cover
Contact Name
Muhammad Agreindra Helmiawan
Contact Email
agreindra@stmik-sumedang.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
lppm@stmik-sumedang.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. sumedang,
Jawa barat
INDONESIA
Infoman's
ISSN : 19783310     EISSN : 26153467     DOI : -
Core Subject : Science,
Infoman's Journal is a scientific journal published by the STMIK Sumedang. This journal contains scientific papers from Academics, Researchers, and Practitioners about research on informatics.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 1 (2015): Infoman's" : 6 Documents clear
Penerapan Kecerdasan Buatan Dalam Game Untuk Merespon Emosi Menggunakan Teks dan Logika Fuzzy Asep Saeppani
Infoman's : Jurnal Ilmu-ilmu Manajemen dan Informatika Vol. 9 No. 1 (2015): Infoman's
Publisher : STMIK Sumedang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.661 KB) | DOI: 10.33481/infomans.v9i1.61

Abstract

Emosi mempunyai peran yang penting dalam komunikasi antar manusia di kehidupan sehari-hari. Jenis emosi seperti senang, sedih, marah, takut dan sebagainya telah dikenal sejak lama dan menjadi aspek yang penting dari perilaku manusia, namun demikian penerapan emosi belum banyak digunakan dalam interaksi manusia dan komputer. Hal tersebut disebabkan penelitian di bidang emosi merupakan sebuah proses yang kompleks karena dapat berubah secara dinamis. Oleh karena itu, penelitian emosi yang berbasis teks banyak dilakukan dikarenakan bentuk teks relatif lebih sederhana dibandingkan bentuk lain seperti visual atau suara.serta dibandingkan dengan Gambar atau tampilan di Video. Game sebagai media hiburan telah berkembang dengan pesat seiring dengan perkembangan teknologi. Salah satu unsur yang berperan penting dalam sebuah game adalah kecerdasan buatan. Dengan kecerdasan buatan, elemen-elemen dalam game dapat berperilaku sealami mungkin layaknya manusia. Dalam penelitian ini akan dikembangkan implementasi kecerdasan buatan dalam game dimana salah satu elemen game yaitu NPC (Non Playable Character), mampu mengenali emosi dari teks berbahasa indonesia sekaligus merespon dengan perilaku sesuai dengan jenis emosinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah klasifikasi teks sebagai penentu jenis emosi dalam teks dan logika fuzzy sebagai penentu perilaku dari NPC yang sesuai dengan jenis emosinya.
Evaluasi Aksi Kejahatan dengan Metode Classification Menggunakan Teknik Regression Tree Atep Ruhiat
Infoman's : Jurnal Ilmu-ilmu Manajemen dan Informatika Vol. 9 No. 1 (2015): Infoman's
Publisher : STMIK Sumedang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (617.546 KB) | DOI: 10.33481/infomans.v9i1.62

Abstract

Kejahatan adalah aksi yang sangat merugikan masyarakat. Aksi kejahatan yang sering terjadi saat ini diantaranya kekerasan, pembunuhan, perampokan, pencurian, dan perdagangan narkoba. Oleh karena itu, peran penegak hukum dalam hal ini yaitu kepolisian harus berperan aktif dalam mengantisifasi aksi tersebut, namun perlu adanya dukungan dari beberapa faktor diantaranya yaitu masyarakat dan keilmuan dalam mengevaluasi aksi kejatahatan tersebut. Untuk mengimplementasikan keilmuan dalam kasus ini perlu adanya data yang real, seperti dalam penelitian ini menggunakan sample data catatan aksi kejatahan yang sering terjadi di kawasan europa pada tahun 2002 - 2012. Adapun metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu classifikasi dengan teknik regression tree. Hasil dari penelitian ini akan didapat kesimpulan tentang aksi kejahatan dan respon dari pihak kepolisian dalam menangani aksi kejatan tersebut, sehingga dimasa yang akan datang pihak kepolisian akan sigap dalam menangani setiap aksi kejatahan yang terjadi.
Penerapan Multi Inheritance dalam Paradigma Berorientasi Objek Menggunakan Metode Coad Yourdon Iyat Ratna Komala
Infoman's : Jurnal Ilmu-ilmu Manajemen dan Informatika Vol. 9 No. 1 (2015): Infoman's
Publisher : STMIK Sumedang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.038 KB) | DOI: 10.33481/infomans.v9i1.64

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan membandingkan hasil penurunan sifat / data yang dimiliki oleh kelas anak dari kelas induk. Metode yang digunakan adalah dengan metode berorientasi objek dari Coad Yourdon dengan diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman C++. Hal ini didasarkan bahwa pada metode berorentasi objek memiliki kelebihan dibandingkan metode terstruktur. Lalu adanya konsep dan peran DNA dalam sebuah sel yang berfungsi sebagai materi genetik, maksudnya DNA akan menyimpan cetak biru bagi segala aktivitas sel, sehingga hal ini berkaitan dengan konsep objek dengan penurunan sifatnya yang dikenal dengan inheritance. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa kelas anak memang dapat mewarisi kelas induknya, dengan memiliki keterbatasan bahwa kelas anak yang diwarisi dari dua kelas induk dengan atribut yang sama maka akan menghasilkan sifat yang ambigu. Sehingga pada tahap identifikasi atribut setiap kelas idealnya tidak memiliki atribut yang berbeda yang akan diturunkan ke kelas yang sama. Contohnya ayah memiliki hidung mancung, ibu memiliki hidung pesek maka anak akan memiliki hidung,hal ini yang disebut ambigu
Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal Bisnis STMIK Sumedang dengan menggunakan Metode SWOT Analysis Kiki Alibasah
Infoman's : Jurnal Ilmu-ilmu Manajemen dan Informatika Vol. 9 No. 1 (2015): Infoman's
Publisher : STMIK Sumedang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (540.883 KB) | DOI: 10.33481/infomans.v9i1.65

Abstract

STMIK Sumedang merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang berada di kabupaten Sumedang. STMIK Sumedang membuka jurusan yang berhubungan dengan keilmuan teknologi informasi. Dewasa ini permasalahan yang muncul bukan lagi sempitnya lahan pekerjaan tapi para calon pekerja harus mempunyai kemampuan dalam menghadapi persaingan. Salah satu kemampuan yang berpotensi saat ini yaitu mampu bekerja dengan menggunakan komputer. Peluang tersebut yang perlu diambil oleh STMIK Sumedang untuk menjadi perguruan tinggi swasta yang dapat menjawab tantangan yang terjadi saat ini. Untuk itu perlu adanya suatu kajian berupa analisis terhadap lingkungan bisnis baik itu dari segi internal maupun eksternal. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan SWOT Analysis dengan menggunakan beberapa tools analisis yaitu Value Chain Analysis, PEST Analysis, Five Forces Analysis, dan Matrix SWOT. Penelitian ini akan menghasilkan suatu rumusan tentang bagaimana memaksimalkan kekuatan dan memanfaatkan peluang untuk menutupi/mengantisipasi kelemahan dan ancaman sehingga hasil akhirnya adalah berupa usulan strategis bisnis.
Perbandingan Konsep Kerja Sistem Komputer Berbasis Kecerdasan Buatan dengan Kecerdasan Alamiah Suhanda
Infoman's : Jurnal Ilmu-ilmu Manajemen dan Informatika Vol. 9 No. 1 (2015): Infoman's
Publisher : STMIK Sumedang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.878 KB) | DOI: 10.33481/infomans.v9i1.66

Abstract

Sistem kecerdasan Buatan sering dijadikan andalan oleh pengguna komputer sebagai pembantu untuk mempercepat pekerjaannya. Kecerdasan Buatan ini akan membantu para Analis Komputer untuk menangani pekerjaan secara cepat dan mudah. Jika para ahli tersebut berhalangan melayani Masyarakat dapat ditangani oleh Komputer yang berbasis Kecerdasan Buatan, walaupun untuk sementara dimana sudah diprogram sesuai kebutuhan Masyarakat seperti di bidang Kesehatan, Teknologi, Pendidikan, Bahasa, Informasi dsb. Tetapi Kecerdasan Buatan ini, hanya dapat digunakan pada saat Masyarakat perlu pelyanan cepat. Serta tidak bisa memberikan pelayanan secara Psikologi, sebab hanya diprogram untuk melakukan pelayanan seperti halnya Manusia dalam melayani Masyarakat, atau meniru kelakuan Manusia. Artinya tidak bisa memberikan jawaban Mengapa, Bagaimana, Apa Sebabnya. Sedangkan Kecerdasan Alamiah yang dimiliki oleh Manusia, dapat memberikan jawaba secara Psikologi dan bisa memberikan alasannya atas jawaban dalam melayani Masyarakat. Tetapi kecerdasan yang dimiliki oleh Manusia secara Alamiah adalah lambat, dikarenakan Manusia adalah makhluk hidup yang mempunyai keterbatasan, sedangkan Kecerdasan yang dimiliki oleh Sistem Komputer adalah Mesin yang punya kecepatan dan sudah diprogram.Maka dengan demikian Perencanaan kerja ada di Kecerdasan Alamiah yang dipunyai oleh Manusia, sedangkan Kecerdasan Buatan ada di Kecerdasan hasil Ilmiah yang dimiliki Oleh Komputer yang sudah diprogram untuk membantu menyekesaikan pekerjaan yang dibutuhkan. Jadi lebih sempurna Kecerdasan Alamiah dibandingkan dengan Kecerdasan Buatan. Karena Kecerdasan Alamiah ciptaan Tuhan yang Maha Esa, Kecerdasan Buatan ciptaan Manusia. Tetapi kedua Kecerdasan ini sangat dibutuhkan dalam melakukan pekerjaan untuk perencanaan atau Manajemen Kerja, dan untuk mempercepat menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan bidangnya, yang dibutuhkan untuk kepentingan hidupnya dalam penggunaan Teknologi alat Komputer
Perancangan Perangkat Lunak Sistem Informasi pada Lembaga Kursus Komputer Hanhan Hanafiah Solihin
Infoman's : Jurnal Ilmu-ilmu Manajemen dan Informatika Vol. 9 No. 1 (2015): Infoman's
Publisher : STMIK Sumedang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (590.446 KB) | DOI: 10.33481/infomans.v9i1.67

Abstract

Lembaga kursus adalah suatu lembaga di luar sekolah yang memberikan pelajaran serta pengetahuan atau keterampilan yang diberikan dalam waktu singkat, sehingga hasil dari para lulusan lembaga kursus tersebut menjadi mahir dan terampil dalam bidang tertentu sesuai bidang yang telah dipelajari. Seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi banyak bermunculan lambaga kursus yang membuka kelas komputer didalamnya, salah satunya adalah Lembaga Kursus Komputer XYZ yang membuka pendidikan kursus dalam bidang komputer baik itu bidang komputer aplikasi perkantoran, desain grafis, database dan pemrograman. Saat ini sistem yang dijalankan pada lembaga kursus XYZ untuk pelayanan administrasi dan akademik masih bersifat konvensional, yang berdampak lamanya proses pelayanan untuk pencarian dan pengolahan data dan informasi yang dibutuhkan, dampak lain selain lamanya pelayanan adalah seringnya terjadi kesalahan hasil dari pengolahan data akibat dari faktor menumpuknya data yang masih banyak berupa berkas. Selain itu belum adanya sebuah rancangan pembangunan perangkat lunak sistem informasi yang dapat menangani masalah tersebut yang bertujuan agar dapat menjabarkan bagaiamana rencana pembangunan perangkat lunak yang bisa menangani pengelolaan pelayanan administrasi dan akademik lembaga kursus komputer XYZ. Metode dalam perancangan pembangunan perangkat lunak sistem informasi ini menggunakan model Prototype, yaitu model metodologi pengembangan perangkat lunak yang menitik beratkan pada pendekatan aspek desain, fungsi dan user-interface. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan perangkat lunak untuk membangun sebuah sistem informasi yang dapat terintegrasi antara administrasi, akademik dan pimpinan selaku pihak yang memonitor kemajuan lembaga, serta mempercepat proses pelayanan administrasi dan pelayanan akademik

Page 1 of 1 | Total Record : 6