cover
Contact Name
Nur Eka Kusuma Hindrasti
Contact Email
nurekakh2017@umrah.ac.id
Phone
+6285233711332
Journal Mail Official
kiprah@umrah.ac.id
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jl Politeknik, Senggarang, Tanjungpinang, Kep. Riau
Location
Kota tanjung pinang,
Kepulauan riau
INDONESIA
Jurnal Kiprah
ISSN : 23547278     EISSN : 25806947     DOI : -
Core Subject : Education,
KIPRAH merupakan usaha giat dalam melakukan sesuatu terutama ditujukan bagi dosen untuk lebih giat mempublikasikan karya ilmiah. Jurnal Kiprah ini dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji. Jurnal ini memuat artikel berupa hasil penelitian dan kajian literatur di dalam bidang pendidikan yang terbit dua kali dalam setahun.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2016): KIPRAH" : 7 Documents clear
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE INVESTIGASI KELOMPOK PESERTA DIDIK KELAS IX6 SMP NEGERI 2 BUKITTINGGI Devira, Rina
Jurnal Kiprah Vol 4 No 1 (2016): KIPRAH
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.964 KB) | DOI: 10.31629/kiprah.v4i1.405

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada rendahnya keterampilan berbicara peserta didik untuk melaporkan beberapa peristiwa dengan menggunakan kalimat yang jelas kelas IX 6 SMP Negeri 2 Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan keterampilan berbicara peserta didik dengan memperhatikan lafal, struktur kalimat, diksi, kelancaran berbicara, ekspresi dan ide yang tepat dengan menggunakan metode investigasi kelompok dan mendeskripsikan bagaimana faktor penunjang dan penghambat dalam peningkatan keterampilan berbicara peserta didik dengan menggunakan model investigasi kelompok. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas.Data kualitatif dikumpulkan dari observasi dan catatan lapangan, sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui tes unjuk kerja peserta didik dan observasi aktivitas peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa peserta didik kelasIX6 SMP Negeri2 Bukittinggi mengalami peningkatan yaitu 80,23% dengan nilairata-rata82,73. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan keterampilan berbicara peserta didik dengan memperhatikan lafal, struktur kalimat,diksi,kelancaran berbicara, ekspresi dan ide.
EFEKTIVITAS COMPUTER BASED TESTING SEBAGAI SARANA TES HASIL BELAJAR Maiziani, Fitri
Jurnal Kiprah Vol 4 No 1 (2016): KIPRAH
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.297 KB) | DOI: 10.31629/kiprah.v4i1.406

Abstract

Belajar merupakan sebuah proses yang terpenting didalam sebuah pendidikan. Terjadinya proses belajar ditandakan dengan adanya perubahan- perubahan pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor pada diri peserta didik. Secara umum proses belajar memiliki tujuan sebagai wadah untuk mencerdaskan generasi bangsa. Secara khusus, belajaar memiliki tujuan untuk memberikan bekal berupa pengetahuan, pengalaman, keterampilan, dan pengembangan sikap kepada peserta didik.Untuk melihat ketercapaian dari tujuan belajar, maka perlu untuk diukur keberhasilan dari belajar. Hasil belajar merupakan sebuah patokan untuk mengetahui apakah proses belajar yang dilakukan oleh peserta didik dalam rangka mencapai tujuan belajar yang telah ditetapkan sebelum nya telah tercapai atau belum. Hasil belajar juga dapat bermanfaat sebagai bahan pertimbangan untuk pelaksanaan proses belajar selanjutanya. Melalui hasil belajar, juga dapat dilakukan proses evaluasi pelaksanaan belajar dan pembelajaran yang telah berlangsung. Pentingnya diketahui terhadap keberhasilan proses belajar siswa, secara berkesinambungan guru perlu melakukan penilaian dan pengukuran terhadap hasil belajar siswa. Tes merupakan salah satu instrument dalam melakukan evauasi keberhasilan belajar.Namun pada pelaksanaannya terkadang terjadi beberapa masalah. Jika masalah-masalah yang terjadi tidak dibenahi, maka makna serta fungsi pengukuran dan penilaian akan bergeser. Menyikapi permasalahan tersebut, maka dibutuhkan sebuah solusi dalam proses pelaksanaan tes. Salah satu solusi yang dapat diberikan dalam mengatasi permasalahan tes hasil belajar yaitu pemanfaatan Computer Based Testing dalam pelaksanaan tes hasil belajar. Melalui jurnal ilmiah ini akan dipaparkan pemanfaatan Computer-Based Testing (CBT) sebagai sarana tes hasil belajar. Tujuan dari penulisan jurnal ilmiah ini untuk melihat kefektivan pemanfaatan Computer-Based Testing (CBT) sebagai sarana tes hasil belajar.
KAJIAN BANDINGAN LEGENDA ROBIN HOOD DAN LEGENDA SI PITUNG Yanti, Nafri
Jurnal Kiprah Vol 4 No 1 (2016): KIPRAH
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (431.296 KB) | DOI: 10.31629/kiprah.v4i1.407

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai yang terdapat dalam legenda Robin Hood dan legenda Si Pitung. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka digunakanlah kerangka perbandingan.Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa legenda Robin Hood dan legenda Si Pitung adalah dua legenda yang sarat akan nilai-nilai. Namun ada beberapa perbedaan gradasi dari nilai-nilai tersebut.Nilai-nilai ini disampaikan pengarang bertujuan agar dapat menjadi pembelajaran, peringatan, yang diharapkan berguna bagi masyarakat. Berdasarkan analisis dan pembahasan penulis nilai yang banyak terkandung dalam legenda RHGPU08 dan SPPS05 adalah nilai sosil politik. Nilai ini melingkupi nilai kepedulian, nilai kehormatan, nilai kerja sama nilai kegigihan dan nilai kesetiaan. Penulis juga menemukan gradasi nilai yang berbeda dalam RHGPU08 dan SPPS05.Ada beberapa nilai yang ingin ditonjolkan dalam legenda Robin Hood dan legenda Si Pitung. Dalam legenda Robin Hood, nilai yang menonjol adalah nilai kepedulian, kehormatan, kesetiaan dan kerja sama. Adapun dalam legenda Si pitung nilai yang lebih menonjol adalah nilai kepedulian, kegigihan, kesantunan dan kerja sama.
ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN KATEGORI KESALAHAN MENURUT WATSON DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN PELUANG SISWA KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 2 TANJUNGPINANG ., Masdiyana; ., Febrian
Jurnal Kiprah Vol 4 No 1 (2016): KIPRAH
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (508.276 KB) | DOI: 10.31629/kiprah.v4i1.408

Abstract

Materi peluang menjadi fokus dalam studi ini. Studi ini bertujuan untuk menganalisa kesalahan siswa dalam menjawab persoalan matematika terkait topik peluang dan mengkategorikan kesalahan tesebut.Analisa mengarah pada persentase jumlah siswa yang melakukan kesalahan di setiap nomor soal, persentase kesalahan masing-masing kategori per nomor soal, dan persentase setiap kategori kesalahan seluruh soal. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 2 Tanjungpinang tahun ajaran 2015/2016, dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes tertulis berbentuk uraian (essay) sebanyak empat soal yang terdiri dari 2 paket soal yang sudah divalidasi oleh guru matematika. Hasil studiberupa jawaban siswa yang dianalisis berdasarkan kategori kesalahan Watson yaitu data tidak tepat, prosedur tidak tepat, data hilang, kesimpulan hilang, konflik level respon, manipulasi tidak langsung dan hierarkhi keterampilan. Hasil menunjukkan besarnya persentase setiap kategori kesalahan yang dilakukan siswa yaitu kesalahan data tidak tepat sebesar 9,745%, prosedur tidak tepat 36,324%, data hilang 23,388%, kesimpulan hilang 4,864%, konflik level respon 0,980%, manipulasi tidak langsung 13,674%, dan hierarki keterampilan sebesar 4,611%. Hasil mengarahkan kepada input perbaikan terkait jenis kesalahn yang muncul.
COMPARATION BETWEEN SYNONYM IN INDONESIAN LANGUAGE AND CHINESE LANGUAGE LESTARI, DIAN; PUJIASTUTI, INDAH
Jurnal Kiprah Vol 4 No 1 (2016): KIPRAH
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.004 KB) | DOI: 10.31629/kiprah.v4i1.409

Abstract

(Language is the one of telekomunication system.Now Chinese Language not only use in China but also in internasional too. Some people when learn foreign languaget,they face many problems, expecially If that language different from their mother language.This scripsion discuss about comparation of Chinese language,especially in synonym meaning.I do survey for help Indonesian student to learn more especially in Grammer.)
ANALYSIS OF CHARACTER BUILDING CONTENT ON SCIENCE TEXTBOOK OF THE 2013 CURRICULUM AND TEACHERS’S IMPLEMENTATION PERFORMANCES Irawan, Bony
Jurnal Kiprah Vol 4 No 1 (2016): KIPRAH
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.122 KB) | DOI: 10.31629/kiprah.v4i1.410

Abstract

Implementation of the 2013 curriculum is an attempt to halt the moral decadency of Indonesian youth and to provide legal and systematic baseline on character building through education. Key factor determining the success of the new curriculum in achieving it’s grand purpose is the support of a textbook as the most visible and most referred component of a curriculum. The study aims to scrutiny the 2013 curriculum’s official science textbook for junior high school and documented the character building indicators contained inside, explicit and implicitly, and observes the learning process to acquire the pattern of it’s implementation by the teachers. Any texts, activities, tasks, suggestions, and graphics that will lead to character building contained in the selected chapter of the book were tabulated to be compared with curriculum’s objectives. Thus, providing insight to the textbook’s congruity on supporting the curriculum’s objectives. Classroom learning process is observed to obtain the implementation patterns of the character building attempt by the teacher. This is a descriptive qualitative study. Subjects of the study was selected by purposive sampling technique. Data obtained through documentation and observation technique. Results shows the textbook contained very few material that could help build student’s character. The textbook contained only 25% of the character building indicators. The official textbook focused heavily on science subject and doesn’t run in accordance with curriculum’s purpose on character building. The lack of character building indicators also diminished the textbook’s guidance role to help teacher develops a balanced learning between subject matters and character building, as the new curriculum required. Implementation of character building in learning process by inexperienced student teacher shows a striking resemblence with the textbook at 26%. Proving the textbook unreliable as a guidance in developing a balanced learning between subject matter and character building.
DIKSI DALAM PANTUN ANAK Raihana, Nana
Jurnal Kiprah Vol 4 No 1 (2016): KIPRAH
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.987 KB) | DOI: 10.31629/kiprah.v4i1.411

Abstract

Bahasa dan masyarakat manusia adalah dua entitas yang saling melengkapi dan mempengaruhi. Dengan bahasa, manusia menyampaikan rasa, keinginan, kesukaan, kebencian, dan lain-lain. Dan dengan manusia, bahasa semakin kaya, berkembang dan senantiasa hidup. Bentuk satuan-satuan bahasa yang digunakan manusia beragam dan spesifik menurut unit-unitnya alih alih faktor situasional. Adanya faktor-faktor sosial dan faktor-faktor situasional yang mempengaruhi pemakaian bahasa maka timbullah variasi- variasi bahasa. Sedangkan adanya berbagai variasi bahasa menunjukkan bahwa bahasa atau lebih tepatnya pemakaian bahasa itu bersifat aneka ragam (heterogen). Keanekaragaman bahasa nampak dalam pemakaiannya baik secara individu maupun secara kelompok. (Suwito, 1982: 3). Kajian studi ini adalah kajian sosiolinguistik,untuk melihat manusia dan bahasa sebagai sebuah kesatuan. Sosiolinguistik memandang atau menempatkan kedudukan bahasa dalam hubungannya dengan pemakai bahasa di dalam masyarakat, karena dalam kehidupan bermasyarakat manusia tidak lagi sebagai individu, akan tetapi sebagai masyarakat sosial. Oleh karena itu, segala sesuatu yang dilakukan oleh manusia dalam bertutur akan selalu dipengaruhi oleh situasi dan kondisi di sekitarnya

Page 1 of 1 | Total Record : 7