Articles
12 Documents
Search results for
, issue
"Vol 3 No 1 (2014)"
:
12 Documents
clear
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN SPIRITUAL TOUR GUIDE DI KAWASAN PURA PULAKI
Putu Eka Dambayana Suputra
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 3 No 1 (2014)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (154.801 KB)
|
DOI: 10.23887/jwl.v3i1.9146
Keberadaan masyarakat lokal di sekitar kawasan wisata merupakan potensi yang penting diberdayakan guna perbaikan taraf hidup masyarakat di sekitar kawasan dan meningkatkan kesadaran masyarakat setempat akan pentingnya menjaga kawasan wisata di daerah mereka. Pergeseran tujuan wisata dari wisata hiburan ke wisata spiritual membuka peluang besar bagi masyarakat lokal di Bali pada khususnya untuk menekuni usaha jasa pramuwisata spiritual atau Spiritual Tour Guide. Oleh karena hal tersebut, program Pemberdayaan Masyarakat melalui Pelatihan Spiritual Tour Guide di kawasan Pura Pulaki dijalankan. Mitra adalah pemuda desa Banyupoh di Kecamatan Gerokgak, kabupaten Buleleng, Bali. Metode yang digunakan adalah melalui simulasi (training and simulation = TS). Secara umum program berlangsung dengan baik, namun pengetahuan dan keterampilan mitra masih tergolong cukup.
PELATIHAN PENYUSUNAN FINANCIAL REPORT BERDASARKAN STANDAR AKUNTANSI ETAP PADA KOPERASI DI KABUPATEN BULELENG
Ni Luh Gede Erni Sulindawati
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 3 No 1 (2014)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (94.402 KB)
|
DOI: 10.23887/jwl.v3i1.9147
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para pengurus atau pegawai koperasi dalam menyusun laporan keuangan berdasarkan SAK ETAP di Kabupaten Buleleng. Laporan keuangan meliputi Neraca, laporan sisa hasil usaha dan laporan arus kas. Untuk mencapai tujuan digunakan metode dalam bentuk pelatihan penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK ETAP bagi pengurus atau pegawai koperasi Adapun tahapan kegiatan yang dilaksanakan terdiri dari tahapan persiapan, tahap implementasi dan tahap monitoring. Dari hasil evaluasi terhadap 23 orang peserta yang mengikuti pelatihan, 83% sudah mampu menyusun laporan keuangan (financial report) berdasarkan SAK ETAP, dengan melihat kemampuan menghitung akun-akun laporan keuangan, kemampuan membuat format laporan keuangan, kemampuan mengkalsifikasikan akun-akun dalam laporan keuangan, kemampuan melakukan langkah-langkah dalam menyusun laporan keuangan, dan kemampuan menganalisis aktivitas-aktivitas yang ada dalam laporan arus kas.
PELATIHAN PERWASITAN BOLA BASKET
I Ketut Iwan Swadesi
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 3 No 1 (2014)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (99.586 KB)
|
DOI: 10.23887/jwl.v3i1.9148
Kegiatan Pelatihan Perwasitan Bolabasket Se-Kabupaten Buleleng dilakukan dalam upaya menyatukan persepsi dan interpretasi dari peraturan perwasitan yang terbaru yaitu tahun 2012. Pelaksanaan P2M ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dengan menggunakan metode; 1) penyajian konsep, 2) diskusi dan 3) praktek lapangan. Hasil kegiatan pelatihan perwasitan bolabasket ini adalah terciptanya kesamaan pemahaman tentang peraturan perwasitan bolabasket tahun 2012, selain peningkatan kwalitas pertandingan bolabasket. Hal penting lainnya adalah karena IPTEK Keolahragaan bolabasket berkembang secara periodik, penyampaian tentang peraturan tersebut semestinya disampaikan kepada para wasit olahraga bolabasket secara periodik pula.
PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENULISAN ARTIKEL HASIL PENELITIAN BAGI GURU-GURU DI KABUPATEN KLUNGKUNG DAN KARANGASEM
I Made Kirna
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 3 No 1 (2014)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (187.369 KB)
|
DOI: 10.23887/jwl.v3i1.9149
Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kemampuan guru-guru SMP dan SMA di Kabupaten Klungkung dan Karangasem menulis artikel hasil penelitiannya sesuai dengan gaya selingkung jurnal nasional terakreditasi, dan (2) membantu guru-guru di Kabupaten Klungkung dan Karangasem mempublikasikan artikel hasil penelitiannya jurnal ilmiah, khususnya Jurnal Pendidikan dan Pengajaran (JPP) Undiksha. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan kegiatan pelatihan dan pendampingan yang dilakukan secara tatap muka dan online. Kegiatan pelatihan dan pendampingan ini dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus 2013. Peserta yang terlibat dalam kegiatan ini adalah guru-guru SMAN di Kabupaten Klungkung dan Karangasem sebanyak 20 orang. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa (1) peserta memiliki wawasan tentang jurnal dan cara penulisan artikel hasil penelitian sesuai dengan standar kualitas artikel; (2) empat peserta memiliki naskah yang siap diproses lebih lanjut di JPP Undiksha
PELATIHAN TEKNIK PENGGUNAAN BAHAN KIMIA UNTUK PENINGKATKAN KESELAMATAN KERJA DI LABORATORIUM KIMIA
I Ketut Lasia;
I Made Gunamantha;
I Ketut Budiada
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 3 No 1 (2014)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (150.601 KB)
|
DOI: 10.23887/jwl.v3i1.9150
Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan penggunaan bahan kimia, menambah pengetahuan sifat dan karakter bahan kimia yang memiliki potensi dapat menimbulkan bahaya baik terhadap kesehatan maupun bahaya kecelakaan, dan dapat meningkatkan budaya keselamatan dan keamanan. Sasaran kegiatan ini adalah mahasiswa semester awal Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Undiksha. Untuk mencapai tujuan tersebut maka digunakan metode pendampingan dengan praktek dan diskusi. Data hasil kegiatan dideskripsikan secara aktual dan sistematis dalam kontek analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh terjadi peningkatan keterampilan penggunaan bahan kimia, penambahan pengetahuan tentang sifat dan karakter bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan, dan mulai tercipta budaya keselamatan dan keamanan dalam praktikum kimia
PELATIHAN PENYUSUNAN RPP BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA GURU-GURU DI SEKOLAH DASAR NOMOR 1 KAPAL
I Gede Nurjaya
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 3 No 1 (2014)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (123.463 KB)
|
DOI: 10.23887/jwl.v3i1.9151
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru- guru di SD Nomor 1 Kapal Badung dalam menyusun RPP bermuatan karakter yang terarah dan sistematis, melalui pelatihan. Pelaksanaan pelatihan dibagi menjadi 3 sesi yaitu sesi pertama pemaparan tentang hakikat RPP dan pendidikan karakter, dilanjutkan tanya jawab, dan kedua pendampingan latihan menyusun RPP, dan sesi ketiga berupa implementasi RPP pada pembelajaran di kelas. Hasil yang ditemukan adalah (1) peserta pelatihan sangat antusias mengikuti pelatihan, (2) rata-rata skor penyusunan RPP oleh guru SDN 1 Kapal adalah 32,5 ( N = 40) setara dengan nilai 81 pada skala 100, (3) sebagian besar peserta pelatihan (80%) berhasil menyusun sebuah RPP bermuatan pendidikan karakter.
PELATIHAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN BERBASIS KARAKTER BAGI GURU PENJASORKES DI KECAMATAN BANJAR KABUPATEN BULELENG
Made Agus Dharmadi
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 3 No 1 (2014)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (137.931 KB)
|
DOI: 10.23887/jwl.v3i1.9152
Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan 1) pengetahuan dan pemahaman para guru penjasorkes terhadap model pembelajaran penjasorkes yang berbasis karakter, 2) perasaan dan tindakan yang berkarakter bagi siswa di sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas melalui penerapan pembelajaran penjasorkes berbasis karakter oleh guru. Adapun sasaran dalam penelitian ini adalah para guru penjasorkes yang ada di Kecamatan Buleleng yang berjumlah 60 orang, yang dilaksanakan di SD 6 Banjar. Metode yang digunakan adalah metode pelatihan. Dari hasil pelasanaan P2M ini dapat disimpulkan 1) adanya peningkatan pengetahuan dan pemahaman para guru penjasorkes terhadap model pembelajaran penjasorkes yang berbasis karakter, 2) perasaan dan tindakan yang berkarakter dapat terwujud melalui penerapannya secara berkelanjutan.
PELATIHAN PENYUSUNAN GUIDE BOOK POKDARWIS TUNJUNG MEKARDI DESA SAMBANGAN
Dini Andiani
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 3 No 1 (2014)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (133.538 KB)
|
DOI: 10.23887/jwl.v3i1.9153
Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) yang dilaksanakan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pembuatan guide book yang akan mampu memudahkan para anggota POKDARWIS untuk menjadi pemandu wisata yang bisa memberikan informasi yang tepat mengenai kondisi jalur trekking dalam bahasa inggris. Melalui kegiatan ini, anggota POKDARWIS memiliki acuan untuk menjadi guide lokal yang profesional. Metode yang digunakan dalam Program Pengabdian pada Masyarakat ini adalah metode kerja kolaborasi antara dosen, dan masyarakat sasaran (dalam hal ini adalah anggota POKDARWIS Tunjung Mekar). Di samping itu, dalam melaksanakan Program Pengabdian pada Masyarakat ini, pada awalnya dilakukan analisis situasi melalui beberapa kali observasi dan wawancara dengan pihak mitra, beberapa metode yang digunakan dalam melaksanakan proram ini seperti metode penyuluhan dan pelatihan, metode wawancara.
PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH MELALUI IMPLEMENTASI REFLECTIVE MODEL PADA PENGAWAS DAN KEPALA SEKOLAH SD DI KECAMATAN BULELENG
Putu Kerti Nitiasih
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 3 No 1 (2014)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (132.687 KB)
|
DOI: 10.23887/jwl.v3i1.9154
Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada Pengawas dan Kepala Sekolah di kecamatan Buleleng tentang Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model pelatihan Reflektif. Hasil pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan Pengawas dan Kepala Sekolah dalam : (1) menentukan permasalahan- permasalahan sekolah, (2) menemukan cara memperbaiki (treatment) terhadap masalah-masalah yang dihadapi sekolah, (3)menyusun usulan Penelitian Tindakan Sekolah dan melaksanakannya sebagai kegiatan pengembangan profesinya sebagai pengawas dan kepala sekolah. Hasil pengabdian ini dapat Meningkatkan kemampuan Pengawas dan Kepala Sekolah dalam memberikan informasi yang benar dan memotivasi guru untuk mampu melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas sebagai kegiatan pengembangan profesi guru.
PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENYUSUNAN RPP BERMUATAN KEBUDAYAAN LOKAL DAN PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA UNTUK GURU-GURU SEKOLAH DASAR DI GUGUS II KECAMATAN TEJAKULA
Putu Nanci Riastini
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 3 No 1 (2014)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (68.355 KB)
|
DOI: 10.23887/jwl.v3i1.9155
Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru-guru sekolah dasar di Gugus II Kecamatan Tejakula dalam penyusunan perangkat pembelajaran bermuatan kebudayaan lokal untuk pendidikan karakter bangsa melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan dan untuk meningkatkan keterampilan guru-guru sekolah dasar di Gugus II Kecamatan Tejakula dalam mengimplementasikan perangkat pembelajaran bermuatan kebudayaan lokal untuk pendidikan karakter bangsa melalui kegiatan pendampingan. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan adalah pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran berbasis kebudayaan lokal untuk pendidikan karakter bangsa bagi guru-guru Gugus II Kecamatan Tejakula, dan pendampingan yang dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan. Metode-metode yang digunakan adalah metode pelatihan dan metode pembinaan serta pendampingan. Hasil kegiatan ini adalah: 1) terjadinya peningkatan kemampuan guru-guru sekolah dasar di Gugus II Kecamatan Tejakula dalam penyusunan perangkat pembelajaran bermuatan kebudayaan lokal untuk pendidikan karakter bangsa setelah diberikan pelatihan dan pendampingan. Persentase keberhasilan kegiatan adalah 90%, dan 2) terjadinya peningkatan keterampilan guru- guru sekolah dasar di Gugus II Kecamatan Tejakula dalam mengimplementasikan perangkat pembelajaran bermuatan kebudayaan lokal untuk pendidikan karakter bangsa setelah diberikan pendampingan. Persentase keberhasilan kegiatan adalah 90%.