JURNAL BISNIS STRATEGI
Jurnal Bisnis Strategi ( P-ISSN : 1410-1246, E-ISSN : 2580-1171 ) is an open access and peer-reviewed published by Department of Magister Management, Faculty of Economics and Business, Universitas Diponegoro, Indonesia. This journal published twice a year (juli and desember). The scope of journal is Business Strategy, Strategic Management, Financial Management, Organization, Human Resource Management, Organizational Behavior, Marketing, Marketing Strategy.
Articles
8 Documents
Search results for
, issue
"Vol 2, No 1 (1998): Juli"
:
8 Documents
clear
ASPEK HUKUM GLOBALISASI
Muladi, Muladi
JURNAL BISNIS STRATEGI Vol 2, No 1 (1998): Juli
Publisher : Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (593.615 KB)
|
DOI: 10.14710/jbs.2.1.40-50
" An Erosion of national sovereignty, consinent with the realities of globalization, sees inevitable. The WTO's disputes-resolution panels have wide-ranging authority to investigate and rule on trade laws and practises". (Lodge,  1995)
ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN
Pranoto, Sutanto
JURNAL BISNIS STRATEGI Vol 2, No 1 (1998): Juli
Publisher : Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1301.796 KB)
|
DOI: 10.14710/jbs.2.1.1-16
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengindentifikasi variabel-variable internal perusahaan, dan persepsi klien terhadap produk iklan outdoor dan non-outdoor yang mempengaruhi peningkatan penjualan dan signifikan. Hipotesis yang diajukan adalah: 1). Variasi kategori produk iklan outdoor dan nonoutdoor; rata-rata billing per order iklan outdoor dan non-outdoor berpengaruh terhadap jumlah order iklan. 2) Persepsi klien lama dan baru tentang produk iklan non-outdoor terhadap unsur potensi, unsur evaluasi perusahaan, unsur aktivitas bina perusahaan cendrung positif.  3) Persepsi klien lama dan baru tentang produk  iklan non-outdoor terhadap unsur potensti unsur   evaluasi perusahaan unsur aktivitas bina usaha perusahaan cendrung positif. Data penelitian terdiri dari data sekunder yakni laporan penjualan perusahaan tahun 1989-1996 dan data primeryang diperoleh dengan kuesioner dari sebanyak 113 klien.
SOSIALISASI WTO Tinjauan dari Aspek Ekonomi
Alam, Dipo
JURNAL BISNIS STRATEGI Vol 2, No 1 (1998): Juli
Publisher : Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (702.551 KB)
|
DOI: 10.14710/jbs.2.1.51-60
DENGAN semakin aktifnya InÂdonesia dalam perdagangan internasronal, dampak WTOakan sangat penting bagi Indone sia dalam hubungan dengan mitra dagangrrya.  Adanya WTO akan neningkatkan upaya multilateral dalam melaksanakan  prosedur penyelesaian  sengketa   secara terpadu (integrated dispute settleÂment). Masalahnya bagi Indonesiapenyesuaian baik dari segi kebijakan maupun pelaksanaan adnministrasinya.Ada 4 faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi Indonesia : economic drive. monetary incentives: penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi; keadilan yang menjadi tolak ukur pembangunan. Untuk Jangka panjang, peluang yang perlu diperhatikan bahwa setiap 2 tahun akan diadakan review dari semua kebijaksanaan sebagaimana disepakati dalam Trade Policy Review Mechanism ([PRM).
A COMPARISON OF THE TRADITIONAL (WESTERNÂ STYLE) BANK AND ISLAMIC BANK MODELS
Adnan, Muhammad A;
Gaffikin, M.J.R
JURNAL BISNIS STRATEGI Vol 2, No 1 (1998): Juli
Publisher : Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1751.959 KB)
|
DOI: 10.14710/jbs.2.1.85-112
There has been a remarkable inÂcrease in the number Islamic banks and Islamic Financial Institution since the 1970s.  There are about a hundred Islamic Banks and Financial Institutions currently in the world. It is useful and interesting to know how Islamic banks differ from the WestÂern (Traditional) style bank?This paper surveys the differÂences between the twoÂstyle of bank. A comparison is made of the origin of each style of bank. their developÂment, the types of products and serÂvices they offer: their organization and their financial statements.The paper concludes that the baÂsic difference is in the treatment of interest. But this in tum generates some other differences. Interestingly, in the sense of accounting concepts and practices,  it seems that  both styles are not significantly different.However. a close examination of this seems to be interesting and is the foÂcus of study, because each style of bank has developed with different perspective.
SURVEY SIKAP KARYAWAN DAN DIAGNOSIS PENGEMBANGAN ORGANISASI
Mas'ud, Fuad
JURNAL BISNIS STRATEGI Vol 2, No 1 (1998): Juli
Publisher : Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (734.229 KB)
|
DOI: 10.14710/jbs.2.1.61-70
Organisasi atau perusahaan menghadapi lingkungan yang selalu berubah. Dengan semakin banyaknya pesaing, perubahandan perkembangan teknologi dan lain-lain. Dalam menghadapai perkembangan haik eksternal maupun internal organisasi dituntut selalu berindak proaktif. Keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuannya sangat tergantung pada faktor sumber daya alam manusia. Oleh karena itu, pemimpin organisasi harus menyiapkan sumber daya manusia sebaik baiknya.Salah satu metode yang paling umum untuk mengetahui kondisi sumber daya manusia dalam organisasi yaitu dengan melakukan survai sikap sumber daya manusia (karyawan). Berdasarkan hasil survai sikap tersebut, pemimpin dapat menyusun program-program pengembangan karyawan. Hal ini sangat penting untuk mengingat bahwa implementasi strategi organisasi, karyawan sebagai faktor penting yang menentukan keberhasilannya. Artikel ini membahas persyaratan survai sikap yang efektif serta kekurangan-kekurangan metode survai sikap.
ETIKA BISNIS DALAM SISTEM PENDIDIKAN TINGGI INDONESIA
Ghozali, Imam
JURNAL BISNIS STRATEGI Vol 2, No 1 (1998): Juli
Publisher : Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1010.039 KB)
|
DOI: 10.14710/jbs.2.1.17-30
Dengan disahkannya Perjanjin GATT 1994 dan disetujuinya Pembentukan Organisas; Perdagangan Dunia (WTO) di Marrakesh, Maroko pertengahan bulan April 1994 yang lalu, negara-negara di dunia memasuki suatu era baru dalam perdagangan internasional. Dengan liberalisasi perdagangan internasional diharapkan perdagangan dunia akan terus berkembang dan dengan demikian, kemakmuran optimal seluruh masyarakat dunia akan dapat dicapai. Disepakatinya ketentuan internasional tersebut mengakibatkan seluruh anggota termasuk Indonesia harus meratifikasi peraturan perundangan yang diperlukan dan tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam WTO. Dalam hal ini pemerintah Indonesia telah menerbitkan UU No 7 Tahun  1994 Tentang Pengesahan Agreement Establishing The World Trade Organization. Bagi Indonesia, dengan diberlakukannya WTO menimbulkan peluang dan ancaman yang untuk memanfaatkan atau menghadapinya diperlukan pendayagunaan kekuatan yang dimiliki dan upaya mengatasi kelemahan yang diikuti dengan upaya meningkatkan efisiensi disegala bidang.Era perdagangan bebas atau globalissasi ini juga diikuti dengan kemajuan yang pesat dalam teknologi produksi, informasi dan komunikasi yang berasal dari negara maju. Melalui berbagai media elektronik setiap peristiwa di segala penjuru dunia pada saat yang hampir sama dapat disaksikan dimana saia dan oleh siapa saja. Perkembangan internet yang kini merambah di setiap pelosok dunia semakin memperluas informasi dan komunikasi. Segala macam produk buatan negara-negara maju juga dengan mudah dapat dilihat dilayar tv.
PENGARUH TARIF KAMAR TERHADAP KEPUASAN DAN MINAT PASIEN DALAM PEMBELIAN ULANG JASA RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT PANTI RAPIH YOGYAKARTA
Soesanto, Harry
JURNAL BISNIS STRATEGI Vol 2, No 1 (1998): Juli
Publisher : Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (933.35 KB)
|
DOI: 10.14710/jbs.2.1.71-84
The National development being implemented in six PELITA bring a good result in health care sector. The hospiÂtal is getting isolate as it own definite the tariff for services which have been given to consumer; because not all hosÂpital stand alone to definite the services. As an effect, definite tariff is first tariff and the definite of consumer tendency to come with comfirmable tariff. This research has a tendency (1) to identify room tariff influence, and the relationship between patient satisfaction and patient willingness in rebuying in patient services in Panti Rapih hosÂpital; (2) to identity consumer behaviour about patient satisfaction and to repurchase for health services in Panti Rapih hospital.Research design  applied was on observational research (non experimental), and the research subject in patient.  Sample  was drawn as purpossive with definitelly criteria. Data were collect through from question which has been fill by responden. And result will be examination as qualitative and quantitative with SPSS/PC + program. The result showed that (1) subject desire to use Panti Rapih hospital and the result has been influence by satisÂfied servent depending with room tarÂiff; (2) research subject show that paÂtient interest in rebuying in patient serÂvices, big enough to prediction behavior in decision making.Based on the result, it was conÂcluded that patient interest in rebuying depending by patient satisfied, but a low cost of room tariff has been ignored.Thus a room tariff is not the only beÂhavior reason to use Panti Rapih hospiÂtal, and not support by result of research calculation which mean that hypothesis has been denied.
Analisis Anggaran Parsitipatif dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja
Wahyudi, Sugeng
JURNAL BISNIS STRATEGI Vol 2, No 1 (1998): Juli
Publisher : Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (471.681 KB)
|
DOI: 10.14710/jbs.2.1.31-39
Partisipasi dalam proses penyusunan anggaran sebagai variabel perilaku secara  parsial terbukti mempunyai hubungan yang signifikan terhadap Kinerja manajer.  Namun demikian secara parsial variabel ini ternyata hanya mempunyai kemampuan menjeÂlaskan rendah terhadap kinerja manajer.Pengembangan alternatif dengan cara memasukkan variabel perilaku yang lain yaitu pendidikan ternyata memberikan gambaran yang lebih baik pada model dalam arti kemampuan menjelaskan 2 variabel ini lebih meningkat, sehingga dapat dinyatakan "Partisipasi yang disertai dengan ilmu akan menjadi lebih bermakna". Pengembangan alternatif lain dengan cara membagi sampel  menjadi  2 kelompok yaitu cabang kelas I dan cabang kelas II memberikan makna tambahan pada model. Hasilnya bahwa partisipasi lebih bermakna pada cabang kelas I, yang relatif kondisi keuangannya lebih baik dari cabang kelas II.Pengembangan alternatif dengan membagi Kinerja manajer menjadi 3 kelompok manajer sesuai bidangnya ternyata tidak menjadikan model ini lebih baik. Hal ini dapat dinyatakan bahwa partisipasi mempunyai dampak Synergi terhadap Kinerja manajer secara utuh.Pengembangan alternatif dengan memasukkan variabel pengalaman mendampingi variabel partisipasi dan pendidikan ternyata variabel pengalaman tidak signifikan terhadap Kinerja manajer Pengembangan alternatif ParÂtisipasi diperinci menurut unsurÂ-unsur partisipasi secara parsial ternyata memberikan gambaran yang tidak lebih baik pada model.UnsurÂ-unsur partisipasi yang diklasifikasikan menjadi  6 unsur merupakan unsurÂ-unsur yang terintegrasi. Penggabungan 6 unsur tersebutmenciptakan synergi sehingga analisis integratif dari 6 unsur tersebut memberikan gambaran yang lebih baik dibanding dengan analisis parsial masingÂmasing unsur tersebut.