cover
Contact Name
Radja Erland Hamzah
Contact Email
wacana@dsn.moestopo.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
wacana@dsn.moestopo.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
ISSN : 14127873     EISSN : 25987402     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Wacana, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi merupakan wujud karya ilmiah tentang kajian ilmu komunikasi yang melingkupi hasil penelitian dengan tema atau topik yang dibahasa dalam jurnal Wacana meliputi kajian ilmu komunikasi baik Komunikasi Politik atau pun Komunikasi Lintas Budaya; Strategic Communication meliputi Kehumasan, Periklanan, IMC, maupun Branding; Analisis Teks, Semiotika; dan juga Media Studies.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 15, No 2 (2016)" : 5 Documents clear
HUBUNGAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PIMPINAN DENGAN MOTIVASI KERJA KARYAWAN Effendie, Denny
WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 15, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.541 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara komunikasi antarpribadi pimpinan dengan motivasi kerja karyawan di Astra Mobil88 Kalimalang Jakarta Timur. Teori yang digunakan dalam penelitianini adalah Teori Komunikasi antarpribadi dan Teori motivasi kerja, Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatif kuantitatif dengan metode survei. Populasi dan sampel penelitian sebanyak 40 orang. Hipotesis pengujian dilakukan dengan korelasi Pearson Product Moment.Dari data-data yang diperoleh, selanjutnya analisis data yang dilakukan dengan hitungan secara statistik, menggunakan rumus Pearson Product Moment Correlations, korelasi ini termasuk kedalam kategori cukup baik padatingkat hubungan yang sedang, karena berada pada interval koefisien antara 0.40 – 0.599 yang menghasilkan adanya hubungan komunikasi antarpribadi pimpinan dengan motivasi kerja karyawan bagian appraiser di AstraMobil88 cabang Kalimalang Jakarta Timur.
POLA KOMUNIKASI ANTARBUDAYA ETNIS TIONGHOA DENGAN MASYARAKAT PRIBUMI Putri, Ega Lia Triana
WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 15, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (644.509 KB)

Abstract

Dalam penelitian ini penulis memfokuskan pada pola komunikasi yang terjadi antara etnis Tionghua dengan masyarakat pribumi yang terjadi sejak tinggal di Indonesia khususnya di daerah Kelurahan Mekarsari Tangerang atau biasa disebut dengan Cina Benteng, serta menghubungkannya dalam berbagai konteks kegiatan seperti perkawinan, keagamaan, penggunaan bahasa, prasangka serta nilai sosial dan budaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan kualitatif peneliti melakukan pengumpulandata melalui wawancara, dokumentasi beberapa data yang bersifat teoritis berupa buku-buku, data-data, dan dokumen. yang berupa data-data formal dengan mendatangi langsung lingkungan RW 04 kelurahan Neglasarikecamatan Mekarsari kota Tangerang sebagai studi penelitian.Obyek penelitiannya adalah keluarga kawin campur, hal ini dimaksudkan untuk melakukan mengungkap pengalaman komunikasi antarbudaya dalam konteks perkawinan campuran. Dari hasil observasi Menghadapi persoalan komunikasi antarbudaya, dalam konteks perkawinan campuran, stereotip dapat mempengaruhi penilaian keluarga besar terhadap seseorang yang akan dijadikan pendamping hidup. Begitu kuatnya, Persoalan kedua adalah latar belakang personal atau individu pelaku kawin campur. Mayoritas pasangan yang memutuskan melakukan kawin campur harus memiliki pola pikir terbuka terhadap budaya yang dibawa oleh pasangannya, termasuk kepercayaan, nilai dan norma.
GAYA KOMUNIKASI MANAJER KEPADA STAFF BAGIAN URUSAN PROMOSI PADA DIVISI MARKETING COMMUNICATION Priono, Renata Octaviani
WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 15, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.367 KB)

Abstract

Setiap pimpinan dalam sebuah organisasi atau perusahaan pastilah memiliki gaya komunikasi dalam menyampaikan sebuah pesan. Seperti halnya seorang manajer dalam sebuah organisasi ketika menyampaikan pesan atau sebuah informasi baik berupa pekerjaan, saran atau sebuah opini kepada karyawannya. Gaya komunikasi tersebutlah yang mempengaruhi tanggapan seperti apa yang akan diberikan oleh staff. Oleh karna itulah gaya komunikasi sangat penting dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Penelitian ini membahas tentang Bagaimana Gaya Komunikasi Manajer Kepada Staff Bagian Urusan Promosi Pada Divisi Marketing Communication Studi Deskriptif Kualitatif di PT. Pikiran Rakyat, Bandung). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatifdengan teknik pengumpulan data meliputi wawancara terarah dan observasi.Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Penelitian ini disertai denganpembahasan menggunakan teori gaya komunikasi dan budaya organisasi.Hasil penelitian ini berdasarkan wawancara terarah dan observasi yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa gaya komunikasi manajer divisi marketing communication kepada staff bagian urusan promosi menggunakangaya komunikasi mengendalikan dan gaya komunikasi yang dinamis. Gaya komunikasi tersebut didukung oleh budaya organisasi yang ada di divisi marketing communication yaitu predatory cultures dan frozen cultures.
STRATEGI PERIKLANAN DALAM PROMOSI PROGRAM BOLLYSTAR VAGANZA DI ANTV Restiyanti, Marissa
WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 15, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (513.425 KB)

Abstract

Bolly Star Vaganza merupakan program andalan stasiun ANTV yang mengkombinasikan budaya India danIndonesia yang dikemas dalam bentuk tarian – tarian khas India, lagu, dan mengadakan kontes nyanyi untukmasyarakat yang ingin terkenal. Dikarenakan Bolly Star Vaganza sebagai program andalan ANTV, makadibutuhkan strategi periklanan yang tepat untuk mendapatkan klien (pengiklan) agar bersedia memasang iklandi program Bolly Star Vaganza. Berdasarkan uraian tersebut, tujuan penelitian ini untuk mengetahui StrategiPromosi Program Bolly Star Vaganza Dalam Memasukan Iklan.Paradigma yang digunakan dalam penelitian post-positivisme. Pendekatan penelitian kualitatif. Metodepenelitiannya studi kasus. Subjek penelitian yang digunakan sebanyak dua orang. Teknik pengumpulan datanyamenggunakan wawancara mendalam dan kajian pustaka. Teknik analisis data secara kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, tujuan objektif mendapatkan pemasukan iklan sebanyak 50 iklanproduk. Kedua: target segmentasi : wanita, berusia 18 – 25 Tahun dan ibu rumah tangga berusia di atas 35 Tahun,status sosial ekonomi B – C+. Ketiga: strategi posisi, meyakinkan kepada klien (pengiklan) dengan memperlihatkanhasil riset Band-IT pada Bulan Maret sampai April pada dua acara andalan ANTV diperbincangkan di SosmedTwitter sebanyak 41% untuk Bolly Star Vaganza dan 13% untuk The New Eat Bulaga dari seluruh total obrolanacara-acara ANTV. Keempat: strategi apropriasi: setiap jenis iklan memiliki penawaran harga yang berbeda-beda.Kelima: Strategi Media: memfokuskan pada media televisi. Keenam: strategi pesan: menawarkan tayangan iklanprime time. Ketujuh: Key informan dan informan berkoordinasi dengan tim manajemen kreatif media ANTV dantim produksi di lapangan dalam mengatur tampilan iklan.
PENGARUH PROGRAM EMPLOYEE GET MEMBER TERHADAP MOTIVASI KERJA Fiveronica, Amelia
WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 15, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.612 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan guna mengetahui seberapa besar pengaruh Program Employee Get Member terhadap motivasi kerja karyawan Kanwil Jakarta II PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Adanya Program Employee Get Member sebagai salah satu upaya membangun budaya kerja (funding culture) karyawan, sekaligus meningkatkan motivasi kerja karyawan secara konsisten di Unit Kerja dibawah supervisi Kanwil Jakarta II PT Bank Rakyat indonesia (Persero), Tbk.Tujuan penelitian PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk selain mengutamakan pelayanan usaha kecil dan menengah untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat, tetapi juga memberikan keuntungan dan manfaat yang optimal khususnya kepada karyawan yang bertanggung jawab atas tugas dan kewajibanya untuk meningkatkan motivasi dalam bekerja.Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket atau kuesioner kepada karyawan Kanwil Jakarta II PT Bank Rakyat Indonesia(Persero) Tbk. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 148 Orang dan setelah menggunakan rumus Yamane diperoleh sample menjadi 60 orang karyawan. Data dianalisi dengan rumus korelasi Pearson. Sebelumnya data dianalisis menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukan r = 0,772. Bahwa Program Employee Get Member memiliki hubungan yang kuat dan positif terhadap motivasi kerja karyawan, yang berarti semakin kuat program Employee Get Member Kanwil Jakarta II PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk akan diikuti dengan meningkatnya motivasi kerja karyawan.Kesimpulannya dalam penelitian ini adalah penilaian khalayak terhadap kegiatan Employee Get Member Kanwil Jakarta II PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan motivasi kerja karyawan Kanwil Jakarta II PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk rata-rata berada pada kategori baik dan terdapat hubungan yang signifikan antara program Employee Get Member dengan motivasi kerja karyawan. Maka saran peneliti ialah hendaknya Kanwil Jakarta II PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk tetap mempertahankan program Employee Get Member karena terdapat pengaruh yang kuat antara program Employee Get Member dengan motivasi kerja karyawan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Volume 23, No. 1 June 2024 Volume 22, No. 2 December 2023 Volume 22, No. 1 June 2023 Volume 21, No. 2 December 2022 Volume 21, No. 1 June 2022 Vol 20, No 2 (2021): Accredited by Kemenristekdikti RI SK No. 28/E/KPT/2019 Vol 20, No 1 (2021): Accredited by Kemenristekdikti RI SK No. 28/E/KPT/2019 Volume 20, No. 2 December 2021 Volume 20, No. 1 June 2021 Vol 19, No 2 (2020): Accredited by Kemenristekdikti RI SK No. 28/E/KPT/2019 Vol 19, No 1 (2020): Accredited by Kemenristekdikti RI SK No. 28/E/KPT/2019 Volume 19, No. 2 December 2020 Volume 19, No. 1 June 2020 Vol 18, No 2 (2019): Accredited by Kemenristekdikti RI SK No. 28/E/KPT/2019 Vol 18, No 1 (2019): Accredited by Kemenristekdikti RI SK No. 28/E/KPT/2019 Volume 18, No. 2 December 2019 Vol 18, No 1 (2019) Volume 18, No. 1 June 2019 Vol 17, No 2 (2018): Accredited by Kemenristekdikti RI SK No. 28/E/KPT/2019 Vol 17, No 1 (2018): Accredited by Kemenristekdikti RI SK No. 28/E/KPT/2019 Volume 17, No. 2 December 2018 Vol 17, No 2 (2018) Volume 17, No. 1 June 2018 Vol 17, No 1 (2018) Vol 16, No 2 (2017) Vol 16, No 2 (2017) Vol 16, No 1 (2017) Vol 16, No 1 (2017) Vol 15, No 3 (2016) Vol 15, No 3 (2016) Vol 15, No 2 (2016) Vol 15, No 2 (2016) Vol 15, No 1 (2016) Vol 15, No 1 (2016) Vol 14, No 4 (2015) Vol 14, No 4 (2015) Vol 14, No 3 (2015) Vol 14, No 3 (2015) Vol 14, No 2 (2015) Vol 14, No 2 (2015) Vol 14, No 1 (2015) Vol 14, No 1 (2015) Vol 13, No 4 (2014) Vol 13, No 4 (2014) Vol 13, No 3 (2014) Vol 13, No 3 (2014) Vol 13, No 2 (2014) Vol 13, No 2 (2014) Vol 13, No 1 (2014) Vol 13, No 1 (2014) Vol 12, No 4 (2013) Vol 12, No 4 (2013) Vol 12, No 3 (2013) Vol 12, No 3 (2013) Vol 12, No 2 (2013) Vol 12, No 2 (2013) Vol 12, No 1 (2013) Vol 12, No 1 (2013) Vol 11, No 4 (2012) Vol 11, No 4 (2012) Vol 11, No 3 (2012) Vol 11, No 3 (2012) Vol 11, No 2 (2012) Vol 11, No 2 (2012) Vol 11, No 1 (2012) Vol 11, No 1 (2012) Vol 10, No 4 (2011) Vol 10, No 4 (2011) Vol 10, No 3 (2011) Vol 10, No 3 (2011) Vol 10, No 2 (2011) Vol 10, No 2 (2011) Vol 10, No 1 (2011) Vol 10, No 1 (2011) Vol 9, No 30 (2010) Vol 9, No 30 (2010) Vol 9, No 29 (2010) Vol 9, No 29 (2010) Vol 9, No 4 (2010) Vol 9, No 4 (2010) Vol 8, No 28 (2009) Vol 8, No 28 (2009) Vol 8, No 27 (2009) Vol 8, No 27 (2009) Vol 7, No 26 (2009) Vol 7, No 26 (2009) Vol 7, No 25 (2008) Vol 7, No 25 (2008) Vol 7, No 24 (2008) Vol 7, No 24 (2008) Vol 7, No 23 (2008) Vol 7, No 23 (2008) Vol 6, No 22 (2007) Vol 6, No 22 (2007) Vol 5, No 21 (2007) Vol 5, No 21 (2007) Vol 5, No 20 (2007) Vol 5, No 20 (2007) Vol 5, No 19 (2006) Vol 5, No 19 (2006) Vol 5, No 18 (2006) Vol 5, No 18 (2006) Vol 5, No 17 (2006) Vol 5, No 17 (2006) Vol 4, No 16 (2006) Vol 4, No 16 (2006) Vol 4, No 13 (2006) Vol 4, No 13 (2006) Vol 4, No 13 (2005) Vol 4, No 13 (2005) Vol 3, No 12 (2005) Vol 3, No 12 (2005) Vol 3, No 11 (2005) Vol 3, No 11 (2005) Vol 4, No 3 (2005) Vol 4, No 3 (2005) Vol 4, No 2 (2005) Vol 4, No 2 (2005) Vol 3, No 19 (2004) Vol 3, No 19 (2004) Vol 3, No 10 (2004) Vol 3, No 10 (2004) Vol 3, No 9 (2004) Vol 3, No 9 (2004) Vol 2, No 8 (2004) Vol 2, No 8 (2004) Vol 2, No 7 (2004) Vol 2, No 7 (2004) Vol 2, No 6 (2003) Vol 2, No 6 (2003) Vol 2, No 5 (2003) Vol 2, No 5 (2003) Vol 1, No 4 (2003) Vol 1, No 4 (2003) Vol 1, No 3 (2003) Vol 1, No 3 (2003) Vol 1, No 2 (2002) Vol 1, No 2 (2002) More Issue