cover
Contact Name
Hasan Bisri
Contact Email
hasan.bisri@unida.aci.id
Phone
+62251-8240773
Journal Mail Official
tadbir.muwahhid@unida.ac.id
Editorial Address
Program Studi Manajemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, Gedung Guru lt 3
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Tadbir Muwahhid
ISSN : 25794876     EISSN : 25793470     DOI : -
Jurnal Tadbir Muwahhid is a periodic scientific journal published in Indonesian Language published twice in a year on every April and October. The manuscript submission process is open year-round. All submitted manuscripts are reviewed with blind-peer reviews and editorial reviews before being accepted for publication. Jurnal Tadbir Muwahhid is an information media and scientific knowledge mainly publishes research articles in the field of Islamic Education Management and Tauhid-Based Management receives manuscripts from the following areas with an interdisciplinary and multidisciplinary approach: Islamic studies Islamic education and institutional management Islamic curriculum management and learning resources Islamic facilities and finance management Islamic education psychology Islamic education management information systems and technology Islamic education leadership Islamic counseling management Islamic education planning Islamic education evaluation
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2016): Jurnal Ta'Dibi" : 6 Documents clear
MODEL MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Imam Sambas Arifin
TADBIR MUWAHHID Vol. 5 No. 2 (2016): Jurnal Ta'Dibi
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/jtm.v5i2.325

Abstract

Konsep manajemen Berbasis Sekolah (MBS) adalah pemberian kewenangan dan tanggung jawab dalam pengelolaan sekolah dari pemerintah pusat kepada sekolah. Kewenanag dan tanggung jawab yang diberikan meliputi aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan monitoring. SMK Negeri 1 Kota Bogor salah satu lembaga pendidikan negeri yang saat ini sudah menerapkan manajemen berbasis sekolah. Hal ini didasari adanya partisipasi masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sekolah. Dari latar belakang tersebut, penulis tertarik untuk meneliti lembaga ini dengan tujuan untuk mengetahui penerapan model manajemen berbasis sekolah dalam peningkatan mutu sekolah dan untuk mengetahui dampak penerapan model manajemen berbasis sekolah dalam peningkatan mutu sekolah. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi kasus. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa SMK Negeri 1 Kota Bogor adalah lembaga pendidikan yang bertanggung jawab dalam menyiapkan sumberdaya manusia yang tangguh sehingga mampu hidup selaras dalam perubahan teknologi. Dimana Lembaga tersebut memiliki pola manajerial yang baik sesuai dengan konsep manajemen berbasis sekolah. Dibuktikan dengan adanya kelengkapan komponen manajemen sekolah dankonsisten dalam peningkatan mutu sekolah yang dimulai dari perencanaan yang baik, pengorganisasian yang baik, pelaksanaan yang baik, dan kontrol yang baik, serta kepemimpinan yang terbuka dan demokratis. Faktor pendukung diantaranya adalah dari masyarakat, hal ini dengan banyaknya animo masyarakat untuk memasukan putra-putrinya manjadi siswa di lembaga tersebut.
KONSEP TAZKIYATUN NAFS MENURUT IBNU QOYYIM AL JAUZIYAH DALAM KITAB MADARIJUS SHALIKIN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN Muhammad Habib Fathuddin
TADBIR MUWAHHID Vol. 5 No. 2 (2016): Jurnal Ta'Dibi
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/jtm.v5i2.332

Abstract

Kehidupan seseorang dalam menghadapi berbagai masalah dan tekanan, sehingga tidak jarang seseorang mengalami kesukaran dalam hidupnya, mulai dari tekanan yang tidak berhenti, hingga memasukkan seseorang dalam kesesatan yang nyata. Walaupun sebagian mengedepankan ego intelektualnya, ketika menghadapi masalah masih menggunakan emosinya maka, tidak mudah ketika menghadapi kesulitan hidup bisa menghadapinya dengan hati yang tenang dan pikiran yang dingin. Oleh karena itu, kesempatan untuk melakukan kagiatan yang bermanfaat untuk dirinya baik di dunia maupun di akhirat sangatlah sedikit. Karena Pendidikan Islam tidak luput dari Al Quran dan As Sunnah, maka suatu masalah apapun yang dihadapi seseorang dalam menghadapi kehidupan dikembalikan kepada Al Quran dan As Sunnah secara mutlak, itulah konsekuensi untuk seorang yang mengikrarkan dirinya sebagai seorang muslim. Dapat diketahui dari latar belakang di atas bahwasanya manusia memiliki banyak kekurangan, oleh sebab itu Islam datang untuk menjadikan dirinya mampu untuk menduduki derajat tertinggi di sisi Allah. Tazkiyatun nafs merupakan metode untuk meraih derajat tersebut, sehingga banyak dikalangan para ulama yang membahas tentang ilmu pembangun jiwa serta menyucikan nya dari berbagai masalahnya. Maka dari itu, salah satu ulama atau tokoh yang mampu mengungkapkan berbagai masalah kejiwaan sangat banyak dan diperlukan bagi seorang muslim. Hingga pada akhirnya dia mampu untuk mengembangkan budi dan luhurnya kepada kehidupan yang lebih baik dan makmur. Hadir disini seorang tokoh yang telah menuliskan berbagai macam terapi, terapi hati maupun terapi fisik, seperti Ibnu Qayyim al-Jauziyah, ia merupakan seorang tokoh yang karyanya hingga sekarang banyak kalangan ahli ilmu yang mengenalnya. Karena karya-karyanya yang sangat bagus dan menarik untuk dikaji. Dan dari bukunya yang berjudul Madarij As-Salikin, ditemukan berbagai macam ilmu yang berkaitan dengan Tazkiyatun Nafs. Di dalam kitab tersbut banyak yang ia jelaskan dengan menarik kaidah nash di dalam al-Quran dan as-Sunnah, sehingga mudah untuk diambil manfaatnya oleh masyarakat dan umum, karena diantara keduanya adalah landasan agama islam yang tidak diragukan lagi ilmu dan manfaatnya serta banyak ditemukan dalam kitabnya hal yang membangun jiwa melalui dasar al-Quran dan as-Sunnah serta berbagi cerita nyata dan perkataan dari kalangan salafus shalih.
PENGARUH PEMBINAAN PROGAM TAHFIZHUL QUR’AN TERHADAP MOTIVASI MAHASISWA MENGHAFAL AL-QUR’AN Ahmad Nor Said
TADBIR MUWAHHID Vol. 5 No. 2 (2016): Jurnal Ta'Dibi
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/jtm.v5i2.333

Abstract

Masalah utama dalam penelitian adalah pengaruh pembinaan progam Tahfizhul Qur’an terhadap motivasi mahasiswa menghafal al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji hipotesis apakah ada pengaruhnya pembinaan progam Tahfizhul Qur’an terhadap motivasi mahasiswa menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pendekatan kuantitaif dengan metode survei. Penentuan ukuran sampel menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Probability Sampling jenis Simple random sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan motivasi mahasiswa menghafal Al-Qur’an 70.7% dipengaruhi oleh Pembinaan progam Tahfizhul Qur’an, selebihnya 29.3 % dipengaruhi oleh faktor lain.
EFEKTIFITAS METODE TAHFIZH AL-QUR`AN DI PONDOK PESANTREN RAFAH RANCABUNGUR BOGOR Muhammad Fatullah Rosyid
TADBIR MUWAHHID Vol. 5 No. 2 (2016): Jurnal Ta'Dibi
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/jtm.v5i2.334

Abstract

Dalam perkembangan, program tahfizh Al-Qur`an dimasa sekarang ini tidak hanya dikembangkan oleh pondok-pondok pesantren saja akan tetapi sudah banyak diterapkan dan dikembangkan di lembaga-lembaga pendidikan lainya. Oleh karena itu, tidak sedikit lembaga pendidikan yang program unggulannya adalah program tahfizh. Namun demikian, program tahfizh Al-Qur`an yang diselenggarakan di Lembaga-lembaga pendidikan sering kali kurang efektif dalam pelaksanaanya, sehingga tidak mencapai hasil atau tujuan sesuai yang telah direncanakan. Hal tersebut disebabkan dengan beberapa faktor yang diantaranya: guru tahfizh yang kurang berkompeten dalam bidang tahfizh, lingkungan yang kurang kondusif, waktu yang terbatas, sarana dan prasarana dan bahkan yang tidak kalah pentingnya dari semuanya adalah tidak memiliki metode khusus tahfizh dalam menghafal Al-Qur`an. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah yang ada dalam penelitian ini adalah: pertama Bagaimana efektifitas metode Tahfizh Al-Qur`an diPondok Pesantren Rafah, kedua Apa hambatan dan pendukung yang dihadapi dalam menerapkan metode Tahfizh Al-Qur`an diPondok Pesantren Rafah. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian akan dilakukan oleh peneliti yang berada langsung dengan obyek, terutama dalam memperoleh data dan berbagai informasi. Dengan kata lain peneliti langsung berada di lingkungan yang hendak diteliti. Dalam melaksanakan program tahfizh Al-Qur`an diPondok Pesantren Rafah menggunakan dan menerapkan metode talaqqi, musyafahah talaqqi jadi murid langsung menghadap gurunya, itu adalah thariqah Nabawiyah. Sistem pengajaran tahfizh Al-Qur`an diPondok Pesantren Rafah masih menggunakan metode tradisional yaitu metode talaqqi, dimana Santri dalam setiap kelompok terdiri dari 20 kelompok, Santri maju untuk menyetor hafalan Al-Qur`an kepada ustadznya masing-masing satu persatu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode talaqqi yang diterapkan diPondok Pesantren Rafah sangat efektif dalam menghafal Al-Qur`an. Meskipun terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaannya, Hal ini selalu dapat diatasi dengan baik oleh para Santri untuk menghafal Al-Qur`an, dan Santri mampu memenuhi target yang sudah ditetapkan sesuai dengan kurikulum Pondok Pesantren Rafah yaitu sebanyak 15 juz selama 6 tahun dan 4 tahun bagi kelas intensif.
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN BERBASIS PENILAIAN KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI Muhammad Agil Husnul Hikam
TADBIR MUWAHHID Vol. 5 No. 2 (2016): Jurnal Ta'Dibi
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/jtm.v5i2.330

Abstract

Pendidikan merupakan norma dan bekal bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi kualitas proses pendidikan, dan faktor yang paling berpengaruh adalah sumber daya manusia pendidikan atau guru. Mengingat pentingnya peran guru tersebut, maka dibutuhkan sebuah sistem penilain yang hasilnya dapat menggambarkan kualitas guru yaitu penilaian kinerja guru (PKG), untuk selanjutnya dilakukan pengembangan dan pelatihan yang tertuang dalam manajemen sumber daya manusia pendidikan (MSDMP). Hal tersebut dilakukan untuk menjamin kualitas guru. MSDMP berbasis PKG di SDN Sindangsari bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan kompetensi guru. Karena penilaian dilakukan terhadap empat kompetensi guru beserta indikatornya, yang hasilnya menggambarkan kualitas kinerja guru secara keseluruhan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah sebagai pihak pelaksana MSDM dan PKG serta guru sebagai objek pelaksanaannya, dokumentasi adalah data berupa hasil PKG dan obeservasi dilakukan melalui pengamatan kegiatan pembelajaran.Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan, nilai rata-rata guru SDN Sindangsari dari hasil PKG adalah baik. Namun masih terdapat beberapa kelemahan pada kompetensi pedagogik dan profesional. Kelemahan tersebut ditindaklanjuti melalui MSDMP, yaitu pengembangan guru berupa workshop, pelatihan kurikulum, seminar, melalui peran KKG dan peningkatan kualifikasi akademik. Dengan demikian diharapkan kualitas guru SDN Sindangsari dapat terus ditingkatkan.
PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA MENURUT AL-QURAN KAJIAN SURAH AL-LUQMAN AYAT 13-18 Purwatiningsih Purwatiningsih
TADBIR MUWAHHID Vol. 5 No. 2 (2016): Jurnal Ta'Dibi
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/jtm.v5i2.331

Abstract

Anak adalah pemberian Allah Swt yang patut dijaga, dipelihara, dibimbing, dididik dan juga harus dikembangkan segala potensinya sesuai dengan fitrahnya. Disisi lain, anak adalah generasi penerus ummat. Islam telah mencatat sejarah pendidikan di dalam kehidupan, bahwa betapa besar peran generasi penerus terhadap keberhasilan suatu Bangsa. Pendidikan terhadap anak telah mendapatkan tempat paling utama. Karena pendidikan adalah faktor yang sangat penting terhadap perubahan sebuah peradaban, sehingga pendidikan tidak bisa pisahkan dari kehidupan. Dengan melalui pendidikan dengan tujuan yang jelas dan terarah, maka akan membawa perubahan peradaban suatu bangsa dapat terealisasikan. Penelitian ini termasuk penelitian tafsir tarbawi yang mengkaji isi kandungan Ayat-ayat Al-Qur’an. Dalam perspektif pendidikan, maka penelitian ini tergolong penelitian kualitatif, yaitu data-data yang diperoleh dari Al-Qur’an, Tafsir dan Hadist. Analisis surah lukman ayat 13-18 menghasilkan beberapa pendidikan anak dilingkungan keluarga, diantaranya Tanggung Jawab Pembinaan Tauhid Pada Anak, Tanggung Jawab Pembinaan Akhlak Pada Anak, Tanggung Jawab Pembinaan Sikap Pada Anak, Tanggung Jawab Pembinaan Sosial Anak, tanggung Jawab Pembinaan Sholat Pada Anak. Hasil dari analisis penelitian ini semoga menjadi pedoman bagi peneliti dan semua pembaca pada umumnya. Semoga dari hasil analisis penelitian ini dapat memberikan pendidikan yang baik dan benar sesuai dengan fitrah anak.

Page 1 of 1 | Total Record : 6