cover
Contact Name
Mumuh Mulyana
Contact Email
Mumuh Mulyana
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal@fdi.or.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
JAS-PT Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi
Published by Forum Dosen Indonesia
ISSN : 25805339     EISSN : 26205718     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal ini dikelola dan diterbitkan oleh Forum Dosen Indonesia yang mempublikasikan artikel berbasis penelitian (lapangan, kepustakaan, eksperimen) mencakup aspek-aspek manajemen dan kebijakan pendidikan tinggi di Indonesia
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2017): JAS-PT Edisi DESEMBER 2017" : 11 Documents clear
Membangun Kepuasan Mahasiswa Pengguna Laboratorium Komputer Lukman Hidayat; Mumuh Mulyana; Marwan Effendy
JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) Vol 1 No 2 (2017): JAS-PT Edisi DESEMBER 2017
Publisher : Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.882 KB) | DOI: 10.36339/jaspt.v1i2.87

Abstract

The purpose of this research is to analyze the service quality factors that influence on student satisfaction when they use Computer Laboratory. The study was conducted at the STIE Kesatuan Laboratory of Computer with 100 students as the respondents. Data were analyzed using Structural Equation Model approach. Results showed variable Physical Evidence, Empathy, Security, Reliability and Responsiveness able to explain the variability construct of Service Quality strongly by 69.53%. The fifth element of service quality has a positive and significant relationship to the Student Satisfaction Keywords: Service Quality,Laboratory of Computer, Student Satisfaction
Analisis Kesenjangan Kompetensi Dan Harapan Pengguna Lulusan Perbankan Nani Cahyani; Budi Harni; Suparman Suparman
JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) Vol 1 No 2 (2017): JAS-PT Edisi DESEMBER 2017
Publisher : Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.454 KB) | DOI: 10.36339/jaspt.v1i2.88

Abstract

This study aims to determine the level of competence of STIE Kesatuan’s graduates in the corporate perspective. This study used survey method. Measurement gap analyzed by comparing the facts to standards. The Respondents of this research are 30 head of banks in Bogor. The results showed that the quality of the graduates as a whole has been good. Based on the average value (3.8000), the GAP between the expectations and the reality is low.
Analisis Pengaruh Gaya dan Situasi Kepemimpinan Terhadap Iklim Kerja Universitas Halmahera Jusuf Nikolas Anamofa
JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) Vol 1 No 2 (2017): JAS-PT Edisi DESEMBER 2017
Publisher : Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (514.85 KB) | DOI: 10.36339/jaspt.v1i2.80

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap iklim kerja, pengaruh situasi kepemimpinan terhadap iklim kerja, serta pengaruh gaya dan situasi kepemimpinan secara bersama-sama terhadap iklim kerja. Penelitian dilaksanakan di Universitas Halmahera pada tahun 2014 dengan metode survey terhadap 33 orang responden. Data diolah dan dianalisis menggunakan teknik regresi linear sederhana dan regresi linear berganda dengan SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan gaya kepemimpinan berpengaruh positif terhadap iklim kerja sebesar 3,8%, situasi kepemimpinan berpengaruh positif terhadap iklim kerja sebesar 6%, dan gaya dan situasi kepemimpinan secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap iklim kerja sebesar 6%.
FRONT COVER JASPT VOL 1 NO 2 DESEMBER 2017 Redaksi JASPT
JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) Vol 1 No 2 (2017): JAS-PT Edisi DESEMBER 2017
Publisher : Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.194 KB)

Abstract

Front Cover JASPT Volume 1 Nomor 2 Desember 2017
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF TERHADAP KINERJA PEGAWAI STKIP PGRI LAMONGAN KUSWANTO KUSWANTO
JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) Vol 1 No 2 (2017): JAS-PT Edisi DESEMBER 2017
Publisher : Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (130.582 KB)

Abstract

Masalah yang telah terjadi di STKIP PGRI Lamongan adalah pegawai yang tidak termotivasi untuk bekerja. Dengan permasalahan tersebut penelitian ini ingin mengetahui bagaimana meningkatkan kinerja pegawai melalui kepemimpinan transformatif. Jenis penelitian ini yaitu explanatory research, alat pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi yang disebarkan kepada seluruh karyawan yang berjumlah 36 orang. Teknik pengujian instrumen data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dengan analisis faktor, uji reliabilitas dengan Alpha Cronbach. Sedangkan untuk membuktikan hipotesis penelitian dengan Uji T dan Uji F. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan analisi regresi linier. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pada kolom Coefficients terdapat nilai Sig 0,000. Nilai Sig lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 atau nilai 0,000 < 0,05, maka H1 diterima dan H0 ditolak. sedangkan Variabel X mempunyai t-hitung yaitu 5,800 dengan t-tabel = 2,034. jadi t-hitung < t-tabel dapat disimpulkan bahwa variabel X memiliki konstribusi terhadap Y. Jadi dapat disimpulkan kepemimpinan transformatif berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan beberapa isu pada aspek kepemimpinan trasformatif dan kinerja pegawai di STKIP PGRI Lamongan perlu ditingkatkan dan ditekankan pada aspek kepemimpinan transformatif, dimana perilaku transformatif atau karismatik diyakini mampu memperbesar dampak bentuk transaksional, perilaku pemimpin seperti ini pengikut merasa percaya dan hormat terhadap pemimpin serta termotivasi untuk melakukan lebih dari apa yang diharapkan.
Cover-In JASPT Volume 1 Nomor 2 Desember 2017 Redaksi JASPT
JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) Vol 1 No 2 (2017): JAS-PT Edisi DESEMBER 2017
Publisher : Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.822 KB)

Abstract

Cover-In JASPT Volume 1 Nomor 2 Desember 2017
Student Self-Responsibility in the Indonesian Distance Education System Daudi Lazarus
JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) Vol 1 No 2 (2017): JAS-PT Edisi DESEMBER 2017
Publisher : Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.8 KB) | DOI: 10.36339/jaspt.v1i2.75

Abstract

An ongoing concern in the distance education system in Indonesia is students’ lack of commitment to ‘independent study’. The purpose of this paper is to review conceptual frameworks that could empower Indonesian students to accept responsibility for their learning at a level to address the learning challenges of distance education. The review shows that to meet quality and equity expectations in online distance education, independent study modes should promote students’ self-responsibility based primarily on both autonomy and capability. The findings have the potential to add new perspective to education through supporting teaching and learning approaches in an online distance education class to enhance self-responsibility. The paper suggests that students would take more control of independent learning if they accepted primary responsibility to determine their learning needs, resources, activities and outcomes. To do this they need to view themselves as active agents with power to take independent choices that can result in creating their own approaches to resolve their learning limitation.
Daftar Isi dan Editorial JASPT Volume 1 Nomor 2 Desember 2017 Redaksi JASPT
JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) Vol 1 No 2 (2017): JAS-PT Edisi DESEMBER 2017
Publisher : Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.989 KB)

Abstract

JURNAL ANALISIS SISTEM PENDIDIKAN TINGGI VOLUME 1 NOMOR 2, DESEMBER 2017 EDITORIAL Sistem pendidikan tinggi telah menjadi kajian yang menarik untuk dibahas. JAS-PT terbitan kedua kali ini mempublikasi enam artikel yang bertemakan tentang kepemimpinan, sistem informasi, manajemen layanan hingga kemahasiswaan dan lulusan perguruan tinggi. Dalam tulisan pertama, Anamofa membahas iklim kerja perguruan tinggi yang dipengaruhi oleh Gaya dan Situasi Kepemimpinannya. Masih tentang kepemimpinan kampus, pada tulisan kedua, Kuswanto membahas Gaya Kepemimpinan Transformatif yang mempengaruhi kinerja pegawai perguruan tinggi. Berbeda dengan perguruan tinggi lain, mahasiswa yang melaksanakan perkuliahan di Universitas Terbuka akan memiliki tantangan tersendiri dimana kesuksesan dalam proses pembelajarannya akan banyak dipengaruhi oleh kemandirian para mahasiswanya. Lazarus menguraikan banyak hal tentang Sistem Pendidikan Jarak Jauh di Indonesia pada tulisan ketiga. Usman, pada tulisan keempat, menguraikan peningkatan kinerja layanan pendidikan perguruan tinggi melalui pengelolaan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, mulai dari perencanaan sampai dengan pengawasan dan evaluasi. Terkait dengan layanan pendidikan, Mulyana dkk dalam tulisan kelima, menguraikan hasil penelitiannya tentang penerapan kualitas pelayanan Laboratorium Komputer untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa pengguna fasilitas tersebut. Terakhir, Cahyani dkk membahas Kompetensi yang dimiliki para Lulusan Perbankan dan kaitannya dengan harapan para Pengguna Lulusan tersebut.
Pengelolaan Infrastruktur Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Mendukung Kinerja Layanan Pendidikan Di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan Jamiludin Usman
JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) Vol 1 No 2 (2017): JAS-PT Edisi DESEMBER 2017
Publisher : Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (123.988 KB) | DOI: 10.36339/jaspt.v1i2.77

Abstract

Abstrak: Dalam dunia pendidikan keberadaan sistem informasi dan komunikasi merupakan salah satu komponen yang tidak dapat dipisahkan dari aktivitas pendidikan. Penelitian ini hendak membahas tentang bagaimana Pengelolaan Infrastruktur Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Mendukung Kinerja Layanan Pendidikan di STAIN Pamekasan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Perencanaan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan di STAIN Pamekasan dilakukan dengan tahapan, a). Rapat Tinjauan Manajemen, b). Pembentukan tim khusus, c). Menentukan Kebijakan, dan standar operasional. Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan di STAIN Pamekasan dilakukan dengan, a). Kemahasiswaan, b). tenaga pendidik, c). kepegawaian, dan d). publikasi dan dokumentasi. Pengawasan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan di STAIN Pamekasan dilakukan secara internal dilaksanakan dari sisi pengelola (unit TIPD) dan sisi perangkat pendukung yakni perangkat komputer dan jaringan internet. Secara eksternal, pengawasan dilakukan oleh dosen, pegawai, mahasiswa selaku user dan subag perencanaan dan keuangan sebagai pelaksana pemeliharaan barang milik negara (BMN). Kata Kunci: Pengelolaan, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Layanan Pendidikan Abstract: Information and communication technology is one component that can not be separated from educational activities. This research will discuss about management infrastructure of information and communication technology in education service at STAIN Pamekasan. Based on the results of research can be concluded that management information system is planned by, a). Management review meeting, b). Forming of special team, c). Define policy, and operational standards. Implementation of management information system at STAIN Pamekasan done by, a). Student affairs, b). Educator, c). Staffing, and d). Publication and documentation. Supervision of management information system at STAIN Pamekasan done internally by the administrator (TIPD unit) and supporting device that is computer and internet. Externally, supervision is done by lecturers, employees, students as users and planning and finance division as executor to do maintenance of state property. Keywords: Management, Information and Communication Technology, Education Services
BACK COVER JASPT VOL 1 NO 2 DESEMBER 2017 Redaksi JASPT
JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) Vol 1 No 2 (2017): JAS-PT Edisi DESEMBER 2017
Publisher : Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (520.266 KB)

Abstract

BACK COVER JASPT VOL 1 NO 2 DESEMBER 2017

Page 1 of 2 | Total Record : 11