cover
Contact Name
Anang Aris Widodo
Contact Email
anangariswidodo@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jimp.unmerpasuruan@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. pasuruan,
Jawa timur
INDONESIA
J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan
ISSN : 25025716     EISSN : 25031945     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan (JIMP) terbit 3 kali dalam satu tahun yaitu dibulan maret, agustus dan desember. Memuat tulisan ilmiah yang berhubungan dengan bidang teknologi informasi serta aplikasi teknik informatika. Jurnal JIMP terbitan berkala ini adalah hasil penelitian dari tugas akhir penelitian dari dalam dan luar Departemen Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Pasuruan.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2017): MARET" : 5 Documents clear
IDENTIFIKASI PEMBERIAN PUPUK PADA TANAMAN PADI BERDASARKAN TINGKAT KEHIJAUAN DAUN MENGGUNAKAN METODE LOCAL BINARY PATTERN BERBASIS ANDROID Reza Revindra, Fitri Marisa, Dwi Purnomo
J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan Vol 2, No 1 (2017): MARET
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (722.755 KB) | DOI: 10.37438/jimp.v2i1.51

Abstract

Padi merupakan tanaman yang paling penting di negeri kita Indonesia ini. Betapa tidak karena makanan pokok di Indonesia adalah nasi dari beras yang tentunya dihasilkan oleh tanaman padi. Nitrogen merupakan faktor kunci dan masukan produksi yang termahal pada usaha padi sawah, dan apabila penggunaannya tidak tepat dapat mencemari air tanah. Chlorophyll meters dikembangkan sebagai salah satu alat yang digunakan oleh para petani untuk menentukan kadar klorofil yang terdapat pada daun. Pada umumnya alat ini hanya digunakan di pusat penelitian pertanian. Sementara bagi para petani, chlorophyll meters belum begitu dikenal penggunaannya karena harga alat ini yang tergolong mahal dan hanya bisa digunakan untuk mengukur kadar klorofil pada daun. Smartphone bisa dikembangkan sebagai alat untuk mengambil citra daun dan melakukan analisis terhadap warna daun tersebut. Dengan metodologi yang tepat, smartphone yang ada saat ini bisa digunakan sebagai chlorophyl lmeters. Selain itu, smartphone dapat digunakan untuk melakukan analisa warna dan menentukan kecocokan warna daun dengan level warna pada BWD. Untuk membuat suatu alternatif pemberian pupuk secara optimal, salah satu aplikasi yang cukup dikenal untuk mengatasi masalah ini adalah aplikasi pengenalan daun yang menggunakan Algoritma Local Binnary Pattern Histogram (LBPH). Hal ini yang membuat Penyusun skripsi ingin membuat aplikasi yang dapat membantu para petani padi untuk memberikan dosis yang tepat dan mendapatkan hasil yang maksimal pada saat panen sehingga para petani dapat menghemat pengeluaran dari pembelian. Kata kunci - Padi, Eclipse, Local Binnary Pattern, Android
WEBSITE INFORMASI KOMUNITAS DI KOTA MALANG Bias Surya Perkasa, Syahroni Wahyu Iriananda
J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan Vol 2, No 1 (2017): MARET
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (767.049 KB) | DOI: 10.37438/jimp.v2i1.52

Abstract

Seiring perkembangan teknologi komunikasi yang sangat pesat mendorong berkembangnya sosial media atau sering disebut forum diskusi online. Dengan adanya forum diskusi online banyak dimanfaatkan oleh komunitas – komunitas untuk saling berbagi informasi secara online. Melalui komunitas online seseorang dapat saling berbagi pengalaman dan informasi mengenai topik yang sedang dibahas tanpa harus saling bertatap muka atau tanpa harus ketemu secara langsung. Di Kota Malang saja terdapat ratusan komunitas yang ada dari berbagai macam hobi dan mulai dari anak muda sampai orang tua banyak yang bergabung dengan komunitas yang sesuai kesenangan masing – masing. Dengan adanya komunitas tak jarang juga orang yang masih kebingungan dalam mencari informasi mengenai komunitas yang sesuai dengan hobinya. Oleh karena itu muncul ide untuk membuat website sistem informasi yang digunakan sebagai wadah dari seluruh komunitas yang ada di kota ini. Sehingga memudahkan masyarakat umum yang ingin bergabung dengan suatu komunitas tertentu dan memperoleh informasi terbaru dari komunitas itu. Kata kunci - Komunitas, Sistem Informasi, Website
APLIKASI PELAYANAN DAN PENGELOLAAN DATA BENGKEL SECARA ELEKTRONIK BERBASIS WEB Moch. Fatchur Rozy, A. Prasita Nugroho, Moch. Nur Cholis
J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan Vol 2, No 1 (2017): MARET
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (718.502 KB) | DOI: 10.37438/jimp.v2i1.53

Abstract

Perkembangan teknologi informasi membuat perubahan besar di dunia bisnis. Perkembangan tersebut tentunya didukung oleh adanya internet yang membantu perusahaan untuk mempromosikan produk dan jasa yang mereka kelola. Dengan keuntungan memanfaatan internet maka pengembangan aplikasi pelayanan dan pengelolaan data dibutuhkan untuk membantu pelanggan, admin dan warehouse. Bengkel Paimo merupakan usaha milik perorangan yang bergerak dibidang jasa yaitu perbaikan sepeda motor, bengkel tersebut belum memanfaatkan inernet sebagai alat untuk membantu perkembagan usaha bengkel. Sistem yang digunakan masih manual menggunakan sisitem pembukuan yang tidak efisien, sehingga menghambat proses pelayanan terhadap pelanggan. Dengan adanya masalah seperi itu maka harus di sediakanya aplikasi e-bengkel untuk membantu admin dan pelanggan agar mempermudah pelayanan dan pengelolaan bengkel. Hasil yang diperoleh dari pengembangan sistem ini adalah dengan melakukan tahapan analisa sistem, analisa-analisa perancangan sistem dan perancangan basis data sehingga mempermudah kegiatan perusahaan, mengolah data, membuat laporan menjadi lebih mudah dan efisien, penyajian informasi yang akurat, relevan dan tepat waktu membuat pihak manajemen dalam mengambil keputusan. Kata kunci - bengkel, pelayanan dan pengelolaan data
RANCANG BANGUN GAME “COLOR IMPACT” SEBAGAI SARANA EDUKASI BERBASIS ANDROID Ahmad Fairuzabadi, Fitri Marisa, Indra Dharma Wijaya
J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan Vol 2, No 1 (2017): MARET
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1590.826 KB) | DOI: 10.37438/jimp.v2i1.49

Abstract

Banyak dikalangan masyarakat umum yang belum memahami dan mengetahui pengetahuan tentang konsep pencempuran warna, yang mana konsep ini sangat berguna dan bermanfaat bagi kebutuhan hidup sehari-hari. Mengetahui konsep pencampuran warna, akan sangat membantu kebutuhan kita di bidang seni grafik visual, seperti desain produk, membuat lukisan, atau bahkan dalam pembuatan suatu video. Maka dari itu, penyusun mencoba membuat game berbasis Android yang memperkenalkan teori pencampuran warna sebagai sarana edukasi yang menarik untuk semua umur. Dalam membangun game ini peneliti menerapkan Algoritma “Fisher Yates” untuk melakukan pengacakan spawn object musuh agar tidak terjadi pengulangan data di setiap pengacakan spawn object musuh. Game ini memperkenalkan pengetahuan tentang konsep Teori Brewster, yaitu teori yang menggolongkan warna pada 4 golongan warna. Keempat golongan warna tersebut adalah warna primer, sekunder, tersier, dan netral. Pemain dituntut untuk berpacu mendapatkan skor tertinggi dalam game ini. Sistem game ini akan menyimpan skor tertinggi yang pernah diraih oleh pemain untuk ditampilkan ketika permainan selesai. Apabila pemain mendapatkan nilai yang lebih tinggi dari skor tertinggi yang telah tersimpan, maka sistem akan mengganti skor tertinggi dengan skor yang baru. Kata kunci - Game Edukasi, Teori Pencampuran Warna, Android, Fisher Yates.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN JUDUL SKRIPSI JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA MENGGUNAKAN METODE TOPSIS Rizky Ratna Panggali, Fitri Marisa, Dwi Purnomo
J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan Vol 2, No 1 (2017): MARET
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (804.642 KB) | DOI: 10.37438/jimp.v2i1.50

Abstract

Dalam Perguruan Tinggi, kelulusan mahasiswa bisa didapatkan jika sudah mengerjakan skripsi, bagi mahasiswa Strata-1 (S1). Skripsi merupakan tugas akhir yang harus dikerjakan oleh mahasiswa sesuai bidang keilmuannya. Kewajiban untuk mengerjakan skripsi yang sudah didasari ilmu – ilmu pada saat kuliah ternyata masih membuat mahasiswa bingung dalam menentukan judul skripsi. Penentuan judul skripsi menjadi sangat penting jika mahasiswa akan mengerjakan skripsi. Pada penelitian ini diangkat kasus demikian dengan memberikan bantuan kepada mahasiswa untuk menentukan judul skripsi melalui sebuah perhitungan metode yang ada pada sistem pendukung keputusan untuk menentukan judul skripsi. Menggunakan metode TOPSIS dalam perhitungan dengan menggunakan kriterianya, yaitu: nilai akademik, histories project, keaktifan penelitian, pelatihan, minat. TOPSIS dipilih karena merupakan metode dengan konsep sederhana dan mudah dipahami serta praktis. Metode ini memiliki hasil jarak terkecil dari solusi ideal positif dan jarak terbesar dari solusi ideal negatif. Hasil dari proses pegimplementasian dapat mengurutkan bidang ilmu yang seharusnya dijadikan judul skripsi, mulai dari hasil terendah hingga tertinggi. Kata kunci - Skripsi, Sistem Pendukung Keputusan, TOPSIS.

Page 1 of 1 | Total Record : 5