cover
Contact Name
Hasan Bisri
Contact Email
hasan.bisri@unida.aci.id
Phone
+62251-8240773
Journal Mail Official
tadbir.muwahhid@unida.ac.id
Editorial Address
Program Studi Manajemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, Gedung Guru lt 3
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Tadbir Muwahhid
ISSN : 25794876     EISSN : 25793470     DOI : -
Jurnal Tadbir Muwahhid is a periodic scientific journal published in Indonesian Language published twice in a year on every April and October. The manuscript submission process is open year-round. All submitted manuscripts are reviewed with blind-peer reviews and editorial reviews before being accepted for publication. Jurnal Tadbir Muwahhid is an information media and scientific knowledge mainly publishes research articles in the field of Islamic Education Management and Tauhid-Based Management receives manuscripts from the following areas with an interdisciplinary and multidisciplinary approach: Islamic studies Islamic education and institutional management Islamic curriculum management and learning resources Islamic facilities and finance management Islamic education psychology Islamic education management information systems and technology Islamic education leadership Islamic counseling management Islamic education planning Islamic education evaluation
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2016): Jurnal Ta'Dibi" : 6 Documents clear
MANAJEMEN PROGRAM TAHFIZHL ALQURAN PADA PONDOK PESANTREN MODERN Muhammad Riduan
TADBIR MUWAHHID Vol. 5 No. 1 (2016): Jurnal Ta'Dibi
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/jtm.v5i1.335

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya kegiatan menghafal Alquran sebagai bentuk penjagaan keaslian Alquran dan mempersiapkan generasi penerus yang hafal Alquran bersanad yang berindikator insan cendekia, berakhlak mulia sebagai bentuk dari insan yang unggul dalam Pencapaian Standar Ketuntasan Belajar Minimal, mampu bersaing dalam melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, aplikatif, aktif dan berprestasi dalam keagamaan berdasarkan Alquran dan Hadits. Oleh karena itu, perlu adanya pengelolaan program tahfizh yang baik dan sitematis, agar tujuan program tersebut dapat tercapai secara efektif dan efisien. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana manajemen program tahfizh Alquran di Pondok Pesantren Fathan Mubina dan apakah faktor pendukung dan penghambat dalam menghafal Alquran? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data penelitian diperoleh dengan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses kegiatan program tahfizh Alquran di Pondok Pesantren Fathan Mubina dari mulai perencanaan, pelaksanaan, sampai evaluasi sudah berjalan dengan baik. Haltersebut dapat dilihat dari hasil percapaian target hapalan Alquran sudah mencapai 80% dari sejumlah santri yang hapal dan ustadz penggung jawab tahfizh selalu membuat target hafalan setiap santri yang disusun dalam perangkat perencanaan pembelajaran seperti kalender pendidikan, Prota, Prosem, penentuan alokasi waktu dan minggu efektif. Pelaksanaan pembelajaran tahfidzul Qur’an memakai metode tahsin, tahfidz, talaqqi, dan tasmi. Di samping itu kepala sekolah dan koordinator tahfidz yang selalu mengkoordinasi, memonitoring dan melakukan supervisi kepada para guru ketika pembelajaran berlangsung. Bentuk evaluasi pembelajaran yang dilakukan adalah dengan tes setoran harian, setoran hafalan Semester dan Ujian Akhir tahfidz (UAT). Sedangkan untuk anak yang belum mengalami ketuntasan, maka dilakukan remedial sesuai dengan ketentuan.
MANAJEMEN PEMBINAAN SANTRI MELALUI KEGIATAN ORGANISASI IKATAN SANTRI TARBIYATUL HUDA BOGOR Ahmad Faqihuddin Azmi
TADBIR MUWAHHID Vol. 5 No. 1 (2016): Jurnal Ta'Dibi
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/jtm.v5i1.422

Abstract

Manajemen merupakan sebuah ilmu yang mengatur atau mengelola segala aspek yang ada didalam sebuah organisasi. Dengan adanya manajemen maka organisasi akan mampu melaksanakan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Sehingga dengan ini semua seluruh program yang akan dilaksanakan akan selalu terpantau. Dan harapannya ialah sebuah organisasi akan bisa mencapai tujuan yang telah direncanakan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi manajemen pembinaan santri di Pondok Pesantren Tarbiyatul Huda Caringin Bogor melalui kegiatan Organisasi ISTAR? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuimanajemen pembinaan santri di Pondok Pesantren Tarbiyatul Huda Caringin Bogor melalui kegiatan Organisasi ISTAR. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti dalam skripsi ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menjelaskan secara menyeluruh dan mendalamdari hasil penelitian yang dilakukan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Yang menjadi objek penelitian adalah Pengurus Ikatan Santri Tarbiyatul Huda. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Pondok Pesantren Tarbiyatul Huda menggunakan sistem manajemen yang baik dalam pembinaan santri. Hal itu dapat diketahui dengan terlaksananya empat fungsi manajemen. Yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengarahan.
PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI MA MIFTAHUL HUDA DAN MA FATHAN MUBINA Siti Inayatillah
TADBIR MUWAHHID Vol. 5 No. 1 (2016): Jurnal Ta'Dibi
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/jtm.v5i1.336

Abstract

Kepemimpinan pendidikan berkaitan dengan masalah kepala sekolah dalam meningkatkan kesempatan untuk mengadakan pertemuan secara efektif dengan para guru dalam situasi yang kondusif. Dalam hal ini perilaku kepala sekolah harus dapat mendorong kinerja para guru dengan menunjukan rasa bersahabat, dekat, dan penuh pertimbangan terhadap para guru, baik sebagai individu maupun sebagai kelompok. Oleh karena itu seorang pemimpin mencerminkan suatu gaya kepemimpinan yang dijalankannya. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di MA Miftahul Huda dan MA Fathan Mubina. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausal komparatif. Populasinya diambil sampel seluruh guru yang ada di MA Miftahul Hudadan MA Fathan Mubina yang berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data adalah obsrevasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Adapun teknik data yang digunakan adalah statistik deskriftif, yaitu Uji-t (Uji beda). Hasil penghitungan Uji-t yang ditunjukkan dari pernyataan bahwa meningkatnya kinerja guru karena kepemimpinan transformasional dengan nilai t-hitung sebesar 3,259 dan t-tabel 2,048 dengan ketentuan taraf signifikansi 5%. Maka hasil akhir penghitungan menyatakan signifikansi dan hipotesis yang diajukan diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh yang positif antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru MA Miftahul Huda dan MA Fathan Mubina.
PENGELOLAAN TAHFIDZUL QURAN MODEL PONPES LKiD Hasan Bisri
TADBIR MUWAHHID Vol. 5 No. 1 (2016): Jurnal Ta'Dibi
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/jtm.v5i1.424

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi adanya perkembangan pondok pesantren tahfidzul quran dengan berbagai macam model pengelolaan. Lembaga Kaderisasi Da’i dan Imam Masjid (LKiD) merupakan salah satu pondok pesantren yang memiliki praktik baik dalam penyelenggaraan program tahfidz. Dalam upaya mendalami praktik baik tersebut maka dilakukan penelitian yang terkait dengan pengelolaan tahfidz Alquran model LKiD. Tujuan penelitian untuk: 1) mendeskripsikan bentuk pengelolaan tahfidz pesantren LKiD, 2) mensosialisasikan praktik baik pengelolaan tahfidz Alquran model LKiD. Data dikumpulkan melalui multimetode yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Analisis data dengan teknik umum penelitian kualitatif, sedangkan interpretasi secara analisis induktif. Hasil penelitian menyimpulkan sebagai berikut: 1) halaqah Alquranmerupakan bentuk pembelajaran yang menjadi ciri khas LKiD dalam mengelola pendidikan tahfidz; 2) Pencapaian proses pendidikan santri dievaluasi secara periodik dan berkelanjutan menurut waktu dan jumlah hapalan; 3) Para musrif halaqah secara rutin memperoleh arahan/pembinaan melalui evaluasi; 4) Program pengembangan lanjutan para santri/musrif dilakukan kepada santri yang telah hapal 30 juz.
PENDIDIKAN KEPUTRIAN DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIMAH YANG TERAMPIL Siti Kholifah
TADBIR MUWAHHID Vol. 5 No. 1 (2016): Jurnal Ta'Dibi
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/jtm.v5i1.337

Abstract

Pendidikan keputrian adalah proses mendidik yang dilakukan oleh pendidik dalam perubahan watak, perilaku dan kepribadian seseorang yang berhubungan dengan segala hal kegiatan keputrian, baik masalah remaja putri maupun wanita dewasa. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan diklat di luar jam yang tercantum pada struktur kurikulum. Tujuan pendidikan keputrian dalam kegiatan ekstrakurikuler yaitu untuk menambah bekal dalam kehidupan sehari-hari santri dan mengeksplor bakat yang dimiliki santri, sehingga bakat yang dimiliki dapat tersalurkan dan berkembang dengan baik.Kepribadian muslimah yaitu pribadi yang senantiasa segala perbuatan dan ucapannya didasarkan kepada Al-Qur’an dan Hadits. Pribadi muslimah dapat terbentuk dari kebiasaan seseorang dalam bersikap sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendidikan keputrian yang berada di dalam kegiatan ekstrakurikuler tata rias dan kegiatan ta’lim dapat membentuk santri putri menjadi pribadi muslimah yang terampil atau tidak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan studi kasus, yaitu suatu pendekatan untuk mempelajari, menerangkan, atau menginterpretasikan suatu kasus dalam konteksnya secara natural tanpa adanya intervensi pihak luar. Maknanya peneliti mengadakan telaah secara mendalam tentang suatu kasus. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti memperoleh data bahwa pendidikan keputrian yang diadakan pada kegiatan ekstrakurikuler tata rias dan kegiatan ta’lim belum sepenuhnya dapat membentuk kepribadian muslimah di karenakan waktu kegiatan yang hanya sebentar, namun dalam keterampilan para santri sudah terampil dalam berbagai hal.
PENGARUH SERTIFIKASI GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SDN CIAWI 1 DAN SDN CIAWI 2 BOGOR Syiva Fauziah Hafidz
TADBIR MUWAHHID Vol. 5 No. 1 (2016): Jurnal Ta'Dibi
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/jtm.v5i1.338

Abstract

Guru merupakan salah satu faktor utama yang menentukan mutu pendidikan. Untuk menciptakan mutu pendidikan yang baik dibutuhkan kinerja yang baik pula dari guru dalam menjalankan tugasnya secara profesional. Kinerja guru merupakan kemampuan yang ditunjukkan dalam melaksanakan tugas sesuai tanggung jawab yang dibebankan. Tingkatan kinerja guru dapat diketahui melalui penilaian kinerja guru, yakni evaluasi yang dilakukan secara periodik dan sistematis tentang kerja termasuk potensi pengembangannya. Unsur yang benar-benar dipertimbangkan dalam penilaian kinerja guru adalah kompetensi guru. Sertifikasi guru merupakan uji kompetensi bagi guru yang ingin mendapatkan pengakuan atas profesinya yang telah memenuhi standar kualifikasi dan standar kompetensi. Melalui program sertifikasi guru diharapkan guru di Indonesia dapat meningkatkan kompetensinya dengan memperbaiki mutu kinerja sehingga tercapai mutu pendidikan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh antara variabel sertifikasi guru (X) terhadap varibel kinerja guru (Y). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode expost facto atau penelitian kausal komparatif dengan pendekatan komparatif, yaitu membandingkan dua kelompok sampel pada satu variabel. Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti memperoleh data mengenai sertifikasi guru yang diprogramkan oleh pemerintah terhadap kinerja guru di SDN Ciawi 1 dan SDN Ciawi 2 Bogor terdapat pengaruh positif dengan perolehan nilai 8,9>2,027 atau t hitung > t tabel dengan taraf signifikansi 5% maka H0 ditolak dan H1 diterima, hal tersebut menunjukkan pada tingkat kepercayaan 95% terdapat perbedaan yang signifikan antara skor perolehan guru yang belum mendapatkan sertifikasi dengan guru yang sudah mendapatkan sertifikasi. Oleh karena itu dapat dinyatakan bahwa antara variabel X (sertifikasi guru) dan variabel Y (kinerja guru) terdapat pengaruh yang signifikan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6