cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. tana toraja,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Neutrino
ISSN : 26203561     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
urnal Pendidikan Fisika "Neutrino" adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia Toraja. Jurnal ini dimaksudkan untuk memuat artikel hasil penelitian dosen, guru, maupun masyarakat luas yang memiliki kepedulian terhadap perkembangan pendidikan, pendidikan fisika dan/atau ilmu fisika dalam sistem pendidikan di Indonesia. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun dalam bentuk cetak dan dapat diakses secara daring melalui fasilitas Open Journal System (OJS).
Arjuna Subject : -
Articles 40 Documents
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Kelas X SMA Negeri 2 Rantepao Silka, Silka
Neutrino Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : Publikasi dan UKI Press UKI Toraja.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.971 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Rantepao telah mencapai standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) atau belum setelah diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Subjek populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 31 peserta didik. Desain yang digunakan adalah One shot Case Study Design. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Rantepao telah mencapai standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) setelah diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar fisika yang memenuhi kriteria valid sebanyak 20 butir dari 32 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Rantepao setelah diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebesar 81,02 dan standar deviasi sebesar 2,50. Analisis inferensial menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berperan pada pencapaian nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Rantepao.
Respon Impact Damage Pada Helm Biokomposit Dengan Filler Serat Kenaf Jumiarty Andilolo
Neutrino Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : Publikasi dan UKI Press UKI Toraja.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.905 KB)

Abstract

Pengembangan rekayasa material khususnya dalam bidang komposit serat alam di Indonesia memiliki prospek yang sangat potensial karena ketersediaan sumber daya alam yang melimpah. Kenaf (Hibiscus cannabinus) merupakan salah satu sumber serat yang cukup potensial untuk dikembangkan dan dimanfaatkan secara optimal sebagai bahan pengisi dalam suatu komposit. Acrylonitrile Butadiene Styrene merupakan polimer yang banyak digunakan dalam industri karena memiliki sifat mekanik yang unggul. Penelitian ini memanfaatkan serat kenaf sebagai bahan penguat dalam biokomposit bermatriks polimer ABS. Karakteristik filler, parameter proses, dan sifat antarmuka filler dengan matriks merupakan faktor yang mempengaruhi sifat biokomposit. Selain itu, sifat material biokomposit juga ditentukan oleh struktur internal material. Tujuan dari penelitian ini adalah menghitung head injury criterion (HIC) pada helm sepeda motor. Sintesa serat kenaf dilakukan dengan metode mechanical milling dan pengayakan. Granular biokomposit disintesa dengan metode extruder. Dari pengujian impact yang dilakukan pada helm biokomposit diperoleh nilai Head Injury Criterion (HIC) yang memenuhi SNI 1811:2007.
Persepsi Peserta Didik Terhadap Interaksi Pembelajaran IPA Fisika di SMP Negeri 3 Mengkendek Perdy Karuru
Neutrino Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : Publikasi dan UKI Press UKI Toraja.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.1 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penyebab proses pembelajaran yang didominasi guru dan persepsi peserta didik terhadap interaksi pembelajaran IPA Fisika di SMP Negeri 3 Mengkendek. Peneltian ini tergolong penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitaif.Sumber data penelitian yaitu 4 orang guru yang dan 30 orang peserta didikyang diambil dengan teknik simple random sampling.Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Data hasil penelitian yang diperoleh melalui wawancara dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan data yang diperoleh melalui kuesioner dianalisis melaluiediting, skoring, dan tabulating. Hasil penelitian ditemukan bahwa interaksi pembelajaran yang sering digunakan guru IPA Fisika di SMP Negeri 3 Mengkendek yaitu interaksi satu arah dan dua arah sedangkan interaksi lainnya jarang digunakan. Interaksi satu arah merupakan tipe interaksi dimana guru aktif menyampaikan materi yang harus dikuasai oleh peserta didik, sedangkan peserta didik hanya mendengarkan sehingga materi sulit dipahami.Sedangkan interaksi dua arah merupakan interaksi timbal balik dari peserta didik kepada guru dan tidak ada interaksi antar peserta didik.Persepsi peserta didik terhadap penggunaan interaksi dalam pembelajaran IPA Fisika di SMP Negeri 3 Mengkendek umumnya tidak setuju jika digunakan penggunaan interaksi satu arah dan dua arah dalam pembelajaran.Akan tetapi yang mereka inginkan interaksi tiga arah atau lebih yaitu interaksi antara guru, peserta didik, media dan sumber belajar baik individu maupun kelompok. Penyebab guru tetap menggunakan metode ceramah dan metode tanya jawab dan interaksi satu arah dan dua arah adalah terbatasnya media dan sumber belajar serta guru belum memahami secara benar langkah-langkah pembelajaran berpusat pada peserta didik (student centered learning) seperti pendekatan kontekstual dan model pembelajaran kontsruktivisme kendatipun mereka sudah mengikuti penataran atau pelatihan.
Evaluasi Kinerja Akademik Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Syamsul Bachri Thalib
Neutrino Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : Publikasi dan UKI Press UKI Toraja.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.58 KB)

Abstract

This study aim to determine the academic performance of the study program at the Faculty of Education State University of Makassar, covering (a) the implementation of learning (attendance of lecturers,student attendance, lecture materials), (b) the implementation of academic advisory tasks, (c) the implementation of the advisory thesis, (d) the availability and type of learning infrastructure and facilities, (e) improvement of qualifications and competence of lecturers and education personnel: and (f) student service and student achievement. Data collection techniques include (a) documentation, used to collect data on learning, academic, and thesis, lecturer and student conditions, achievement of lec turers and students, (b) interviews, used to collect data on students activities and students academic achievement, and (c) observation, used to collect data on campus facility and environment conditions. The result of data analysis shows that (a) the implementation of the learning is done well, (b) the implementation of academic supervisor’s job is done well, (c) the supervisor of the final project/ student thesis follow the procedure as it should, but found some thesis tha plagiarism is suspected in some programs, (d) availability of academic facilities and infrastructure is sufficient, but maintenance of campus cleanliness and beauty still needs to be improved (e) qualified and competence of lecturers quite well, (f) ratio of lecturer and student in certain study program less ratio, (g) achievement of lecturer, student, ang student affairs achievement well.
Non-Linear Presentation On Student Performance: Applying Prezi On Engineering Education Lantana Dioren Rumpa
Neutrino Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : Publikasi dan UKI Press UKI Toraja.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.47 KB)

Abstract

Today there are so many methods of doing presentations. Some of them using digital media as framework. As we know there are too many tools we can used in digital form. One of them is PowerPoint developed by Microsoft. But PowerPoint is a sequencing (Linear) Media. In this paper we tried to explore Non-Linear Media like prezi. Prezi is one of Non-Linear tools to create a presentation based on Cloud Computing. Engineering Education has similarity with other field. Differences between engineering subject with other is structured Course Material. So, we tried to gather some information whether prezi could do the same performance on Engineering Field. Our paper show that there no significant difference between Linear and Non-LinearMedia according to prevoius research. So we can say that we can use prezi as media in Engineering Education.
Penggunaan Mikrokontroler pada Sensor Suhu Pineng, Martina; Silka, Silka
Neutrino Vol 1 No 2 (2018)
Publisher : Publikasi dan UKI Press UKI Toraja.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (855.016 KB)

Abstract

Sensor adalah alat untuk mendeteksi/mengukur sesuatu, yang digunakan untuk mengubah variasi mekanis, magnetis, panas, sinar dan kimia menjadi tegangan dan arus listrik.. Demikian juga dengan sensor suhu merupakan alat yang digunakan untuk merubah besaran panas menjadi besaran listrik yang dapat dengan mudah dianalisis besarnya. Adapun jenis sensor suhu yang sering digunakan yaitu sensor suhu LM35. Penggunaan jenis sensor ini akan dipadukan dengan mikrokontroler baik yang berupa PIC dengan berbagai seri maupun mikrokontroler jenis Arduino.Hal ini kadang membuat para peneliti ataupun mahasiswa bingung dalam menentukan jenis mikrokontroler yang akan digunakan karena kedua jenis mikrokontroler ini masing-masing mempunyai fitur yang berbeda-beda. Pada aplikasi mikrokontroler jenis PIC, terdapat komponen yang harus disipakan di luar rangkaian yaitu perangkat compile yang akan mengubah bahasa Assemblay menjadi bahasa komputer .Pada aplikasi mikrokontroler Arduino, tidak lagi membutuhkan perangkat tambahan karena compile sudah terintegrasi dalam mikrokontroler. Hasil pengujian di lapangan menunjukkan bahwa sensitifitas pembacaan sensor berdasarkan kedua jenis mikrokontroler sebesar 98%/ Dengan demikian disimpulkan bahwa sensor LM35 akan tetap bekerja pada semua jenis mikrokontroler namun aplikasi yang lebih mudah untuk digunakan adalah pada mikrokontroler Arduino karena software yang diinput ke dalam mikrokontroler tidak akan membutuhkan perangkat compile karena sudah terintegrasi dalam mikrokontroler Arduino tersebut.
Desain Prototype Pembangkit Listrik Tenaga Hentakan Kendaraan di Jalan Raya Alexander Pakiding; Evy Lalan Langi'; Yusem Ba'ru
Neutrino Vol 1 No 2 (2018)
Publisher : Publikasi dan UKI Press UKI Toraja.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (591.095 KB)

Abstract

Telah dilakukan pembuatanPrototype Pembangkit listrik Tenaga Hentakan Kendaraan di Jalan Raya” dengan tujuan umum memanfaatkan sumber EnergiBaru Terbarukan (EBT) sebagai pembangkit listrik. Salah satu sumber energi yang sangat melimpah dan belum banyak dimanfaatkan adalah energisentakan kendaraan. Tujuan khususnya adalah mendisain prototipepembangkit listrik tenaga hentakan kendaraan di jalan raya dimana listrik yang dihasilkan disimpan dalam baterai (accu). Tujuan Jangka Panjang adalahditemukannya alat konversi energy sentakan kendaraan di jalan raya dengan efisiensi maksimum sehingga dapat dijadikan pembangkit dan dapat menghasilkan daya cukup besar. Prototipe pembangkit listrik tenaga Hentakan kedaraan pada dasarnya sama dengan pembangkit listrik yang lain yang menggunakan dinamo. Pada prototype ini, gaya yang dimanfaatkan untuk memutar dinamo adalah dari sentakan kendaraan. Sebuah alat didesain untuk mengubah hentakan kendaraan menjadi energi rotasi yang akan memutar dinamo untuk mendapatkan arus listrik. Listrik yang diperoleh kemudian di simpan dalam baterai (accu). Dari prototype yang dihasilkan sebelum pemasangan dinamo pembangkit telah didapatkan putaran yang cukup tinggi untuk memutar dinamo untuk menghasilkan listrik. Setelah dinamo terpasang, putaran menjadi berkurang karena beban dari dinamo akantetapi putaranya masih cukup untuk mengaktifkan dinamo sebagai pembangkit. Indikator pembangkit telah berfungsi adalah matinya lampu indicator yang terpasang pada dinamo.
Analisis Sifat Mekanik Serat Kulit Kayu Khombuow Dan Serbuk Bambu Dengan Metode Uji Tarik Lasarus, Risa
Neutrino Vol 1 No 2 (2018)
Publisher : Publikasi dan UKI Press UKI Toraja.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.11 KB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang analisis sifat mekanik serat kayu khombuow dengan metode uji tarik untuk mengetahui kekuatan tarik dan pengaruh waktu pengeringan dan perendaman terhadap serat kuliat kayu khombouw. Bahan baku yang digunakan dalam penelitian ini adalah serat kulit kayu khombouw dan serbuk bambu. Pengambilan serat itu sendiri dengan cara merendam batang kayu khombouw yang telah di potong beberapa bagian kemudian lanjut ke tahap penumbukan hingga tahap penarikan seratnya. Hasil yang diperoleh dari pengujian tarik serat kulit kayu khombuow dengan perlakuan yang bervariasi pemanasan ( 1, 2, 3 jam ) dan perendaman ( 20, 40, 60 menit ) adalah Tegangan tarik maksimum sebesar 22 N/mm2 Sedangkan regangannya sebesar 0.0417. Semakin lama pengeringan serat dan perendaman serat maka semakin tinggi kekuatan tarik
Inversi HVSR (Horizontal To Vertical Spectral Ratio) Gunung Lumpur Bledug Kuwu, Grobogan, Jawa Tengah Bergita M. Saka
Neutrino Vol 1 No 2 (2018)
Publisher : Publikasi dan UKI Press UKI Toraja.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (5365.978 KB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian inversi HVSR di kawasan Gunung Lumpur Bledug Kuwu, Grobogan, Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui amplifikasi dan frekuensi dominan. Data yang digunakan adalah data mikrotremor dari rekaman seismometer 3 komponen. Mikrotremor merupakan vibrasi lemah di permukaan bumi yang berlangsung terus menerus akibat adanya sumber getar seperti aktivitas manusia, industry dan lalu lintas. Sumber-sumber lain seperti interaksi angin, bangunan, arus laut dan gelombang laut periode panjang juga merupakan sumber mikrotremor. Penelitian dilakukan dengan merekam ambient noise atau getaran alami yang timbul dari alam. Hasil penelitian spektral rasio H/V (horizontal vertical) berupa nilai amplifikasi dan frekuensi dominan. Nilai frekuensi dominan (f0) untuk wilayah sekitar Bledug Kuwu adalah antara 0,370 sampai 11,122 Hz dengan rata-rata dibawah 0,7 Hz. Nilai frekuensi dominan terendah yaitu 0,37 Hz berada di titik sta. Timur dan frekuensi tertinggi 8,44 berada di titik R2T5. Nilai puncak HVSR atau Amplifikasi berkisar antara 0,49 – 1,86.
Tektonik dan Pengaruhnya Terhadap Potensi Bencana Kebumian di Wilayah Tana Toraja Muhammad Altin Massinai
Neutrino Vol 1 No 2 (2018)
Publisher : Publikasi dan UKI Press UKI Toraja.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2672.558 KB)

Abstract

Sulawesi bagian selatan terdiri atas dua wilayah yaitu Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat yang memiliki seismisitas yang tinggi. Hal ini dipicu oleh adanya kontribusi sesar yang terdapat pada pergerakan lempeng. Jenis sesar penyebab gempa di daerah Sulawesi bagian selatan dapat dianalisis mekanisme sumber gempanya (focal mechanism). Dari hasil studi menunjukkan gempa yang dominan di Sulawesi bagian selatan terjadi di darat yang merupakan gempa dangkal dan gempa menengah. Adapun sesar yang berpotensi terjadi pada gempabumi di Toraja dan sekitarnya adalah getaran sesar Palu Koro Sesar Saddang, sesar Walanae dan sesar Pasangkayu), serta sesar minor Makalu, Wala, Pangandaran dll. Sesar-sesar ini memicu formasi batuan menjadi retak-retak. Hal ini dapat menimbulkan longsor terutama di Toraja Utara. Parameter longsor antara lain: elevasi, kemiringan lereng, aspek lereng, geologi, tekstur tanah, kelurusan, jarak dari jalan, jarak dari sungai, curah hujan dan penutupan lahan.

Page 1 of 4 | Total Record : 40