cover
Contact Name
Akhmad Maliki
Contact Email
maliki.ts@uwks.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.axial@yahoo.com
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi
ISSN : 23376317     EISSN : 26150824     DOI : http://dx.doi.org/10.30742/axial.v10i1
Core Subject : Engineering,
axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi adalah Jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya sejak tahun 2012 dengan ISSN:2337-6317 untuk terbitan versi cetak, sedangkan untuk terbitan versi online mulai tahun 2018 dengan ISSN: 2615-0824. axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi merupakan jurnal yang berisikan tulisan yang diangkat dari hasil penelitian, kajian, dan telaah kritis dibidang ilmu ketekniksipilan dengan konsentrasi ilmu rekayasa struktur, bangunan air, manajemen transportasi/lalu lintas, manajemen konstruksi dan geoteknik. axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi diterbitkan tiga kali dalam satu tahun, antara bulan April, Agustus dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Volume 10, Nomor 3, Desember Tahun 2022" : 4 Documents clear
STABILISASI PORTLAND CEMENT (PC) PADA TANAH LEMPUNG TO RAISE DAYA DUKUNG SUB-GRADE DI SURABAYA BARAT Natanael Wahyudi; Siswoyo Siswoyo
axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi Volume 10, Nomor 3, Desember Tahun 2022
Publisher : axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30742/axial.v10i3.2629

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan semen terhadap tanah dasar di Surabaya barat dan untuk mengetahui jumlah komposisi campuran semen agar hasil CBR ideal digunakan dalam perencanaan. Penelitian ini merupakan studi kasus untuk melakukan perbaikan tanah jenis lempung yang terdapat di daerah Surabaya barat. Perbaikan tanah dilakukan dengan metode pencampuran tanah asli dengan semen Portland tipe 1 sebagai stabilitator. Hasil dari penelitian ini menunjukkan penelitian terdapat pengaruh dari penambahan semen terhadap sifat-sifat fisik tanah dasar dengan hasil pengujian batas-batas atterberg yang nilai indeks plastisitanya pada tanah asli lebih besar 11 persen yaitu sebesar 47.65 persen. Berdasarkan hasil pengujian kadar air (Wc) menunjukkan nilai kadar air menurun seiring dengan penambahan campuran semen. Rata-rata nilai kadar air dari tanah inisial adalah 64.09 persen, dan menunjukan penurunan kadar air pada penambahan semen 15% yaitu sebesar 31.22 persen. Hasil standart proctor test angka Optimum Moisture Content (OMC) yaitu 27.23 persen. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, nilai CBR maksimum dengan prosentase semen 15 persen sebesar 36.21 persen merupakan komposisi yang paling ideal karena memiliki daya dukung tanah yang semakin kuat. Hal ini menunjukkan bahwa hasil tersebut sesuai dengan batasan kekuatan nilai kekuatan CBR menurut Departemen Pekerjaan Umum yaitu sebesar 4-8 persen. KATA KUNCI: tanah lempung, stabilisasi, semen, daya dukung tanah, proctor
KAJIAN MANAJEMEN PELAKSANAAN K3 PEMBAGUNAN DEPO MAKASSAR IGB Agung Putra Kusuma J.; Johan Paing Heru Waskito
axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi Volume 10, Nomor 3, Desember Tahun 2022
Publisher : axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30742/axial.v10i3.2630

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada proyek Depo Lokomotif di Kab Maros Sulawesi Selatan, program ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan atau insiden maupun penyakit yang terjadi di lapangan kerja. Selain itu juga dapat menjadi jaminan bagi pekerja agar mendapatkan keselamatan dan kesehatan pada saat bekerja di Proyek Depo Makassar. Penelitan yang dilakukan untuk mengetahui tingkatan K3 yang telah dilakukan di proyek depo makassar. Selain itu peneliti juga mengamati aspek yang perlu di tingkatkan bila ditemukan kekurangan dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan cara pengambilan sampel responden dengan menyebarkan kuesioner secara langsung di lapangan dengan melibatkan para pekerja proyek kontruksi yang terlibat didalam proses pembangunan gedung depo lokomotif. Adapun jumlah kuesioner yang disebarkan berjumlah 20 kuesioner. Dengan pengolahan data menggunakan beberapa metode Analisa regresi,indek serta diproses dengan software SPSS. Dari penelitian tersebut diperoleh hasil presentase Indek Pelaksanaan sebesar 84,9 persen dengan aspek yang belum dapat dipenuhi secara maksimal berupa aspek kebakaran yang hanya bisa dipenuhi sebanyak 70 persen.  KATA KUNCI: K3, Depo, Mistigasi
PERENCANAAN STRUKTUR BAJA GEDUNG HOTEL ELLYSA 10 LANTAI DI YOGYAKARTA MENGGUNAKAN SISTEM RANGKA BRESING EKSENTRIK (SRBE) KONFIGURASI SPLIT-K Dzita Seally Trisya; Utari Khatulistiani
axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi Volume 10, Nomor 3, Desember Tahun 2022
Publisher : axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30742/axial.v10i3.2631

Abstract

ABSTRAK: Hotel Ellysa direncanakan memiliki ukuran 56 m × 30 m terdiri dari 10 lantai dengan ketinggian 40 m menggunakan struktur baja. Lokasi hotel di Yogyakarta yang termasuk wilayah gempa tinggi, maka perencanaan mempertimbangkan pengaruh dari beban gempa dengan Sistem Rangka Bresing Eksentrik (SRBE) konfigurasi tipe split-K. Perencanaan struktur baja mengacu pada peraturan SNI 1729-2020 tentang Spesifikasi untuk Bangunan Gedung Baja Struktural. Perencanaan beban gempa mengacu pada peraturan SNI 1726-2019 tentang Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung. Perencanaan pembebanan mengacu pada SNI 1727-2020 tentang Beban Desain Minimum dan Kriteria Terkait untuk Bangunan Gedung dan Struktur lain. Mutu baja yang digunakan adalah BJ 41 dengan nilai fy 250 MPa dan fu 410 MPa. Mutu beton yang digunakan adalah fc 35 MPa. Analisis struktur dilakukan menggunakan program SAP 2000 v.19 dan analisis penulangan struktur menggunakan program SPcolumn. Hasil analisis dari struktur gedung Hotel Ellysa diperoleh balok anak lantai dan atap WF 350.350.14.22, dimensi balok induk lantai dan atap WF 600.300.14.23, dan dimensi bresing adalah WF 350.350.12.99, dimensi kolom HC 70 568.457.70.105. Panjang element link direncanakan 100 cm.  Pondasi direncanakan menggunakan tiang pancang beton dimensi 35 cm × 35 cm dengan kedalaman 17 m dan jumlah tiang sebanyak 8 dan 4 tiang. Nilai simpangan horisontal yang terjadi lebih kecil dari nilai simpangan horisontal izin, maka struktur gedung mampu menahan beban bekerja. KATA KUNCI: Perencanaan Gedung, Struktur Baja, SRBE, Gempa
Analisa Kerusakan Jalan pada Lapisan Permukaan dengan Menggunakan Metode PCI (Pavement Condition Index) (Studi Kasus Ruas Jalan Raya Menganti, Wiyung, Kota Surabaya) Theresia Paskalin Harming; Akhmad Maliki; Soepriyono Soepriyono
axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi Volume 10, Nomor 3, Desember Tahun 2022
Publisher : axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30742/axial.v10i3.2627

Abstract

ABSTRAK: Jalan Raya Menganti Wiyung merupakan salah satu jalan provinsi di Jawa Timur yang menghubungkan antara daerah Wiyung (Surabaya) dan Menganti (Gresik). Jalur ini termasuk jalur yang ramai karena banyak masyarakat yang melintasi jalan ini. Banyaknya kendaraan yang melalui ruas jalan raya Menganti dikhawatirkan membuat jalan mengalami penurunan kondisi permukaan perkerasan jalan raya yang dapat menyebabkan berkurangnya kenyamanan berkendara dan berkurangnya efektivitas pergerakan antar daerah yang dihubungkan. Jenis kerusakan jalan yang terdapat pada ruas jalan Raya Menganti adalah; retak memanjang/melintang, lubang, retak kulit buaya, pelepasan butir, mengembang jambul, tambalan, retak kotak, cekungan, kegemukan, retak samping jalan. Dari beberapa jenis kerusakan tersebut yang paling dominan adalah tambalan dan retak kulit buaya. Analisa perhitungan menggunakan metode PCI, pada Sta. 0+000 s/d Sta. 4+000 terdapat 2 jalur dikarenakan ada median didapat nilai rata – rata PCI dari arah Wiyung – Menganti sebesar 64,75 persen yang menunjukkan kondisi perkerasan jalan dalam kondisi Baik, sedangkan dari arah Menganti-Wiyung didapat nilai rata – rata PCI  sebesar 80,4 persen yang menunjukkan kondisi perkerasan jalan dalam kondisi Sangat Baik. Analisa perkerasan jalan di Sta. 4+000 s/d 10+000 tanpa median didapat nilai rata – rata PCI  sebesar 73,8 persen  yang menunjukkan kondisi perkerasan jalan dalam kondisi Sangat Baik. Penanganan kerusakan yang harus dilakukan yaitu dengan melakukan pemeliharaan rutin dan pemeliharaan berkala agar kerusakan yang ada tidak bertambah parah. KATA KUNCI: perkerasan, kerusakan jalan, pemeliharaan, metode PCI

Page 1 of 1 | Total Record : 4