cover
Contact Name
Didik Efendi
Contact Email
di2kefendi@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
di2kefendi@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP)
ISSN : 25283669     EISSN : 2655638     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal ini memuat karya ilmiah pendidik sebagai hasil usaha mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian pustaka yang disusun berdasarkan kaidah artikel ilmiah.Jurnal ini memuat minimal 3 (tiga) artikel dari luar kota Madiun.Terbit 4 (empat) bulan sekali.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 3 (2019): Volume 4 No.3 Tahun 2019" : 12 Documents clear
Meningkatkan Minat Belajar Bidang Bimbingan Pribadi Dan Sosial Materi Memahami Tujuan Layanan Bimbingan Konseling Di Sekolah Dengan Menggunakan Media Pengajaran Berbasis TIK Pada Siswa Kelas VIII-H SMP Negeri 7 Kota Madiun Tahun Pelajaran 2018/2019 Tiorita SORMIN, S.Pd.
Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP) Vol 4 No 3 (2019): Volume 4 No.3 Tahun 2019
Publisher : PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.368 KB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah Penggunaan Media pengajaran Berbasis TIK dalam kegiatan belajar mengajar dapat meningkatkan minat belajar siswa Kelas VIII-H SMP Negeri 7 Kota Madiun?(b) Bagaimanakah Dampak Penggunaan Media pengajaran Berbasis TIK dalam Kegiatan Belajar Mengajar pada Siswa Kelas VIII-H SMP Negeri 7 Kota Madiun ? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Penggunaan Media pengajaran Berbasis TIK dalam kegiatan belajar mengajar dapat meningkatkan minat belajar siswa Kelas VIII-H SMP Negeri 7 Kota Madiun, dan (b) Dampak Penggunaan Media pengajaran Berbasis TIK dalam Kegiatan Belajar Mengajar pada Siswa Kelas VIII-H SMP Negeri 7 Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah Kelas VIII-H SMP Negeri 7 Kota Madiun Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I 43.7 dan siklus II 71. Simpulan dari penelitian ini adalah model pengajaran dengan media berbasis TIK dapat berpengaruh positif terhadap prestasi, minat, perhatian dan partipasi, motivasi belajar Siswa Kelas VIII-H SMP Negeri 7 Kota Madiun Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Bimbingan Konseling.
Peningkatan Kinerja Guru Dalam Menyusun RPP Melalui Pembinaan Program Gemar Membaca Buku Referensi Perpustakaan Di SMPN 2 Mejayan Tahun Pelajaran 2017/2018 Bambang Sudarmanto, S.Pd.,M.Pd.
Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP) Vol 4 No 3 (2019): Volume 4 No.3 Tahun 2019
Publisher : PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.542 KB)

Abstract

Pembinaan program kegiatan gemar membaca buku-buku referensi kependidikan di perpustakaan sekolah merupakan gagasan peneliti selaku kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Penelitian ini bentuk penelitian tindakan yang dilakukan oleh kepala sekolah di sekolah yang lazim disebut penelitian tindakan sekolah dengan melibatkan 11 guru yang mewakili dari setiap mata pelajaran SMPN 2 Mejayan sekaligus peneliti melakukan pembinaan program kegiatan gemar membaca referensi buku pendidikan di perpustakaan dengan memberikan wawasan dan motivasi tentang pemanfaatan referensi buku pendidikan dalam pembelajaran, serta memilih buku atau artikel yang bisa digunakan sebagai sumber belajar. Peniliti juga memberi bimbingan menyusun RPP berdasar standar yang berlaku dan guru merencanakan pelaksanaan pembelajaran dari referensi yang sudah dipilihnya sesuai materi dengan SK/KD/Indikator. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari hasil observasi siklus 1 menunjukkan guru yang tergolong aktif 1 orang atau 9.09%, tergolong cukup aktif 7 orang atau 6364% dan tergolong kurang aktif 3 orang atau 27.27%. sedangkan perolehan hasil skore penilaian RPP menunjukkan; 2 orang guru memperoleh kualifikasi Baik dan 9 orang guru memperoleh kualifikasi Cukup. Hasil siklus 2 guru yang tergolong sangat aktif 9 orang atau 81.82% dan tergolong aktif 2 orang atau 18.18%, sedangakan perolehan hasil skore penilaian RPP siklus II menunjukkan kenaikan hasil yang memuaskan yaitu; 2 orang guru memperoleh kualifikasi Amat Baik dan 9 orang guru memperoleh kualifikasi Baik. Berdasarkan data hasil pengamatan dan penilaian dari siklus 1 dan siklus 2 dapat dinyatakan bahwa model pembinaan program penyelenggaraan gemar membaca buku-buku referensi kependidikan di perpustakaan dapat meningkatkan kinerja guru mata pelajaran dalam menyusun RPP.
Peningkatan Hasil Belajar Menggambar Gambar Rencana Garis Kapal (Lines Plan) Melalui Metode Cycle Learning Siswa Kelas XI DRBK 1 SMK Negeri 3 Buduran Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019 Ganefo Aryono
Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP) Vol 4 No 3 (2019): Volume 4 No.3 Tahun 2019
Publisher : PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (145.446 KB)

Abstract

Guru harus mampu mengembangkan dan meningkatkan minat belajar siswa agar didapatkan hasil belajar yang optimal. Berdasarkan kenyataan di lapangan membuktikan bahwa 66,67% dari siswa Kelas XI DRBK 1 SMK Negeri 3 Buduran pada mata pelajaran Menggambar Obyek dengan Perangkat Lunak memiliki hasil belajar dalam kategori rendah. Berdasarkan fenomena tersebut, peneliti melakukan suatu kegiatan penelitian tindakan (action research) dengan mengimplementasikan strategi pembelajaran konstruktivisme. Penelitian tersebut dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri atas 2 kali pertemuan. Tiap pertemuan memiliki alokasi 2 jam pelajaran (2 x 45 menit) dan terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah meningkatkan perolehan belajar mata pelajaran Menggambar Obyek dengan Perangkat Lunak siswa Kelas XI DRBK 1 SMK Negeri 3 Buduran Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Cycle Learning cukup efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XI DRBK 1 SMK Negeri 3 Buduran. Hal ini dibuktikan dengan adanya data yang menunjukkan peningkatan persentase siswa yang memiliki nilai kategori baik yang diikuti ketuntasan belajar siswa meningkat dalam setiap siklusnya, yakni pada siklus I mencapai 25,00% ketuntasan belajar 41,67%, siklus II mencapai 52,78% ketuntasan belajar 69,44%, dan siklus III meningkat menjadi 63,89% dan ketuntasan belajar 88,89%.
Mengefektifitaskan Aktivitas Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Pada Pelajaran Bimbingan Konseling Materi Kemampuan Komunikasi Pada Siswa Kelas VII-A SMPN 7 Kota Madiun Tahun Pelajaran 2018/2019 Niniek Dwi Astuti, S.Pd.
Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP) Vol 4 No 3 (2019): Volume 4 No.3 Tahun 2019
Publisher : PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (138.933 KB)

Abstract

Bimbingan dan konseling adalah pelayanan bantuan untuk peserta didik, baik secara perorangan maupun kelompok, agar mandiri dan berkembang secara optimal, dalam bimbingan pribadi, bimbingan sosial, bimbingan belajar, dan bimbingan karir, melalui berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung, berdasarkan norma-norma yang berlaku. Dengan memperhatikan permasalahan di atas, maka kami melakukan penelitian tindakan kelas dengan judul “Adakah Mengefektifitaskan Aktivitas Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Pada Pelajaran Bimbingan Konseling Materi Kemampuan Komunikasi Pada Siswa Kelas VII-A SMPN 7 Kota Madiun Tahun Pelajaran 2018/2019 . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa. Proses pelaksanaan tindakan kelas melalui empat tahap dalam 2 siklus mulai dari (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan statistik deskriptif secara rata-rata dan persentase yaitu dengan menginventarisasi dan memadukan seluruh informasi yang diperoleh dari tiap siklus. Dari data nilai kemampuan penguasaan komunikasi sebagai potensi diri Pra Siklus di peroleh nilai rata-rata 69.04 dan pada siklus Pertama diperoleh nilai rata-rata 77.12, dan pada siklus Kedua diperoleh nilai rata-rata 87.50 dari hasil tersebut diatas terlihat adanya kenaikan nilai rata-rata pada setiap siklus. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya kenaikan nilai rata-rata setiap siklus. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa ada Mengefektifitaskan Aktivitas Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Pada Pelajaran Bimbingan Konseling Materi Kemampuan Komunikasi Pada Siswa Kelas VII-A SMPN 7 Kota Madiun Tahun Pelajaran 2018/2019.
Peningkatan Kelincahan Melakuan Teknik Dasar Menendang Dalam Permainan Sepak Bola Dengan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IX.A SMP Negeri 2 Saradan Semester II Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2015/2016 Heru Sucahyono, S.Pd.
Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP) Vol 4 No 3 (2019): Volume 4 No.3 Tahun 2019
Publisher : PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (138.371 KB)

Abstract

Kecepatan dan kelincahan adalah model dasar dalam berpain sepakbola dan bagi pemain merupakan modal sukses untuk mencetak gol, dan mempertahankan kemasukan gola. Dengan kemampuan kecepatan akan memudahkan pemain dalam rangka membawa bola. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagimanakah meningkatkan prestasi penguasaan dasar-dasar sepakbola bagi siswa dalam diterapkannya metode demontrasi? (b) Bagaimana pengaruh metode demonstrasi terhadap motivasi belajar siswa? Tujuan dari penelitian ini adalah (a) Mengetahui peningkatan prestasi belajar dasar-dasar sepakbola pada siswa setelah diterapkannya metode demonstrasi, (b) mengetahui motivasi belajar dasar-dasar sepakbola setelah diterapkannya metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari dua tahap yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan. Refleksi dan refisi Sasaran penelitian ini adalah Siswa Kelas IX.A SMP Negeri 2 Saradan Semester II Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2015/2016 dari data diperoleh berupa hasil tes praktik , lembar observasi kegiatan belajar mengajar Dari hasil analisa didapat bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatakan dari siklus I rata-rata 75.20 (64%) menjadi Siklus II rata-rata 82.72 (100%) Simpulan dari penelitian ini adalah metode demonstrasi dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar adalah Siswa Kelas IX.A SMP Negeri 2 Saradan Semester II Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2015/2016 serta model pembejalaran dapat digunakan sebagai salah satu alternative penjas.
Peningkatan Semangat Kerja Guru Melalui Supervisi Komunikasi Administrasi Oleh Pengawas Sekolah Di SMAS Muhammadiyah Pacitan Siti Andariyah
Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP) Vol 4 No 3 (2019): Volume 4 No.3 Tahun 2019
Publisher : PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (140.773 KB)

Abstract

Hasil dari pelaksanaan supervisi komunikasi administrasi ditengarai menjadikan situasi sekolah menjadi lebih kondusif apalagi jika didukung adanya lingkungan kerja yang memadai. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Tiap siklus melalui pentahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan Semangat Kerja Guru SMAS Muhammadiyah Pacitan melalui Supervisi Komunikasi Administrasi pada Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019. Kenyataan membuktikan bahwa penggunaan komunikasi administrasi dapat meningkatkan Semangat Kerja Guru, karena komunikasi administrasi mampu memperjelas tugas guru dalam melaksanakan manajemen sekolah yang akan selalu dikembangkan guru dalam melaksanakan tugas profesinya. Berdasarkan hasil penelitian peningkatan Semangat Kerja Guru SMAS Muhammadiyah Pacitan melalui supervisi komunikasi administrasi, Semester II tahun pelajaran 2018/2019 dan setelah dilakukan analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif dapatlah diperoleh simpulan, sebagai berikut : Semangat Kerja Guru SMAS Muhammadiyah Pacitan pada siklus I tampak kurang, pada siklus II berubah menjadi cukup. Pada siklus III mengalami peningkatan yang memuaskan menjadi kategori tinggi. Peningkatan Semangat Kerja Guru SMAS Muhammadiyah Pacitan pada tiap siklus antara lain disebabkan adanya perbaikan dari siklus sebelumnya.
Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Tentang Tokoh Sejarah Masa Hindu-Budha Dan Islam Di Indonesia Melalui Metode Pembelajaran Discovery Learning Siswa Kelas V SDN Tegalsari Kecamatan Jetis Susilowati Susilowati
Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP) Vol 4 No 3 (2019): Volume 4 No.3 Tahun 2019
Publisher : PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (142.605 KB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi sebelum penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa Kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial berada pada kategori rendah, utamanya pada kompetensi dasar Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia. Terlihat dari data hasil belajar hanya mencapai mean skor 54,17 dan siswa yang dinyatakan tuntas belajar sebanyak 3 siswa atau 50,00% dengan standar ketuntasan minimal 75%. Siswa belum mampu mengambil makna dari belajar, kemauan ssiwa untuk mengembangkan kreativitasnya masih rendah, kegiatan belajar siswa masih tergantung pada guru. Sebagai perwujudan tanggung jawab peneliti yang juga guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V, menawarkan penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 35 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui strategi pembelajaran Discovery Learning pada siswa Kelas V, SDN Tegalsari Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Peranan strategi pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : siklus I 71,67; siklus II 78,33; dan siklus III 81,67. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar, yaitu pada siklus I 66,67%, siklus II 83,33%, siklus III terjadi peningkatan mencapai 100%.
Peningkatkan Prestasi Belajar PKn Melalui Penggunaan Alat Peraga Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sukolilo 03 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2017/2018 Indrapuri, S.Pd.
Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP) Vol 4 No 3 (2019): Volume 4 No.3 Tahun 2019
Publisher : PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (165.43 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatkan Prestasi Belajar PKn Melalui Penggunaan Alat Peraga Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sukolilo 03 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Peneliti terlibat langsung dalam penelitian mulai dari awal sampai penelitian berakhir. Peneliti berusaha melihat, mengamati, merasakan, menghayati, merefleksi dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (obseving), dan refleksi (relecting). Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat maka data yang telah terkumpul dianalisis secara statistik yaitu mengunakan rumus mean. Mengacu pada hipotesis tindakan yang diajukan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Ada Peningkatkan Prestasi Belajar PKn Melalui Penggunaan Alat Peraga Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sukolilo 03 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2017/2018.
Peningkatan Hasil Belajar Melakukan Pengelasan Pelat Dan Pipa Segala Posisi Sesuai Standar (SOP) Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Siswa Kelas XI TPK SMK Negeri 3 Buduran Cipto Basuki
Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP) Vol 4 No 3 (2019): Volume 4 No.3 Tahun 2019
Publisher : PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (143.959 KB)

Abstract

Pemahaman konsep Melakukan Pengelasan Pelat dan Pipa Segala Posisi Sesuai Standar (SOP) pada mata pelajaran Mengelas Tingkat Lanjut Dengan Proses Las Busur Manual mutlak diperlukan para siswa kelas XI. Ironisnya justru di kelas XI TPK pemahaman konsep terhadap materi ajar tersebut masih jauh dari harapan, yakni dengan rerata 54,57 dan termasuk pada kategori kurang.Beberapa alasan peneliti menggunakan pendekatan Reciprocal Teaching dengan media realia dalam mengajarkan materi ajar Mengelas Tingkat Lanjut Dengan Proses Las Busur Manual diantaranya: (1) asas aktivitas digunakan dalam semua jenis metode mengajar baik di dalam maupun di luar kelas, (2) asas aktivitas bertujuan mengembangkan ide-ide atau merealisasikan suatu ide dalam suatu bentuk tertentu, (3) asas aktivitas dapat menikmati pengalaman-pengalaman estetis, (4) memecahkan suatu kesulitan intelektual, dan (5) memperoleh pengalaman dan keterampilan tertentu. Diharapkan setelah menerapkan metode Reciprocal Teaching ini nilai rerata siswa kelas XI TPK akan meningkat pada kategori baik bahkan amat baik. Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) meningkatkan motivasi belajar melalui penggunaan pendekatan Reciprocal Teaching dengan media realia siswa Kelas XI TPK SMK Negeri 3 Buduran Kabupaten Sidoarjo Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018, (2) meningkatkan hasil belajar tentang Melakukan Pengelasan Pelat dan Pipa Segala Posisi Sesuai Standar (SOP) pada mata pelajaran Mengelas Tingkat Lanjut Dengan Proses Las Busur Manual melalui pendekatan Reciprocal Teaching dengan media realia siswa Kelas XI TPK SMK Negeri 3 Buduran Kabupaten Sidoarjo Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus.Tiap siklus terdiri atas 2 kali pertemuan. Dalam setiap siklus mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah pendekatan Reciprocal Teaching dengan media realia mampu meningkatkan hasil belajar Melakukan Pengelasan Pelat dan Pipa Segala Posisi Sesuai Standar (SOP). Hal ini didukung adanya peningkatan mean skor dalam setiap siklusnya yakni siklus I memperoleh 71,86, siklus II meningkat menjadi 79,71, dan siklus III meningkat lagi menjadi 85,43. Selain itu juga ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar tiap siklus yaitu siklus I sebanyak 62,86%, siklus II meningkat menjadi 80,00% dan siklus III mencapai maksimal peningkatan ketuntasan menjadi 100%.
Peningkatan Prestasi Belajar PKn Melalui Pembelajaran Model Student Facilitator And Explaining Siswa Kelas V SDN Pucangombo IV Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2017/2018 Widodo, S.Pd.
Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP) Vol 4 No 3 (2019): Volume 4 No.3 Tahun 2019
Publisher : PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (134.614 KB)

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada kompetensi dasar menunjukkan contoh perilaku dalam menjaga keutuhan NKRI melalui pembelajaran model Student Facilitator and Explaining (SFE) siswa Kelas V SDN Pucangombo IV Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian tindakan. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (obseving), dan refleksi (relecting). Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat maka data yang telah terkumpul dianalisis secara statistic. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan, di Kelas V SDN Pucangombo IV Kabupaten Pacitan yang dilakukan dengan dua siklus didapatkan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 70,00 dan ketuntasan belajar 55.56%, pada siklus II nilai rata-rata mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu 79,81 dan ketuntasan belajar 96.30%, maka dapat diambil kesimpulan melalui pembelajaran model Student Facilitator and Explaining (SFE) dapat meningkatkan prestasi belajar PKn pada kompetensi dasar menunjukkan contoh perilaku dalam menjaga keutuhan NKRI siswa Kelas V SDN Pucangombo IV Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2017/2018.

Page 1 of 2 | Total Record : 12