cover
Contact Name
Hafiz Muchti Kurniawan
Contact Email
hafezkurniawan84@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
hafezkurniawan84@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
JUMANJI (JURNAL MANAJEMEN JAMBI)
ISSN : -     EISSN : 26228289     DOI : -
Core Subject : Social,
JUMANJI Merupakan Jurnal Ilmiah yang memiliki fokus bidang Ekonomi Manajemen sebagai wadah bagi peneliti untuk menuangkan hasil penelitiannya secara konseptual. terbit dua kali dalam setahun yakni bulan Mei dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2022): JUMANJI (JURNAL MANAJEMEN JAMBI)" : 5 Documents clear
Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Rotan di Kabupaten Pangkep Rattan Craft Business Development Strategy Pangkep Regency Mutmainna; Wiwiek Hidayati
JUMANJI (JURNAL MANAJEMEN JAMBI) Vol. 5 No. 1 (2022): JUMANJI (JURNAL MANAJEMEN JAMBI)
Publisher : LPPM Universitas Adiwangsa Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35141/jmj.v5i1.219

Abstract

Perkembangan UMKM di Indonesia sangat pesat. Dalam perekonomian Indonesia, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah kelompok usaha yang memiliki jumlah yang paling besar. Salah satu produk UMKM khususnya di bidang pertanian adalah rotan. Salah satu wilayah penghasilrotan di Indonesia adalah Provinsi Sulawesi Selatan. Kerajinan rotan yang dihasilkan oleh masyarakat atau pengrajin di wilayah Kecamatan Ma’rang masih bersifat tradisional Hal ini akan berdampak kepada produktivitas kerajinan rotan yang dihasilkan dan tingkat penjualan juga terbatas,sehingga diperlukan strategi pemasaran yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pemasaran usaha kerajinan rotan di Kabupaten Pangkep, (2) strategi pengembangan usaha kerajinan rotan di Kabupaten Pangkep. Metode penelitian yang digunakan adalah metode purposive sampling yaitu untuk lokasi dan usaha kerajinan rotan dilakukan melalui penunjukan langsung, dengan pertimbangan bahwa lokasi Kecamatan Ma’rang merupakan daerah penghasil kerajinan rotan dan sampel usaha merupakan sentra pengrajin dan penjual di Kabupaten Pangkep. Analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT melalui matriks faktor internal (IFAS) dan eksternal (EFAS) yang nilai perolehannya melalui pembobotan dan ranking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal (IFAS) yang harus ditingkatkan antara lain: (1) meningkatkan kualitas dan kemasan produk; (2) meningkatkan kerja sama antara penyedia bahan baku, pengrajin dan pedagang kerajinan rotan (3) meningkatkan skill pengrajin rotan yang berkaitan dengan diversifikasi produk dan desain baru; (4) pelaku pemasaran senantiasa melakukan promosi baik media cetak maupun media sosial lainnya. Sedangkan untuk faktor ekaternal (EFAS) yang harus ditingkatkan adalah penggunaan fasilitas atau teknologi dan peralatan yang lebih modern untuk efesiensi produk dan waktu. Strategi yang digunakan sebaiknya adalah segmentasi pasar dan target pasar.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham pada Industri Retail Trade and Whole Sale Mulia Inda Purwati
JUMANJI (JURNAL MANAJEMEN JAMBI) Vol. 5 No. 1 (2022): JUMANJI (JURNAL MANAJEMEN JAMBI)
Publisher : LPPM Universitas Adiwangsa Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35141/jmj.v5i1.261

Abstract

This study is performed to examine the effect of Current Ratio (CR), Debt To Equity Ratio (DER), Total Asset Turnover (TATO), Return On Equity (ROE) and Earning per Share (EPS) toward stock price on Retail trade and whole sale that is listed on the Indonesian Stock Exchange from 2009 to 2012. Sampling technique used here is purposive sampling to obtain samples in accordance with predeterminan criteria. Method of data analysis used is the multiple linear regression analysis, hypothesis test using f-statistic to examine the mean of mutual, t-statistic to examine partial and test the coefficient of determination. Data processing was carried out using SPSS 16.0. In addition, classical assumption is also performed including normality test, multicolinearity test, autocorrelation test and heteroscedasticity test.
Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Rumah Sakit Umum Daerah H. Abdul Manap Kota Jambi Rahmi Handayani; Septini Kumala Putri
JUMANJI (JURNAL MANAJEMEN JAMBI) Vol. 5 No. 1 (2022): JUMANJI (JURNAL MANAJEMEN JAMBI)
Publisher : LPPM Universitas Adiwangsa Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35141/jmj.v5i1.271

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada RSUD H.Abdul Manap Kota Jambi. Yang menjadi sampel pada penelitian ini yakni beberapa karyawan yang ada di RSUD H.Abdul Manap Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode kuntitatif diskriptif dengan melakukan uji analisis regresei linier berganda. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisionereknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linier berganda. Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja secara simultan berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Gaya Kepemimpinan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, Lingkungan Kerja secara parsial pula berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.
Manajemen Persediaan Bahan Baku Udang Beku Black Pink (Metapenaeus Monoceros) di PT. Dachan Mustika Aurora Tarakan, Kalimantan Utara Wahyuni Zam; Ratna Sari; Abdullah
JUMANJI (JURNAL MANAJEMEN JAMBI) Vol. 5 No. 1 (2022): JUMANJI (JURNAL MANAJEMEN JAMBI)
Publisher : LPPM Universitas Adiwangsa Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35141/jmj.v5i1.323

Abstract

Produk udang beku merupakan produk olahan perikanan yang bernilai ekonomis dan kaya nutrisi, sehingga permintaan produk udang semakin meningkat berupa udang segar di dalam dan luar negeri cukup besar. Teknik pengendalian mutu merupakan usaha yang dapat diterapkan untuk mempertahankan dan memperbaiki mutu produk yang dihasilkan agar sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan, akan tetapi hal tersebut dipengaruhi dari perencanaan pengadaan bahan bakunya, mutu dari bahan baku dapat dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya sumber dari bahan baku itu sendiri, sumber dari bahan baku dapat mengakibatkan penurunan mutu dari bahan baku. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui tentang sumber dan kualitas bahan baku yang diterima oleh perusahaan. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penulisan tugas akhir ini menunjukkan bahwa Sumber bahan baku di PT. Dachan Mustika Aurora Tarakan berasal dari beberapa daerah juata laut kalimantan utara, seperti pulau tibi, pulau tias, tanjung haus, tanjung tiram, dan tanah merah. Kualitas bahan baku yang ada di PT. Dachan Mustika Aurora terdiri dari First Quality (1st) dan Second Quality (2nd).
STRATEGI PEMASARAN PADA HASIL BUDIDAYA KARANG HIAS Corals DI PT AGUNG AQUATIC MARINE, BADUNG BALI Wahyuni
JUMANJI (JURNAL MANAJEMEN JAMBI) Vol. 5 No. 1 (2022): JUMANJI (JURNAL MANAJEMEN JAMBI)
Publisher : LPPM Universitas Adiwangsa Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35141/jmj.v5i1.840

Abstract

Indonesia is an archipelagic country consisting of 13,466 islands with a land area of ​​1,922,570 km² and a water area of ​​3,257,483 km². Ornamental coral or coral is part of a coral reef ecosystem which is the richest source of marine biodiversity. Ornamental corals can be a source of foreign exchange which can be obtained from diving tourism managers and other marine tourism activities. The purpose of this paper is to analyze the marketing strategy for the cultivation of ornamental corals at PT Agung Aquatic Marine. This writing was prepared based on the results of activities carried out at PT Agung Aquatic Marine, Badung, Bali. The data analysis used is descriptive data analysis. Sources of data used are primary data and secondary data. The type of data used is qualitative data. The data collection methods used are observation, interviews, questionnaires, literature studies, and documentation. The writing results show that the most appropriate marketing strategy to be implemented at PT Agung Aquatic Marine is the SO Strategy (Strength and Opportunities) to improve the quality, stock availability and variety of ornamental coral species. Expanding the market and simplifying distribution channels. Focusing on facility development for sustainable stock availability. Increase promotions by utilizing technological advances.

Page 1 of 1 | Total Record : 5