cover
Contact Name
Agus Mailana
Contact Email
agus.mailana@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
agus.mailana@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
ISSN : 26148846     EISSN : 26144018     DOI : -
Core Subject : Education,
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Jurusan Tarbiyah STAI Al Hidayah Bogor. Jurnal ini mengkhususkan diri pada pengkajian ilmu manajemen pendidikan Islam. Pengelola menyambut baik kontribusi dalam bentuk artikel dari para ilmuwan, sarjana, professional, dan peneliti dalam disiplin ilmu manajemen pendidikan Islam untuk dipublikasikan dan disebarluaskan setelah melalui mekanisme seleksi naskah, telaah mitra bebestari, dan proses penyuntingan. Seluruh artikel yang dipublikasikan dalam jurnal ini merupakan pandangan dari para penulisnya dan tidak mewakili jurnal ini atau lembaga afiliasi penulisnya. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam terbit dua kali dalam setahun antara bulan Januari-Juni dan Juli-Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 01 (2018)" : 8 Documents clear
FAKTOR-FAKTOR MOTIVASI KERJA PADA KARYAWAN LEMBAGA HUDA GROUP DI KECAMATAN TAMANSARI KABUPATEN BOGOR Irfan Bahar Nurdin
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1, No 01 (2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1128.868 KB) | DOI: 10.30868/im.v1i01.216

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor- faktor yang menjadi sumbermotivasi untuk bekerja pada pegawai institusi Huda Group di Tamansari,Bogor. Hipotesis dari penelitian ini adalah faktor monoteisme dan jihad,kepemimpinan, komunikasi, persyaratan, pelatihan, kompensasi dan prestasiyang signifikan berpengaruh menjadi sumber faktor motivasi karyawan pada Lembaga Huda Grup. Metode pengambilan sampel dengan menggunakansampel jenuh (sensus) kepada seluruh karyawan dengan jumlah respondenadalah 80 orang dan semuanya karyawan tetap Huda Group Bogor. Semuaresponden diberi kuesioner yang berkaitan dengan analisis faktor motivasikaryawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa monoteisme dan jihad,kepemimpinan, komunikasi, persyaratan, pelatihan, kompensasi, danpencapaian pengaruh signifikan 0,000. Sumber faktor motivasi. Faktor prestasi, mencapai nilai tertinggi dibandingkan dengan variabel lain yaitu0,873 atau 87,3% menunjukkan bahwa hubungan motivasi sangat kuat padamotivasi, faktor monoteisme dan jihad mencapai nilai 0,594 atau 59,4%memiliki hubungan yang kuat dengan motivasi namun lebih rendah. daripadavariabelnya lebih banyak. Faktor kepemimpinan mencapai nilai 0,771 atau77,1% (sangat kuat), faktor komunikasi mencapai nilai 0,686 atau 68,6,1%(kuat), Faktor Kebutuhan mencapai 0,846 atau 84,6% (sangat kuat), faktorpelatihannya mencapai nilai 0,669 atau 66,9% menunjukkan bahwahubungan yang kuat, faktor kompensasi mencapai nilai 0,788 atau 78,8%menunjukkan bahwa hubungan tersebut sangat kuat terhadap motivasikaryawan Huda Group. Lembaga Huda Group harus meningkatkan perhatiansehingga bisa mempertahankan faktor yang sudah sangat kuat, danmeningkatkan faktor motivasinya, terutama monoteisme dan jihad dengancara yang lebih tepat untuk bisa menjadi motivasi utama dan sempurna,sehingga karyawan melakukan kerja keras didorong oleh motivasi beribadahdan bekerja dengan semangat jihad.KataKunci : Kepemimpinan, komunikasi, motivasi.
MANAJEMEN FACEBOOK DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN Sarifudin Sarifudin; Halimah Halimah
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1, No 01 (2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (838.717 KB) | DOI: 10.30868/im.v1i01.217

Abstract

ABSTRAKTeknologi merupakan suatu kebutuhan bagi bangsa dan negara, pada saat ini ilmuteknologi semakin berkembang pesat, masyarakat di tuntut untuk ikut sertamengikuti arus globalisasi, sala satunya adalah layanan jejaring social, terutamaFacebook. munculnya fenomena dan perkembangan zaman yang sedang boomingdiseantero jagad raya ini salah satunya perkembangan teknologi, perkembanganteknologi yang semakin canggih mampu menghipnotis seluruh manusia dariberbagai lapisan, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa sampai pada lansia(dewasa lanjut usia) hal ini menuntut orang tua dan seluruh pendidik di dalammaupun di luar sekolah untuk dapat memperhatikan dan mengawasi setiap gerakgeriklangkah anak didiknya, karena perkembangan teknologi yang sedang maraksaat ini dapat mempengaruhi kondisi lingkungan dan prestasi belajar, sehinggaperhatian dan pengawasan orang tua serta tenaga pendidik di dalam sekolahmaupun di luar sekolah harus lebih waspada. Pada saat ini masyarakat Indonesiamengenal Facebook sebagai media pertemanan ternyata mampu membius wargaIndonesia untuk berlomba-lomba dalam menguasai situs jejaring sosial ini. Akantetapi pada saat sekarang banyak sekali kita temukan kejadian-kejadian yangkurang baik, kejadian kriminal yang disebabkan oleh Facebook, sering kita jumpaianak perempuan remaja di perkosa oleh temennya yang ia baru kenal lewat jejaringFacebook, pembegalan atau kejadian-kejadian kejahatan lain sebagainnya. Olehsebab itu perlunya ada pengolahan yang benar berkaitan dengan jejaring sosial ini,jika digunakan kedalam hal yang sipatnya positif sebagai alat untuk proses pembelajaran maka hasilnya sangat bermanfaat untuk memperbanyak ilmupengetahuan, atau sebaliknya digunakan untuk kesia-siaan atau hal-hal negatifmaka hasilnya kurang baik atau buruk.Kata Kunci: manajemen, facebook, pembelajaran pendidikan
GURU ADALAH MANAJER SESUNGGUHNYA DI SEKOLAH Heriyansyah Heriyansyah
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1, No 01 (2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.821 KB) | DOI: 10.30868/im.v1i01.218

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini melibatkan dua variabel, yaitu variabel bebas berupa pengaruhkepemimpinan yang dipelajari melalui dimensi yang meliputi fungsi kepemimpinan(X1); gaya kepemimpinan (X2); tugas kepemimpinan (X3), dan peran kepemimpinan(X4) dan variabel terikat dengan itu adalah minat mengajar guru (Y). Penelitian yangdilakukan berdasarkan metode korelasional untuk mengukur variabel tertentuberpengaruh terhadap variabel lain. Analisis hasil penelitian menerapkan tingkatregresi dan korelasi multilepel dan juga parsial. Hal ini sesuai dengan hipotesis yangdiangkat dan juga kondisi tentang skala pengukuran yang paling sedikit intervalnyabisa terpenuhi. Disamping itu, data hasil penelitian diuji dengan kondisi normalitas,karena data yang diambil dengan benar berasal dari populasi yang memilikidistribusi normal. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh antarvariabel. Matte ini terlihat dari; (1) Fungsi kepemimpinan terhadap minat mengajarguru diperoleh dengan koefisien korelasi sebesar ry1 = 0,2441 atau r? 0,20. Angkaini menunjukkan bahwa fungsi kepemimpinan berpengaruh terhadap minatmengajar guru, (2) Gaya Kepemimpinan terhadap minat guru diperoleh korelasi ry2= 0,2008 atau r? 0,20. Angka ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinanberpengaruh terhadap minat mengajar guru sekolah dasar, (3) TugasKepemimpinan untuk kepentingan mengajar guru diperoleh dengan koefisienkorelasi ry3 = 0,2106 atau r? 0,20. Hal ini menunjukkan bahwa tugas kepemimpinanberpengaruh terhadap minat mengajar guru, (4) Peran kepemimpinan terhadapminat mengajar guru, dari hasil analisis dengan menggunakan uji linier sederhana,yaitu diperoleh nilai regresi Y = 11,74 + 0 , 95x. Sedangkan berdasarkan uji Fdiperoleh F hitung 66,56 dan F tabel = 0,00001. Hasil analisis menunjukkan bahwaperan kepemimpinan terhadap minat mengajar guru. Hasil analisis menunjukkanbahwa kepemimpinan terhadap minat mengajar guru 36% dipengaruhi oleh perankepemimpinan yang kondusif. Hasil analisis mengenai peran kepemimpinan yangcondushif, berdasarkan distribusi frekuensi kualitatif menunjukkan bahwa 64% dariseluruh guru belum penuh berperan dalam menjalankan kepemimpinannya dalammenjalankan tugas dan tanggung jawab menjadi kewajibannya. Pada dasarnyaketika kepemimpinan terdiri dari fungsi, gaya, dan tugas yang dijalankan secaraterarah dan tempur, tidak diragukan lagi dapat menumbuhkan peran kepemimpinansemua guru sekolah dasar di negara tersebut. Hal ini diketahui dari hasil analisiskoefisien korelasi yang menunjukkan r = 0,6371 dan koefisien determinasi r2 =0,4059, beban bahwa peran kepemimpinan semua guru terhadap minat mengajarguru 40,59% dipengaruhi oleh fungsi, gaya, dan tugas kepemimpinan. Kata Kunci : guru, pemimpin, manajer.
KARAKTERISTIK KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS MASJID M. Hidayat Ginanjar; Wartono .
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1, No 01 (2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (640.621 KB) | DOI: 10.30868/im.v1i01.213

Abstract

Leadership is the ideal of quality, both in terms of physical, mental, and intellectual.Maturity in terms ofthis aspect will help a leader in carrying out the task. Knowledgeand a wide perspective is the key in solving many problems that block or makesome breakthroughs for the success of the important task of a leader. Islamencourage every Muslim to have these three types of power. The strong and goodbelievers are well loved by Allah more than the weak believers, each has a virtue.For that, the vision and values of leadership comes from the ideal practices ofRasulullah peace be upon him (Shalallahu 'alaihi wa sallam) and the Companions, itis necessary and must continue to be extracted, distributed and socialized tobecome a strong issue in the stage of leadership in society. Therefore, a goodleadership is absolutely needed by the community, and of course the leaders areexpected to appear is a leader that has a nature or character laudable. That is, onthe side of truth, justice, has the nature of trust, a worthy model, simplicity,greatness of the soul, forgive person, and others who emphasize kindness for thepeople.One of the leadership Islamic education models is leadership based mosque,the mosque is a place where Muslims join together in routines worship, both(hablum minallah) (relationship between human and Allah) or (hablum minannas)(relationship between human and human). For Muslims, the mosque become theheart moorings, the port development and the life energy of Muslims. mosques alsofunction as institutions of education and knowledge of Islam. In addition, the mosqueis also a place that can be delivered candidates Islamic leaders in the future, asevidenced (applied) by Rasulullah peace be upon him (Shalallahu 'alaihi wa sallam),he built with the friends so that future generations be able to lead the best andpeople through developments that centred in mosque. People were educated inmosques in a shelter of the high Islamic society and give priority in deliberation forsolving problems. The mosque which was established on the basis of devotion toAllah will inure to the influence of education in human life. Thus, the mosque-basedleadership can bear a good leader, the leader of a people-oriented development, sothat it can be delivered to devotee individuals, able to lead and bring the nextgeneration achieve their hopes; establishing a believer for himself, family,community, nation and state.Keyword: Islamic Education, Leadership, Caracter, Mosqul Based.
PENGARUH KARAKTERISTIK TIM, PENGETAHUAN MANAJEMEN, DAN ETIKA KERJA TERHADAP KINERJA KETUA PROGRAM STUDI PADA SEKOLAH TINGGI ISLAM SWASTA DI PROVINSI JAMBI Ahmad Ridwan
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1, No 01 (2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (906.157 KB) | DOI: 10.30868/im.v1i01.219

Abstract

ABSTRACTThe objective of the research is to obtain information concerning the effect ofteam characteristics, management knowledge, and job ethics, on heads ofstudy program performance. The research was carried out by means ofsurvey in Jambi Province, involving 75 heads of study program asrespondents who are selected through simple randomsampling and the datahas been analysed by path analysis after all variables put into thecorrelationmatrix. (1) there is a direct effect of team characteristics on heads ofstudyprogram performance.(2) there is direct effect management knowledgeon heads of studyprogram performance. (3) there is a direct effect job ethicson heads of study programperformance . (4) there is a direct effect of teamcharacteristics on job ethics, and (5) there is a direct effect managementknowledge on job ethics. Therefore, the variation ofheads of study programperformance are effected by the variation of team characteristics,variationmanagement knowledge, variation job ethics. Keywords: team characteristics, management knowledge, job ethics andheadsof study program performance.
GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI LEMBAGA AMIL ZAKAT MARHAMAH MAIMANAH Ade Kohar
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1, No 01 (2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (927.98 KB) | DOI: 10.30868/im.v1i01.214

Abstract

Dalam pencapaian tujuan serta sukses tidaknya sebuah perusahaan atauorganisasi banyak unsur penting yang berperan dalam pemenuhannya,diantaranya adalah kepemimpinan, kinerja, dan motivasi. Kinerja suatuorganisasi, baik non profit maupun lembaga profit tidak mungkin akanmencapai titik hasil yang optimal tanpa adanya motivasi dari pemimpinorganisasi yang bersangkutan. Kepemimpinan dan gaya kepemimpinandalam organisasi sangat berperan dalam mempengaruhi kinerja karyawan.Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kinerja karyawan, salah satunyaadalah motivasi. Dengan motivasi yang tepat maka akan mendorongpeningkatan kinerja yang lebih baik dan akhirnya tujuan perusahaan akanmudah dicapai. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi seseorangadalah melakukan hal yang penting, apresiasi secara penuh, perasaanmemiliki sesuatu, keamanan kerja, upah, promosi dan karir dalamorgnanisasi, kondisi kerja yang baik dan loyalitas. Betapa pentingnya SDMyang prouktif dan berkualitas untuk menunjang roda kehidupan organisasi,sehingga diperlukan penelitian untuk mengetahui pengaruh gayakepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja pegawai. Penelitian inimempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinanterhadap kinerja pegawai, untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadapkinerja pegawai, serta untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan danmotivasi secara bersamaan terhadap kinerja pegawai pada Lembaga AmilZakat Marhamah Maimanah Kota Bogor. Hasil penelitian ini menunjukkanhasil adanya pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja pegawai. Hasilberdasarkan perhitungan yang diperoleh t hitung untuk variabel gayakepemimpinan sebesar 2,101 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,047.Karena tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05, maka gaya kepemimpinanberpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Makadisimpulkan bahwa h1 diterima dan h0 ditolak. Adanya pengaruh motivasiterhadap kinerja pegawai. Dari hasil perhitungan yang diperoleh t hitunguntuk variabel motivasi sebesar 3,784>1,717 dengan tingkat signifikansisebesar 0,001. Karena tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 berartimotivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Jadidapat disimpulkan bahwa h1 diterima dan h0 ditolak. Adanya pengaruh gayakepemimpinan dan motivasi secara bersama-sama terhadap kinerjapegawai. Hasil perhitungan uji R2 menunjukkan bahwa koefisien determinasi(R2) yang diperoleh sebesar 0,395. Hal ini berarti 39,5% kinerja pegawaidapat dijelaskan oleh variabel gaya kepemimpinan, dan motivasi kerja.Sedangkan sisanya sebesar 60,5% (100%-39,5%), kinerja pegawaidijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kata Kunci : kepemimpinan, motivasi, kinerja.
PENGEMBANGAN PROFESIONALISME PENDIDIK DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN Muhammad Syukur
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1, No 01 (2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (581.896 KB) | DOI: 10.30868/im.v1i01.220

Abstract

ABSTRAKPendidik merupakan unsur pendidikan yang paling berpengaruh dalampeningkatan kualitas pendidikan. Dalam sejarah peradaban dunia, pendidikberada di garda terdepan dalam menciptakan kualitas sumber daya manusia.Pendidik merupakan profesi yang hanya dapat dilaksanakan secara efektifdan efisien oleh seseorang yang dipersiapkan untuk menguasai kompetensitertentu melalui pendidikan atau pelatihan khusus, terutama pendidikanprofesi. Dalam rangka mencapai mutu yang tinggi dalam bidang pendidikan,peranan pendidik sangatlah penting, bahkan sangat utama. Untuk itu,profesionalisme pendidik harus ditegakkan dengan cara pemenuhan syaratsyaratkompetensi yang harus dikuasai oleh setiap pendidik, baik di bidangpenguasaan keahlian materi keilmuan maupun metodologi. Untuk mencapai kondisi pendidik yang profesional, para pendidik harus menjadikan orientasimutu dan profesionalisme pendidik sebagai etos kerja mereka danmenjadikannya sebagai landasan orientasi berperilaku dalam tugas-tugasprofesinya. Begitu pula, seorang yang ingin menjadi pendidik yangprofesional perlu senantiasa beradaptasi dan merespon tantanganparadigma baru profesi pendidik. Seorang pendidik hendaknya memilikimotivasi kuat untuk menjadi maju dan profesional. Semua pendidik bisamenjadi profesional asalkan ada niat, keinginan, motivasi, dan komitmendalam melakukan dan menggapainya.Kata Kunci: pendidik, profesionalisme, mutu
KOMPETENSI GURU, BUDAYA ORGANISASI, DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ORANG TUA MURID PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM HASMI BOGOR Muslim Muslim
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1, No 01 (2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (928.045 KB) | DOI: 10.30868/im.v1i01.215

Abstract

ABSTRAK Tulisan ini merupakan hasil penelitian yang difokuskan pada kompetensiguru, budaya organisasi dan pelayanan terhadap kepuasan orang tua siswadi SMA HASMI Bogor. Penulis mengidentifikasi masalah kepuasan orang tuasiswa SMA Islam HASMI dengan beberapa faktor yang didugamempengaruhinya, diantaranya adalah; a) kurangnya sarana komunikasiantara guru dan orang tua murid, b) adanya sarana dan prasarana yangdijanjikan belum dapat ditepati oleh manajemen, c) kurangnya kemampuanguru dalam proses KBM, d) lemahnya budaya kerjasama dari parakaryawan, e) adanya guru yang kurang memahami karakteristik peserta didikdengan baik, f) kurangnya pengendalian dari aturan yang telah diberlakukan,g) organisasi belum menjadi perekat kalangan internal, h) tempat pelayananyang kurang memadai, i) petugas pelayanan kurang handal dan responsif,dan j) kurangnya perhatian manajemen terhadap aduan, solusi, dan prioritaspelayanan. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatifdengan menggunakan model analisis satu jalur (Path Analisys). Dalammenganalisa data hasil kuesioner digunakan alat bantu komputer denganprogram SPSS versi 19,0. Tempat penelitian di SMA Islam HASMI BoardingSchool di Kecamatan Tamansari Bogor dengan resonden berjumlah 83orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kompetensi guruberpengaruh nyata dan signifikan terhadap kepuasan dengan nilaisignifikansi sebesar 0,001. Besarnya pengaruh variabel kompetensi guruterhadap kepuasan orang tua murid pada SMA Islam HASMI adalah 0,430.Variabel budaya organisasi tidak berpengaruh nyata terhadap kepuasandengan nilai signifikansi sebesar 0,078. Besarnya pengaruh variabel budayaorganisasi terhadap kepuasan orang tua murid pada SMA Islam HASMIadalah 0,273. Sedangkan variabel pelayanan tidak berpengaruh terhadapkepuasan dengan nilai sebesar 0,289. Besarnya pengaruh variabel budayaorganisasi terhadap kepuasan orang tua murid pada SMA Islam HASMIadalah 0,143. Adapun variabel kompensi guru, budaya organisasi, danpelayanan secara simultan berpengaruh nyata dan signifikan sebesar 63,3 %terhadap kepuasan orang tua murid pada SMA Islam HASMI.Kata Kunci: Kompetensi guru, budaya organisasi, pelayanan, kepuasan.

Page 1 of 1 | Total Record : 8