cover
Contact Name
Aria Hendrawan
Contact Email
ariahendrawan@usm.ac.id
Phone
+628112790713
Journal Mail Official
ariahendrawan@usm.ac.id
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang Alamat Redaksi: Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia 50196 Telp: 024-6702757 psw: 8302 Fax: 024-6702272 e-mail: jprt@usm.ac.id
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pengembangan Rekayasa dan Teknologi
Published by Universitas Semarang
ISSN : 14109840     EISSN : 25808850     DOI : http://dx.doi.org/10.26623/jprt
Jurnal Pengembangan Rekayasa dan Teknologi ( JPRT ) is a scholarly refereed research journal that aims to promote the theory and practice of technology, innovation, and engineering management. The journal links engineering, science, and management disciplines. It addresses the issues involved in the planning, development, and implementation of technological capabilities to shape and accomplish the strategic and operational objectives of an organization. It covers not only R&D management but also the entire spectrum of managerial concerns in technology-based organizations. This includes issues relating to new product development, human resource management, innovation process management, project management, technological fusion, marketing, technological forecasting, and strategic planning. The journal provides an interface between technology and other corporate functions, such as R&D, marketing, manufacturing, and administration. Its ultimate goal is to make a profound contribution to theory development, research, and practice by serving as a leading forum for the publication of scholarly research on all aspects of technology, innovation, and engineering management.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 1 (2017): June" : 5 Documents clear
Waspada terhadap masalah gizi melalui pesan pedoman umum gizi seimbang (PUGS) Haslina Haslina
Jurnal Pengembangan Rekayasa dan Teknologi Vol 13, No 1 (2017): June
Publisher : Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26623/jprt.v14i1.533

Abstract

Lite mengubah gaya dan perilaku telah dimakan membangkitkan masalah gizi, yaitu masalah yang lebih dan gizi kurang dengan risiko berbagai penyakit yang ditimbulkan, Upaya overcomings masalah gizi menyesuaikan diri hidup sumur dan teratur dengan hidangan mengkonsumsi sehari-hari dengan komposisi zat gizi yang seimbang berdasarkan pada keseimbangan gizi umum panduan pesan (PUGS). PUGS penuh 13 pesan utama. lt penting untuk mengetahui dan dipraktekkan oleh semua orang di semua kelompok dan lapisan masyarakat untuk sumur hidup, Kata kunci: gaya hidup, masalah gizi, PUGS
PREDIKSI GETARAN YANG DIAKIBATKAN OLEH KERETA API MELINTAS Agus Margiantono
Jurnal Pengembangan Rekayasa dan Teknologi Vol 13, No 1 (2017): June
Publisher : Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26623/jprt.v14i1.534

Abstract

Tapak proyek pembangunan Jalan KA Jalur Ganda Cirebon-Kroya terletak di dua propinsi yaitu Propinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah. Dengan adanya jalur Ganda dipastikan akan terjadi peningkatan getaran disepanjang jalur tersebut. Berdasarkan Kep-49/MENLH/11/1996, dampak getaran ada 2 yaitu : dampak getaran untuk kenyamanan dan kesehatan serta dampak getaran mekanik untuk struktur dan bangunan. Disemua titik sampel  studi  didapatkan  semua  getaran  masih  dibawah  baku  tingkat  getaran  Berdasarkan Kep-49/MENLH/11/1996. Getaran terbesar akibat operasinal Kereta api terdapat disetasiun Kejaksan Cirebon. Perlu di  cermat jika  2  kereta melintas Getaran telah  melampaui baku  tingkat getaran Berdasarkan Kep-49/MENLH/11/1996.
UJI STABILITAS TERHADAP FLOW CAMPURAN ASPAL DENGAN MARSHALL TEST (KADAR ASPAL 5 % , PENETRASI 60/70) Agus Muldiyanto
Jurnal Pengembangan Rekayasa dan Teknologi Vol 13, No 1 (2017): June
Publisher : Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26623/jprt.v14i1.535

Abstract

Untuk mengantisipasi kebutuhan dan memperhitungkan beban lalu lintas, terhadap ketahanan jalan diperlukan penelitian tentang campuran asphal sangat diperlukan untuk mengetahui ke stabilitas terhadap flow dari campuran aspal. Adapun campuran lapisan aspal yang baik haruslah memenuhi 4 syarat yaitu; stabilitas, durabilitas, fleksibilitas dan skid resistance. Adapun  Dari analisa data percobaan yang dibuat sebanyak 9 buah benda uji dengan Kadar Asphal 5%, penetrasi 60/70 dengan menggunakan alat uji Marshall Test, diperoleh hasil rata-ratanya sebagai berikut untuk, nilai  VMA (Void in mineral agregat), (20,07%) yang  > 15 % sehingga rongga memenuhi sesuai yang diharapkan, VIM (Void in mix) nilainya 8,53 % > (3-5) % (ketentuan) bisa berakibat lapisan aspal meleleh keluar yang disebut bleeding. Nilai VFM sebesar 51,59 % < 75 % sehingga rongga terlalu banyak. Sedangkan nilai Stabilitas sebesar 836,808 kg > 800 kg, dan untuk nilai Flow sebesar 2,19 > 2 , dari hasil diatas maka campuran asphal ini dan sebaiknya digunakan untuk lalu lintas beban ringan. 
ANALISIS PRIORITAS PENANGANAN PERBAIKAN PRASARANA SDA WILAYAH SUNGAI BODRI KUTO DENGAN AHP EXPERT CHOICE Bambang Sudarmanto
Jurnal Pengembangan Rekayasa dan Teknologi Vol 13, No 1 (2017): June
Publisher : Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26623/jprt.v14i1.536

Abstract

Wilayah Sungai Bodri Kuto yang merupakan kewenangan Dinas PSDA Provinsi Jawa Tengah menghadapi beberapa masalah yang kompleks dan saling terkait. Permasalahan tersebut antara lain terjadinya erosi, banjir, kekeringan, masih belum adanya keterpaduan antar sektor, antar instansi dan kesadaran msyarakat yang rendah tentang pelestarian manfaat sumber daya alam. Permasalahan-permasalahan yang kompleks tersebut dijadikan pertimbangan utama dalam menata dan menyusun prioritas program dengan cara mensimulasikan atau memformulasikan permasalahan tersebut dalam bentuk parameter-parameter yang akan diolah menggunakan software AHP Expert Choice. Dengan menggunakan metode AHP Expert Choice, parameter-parameter yang mempengaruhi terhadap alasan penyusunan prioritas penanganan prasarana SDA WS Bodri Kuto disusun dalam tingkatan (hirarki) yang terbagi dalam komponen elemen-elemennya. Kemudian masing-masing parameter tersebut diberi bobot yang tentunya membutuhkan kesepakatan dengan para pihak yang terkait dan terlibat dalam pengelolaan SDA WS Bodri Kuto.Hasil studi Analisis Prioritas Penanganan Perbaikan Prasarana SDA WS Bodri Kuto dengan AHP Expert Choice menghasilkan rangking prioritas DAS yang perlu ditangani sebagai berikut : DAS Kuto, DAS Damar, DAS Bulanan, DAS Blukar, DAS Bodri, DAS Buntu, DAS Kendal, DAS Blorong, DAS Waridin, DAS Aji, dan DAS Plumbon.
KAJIAN DAMPAK PENINGKATAN KEBISINGAN AKIBAT OPERASINALISASI JALUR GANDA KERETA API (STUDI KASUS PEMBANGUNAN JALAN KA PARTIAL DOUBLE TRACK BREBES – LOSARI – CIREBON) Evi Setiawati
Jurnal Pengembangan Rekayasa dan Teknologi Vol 13, No 1 (2017): June
Publisher : Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26623/jprt.v14i1.537

Abstract

Jalur Brebes – Losari – Cirebon diklasifikasikan sebagi klas 1 sesuai klasifikasi track PT. KAI seperti ditentukan didalam Keputusan Perhubungan Menteri No KM 52 tahun 2000. Pengoperasian jalan kereta api akan dilaksanakan segera setelah pembangunan jalur ganda selesai dilaksanakan, dimulai dengan pemasangan rambu – rambu lalu lintas atau tanda peringatan di perlintasan sebidang. Dengan beroperasinya jalur ganda, maka ruang manfaat jalur kereta api diperuntukkan bagi pengoperasian kereta api dan merupakan daerah yang tertutup untuk umum.Saat dilakukan survei lapangan, tingkat kebisingan (LSM) yang terukur dilokasi studi berkisar antara 38,7 dBA sampai 65,0 dBA pada saat tidak ada kereta. Sedangkan bila saat kereta api lewat (intermitten) mempunyaitingkat kebisingan 61,3dBA sampai 94,2 dB. Secara keseluruhan dampak kegiatan Pengoperasian Jalur Ganda KA Lintas Cirebon - Kroya terhadap peningkatan kebisingan dapat dikategorikan sebagai dampak negatif penting (NP). 

Page 1 of 1 | Total Record : 5