi, Dhuri Ashari dan
TARBIYA ISLAMIA : Jurnal Pendidikan dan Keislaman Vol 6 No 2 (2017): Agustus
Publisher : Education for Islamic Studies Department, Islamic University of Majapahit (Universitas Islam Majapahit) Mojokerto, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.738 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dimensi moral yang dikembangkan di sekolah beserta strategi pengembangannya. Penelitian dilaksanakan secara kualitatif dan dianalisis dengan menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif versi Milles & Hubberman.Dengan teknik tersebut, hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) dimensi moral kepemimpinan siswa yang dapat dikembangkan di sekolah di antaranya adalah sikap bertanggung jawab, menghormati dan disiplin. 2) Pengembangan dimensi moral kepemimpinan siswa di sekolah dilaksanakan dengan berbagai pendekatan, di antaranya a) pendekatan personal, b) pendekatan emosional, c) Pendekatan Keagamaan, d) pendekatan struktural. Adapun strategi pengembangannya adalah: a) pembudayaan kepemimpinan moral di sekolah, b) Kegiatan menumbuhkan karakter pemimpin dan c) menyelenggarakan kegiatan ekstra kurikuler.
PEMAHAMAN ASWAJA DAN KORELASINYA DENGAN SIKAP TOLERANSI Moh. Misbahul Khoir, Mufadila dan
TARBIYA ISLAMIA : Jurnal Pendidikan dan Keislaman Vol 6 No 2 (2017): Agustus
Publisher : Education for Islamic Studies Department, Islamic University of Majapahit (Universitas Islam Majapahit) Mojokerto, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.023 KB)

Abstract

Tertanamnya sikap toleransi dalam diri siswa di antaranya dapat dipengaruhi oleh tingkat pemahaman mereka terhadap Agama. Salah satu doktrin agama yang menekankan sikap toleran dalam kehidupan yang majemuk adalah doktrin aswaja (Ahlusunnah wal jamaah). Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membuktikan keterkaitan pemahaman aswaja dengan sikap toleransi. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat korelasi yang tinggi antara pemahaman aswaja terhadap sikap toleransi siswa. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa pelajaran aswaja mampu menjadikan seseorang mempunyai jiwa toleransi, maka sudah sepatutnya setiap satuan pendidikan mengajarkan mata pelajaran aswaja.
PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI PENERAPAN MODEL SENTRA MAIN PERAN Muhammad Nizar, Rosyida Nurhayati dan
TARBIYA ISLAMIA : Jurnal Pendidikan dan Keislaman Vol 6 No 2 (2017): Agustus
Publisher : Education for Islamic Studies Department, Islamic University of Majapahit (Universitas Islam Majapahit) Mojokerto, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.948 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan  penerapan model pembelajaran sentra main peran dalam meningkatkan kecerdasan sosial emosional pada anak usia dini di Kelompok Bermain Unggulan Terpadu Al Kautsar Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam pembahasan sikap yang dilakukan siswa KB UT Al Kautsar dalam pelaksanaan sentra main peran menunjukan sikap sosial emosional yaitu menghargai teman dengan berbagi peran dan berbagi mainan. Selain itu. Siswa melakukan permainan dengan antusias yang tinggi sehingga menghasilkan kerjasama dan kemandirian yang baik. Tanpa disadari, mereka memperhatikan emosi orang lain dan mengendalikan emosi diri sehingga mereka dapat menunjukan ekspresi tertantu dalam meresponnya. Selain itu, terjadi interaksi antar siswa. Siswa yang mulanya pendiam menjadi berani dan percaya diri. Terakhir verifikasi dan kesimpulan yaitu peneliti mengecek ulang kebenaran yang ada kemudian menyimpulkan data. Dari data yang diperoleh maka kecerdasan sosial emosional siswa meningkat berkategori baik
HUBUNGAN PENGAMALAN KEAGAMAAN DENGAN SIKAP ADIL M. Syarif, Samuri dan
TARBIYA ISLAMIA : Jurnal Pendidikan dan Keislaman Vol 6 No 2 (2017): Agustus
Publisher : Education for Islamic Studies Department, Islamic University of Majapahit (Universitas Islam Majapahit) Mojokerto, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (571.048 KB)

Abstract

Pendidikan agama adalah ruang bagi praktek dan amal perbuatan. Ia, bukan ilmu yang disandarkan pada teori semata mata. Melaluinya, tujuan pendidikan guna membentuk manusia yang beramal ilmiah dan berilmu amaliah diharapkan dapat tercapai. Dan salah satu indikator bagi tercapainya tujuan tersebut adalah hadirnya siswa siswa yang mampu bersikap adil, baik bagi lingkungan sekitarnya, terhadap orang lain, dan terutama terhadap dirinya sendiri. Dalam konteks ini, pengamalan keagamaan di sekolah kerap diandaikan menjadi jembatan bagi tercapainya tujuan tersebut. Dan melalui penelitian ini, penulis ingin membuktikan apakah pengamalan keagamaan di dalam sekolah memiliki korelasi yang signifikan terhadap sikap adil siswa terhadap dirinya sendiri.
KONSEP DIRI PESERTA DIDIK DAN HUBUNGANNYA DENGAN SIKAP DISIPLIN Ainul Yaqin, Masruroh dan
TARBIYA ISLAMIA : Jurnal Pendidikan dan Keislaman Vol 6 No 2 (2017): Agustus
Publisher : Education for Islamic Studies Department, Islamic University of Majapahit (Universitas Islam Majapahit) Mojokerto, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.299 KB)

Abstract

Keberhasilan proses pendidikan di sekolah salah satunya bergantung pada tingkat kedisiplinan peserta didik dalam mematuhi peraturan sekolah. Tinggi rendahnya sikap disiplin peserta didik dipengaruhi oleh konsep dirinya. Oleh sebab itu, penelitian ini dimaksudkan untuk membuktikan keterkaitan sikap disiplin dengan konsep diri. Berdarkan uji linieritas, diketahui bahwa konsep diri dan sikap disiplin memiliki hubungan linier. Adapun hasil uji korelasi diketahui menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan, tetapi rendah atau hampir tidak ada korelasi.
KONTRIBUSI MORAL KEPEMIMPINAN SISWA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR Mohammad Ali Rohmad, Zainul Mustofa dan
TARBIYA ISLAMIA : Jurnal Pendidikan dan Keislaman Vol 6 No 2 (2017): Agustus
Publisher : Education for Islamic Studies Department, Islamic University of Majapahit (Universitas Islam Majapahit) Mojokerto, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.832 KB)

Abstract

Hasil belajar siswa di sekolah salah satunya bergantung pada tingkat moral kepemimpinan siswa anggota organisasi. Oleh sebab itu, penelitian ini dimaksudkan untuk membuktikan keterkaitan sikap moral kepemimpinan siswa anggota organisasi IPNUâ?? IPPNU terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam. berdasarkan uji linieritas, diketahui bahwa moral kepemimpinan siswa anggota organisasi dan hasil belajar pendidikan agama Islam memiliki hubungan linier. Adapun hasil uji korelasi diketahui menunjukkan terdapat hubungan yang rendah.

Page 1 of 1 | Total Record : 6