cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JURNAL BISNIS STRATEGI
Published by Universitas Diponegoro
ISSN : 14101246     EISSN : 25801171     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Bisnis Strategi ( P-ISSN : 1410-1246, E-ISSN : 2580-1171 ) is an open access and peer-reviewed published by Department of Magister Management, Faculty of Economics and Business, Universitas Diponegoro, Indonesia. This journal published twice a year (juli and desember). The scope of journal is Business Strategy, Strategic Management, Financial Management, Organization, Human Resource Management, Organizational Behavior, Marketing, Marketing Strategy.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (1999): Juli" : 5 Documents clear
Persepsi Konsumen dalam Mengambil Keputusan untuk Mengambil Keputusan dari Suatu Distributor (Studi Kasus PT. Dharma Multi Farma Semarang) Wibowo, Sylvia
JURNAL BISNIS STRATEGI Vol 4, No 1 (1999): Juli
Publisher : Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (705.969 KB) | DOI: 10.14710/jbs.4.1.73

Abstract

PT.Darma Multi Farma didirikan di tengah persaingan yang sangat ketat, sebagai distributor obat, biasa disebut Pedagang Besar Farmasi. yang bertugas menyuplai obat­ obatan dan alat­alat kesehatan bagi konsumennya, yang terdiri dari: Apotek, Rumah Sakit, Pedagang Besar Farmasi lain, dan Toko Obat.Tujuan penelitlan ini adalah mengidentifikasi dan menganalisls fakror­faktor apa saja yang  sesungguhnya dipertimbangkan oleh konsumen, dalam mengambil keputusan untuk membeli dari suatu  Pedagang  Besar  Farmasi. Tujuan penelitian  ini adalah mengidentifikasi  dan menganalisis  faktor­faktor  apa saja  yang sesungguhnya dipertimbangkan oleh konsumen, dalam mengambil keputusan  untuk membeli dari suatu Pedagang Besar Farmasi.
Dampak Pelepasan Batas Kepemilikan Asing terhadap Terintegrasinya Bursa Efek Jakarta dengan Bursa Efek Internasional (Studi Literatur) Muharam, Harjum
JURNAL BISNIS STRATEGI Vol 4, No 1 (1999): Juli
Publisher : Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (432.829 KB) | DOI: 10.14710/jbs.4.1.1-7

Abstract

Tulisan ini merupakon hasil kajian terhadap penelitian-penelitian yang dilakukan oleh berbagai pihak tentang integrasi dan segmentasi pasar modal internasional. Dari penelitian-penelitian  tersebut ditemukan  bahwa  dari waktu ke  waktu pasar  modal internasional semakin terintegrasi.  Terintegrasinya suatu pasar modal domistik dengan pasar modal internasional sangat dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah dalam mengaturr investasi lokal dan asing di pasar modal tersebut. Berdasarkan hasil penelitian-penelitian pada pasar modal yang telah terintegrasi secara internasional tersebut dan adanya kebijakan pemerintah melepaskan batas kepemilikan asing di pasar modal Indonesia (BEJ),  maka penulis mengambil hipotesis bahwa pasar modal Indonesia telah terintegrasi dengan pasar modal internasional. 
Hubungan antara Kualitas dan Kepuasan Pelanggan dalam Pembentukan Intensi Pembelian Konsumen : Studi pada Empat Industri Jasa di Semarang Sulistyo, Heru
JURNAL BISNIS STRATEGI Vol 4, No 1 (1999): Juli
Publisher : Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1041.309 KB) | DOI: 10.14710/jbs.4.1.8-24

Abstract

This research discussed relationship between service quality and consumers satisfaction in term  of consumers purchase intention at four service industries in Semarang.  The appearance of conflicts among researchers concerning to the relationships between the service quality, consumers satisfaction in the one side and the purchase intentions in the other side previously, brought about the interest to find out the relationship among the three variables concerned, by giving alternatives toward consumers satisfaction as the moderator variable.  The objective of the research is to examine the nature of the relationship between service  quality and consumers satisfaction in term of the purchase intentions. Based on the model proposed by  Taylor and Baker ( I 994), the relations.hip between service quality and purchase intentions was moderated by the consumers satisfaction giving more explanation on the purchase intentions variance better than each variable.The method of data collecting was done through questionares, which consist of 320 respondents at four service industries and using convenience sampling.  Those four service industries were  familiar for service  user. The result of the research showed that coefficient regression of the interaction for the two service industries was positif and signifficant (p £ O. 05),  whereas for the the other two was not signifficant.  The value of R2 for two service industries was increasing after the interaction of service quality and consumers satisfaction being participated in the model of moderator regression equality and the result supported the research hypotesis.  The research also showed that consumers satisfaction (moderator vari­ able) was able to moderate the relationship between service quality and consumers purchase intention.
Reaksi Harga Saham di BEJ terhadap Pengumuman Pergantian Kepemimpinan Suharto Nurhayatie, Tatiek; Mutamimah, Mutamimah; Slyamtinah, Slyamtinah
JURNAL BISNIS STRATEGI Vol 4, No 1 (1999): Juli
Publisher : Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (848.137 KB) | DOI: 10.14710/jbs.4.1.25-39

Abstract

This research is meant to examine whether the investor earn abnormal return  with change Suharto leadership announcement or wether security prices reflect the information about change Suharto leadership announcement. In other worda, we can ask whether Jakarta Stock Excange is efficient in the category of semi strong form.  The samples in the research are 30 securities,  which chosen by using certain criteria.  The evaluation periode took place in  1998.For the research purpose, abnormal return test can be done. Abnormal return can be found by single index model.  The analysis result show that investor sill earn abnormal return with change  Suharto leadershlp announcement or security price  don't reflect the lnformaion abaout change Suharto leadership announcement.  This ls marked by average abnormal reurn which ls defferent from null (α =5%), change Suharto leadership announcement case. It means that Jakarta Sock Exchange isn't efficient in Semi strong form.
Analisis terhadap Tingkat Komprehensivitas Proses Pengambilan Keputusan Strategik pada Perusahaan Berbentuk Koperasi Uhyandi, Sepyan
JURNAL BISNIS STRATEGI Vol 4, No 1 (1999): Juli
Publisher : Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1903.602 KB) | DOI: 10.14710/jbs.4.1.40-72

Abstract

Tingkat komprehensivitas dalam proses pengambilan keputusan strategik meropakan salah satu dimensi yang penting dan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan, oleh karena itu penelitian untuk menganalisis hal tersebut telah banyak  dilakukan di luar negeri dengan mengambil sampel berbagai macam  jenis industri tanpa membeda-bedakan bentuk badan usahanya.   Penelitian lni dilakukan dengan  mengambil sampel khusus perusahaan berbentuk koperasi,  dengan  tujuan untuk mempelajari bagaimana tingkat komprehensivitas pengambilan keputusan strategik pada perusahaan berbentuk koperasi,  serta menganalisis  faktor-faktor serta   variabel-variabel apa yang mempengaruhinya. Strategi penelitian dilakukan  dengan studi kasus terhadap koperasi primer yang berada di wilayah Kabupaten Semarang,  sedangkan metode pengumpulan  data  menggunakan metode survey surat.   Sampel penelitian  adalah  83 unit koperasi/responden yang mengembalikan kuisioner.Hasil penelitian  menunjukkan  babwa  walaupun  tidak  ada hubungan  antara  tingkat komprehensivitas dengan jenis koperasi, tetapi ada perbedaan tingkat komprehensivitas antara KUD dengan  KPN,  yaitu KUD melakukan proses pengambilan keputusan strategik leblh komprehenslf dibanding KPN. Adapun faktor-fakJor yang berhubungan dengan tingkat komprehensivitas proses pengambilan keputusan strategik  adalah  faktor keragaman  pengurus/manajer koperasi:  faktor karakteristik koperasi, serta faktor kondisi lingkungan.  Sedangkan variabel-varlabel yang berpengaruh adalah tingkat keragaman kognitif pengurus/manajer koperasi, pertumbuhan SHU, jumlah karyawan, serta  turbulensi  lingkungan  usaha,  yang  kesemuanya berpengaruh positif terhadap  tingkat komprehensivitas pengambilan keputusan strategik. Hal yang menarik dari penelitian ini adalah adanya perbedaan  pengaruh  darl keragaman  kognitif pengurus  terhadap  tingkat komprehensivitas yaitu berpengaruh positif, sedangkan hasil penelitian di luar negeri pada berbagai industri mewujudkan arah sebaliknya.   Hal lain yang menjadi catatan penelitian adalah tidak ditemukannya hubungan antara jumlah anggota  koperasi dengan tingkat komprehensivitas proses pengambilan keputusan strategik,  yang  mungkin disebabkan  tidak  adanya hubungan  antara jumlah anggota dengan keragaman  anggota  atau mungkin disebabkan karena anggota koperasi hanya  menempati posisi sebagai objek penderita.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

1999 1999