cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Al-I´lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
ISSN : 25988883     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Komunikasi dan Dakwah merupakan isu yang saban hari semakin "panas". Komunikasi selalu menjadi panas karena isu-isu besar hari-hari ini muncul karena ulah. Komunikasi baik media, komunikator maupun konten komunikasi itu sendiri. Manakala dakwah merupakan "program agama" yang tidak mungkin lepas dari komunikasi maka tak berlebihan, jika komunikasi dan dakwah ibarat dua sisi mata uang yang berdampingan. Atas alasan inilah, Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram merasa perlu menghadirkan Al-I'lam sebagai media untuk mengkaji dan menganalisa segala tetek bengek yang berkaitan dengan dua isu besar tersebut.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2021): September" : 9 Documents clear
Penyampaian Pesan Dakwah Dalam Film “Aku Tahu Kapan Kamu Mati” Tahun 2020 (Pendekatan Analisis Semiotika) Alysha Kurnia Sulistyandi; Mutrofin Mutrofin
Al-I'lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 5, No 1 (2021): September
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/jail.v5i1.5178

Abstract

Abstrak:Di tengah perkembangan masyarakat, film bukan hanya berfungsi sebatas penyampaian informasi, namun juga sebagai media hiburan, pendidikan, kritikan, dan lain sebagainya, termasuk sebagai media dakwah. Begitu kuatnya media ini mempengaruhi pikiran, sikap dan tindakan penonton. Salah satunya pada film yang menjadi objek dalam penelitian ini yaitu film Aku Tahu Kapan Kamu Mati.Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pesan dakwah yang ada pada film. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Hasil pembahasan penelitian ini meliputi representasi pesan dakwah yang digambarkan pada film dan makna tanda yang terkandung pada dialog dan adegan Film berdasarkan Representamen, objek dan Interpretant.Abstract:In the midst of community development, films are not only limited to conveying information, but also as a medium for entertainment, education, criticism, and so on, including as a medium for da’wah. So strong, is this media influencing the thoughts, attitudes and actions of the audience? One of them is the film that is the object of this research, namely the film “Aku Tahu Kapan Kamu Mati”. This research was conducted with the aim of knowing the da’wah messages in the film. This study used a descriptive qualitative method with the semiotic analysis approach of Charles Sandres Peirce. The data collection technique was done by means of observation and documentation. The result of the discussion of this study include the representation of da’wah messages that are depicted in the film and the meaning of the signs contained in the dialogue and film scenes based on the representation, object and interpretation
Komunikasi Lingkungan Video Youtube Watchdoc Kesetrum Listrik Negara Saiful Ibad; Teddy Dyatmika
Al-I'lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 5, No 1 (2021): September
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/jail.v5i1.5185

Abstract

Strategi Komunikasi Akun Instagram Kacamatan Tulungagung Sebagai Media Informasi Masyarakat Darisy Syafaah; Gallih Ari Fadhli
Al-I'lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 5, No 1 (2021): September
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/jail.v5i1.5179

Abstract

Diksi dan Tradisi Syair Melayu Dalam Lirik Lagu Nasyid Raihan Muhammad Aidil; Yuntarti Istiqomalia
Al-I'lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 5, No 1 (2021): September
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/jail.v5i1.5186

Abstract

Optimalisasi Ruang Siber sebagai Media Penyebaran Potensi Energi, Sumber Daya dan Mineral (ESDM) Di Kabupaten Tulungagung Luthfi Ulfa Ni'amah
Al-I'lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 5, No 1 (2021): September
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/jail.v5i1.5180

Abstract

Stilistika Dakwah Pada Lirik Lagu “Kebesaran-Mu” ST-12 Nurul Muslimatin; Eric Dwi Rufianto
Al-I'lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 5, No 1 (2021): September
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/jail.v5i1.5187

Abstract

Pola Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dalam Mendampingi Proses Belajar Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Di Dusun Jelapang Yusron Saudi; Nurhayati Nurhayati
Al-I'lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 5, No 1 (2021): September
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/jail.v5i1.5181

Abstract

Efektifitas Mata Kuliah Praktek Dakwah Sebagai Media Pengkaderan Da’i (Studi Pada Prodi Komunikasi Dan Penyiaran Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram) Endang Rahmawati; Apria Wardani
Al-I'lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 5, No 1 (2021): September
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/jail.v5i1.5183

Abstract

Deskriptif Efektifitas Pemasaran Online Melalui Analisis Insight Akun Instagram @Instalombok_ Nurliya N.Rohmah; Waldi Supriyatno
Al-I'lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 5, No 1 (2021): September
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/jail.v5i1.7052

Abstract

Abstrak: Penelitian ini mengungkap Insight akun Instagram @instalombok_ yang dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui interaksi dan engagement followers sehingga mempengaruhi bentuk komunikasi pemasaran secara online. Ada dua permasalahan dalam penelitian ini yaitu Bagaimana analisis deskriptif insight dalam Instagram @instalombok_ sebagai acuan komunikasi pemasaran online serta bagaimana pemanfaatan media sosial Instagram digunakan sebagai media komunikasi pemasaran online yang dilakukan oleh @instalombok_. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan media sosial mampu dimanfaatkan oleh @instalombok_ sebagai media pemasaran online yang menghasilkan lebih dari 10 juta per bulan sebagai jasa endorsement. Berdasarkan hasil analisis deskriptif insight @instalombok_ didapatkan hasil bahwa followers @instalombok_ yang berjumlah 86,6ribu (per Juli 2021) memiliki impressions sebanyak 595.156 akun pada feed, dengan profile visit 7.218 per minggu, yang mana dari 89,2ribu tersebut 33% nya merupakan warga Mataram dengan usia kisaran 18-24 tahun sebanyak 49,3% dan 25-34% sebanyak 33,4%. User persona inilah yang mempengaruhi kefektifan komunikasi pemasaran secara online pada akun @instalombok_ ini.. Abstract: This study reveals the Instagram account @instalombok_ insights which were analyzed descriptively to determine the interaction and engagement of followers so that it affects how online marketing communication forms. There are two problems in this research, namely how the descriptive analysis of insight in Instagram @instalombok_ as a reference for online marketing communications and how the use of Instagram social media is used as an online marketing communication medium carried out by @instalombok_. To answer this question, the researcher used a qualitative research method with a descriptive analysis approach. The results of the study show that social media can be used by @instalombok_ as an online marketing medium that generates more than 10 million per month as endorsement services. Based on the results of the descriptive analysis of insight @instalombok_, it was found that @instalombok_'s 86.6 thousand followers (as of July 2021) had 595,156 impressions on feed accounts, with 7,218 profile visits per week, of which 33% of the 89.2 thousand were citizens in Mataram with the age range of 18- 24 years as many as 49.3% and 25-34% as many as 33.4%. This user  

Page 1 of 1 | Total Record : 9