cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN : 25277677     EISSN : 26148331     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, ISSN: 2527-7677, EISSN: 2614-8331 merupakan jurnal ilmiah yang terbit 2 kali dalam 1 tahun, berisi artikel dan hasil penelitian para peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang pendidikan. Jurnal ini terbit pertama kali pada bulan Juli tahun 2016 yang diterbitkan oleh Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ibn Khaldun Bogor.
Arjuna Subject : -
Articles 139 Documents
Peluang Dan Tantangan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm) Di Fakultas Teknik Dan Sains UIKA BOGOR Sahid Agustian Hudjimartsu; Muhammad Nanang Prayudyanto; Setya Permana; Arien Heryansyah
EDUCATE Vol 7, No 1 (2022)
Publisher : Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/educate.v7i1.6245

Abstract

Dinamika dan perubahan yang terjadi saat ini begitu dinamis, terlebih di era revolusi industri 4.0 atau disebut sebagai revolusi digital yang diindikasikan oleh perubahan  yang sangat besar di semua bidang berbasis teknologi. Perubahan juga terjadi di bidang Pendidikan yang mana dituntut dapat berjalan beriringan sesuai dengan perubahan yang ada agar dapat menghasilkan sumber daya daya manusia pendidikan tinggi yang memiliki kualitas tinggi yang juga inovatif, kreatif, dan efisien. Oleh karena itu, untuk menghadapi kondisi tersebut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuat kebijakan terkait Pendidikan diantaranya kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kebijakan MBKM memberikan kebebasan dan otonomi kepada Lembaga Pendidikan, dan merdeka dari birokratisasi, dosen dibebaskan dari birokrasi yang berbelit serta mahasiswa diberikan kebebasan dalam memilih bidang yang mereka minati. Terjadi pergeseran bentuk pembelajaran sehingga menjadi peluang dan tantangan bagi perguruan tinggi dalam memfasilitasi model pembelajaran yang mampu menghadapi tantangan jaman dan menuju kampus yang bermutu dan bereputasi.
HUBUNGAN KETELADANAN GURU DENGAN ADAB SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR (SDN, SDIT, MI, HOMESCHOOLING GROUP) DI BOGOR Lukman Nol Hakim
EDUCATE Vol 4, No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.552 KB)

Abstract

Evaluasi Media Video Pembelajaran Untuk Sekolah Dasar Pokok Bahasan Pengurangan Dan Penjumlahan Afif Ahmad Wiranata
EDUCATE Vol 7, No 1 (2022)
Publisher : Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/educate.v7i1.5110

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendapatkan data dan informasi untuk mengetahui sejauh mana kualitas media video pembelajaran interaktif yang dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Muallimien Muhammadiyah di Jl. Raya Leuwilliang No. 106, Leuwilliang Bogor, Jawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif, yang bertujuan untuk menilai sejauh mana kesesuaian video pembelajaran interaktif mata pelajaran Matematika yang diporduksi Pustekkom dengan karakteristik video pembelajaran interaktif yang efektif yang diadaptasi dari Hannafin dan Peck, yang dibagi ke dalam 11 aspek. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei dengan cara menyebarkan angket (kuesioner) yang diberikan kepada siswa dan guru mata pelajaran Matematika. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran matematika ini, sangat menarik dan mudah dipahami oleh siswa, hal ini dibuktikan dengan respon positif dari siswa dan guru yang menggunakan media ini, serta adanya kenaikan nilai antara pre-test dan post-tes yang cukup signifikan.
My HD Media Pembelajaran pada Masa Pandemic Covid-19 Berbasis Mobile Learning Yosi Nur Kholisho; Imma Jannati Khairunnisa; Ahmad Fathoni; Muhammad Zamroni Uska; Jamaludin Jamaludin
EDUCATE Vol 7, No 1 (2022)
Publisher : Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/educate.v7i1.6303

Abstract

The application of online and offline learning certainly requires more innovation to absorb more optimally, one of which is the application of technology as a learning medium. The role of technology today in learning has a considerable influence. Based on the results of interviews with students, it was revealed that students felt bored with the learning process and with reduced offline learning time while students did not have handbooks for studying at home, so that the implementation of learning was less than optimal. Based on these problems, the design of learning media was carried out on My Hope and Dream's English subject for class XI students based on mobile learning. This research aims to develop My HD learning media, find out its feasibility, and look for user responses to My HD products. The method used in this research is Research and Development (R&D). This method is used to produce products and test the feasibility and user response to the resulting product. The data collection instrument used a questionnaire. Based on the results of the expert evaluation of the application material, it is in the Very Appropriate category for use with an average percentage of 85%. Based on media experts, it is in the Very Appropriate category for use with an average percentage of 89%. User responses were obtained from the data collection results using a questionnaire with an average percentage value of 83% in the Very High category
Dampak Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Bagi Peningkatan Soft Skills Dan Hard Skills Mahasiswa Fkip Universitas Ibn Khaldun Bogor Movi Riana Rahmawanti; Mohammad Muhyidin Nurzaelani
EDUCATE Vol 7, No 1 (2022)
Publisher : Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/educate.v7i1.6218

Abstract

Program MBKM memiliki tujuan salah satunya yaitu meningkatkan kompetensi soft skill  dan hard skill lulusan.  Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan softs kill dan hard skill mahasiswa sebagai dampak program MBKM. Metode penelitian menggunakan survey deskriptif dengan sampel 140 mahasiswa yang mengikuti program MBKM. Instrumen dibuat untuk mengukur peningkatan soft skill dan hard skill mahasiswa yang mengikuti program MBKM dengan 5 indikator untuk soft skill yaitu: (1) kemampuan komunikasi, (2) kemampuan menyelesaikan masalah, (3) kreativitas, (4) kemampuan menyelesaikan konflik, dan (5) kesadaran budaya lain. Sementara itu indikator hard skills yang dibahas dalam studi ini meliputi: (1) empati, (2) kemampuan bersosialisasi, (3) kemampuan menggunakan teknologi, (4) pemikiran kreatif dan inovatif, dan (5) kemampuan menulis dan mengadakan riset.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan soft skills mahasiswa dengan indikator tertinggi yaitu kreativitas sebesar 97.3%, dan terdapat peningkatan hard skills mahasiswa dengan indikator tertinggi yaitu pemikiran kreatif dan inovatif sebesar 96%.
ANALISIS EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 Herlina Herlina; Husnul Husnul
EDUCATE Vol 7, No 1 (2022)
Publisher : Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/educate.v7i1.6007

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas belajar siswa melalui metode pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di kelas V SD Inpres Bumi Sagu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskripsi dengan metode studi analisis. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres Bumi Sagu dengan jumlah total 24 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini adalah studi analisis dimana peneliti ingin melihat bagaimana guru dan siswa memanfaatkan pembelajaran daring selama masa pandemi di kelas V SD Inpres Bumi Sagu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring dilakukan setiap hari dengan presentase 83.33% menjawab sering, dan 16.67% menyatakan jarang. Terkait dengan penyampaian tujuan pembelajaran oleh guru, 75% siswa menjawab selalu, dan 25% menjawab jarang, sementara untuk penggunaan internet dalam pembelajaran 70.83% siswa menjawab sering, dan 29.17% menjawab jarang. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring bahwa pembelajaran daring di kelas V SDN Bumi Sagu sangat efektif karena persentase jawaban sering dari komponen pertanyaan mendapatkan respons di atas 50%.
ANALISIS GAYA BERPIKIR MAHASISWA S1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN 2016/2017 FKIP UNIVERSITAS IBN KHALDUN BOGOR Septy Achyanadia; Moh. Muhyidin Nurzaelani
EDUCATE Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.124 KB) | DOI: 10.32832/educate.v2i1.1036

Abstract

Tujuan penelitian yang akan dilakukan yaitu untuk menganalisis gaya berpikir mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan tahun 2016/2017 FKIP Universitas Ibn Khaldun Bogor. Hasil penelitian ini dapat memberikan gambaran kepada para dosen mengenai gaya berpikir yang dimiliki mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan tahun 2016/2017 FKIP Universitas Ibn Khaldun Bogor, sebagai dasar dalam menentukan model, strategi, metode dan media pembelajaran.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yaitu bertujuan menjelaskan fenomena yang ada dengan menggunakan angka-angka untuk mencandarkan karakteristik individu atau kelompok. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan tahun 2016/2017 FKIP Universitas Ibn Khaldun Bogor. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu memberikan tes kreativitas verbal.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan FKIP UIKA Bogor memiliki gaya berpikir konvergen, namun tidak sedikit pula mahasiswa yang memiliki gaya berpikir divergen. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan bagi para dosen dalam mendesain pembelajaran sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar mahasiswa.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI TENTANG BUDAYA NASIONAL DAN INTERAKSI GLOBAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING DI KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 7 KOTA BOGOR Hulasoh Hulasoh
EDUCATE Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.412 KB) | DOI: 10.32832/educate.v3i1.993

Abstract

Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di kelas bahwa rendahnya pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran geografi tentang Budaya Nasional dan Interaksi Global. Oleh karena itu seorang pendidik perlu mempertimbangkan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar peserta didik pada pelajaran Geografi tentang Budaya Nasional dan Interaksi global melalui model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 7 Kota Bogor semester genap tahun pelajaran 2016-2017, (2) mengetahui proses peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Geografi tentang Budaya Nasional dan Interaksi global melalui model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 7 Kota Bogor semester genap tahun pelajaran 2016-2017, (3) mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Geografi tentang Budaya Nasional dan Interaksi global melalui model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping di kelasXI IPS 2 SMA Negeri 7 Kota Bogor semester genap tahun pelajaran 2016-2017.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 7 Kota Bogor semester genap tahun pelajaran 2016-2017.Sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 63,96 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping menjadi 76,53 pada siklus 1 dan 81,13 pada siklus 2. Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping yang disesuaikan dengan materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu peneliti menyarankan agar penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping disosialisasikan dan digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Geografi di sekolah-sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TENTANG TEKS ULASAN FILM/DRAMA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSSISTED INDIVIDUALIZATION) Dias Riyanti
EDUCATE Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (634.447 KB) | DOI: 10.32832/educate.v3i1.998

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 5 SMA Negeri 3 Bogor dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Asssisted Individualization) pada Materi Teks Ulasan Film/Drama di Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 3 Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2016-2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan yang selalu diakhiri dengan tes akhir siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas kelas XI IPA 5 tahun pelajaran 2016-2017 dengan jumlah peserta didik sebanyak 36 orang. Objek penelitiannya adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Asssisted Individualization). Instrumen yang digunakan adalah test hasil belajar berupa soal pilihan berganda. Cara pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes hasil belajar peserta didik mulai dari prasiklus sampai pada setiap akhir siklus untuk mengetahui peningkatan rata-rata tiap siklus. Sedangkan indikator keberhasilan penelitian ini adalah ketuntasan perorangan dan ketuntasan belajar klasikal atau bersama-sama di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi hasil belajar. Perolehan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada prasiklus dengan rata-rata 72.69. Sedangkan pada siklus I dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Asssisted Individualization) mengalami peningkatan 6.66% menjadi 80.83 Sedangkan nilai rata-rata di siklus II meningkat 5.39 % dengan rata-rata nilai siklus I ke siklus II menjadi 86,62.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG MATERI MENYAJIKAN DATA DALAM BENTUK TABEL DAN DIAGRAM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) Sumaryono .
EDUCATE Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.659 KB) | DOI: 10.32832/educate.v2i2.693

Abstract

Penelitian yag berjudul Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Materi Menyajikan Data Dalam Bentuk Tabel Dan Diagram Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika dengan kompetensi dasar statistika di kelas XII Administrasi Perkantoran 1 SMK Permata 2 Kota Bogor. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu action research dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah 32 peserta didik kelas XII. Setiap tahap penelitian tindakan kelas ini dilakukan secara partisipatif kolaboratif antara guru dan observer. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada siklus pertama dan siklus kedua,semua indikator belajar mengalami peningkatan keberhasilan sesuai dengan yang diharapkan.

Page 1 of 14 | Total Record : 139