cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JURNAL BISNIS STRATEGI
Published by Universitas Diponegoro
ISSN : 14101246     EISSN : 25801171     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Bisnis Strategi ( P-ISSN : 1410-1246, E-ISSN : 2580-1171 ) is an open access and peer-reviewed published by Department of Magister Management, Faculty of Economics and Business, Universitas Diponegoro, Indonesia. This journal published twice a year (juli and desember). The scope of journal is Business Strategy, Strategic Management, Financial Management, Organization, Human Resource Management, Organizational Behavior, Marketing, Marketing Strategy.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (1998): Juli" : 8 Documents clear
ASPEK HUKUM GLOBALISASI Muladi, Muladi
JURNAL BISNIS STRATEGI Vol 2, No 1 (1998): Juli
Publisher : Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (593.615 KB) | DOI: 10.14710/jbs.2.1.40-50

Abstract

" An  Erosion  of national  sovereignty,  consinent  with the realities  of globalization,  sees  inevitable.  The WTO's  disputes-resolution  panels have  wide-ranging authority  to  investigate  and rule on trade  laws and practises".  (Lodge,   1995)
ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN Pranoto, Sutanto
JURNAL BISNIS STRATEGI Vol 2, No 1 (1998): Juli
Publisher : Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1301.796 KB) | DOI: 10.14710/jbs.2.1.1-16

Abstract

Tujuan  yang ingin  dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengindentifikasi variabel-variable internal perusahaan,  dan persepsi klien terhadap produk iklan outdoor dan non-outdoor yang mempengaruhi peningkatan penjualan dan signifikan. Hipotesis  yang diajukan  adalah:  1). Variasi kategori produk  iklan outdoor dan nonoutdoor;  rata-rata  billing  per order iklan outdoor dan non-outdoor berpengaruh terhadap jumlah order iklan.  2) Persepsi  klien lama dan baru tentang produk  iklan  non-outdoor terhadap unsur potensi,  unsur evaluasi perusahaan, unsur aktivitas bina perusahaan cendrung positif.   3) Persepsi klien lama dan baru tentang produk   iklan non-outdoor  terhadap unsur potensti unsur    evaluasi perusahaan unsur aktivitas bina usaha perusahaan  cendrung positif. Data penelitian terdiri dari  data  sekunder yakni laporan penjualan perusahaan tahun 1989-1996 dan data primeryang diperoleh  dengan  kuesioner dari sebanyak  113 klien.
SOSIALISASI WTO Tinjauan dari Aspek Ekonomi Alam, Dipo
JURNAL BISNIS STRATEGI Vol 2, No 1 (1998): Juli
Publisher : Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (702.551 KB) | DOI: 10.14710/jbs.2.1.51-60

Abstract

DENGAN  semakin aktifnya In­donesia  dalam  perdagangan internasronal,  dampak WTOakan  sangat penting bagi Indone­ sia  dalam hubungan  dengan mitra dagangrrya.   Adanya  WTO akan neningkatkan upaya multilateral dalam  melaksanakan   prosedur penyelesaian   sengketa    secara terpadu (integrated  dispute settle­ment).  Masalahnya bagi  Indonesiapenyesuaian  baik dari segi kebijakan maupun pelaksanaan adnministrasinya.Ada  4 faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi Indonesia :  economic  drive. monetary  incentives: penguasaan  ilmu pengetahuan dan teknologi; keadilan yang menjadi tolak ukur pembangunan.  Untuk Jangka panjang, peluang yang perlu diperhatikan bahwa setiap 2 tahun akan diadakan review dari semua kebijaksanaan sebagaimana disepakati dalam  Trade Policy Review Mechanism ([PRM).
A COMPARISON OF THE TRADITIONAL (WESTERN­ STYLE) BANK AND ISLAMIC BANK MODELS Adnan, Muhammad A; Gaffikin, M.J.R
JURNAL BISNIS STRATEGI Vol 2, No 1 (1998): Juli
Publisher : Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1751.959 KB) | DOI: 10.14710/jbs.2.1.85-112

Abstract

There has been a remarkable in­crease  in the number  Islamic banks and Islamic  Financial  Institution since  the  1970s.   There are  about a hundred Islamic Banks and Financial Institutions currently in the world. It is useful and interesting to know how Islamic banks  differ from  the  West­ern (Traditional)  style  bank?This paper surveys the  differ­ences  between  the two­style  of bank. A comparison is made  of the origin of each style of bank.  their develop­ment,  the types of products and ser­vices  they  offer:  their organization and their financial statements.The paper concludes that the ba­sic  difference  is in the  treatment  of interest.  But this in tum generates some other differences.  Interestingly, in the sense  of accounting concepts and practices,   it  seems that   both styles are  not significantly different.However. a close examination of this seems  to be interesting and is the fo­cus  of study,  because  each  style  of bank  has  developed with  different perspective.
SURVEY SIKAP KARYAWAN DAN DIAGNOSIS PENGEMBANGAN ORGANISASI Mas'ud, Fuad
JURNAL BISNIS STRATEGI Vol 2, No 1 (1998): Juli
Publisher : Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (734.229 KB) | DOI: 10.14710/jbs.2.1.61-70

Abstract

Organisasi  atau perusahaan menghadapi lingkungan yang selalu  berubah.  Dengan  semakin banyaknya pesaing, perubahandan perkembangan teknologi dan lain-lain.  Dalam menghadapai perkembangan haik eksternal maupun  internal organisasi dituntut selalu  berindak proaktif. Keberhasilan  organisasi  dalam mencapai tujuannya sangat  tergantung pada faktor sumber  daya alam manusia.  Oleh karena itu, pemimpin organisasi harus  menyiapkan sumber daya manusia sebaik  baiknya.Salah satu metode yang paling umum  untuk mengetahui  kondisi sumber  daya  manusia  dalam organisasi yaitu dengan  melakukan survai  sikap sumber daya  manusia  (karyawan).  Berdasarkan hasil survai  sikap  tersebut, pemimpin dapat menyusun program-program pengembangan karyawan.  Hal ini sangat  penting untuk mengingat bahwa  implementasi strategi organisasi,  karyawan sebagai faktor penting yang menentukan keberhasilannya.  Artikel ini membahas persyaratan survai  sikap yang efektif serta kekurangan-kekurangan metode  survai  sikap.
ETIKA BISNIS DALAM SISTEM PENDIDIKAN TINGGI INDONESIA Ghozali, Imam
JURNAL BISNIS STRATEGI Vol 2, No 1 (1998): Juli
Publisher : Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1010.039 KB) | DOI: 10.14710/jbs.2.1.17-30

Abstract

Dengan disahkannya Perjanjin GATT 1994 dan disetujuinya Pembentukan Organisas;  Perdagangan Dunia  (WTO)  di Marrakesh,  Maroko pertengahan bulan  April  1994 yang lalu, negara-negara di dunia memasuki  suatu  era baru dalam perdagangan internasional.  Dengan liberalisasi perdagangan internasional diharapkan perdagangan dunia akan terus berkembang dan dengan demikian, kemakmuran optimal seluruh masyarakat dunia akan dapat dicapai. Disepakatinya ketentuan  internasional tersebut mengakibatkan  seluruh anggota termasuk Indonesia harus meratifikasi peraturan perundangan yang diperlukan dan  tidak bertentangan dengan  nilai-nilai yang  terkandung dalam  WTO. Dalam  hal ini pemerintah  Indonesia telah  menerbitkan  UU No 7 Tahun   1994  Tentang  Pengesahan  Agreement  Establishing  The World Trade Organization.  Bagi Indonesia,  dengan diberlakukannya  WTO menimbulkan peluang dan ancaman yang untuk  memanfaatkan  atau  menghadapinya diperlukan pendayagunaan kekuatan  yang dimiliki dan upaya mengatasi kelemahan yang diikuti dengan upaya  meningkatkan efisiensi disegala bidang.Era perdagangan bebas atau globalissasi ini juga diikuti dengan  kemajuan yang pesat dalam  teknologi produksi,  informasi dan komunikasi yang berasal dari negara maju. Melalui berbagai media elektronik setiap peristiwa di segala penjuru  dunia  pada saat yang hampir  sama dapat disaksikan dimana  saia dan oleh siapa saja.  Perkembangan internet yang kini merambah di setiap pelosok dunia semakin memperluas  informasi dan komunikasi.  Segala macam produk buatan  negara-negara maju juga dengan  mudah dapat dilihat  dilayar tv.
PENGARUH TARIF KAMAR TERHADAP KEPUASAN DAN MINAT PASIEN DALAM PEMBELIAN ULANG JASA RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT PANTI RAPIH YOGYAKARTA Soesanto, Harry
JURNAL BISNIS STRATEGI Vol 2, No 1 (1998): Juli
Publisher : Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (933.35 KB) | DOI: 10.14710/jbs.2.1.71-84

Abstract

The National  development  being implemented in six PELITA bring a good result in health care  sector.  The hospi­tal is getting  isolate  as  it own definite the tariff for services which have been given to consumer; because not all hos­pital stand alone to definite the services. As an effect, definite tariff is first­ tariff and the definite of consumer tendency to come with comfirmable tariff. This research has a tendency (1) to identify room  tariff influence,  and the relationship  between  patient  satisfaction and patient  willingness in rebuying in patient services  in  Panti Rapih hos­pital;  (2) to  identity consumer behaviour about patient satisfaction and to repurchase  for health  services  in Panti Rapih hospital.Research design   applied was on observational research (non experimental), and the research subject in patient.   Sample   was  drawn  as purpossive  with  definitelly criteria. Data were collect through from question which has been  fill by responden. And result will  be examination  as qualitative and quantitative with SPSS/PC + program. The result showed that (1) subject desire  to use Panti  Rapih hospital and the result has been  influence by satis­fied servent depending with room  tar­iff; (2) research  subject show  that pa­tient interest in rebuying in patient ser­vices, big enough to prediction behavior in decision  making.Based on  the  result,  it  was  con­cluded that patient interest in rebuying depending by patient satisfied, but a low cost of room  tariff has been  ignored.Thus a room  tariff is not the only  be­havior reason to use Panti Rapih hospi­tal, and not support by result of research calculation which mean that hypothesis has been denied.
Analisis Anggaran Parsitipatif dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Wahyudi, Sugeng
JURNAL BISNIS STRATEGI Vol 2, No 1 (1998): Juli
Publisher : Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (471.681 KB) | DOI: 10.14710/jbs.2.1.31-39

Abstract

Partisipasi  dalam proses penyusunan  anggaran sebagai  variabel perilaku  secara   parsial  terbukti mempunyai hubungan yang signifikan terhadap Kinerja manajer.   Namun demikian  secara parsial variabel ini ternyata hanya mempunyai kemampuan menje­laskan  rendah  terhadap kinerja manajer.Pengembangan alternatif dengan cara memasukkan  variabel perilaku yang lain  yaitu pendidikan ternyata memberikan gambaran yang lebih baik pada model  dalam  arti kemampuan menjelaskan  2  variabel ini lebih meningkat,  sehingga dapat  dinyatakan "Partisipasi yang disertai  dengan ilmu akan  menjadi lebih bermakna". Pengembangan  alternatif lain  dengan cara  membagi  sampel   menjadi   2 kelompok yaitu cabang  kelas  I dan cabang kelas  II  memberikan  makna tambahan pada  model.  Hasilnya bahwa partisipasi lebih bermakna pada cabang kelas I, yang relatif kondisi keuangannya lebih baik dari  cabang kelas II.Pengembangan alternatif dengan membagi Kinerja  manajer menjadi 3 kelompok manajer sesuai bidangnya  ternyata  tidak menjadikan model  ini  lebih  baik.  Hal  ini dapat dinyatakan bahwa  partisipasi mempunyai dampak Synergi  terhadap Kinerja manajer secara  utuh.Pengembangan  alternatif dengan memasukkan  variabel pengalaman mendampingi variabel partisipasi dan pendidikan ternyata variabel pengalaman tidak  signifikan  terhadap Kinerja manajer Pengembangan  alternatif Par­tisipasi  diperinci menurut unsur­-unsur partisipasi secara  parsial ternyata memberikan gambaran yang tidak lebih baik pada  model.Unsur­-unsur partisipasi yang diklasifikasikan  menjadi   6  unsur merupakan unsur­-unsur yang terintegrasi.  Penggabungan 6  unsur tersebutmenciptakan synergi sehingga analisis  integratif dari 6 unsur tersebut memberikan gambaran yang lebih  baik dibanding dengan  analisis parsial masing­masing unsur  tersebut.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

1998 1998