cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Journal of Institution And Sharia Finance
ISSN : 26546043     EISSN : 26205130     DOI : -
Core Subject : Economy,
Journal Of Institution And Sharia Finance compile writing and research on Islamic financial institutions, Islamic banking, sharia business management, strengthening people's economy, Islamic financial management.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2020): JUNI" : 10 Documents clear
PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PEMBULATAN HARGA PADA TRANSAKSI JUAL BELI MENURUT SYARIAT ISLAM DI MINI MARKET INDOMARET KELURAHAN PONTAP KOTA PALOPO .... ......
Journal Of Institution And Sharia Finance Vol 3, No 1 (2020): JUNI
Publisher : Program Studi Perbankan Syariah, IAIN Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.911 KB) | DOI: 10.24256/joins.v3i1.1444

Abstract

Abstract: The main problems in this research are (1) public perception of price rounding in buying and selling transactions at Indomaret minimarkets; (2) Islam's view about replacing the remaining purchase money with sweets at Indomaret minimarket. In this study the authors used a type of field research, the design used was qualitative research that is research producing data in the form of written or oral words from people who could be observed. This research raises facts. There are two data sources that researchers use, namely primary data sources and secondary data sources. The primary data source is data directly taken from the object of the researcher, namely the Indomaret cashier and the customer. The primary data source is derived from field data obtained from observations and interviews. Secondary data sources are data taken in the form of Indomaret documents. The results of the study showed that most people accepted price rounding on the grounds that they were accustomed but there were still a small number of people who felt dissatisfied and disagreed if the price rounding practice was carried out. If in the fulfillment of the remaining money of this purchase there is a buyer who feels less willing, he can choose to keep abreast of what the seller says or cancel the sale and purchase. The Islamic view of replacing the rest of the money with candy is allowed to see the scarcity of small change so that the manager of Indomaret provides candy instead. This gave rise to the rule of one rule which reads "the existence of difficulties raises the existence of ease". The abilities and potentials of people in carrying the law differ, so that a way to avoid difficulties is needed by avoiding legal exceptions.Keywords: Community Perception, Price Rounding, Islamic Sharia, Minimarket Indomaret. Abstrak: Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah (1) Persepsi masyarakat terhadap pembulatan harga pada transaksi jual beli di minimarket Indomaret; (2) pandangan Islam tentang penggantian uang sisa pembelian dengan permen di minimarket Indomaret. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan, desain yang digunakan adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang dapat diamati. Penelitian ini mengangkat fakta. Sumber data yang peneliti gunakan ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer yaitu data yang langsung diambil dari objek peneliti yaitu kasir Indomaret dan pelanggan. Sumber data primer ini berasal dari data lapangan diperoleh dari hasil observasi dan wawancara. Sumber data sekunder yaitu data yang diambil berupa dokumen Indomaret.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat menerima adanya pembulatan harga dengan alasan sudah terbiasa tetapi masih ada sebagian kecil masyarakat yang merasa kurang puas dan tidak setuju jika praktek pembulatan harga yang dilakukan. Bila dalam penggenapan uang sisa pembelian ini ada pembeli yang merasa kurang rela, ia dapat memilih untuk tetap mengikuti apa yang dikatakan penjual atau membatalkan jual beli tersebut. Adapun pandangan Islam tentang penggantian uang sisa pengembalian dengan permen yaitu dibolehkan melihat kelangkaan uang receh sehingga membuat pengelola Indomaret menyediakan permen sebagai gantinya. Hal ini memunculkan hukum satu kaidah yang berbunyi “adanya kesulitan memunculkan adanya kemudahan“. Kemampuan dan potensi yang dimiliki manusia dalam memikul hukum itu berbeda-beda, sehingga perlu diadakan jalan untuk menghindarai kesukaran dengan mengadakan pengecualian hukum.Kata Kunci : Persepsi Masyarakat, Pembulatan Harga, Syari’at Islam, Minimarket Indomaret.DAFTAR PUSTAKAAbdul Hakim, Atang. Fiqih Perbankan Syari’ah, Bandung: Refika Aditama, 2011. Abdurrahman, As-Sa’di, Syeikh, dkk. Fiqih Jual Beli, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010. Afandi, Yazid. Fiqh Muamalah, Yogyakarta: Logung Pustaka, 2009. Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Ed.1. Cet.3; Jakarta: Rineka Cipta, 2002. Al-Gazali, Imam. Benang Tipis Antara Halal dan Haram, Cet. I; Surabaya: Putra Pelajar, 2002 Athar, Sistem Transaksi Jual Beli di Supermarket PT Citra Sarana Sejahtera Opsal Plaza Menurut Syariat Islam, Skripsi. Palopo: Program Sarjana S1, 2013. Abdul Hakim, Atang. Fiqih Perbankan Syari’ah, Bandung; Refika Aditama, 2011 Arsip, Sejarah Berdiri Indomaret Arsip, Indomaret Kelurahan Pontap Kota Palopo Bugi, Mochamad. Mochamad Bugi, Mengenal Syariat Islam,http:/ www.dakwatuna. com/2008,/2/412/mengenal-syariat-islam-bagian-1, di akses pada tanggal 27 November 2015 Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Edisi Revisi; Bandung: Deponegoro, 2011. Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Ed.3; Cet.4; Jakarta: Balai Pustaka, 2007 Djuwaini, Dimyauddin. Pengantar Fiqih Muamalah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008. Fakhurrozi. At Tafsir Al Kabir, Cet; II: Teheran: Dar Al Kutub Al Ilmiyah Haroen, Nasrun. Fiqhi Muamalah, Jakarta: Gaya Media Pratama, 2000 Imam Abu Husain bin Hajjaj Al Qusyari Annaisaburi, Muslim. Kitab Muslim Jus 2, Lebanon: Darul Fikr-Bairut, 1993. Issa Beekun, Rafik. Etika Bisnis Islam, Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004 Ilyas, Pelaksanaan Sistem Jual Beli di Toko Pembangunan Kota Palopo dalam Persfektif Syariat Islam, Skripsi. Palopo: Program Sarjana (S1), 2011 Kamaluddin Muhammad ibn Abd al-Wahid al-Siwasi ibn Humam, al-Imam. Syarh Fath al Qadir, Beirut: Dar al-fikr, 1977, Juz VI Lubis, Suhrawardi K. Hukum Ekonomi Islam, Cet.II; Jakarta: Sinar Grafindo, 2000. Muhammad Al-Jamal, Ibrahim. Fiqih Muslimah Ibadat Mu’amalat, Cet. III; Jakarta: Pustaka Amani, 1999. Margono, S. Metode Penelitian Pendidikan, Cet. IV; Jakarta: Asdi Mahasatya, 2004. Mas’ud, Ibnu dan Zainal Abidin. Fiqih Mazhab Syafi’I, Cet. I; Bandung: Pustaka Setia, 2000. Mutahari, Murtadha. Man and Universe, diterjemahkan oleh ; Ilyas Hasan dengan judul : Manusia dan Alam Semesta, Cet; I; Jakarta; Lentera Basritama, 2002. Najatullah, Muhammad. Kegiatan Ekonomi dalam Islam, Cet.II; Jakarta: Bumi Aksara, 1996. Narbuko, dan Abu Ahmadi, Cholid. Metodologi Penelitian, Cet. 12; Jakarta: Bumi Aksara, 2012. Nur Ichwan Muslim, Muhammad. Artikel www.muslim.co.id, 25 November 2015 Official, Indomaret. Indomaret  menyerahkan donasi kosumen ke UNICEF, dalam http://www.indomaret.co.id Pendidikan Nasional, Departemen. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Ed.3; Cet.4; Jakarta: Balai Pustaka, 2007 Rahman Ghazali, Abdul. Fiqh Muamalat, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.  Ruslan, Rosady. Metode Penelitian Public Relations da Komunikasi, Ed.1, Cet.3; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006. Sabri, Alisuf. Pengantar Psikologi Umum dan Perkembangan, Cet.IV; Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2006 Suhendi, Hendi. Fiqih Muamalah, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002. Sukma, masyarakat kelurahan Pontap, wawancara, tanggal 11 Mei 2016. Syafei, Rahmat. Fiqih Muamalah, Cet.I; Bandung: Pustaka Setia. Thabari, Ath. Jami’ Al Bayan, Cet; II: Kairo: Dar Al Ma’arif, 1954. Umar, Nasruddin. Argumen Kesetaraan Jender, Cet. I; Jakarta: Paramadina, 1999. Wiroso, Jual Beli Murabahah, Yogyakarta: Logung Pustaka, 2009. Yusuf Musa, Muh. Al Fiqh Al Islam, Kairo: Dar Al Kutub Al Haditsah, 1954. 
PEMAHAMAN TATA CARA BERBISNIS BUSANA MUSLIM MENURUT PRINSIP SYARIAT ISLAM (STUDI PADA PEDAGANG BUSANA MUSLIM DI PUSAT NIAGA PALOPO) ..... .....
Journal Of Institution And Sharia Finance Vol 3, No 1 (2020): JUNI
Publisher : Program Studi Perbankan Syariah, IAIN Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.539 KB) | DOI: 10.24256/joins.v3i1.1449

Abstract

Abstract: This study discusses the Understanding of Procedures for Doing Business in Muslim Clothing According to Islamic Sharia Principles (Study of Muslim Clothing Traders in the Palopo Commercial Center). The purpose of this study is to find out how to trade Muslim clothing according to Islamic sharia principles. In this study, using a qualitative descriptive method, namely, a study aimed at describing the phenomenon of events, social activities, attitudes, beliefs, perceptions, thoughts of individuals individually or in groups. This study concludes that the procedure for trading Muslim clothing according to Islamic law in PNP is a description of the level of seller's understanding of the procedures for doing business in accordance with Islamic sharia principles. And the descriptions that are sold are good items and do not disappoint consumers. Quality and type of goods, some buyers say that the seller is not honest and the quality of the goods. And Buyers feel that the seller applies the element of usury. So it can be concluded that Muslim fashion traders in the Central Business Center in Palopo do not partly implement Islamic business procedures, but there are some Muslim fashion traders applying Islamic business procedures.Keywords: Understanding of Business Procedures; Islamic Sharia. Abstrak: Penelitian ini membahas tentang Pemahaman Tata Cara Berbisnis Busana Muslim Menurut Prinsip Syariat Islam (Studi Pada Pedagang Busana Muslim Di Pusat Niaga Palopo). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mengetahui  bagaimana  tata  cara  berdagang  busana  muslim  menurut  prinsip  syariat  Islam.  Dalam penelitian ini, menggunakan metode deskriptif kualitatif   yaitu, suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan menganalisa fenomena peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Penelitian ini menyimpulkan bahwa tata cara berdagang busana muslim menurut syariat Islam di PNP adalah deskripsi tingkat pemahaman penjual tentang tata cara berbisnis sudah sesuai dengan prinsip syari‟at Islam. Dan deskripsi yang diperjualkan barang-barang yang bagus dan tidak mengecewakan konsumen. Kualitas dan jenis barang, sebagian pembeli mengatakan bahwa penjual tidak jujur dan kualitas barangnya. Dan Pembeli merasa bahwa penjual menerapkan unsur riba. Jadi dapat disimpulkan bahwa pedagang busana muslim di Pusat Niaga Palopo sebagian tidak menerapkan tata cara bisnis Islam, tetapi ada sebagian pedagang busana muslim menerapkan tata cara bisnis Islam.Kata Kunci : Pemahaman Tata Cara Berbisnis; Syariat Islam.DAFTAR PUSTAKA Andi, Pedagang, Wawancara, Palopo, Rabu, Tanggal 15 Juni 2016 Pukul 15.00 As-Sya‟rawi Syaikh Mutawalli, Fiqih Perempuan (Muslimah), Jakarta: Amzah, 2003 Badroen Faisal. Dkk, Etika Bisnis Dalam Islam, Ed. I; Cet. II; Jakarta : Kencana, 2007 Bukhari Alma, Pengantar Bisnis, Bandung : Alfabeta, 1998 Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Cet. 3; Semarang: PT. Karya Toha Putra, 2002 Departmenen Agama RI, Al-Qur‟an dan Terjemahannya, Bandung: CV. Penerbit  Jumanatul „Ali-art (J-Art), 2005. Fatimah, Pembeli di Pusat Niaga Palopo, “wawancara”  sabtu, 18 Juni 2016 Pukul 12.35 Hadi Sutrisno, Metodologi Research, Jilid I, Cet. XXII; Yogyakarta: Andi Offset, 1990 Hajeriah, Pedagang, Wawancara, Palopo, Rabu, Tanggal 15 Juni 2016 Pukul 14.01 Hafsah, Pedagang, Wawancara, Palopo, Rabu, Tanggal 15 Juni 2016 Pukul 14.35 http://www.docstoc.com/docs/124537345/24005257-pengertian -pakaian/diakses tanggal 13januari 2016. http://mamaulis.blogspot.co.id//butik busana muslim mamtaza.html.diakses tanggal 20 desember 2015.http://hidayatulrahman.wordpress.com/tag/add-new-tag/diakses tanggal 14 januari 2016.
STRATEGI PEMERINTAH DALAM MENINGKATKAN PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DI KECAMATAN BARA KOTA PALOPO .... ......
Journal Of Institution And Sharia Finance Vol 3, No 1 (2020): JUNI
Publisher : Program Studi Perbankan Syariah, IAIN Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (631.966 KB) | DOI: 10.24256/joins.v3i1.1445

Abstract

Abstract: The main problem of this research is the Government's Strategy to Increase Community Economic Empowerment in the Bara Subdistrict of Palopo City with the following problems: 1. What is the socio-economic condition of the Bara sub-district community? 2. What is the government's strategy in empowering the community of Bara sub-district? 3. How does the impact of government empowerment on economic improvement? This research aims: a. To find out and analyze socioeconomic conditions b. To find out and analyze the government's strategy in increasing community empowerment in Bara sub-district c. To find out and analyze the impact of government empowerment on economic improvement. To obtain data, the authors use the field research and library research methods which then analyze the data using qualitative methods then draw conclusions with analysis techniques (SWOT) Strengths Weaknesses Opportunities and Threats. Based on the results of the study show that: 1. In developing the community economy in the District of Bara by seeing the efforts made by the government to increase the potential for every community is very positive response to the government's efforts to motivate the community to be able to develop in addition to being a good training , the community will be considered capable of increasing the potential and opportunities in the community's economy. 2. With the strategy carried out by the government through business assistance, it is very proven that the business is able to increase the level of income for the community while the businesses that have been implemented include: the business of selling stalls, selling chips, fish selling businesses, sewing machine businesses, vegetable farming businesses , the business of a thousand chicken coops, and workshop business. 3. An increase in business in empowering the community has a very positive impact and the government is considered capable of improving the welfare of the community so that business assistance carried out by the government can change every community's life towards a better one.   Keywords: Government Strategy, Efforts to Increase Community Economic Empowerment.              Abstrak: Permasalahan pokok penelitian ini adalah tentang Strategi Pemerintah dalam Upaya Meningkatkan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Kecamatan Bara Kota Palopo dengan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana kondisi sosial ekonomi masyarakat kecamatan bara? 2. Bagaimanakah strategi pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat kecamatan bara? 3. Bagaimana dampak pemberdayaan pemerintah terhadap peningkatan ekonomi?.Penelitian ini bertujuan: a. Untuk mengetahui dan menganalisis kondisi sosial ekonomi b. Untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemerintah dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat di kecamatan bara c. Untuk mengetahui dan menganalisis dampak pemberdayaan pemerintah terhadap peningkatan ekonomi. Untuk memperoleh data, penulis menggunakan metode field research dan library research yang kemudian menganalisa data  dengan menggunakan cara kualitatif kemudian mengambil kesimpulan dengan teknik analisis (SWOT) Strengths (Kekuatan) Weaknesses (Kelemahan) Opportunities (Peluang) dan Threats (Ancaman). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Dalam membangun perekonomian masyarakat yang ada di Kecamatan Bara dengan melihat adanya upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan potensi bagi setiap masyarakat sangatlah memberikan respon positif dengan adanya usaha pemerintah dapat memotivasi masyarakat untuk mampu berkembang disamping dapat menjadi pelatihan yang baik, masyarakat akan dianggap mampu untuk meningkatkan potensi dan peluang dalam ekonomi masyarakat. 2. Dengan adanya strategi yang dilakukan pemerintah melalui bantuan usaha sangat terbukti bahwa usaha tersebut mampu untuk menambah tingkat pendapatan bagi masyarakat adapun usaha yang sudah terlaksana diantaranya yaitu: usaha warung jualan, usaha penjualan keripik, usaha penjualan ikan, usaha mesin jahit, usaha petani sayur, usaha seribu kandang ayam, dan usaha perbengkelan. 3. Adanya peningkatan usaha dalam memberdayakan masyarakat sangat berdampak positif dan pemerintah dianggap mampu dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga bantuan usaha yang dilakukan pemerintah dapat merubah setiap kehidupan masyarakat kearah yang lebih baik. Kata Kunci : Strategi Pemerintah, Upaya Meningkatkan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat.  Daftar Pustaka Abdad  M.  Zaidi  Lembaga  Perekonomian  Ummat  Di  Dunia  Islam  (Bandung:  PenerbitAngkasa 2003) Allimin  Mu',  Prinsip  Pemberdayaan  Ekonomi  Masyarakat  Ditinjau  Dari  Syari’at  Islam(Skripsi Stain Palopo Tahun 2013) Aedy Hasan Teori dan Aplikasi Pembangunan Perspektif Islam (Yogyakarta: Graha Ilmu2011) Ajho Firdaus, Pemberdayaan Masyarakat dalam  http://firdausajho.Blogspot. co.id/(Akses tgl02 oktober 2015) Arsip data program dan kegiatan kecamatan bara tahun 2012, 2013 dan 2015 Awang Azam Implementasi Pemberdayaan Pemerintah Desa (Yogyakarta:Pustaka Pelajar2010) Burhanuddin dkk. Ekonomi Islam (Jakarta: Rajawali Pers. 2011)Daniel Moehar, Metode penelitian sosial ekonomi (Jakarta: Penerbit Bumi Aksara 2002-2003) Daniel  Sulekale  Dalle,   Pemberdayaan   Masyarakat  Miskin  Di  Era  Otonomi  Daerahhttp://emperordeva.wordpress.com (Akses tgl 02 oktober 2015) Darrussalam, ayat-ayat Al-Quran tentang sosial masyarakat dalam  https:// bidsosdarussalam. wordpress. com. (Akses tgl 26 juni 2015) Erniyati, Strategi pemberdayaan masyarakat melalui program pemberdayaan masyarakathttp://repository.Uinjkt.ac.id (Akses tgl 06 agustus 2015)Fattah Sanusi dkk, Ilmu Pengetahuan Sosial (Jakarta: PT. Ghalia Indonesia Printing 2008) Herimanto dkk, Ilmu sosial dan budaya dasar (Jakarta:PT Bumi Aksara)HR. Bukhari, no. 1470; Muslim, no. 1042; Tirmidzi, no. 680 dan Nasa-i, V/96. Jasin Musafir dan Taufik, Opini palopo darurat kemiskinan  http://luwuraya com (Akses tgl01 oktober 2015) Kamil-Al Ri Agama Depertemen, Al-Quran dan terjemahannya (jakarta timur: edisi tahun2002 CV Darus Sunnah 2008) Mardikanto Totok dan Poerwoko Soebiato pemberdayaan masyarakat dalam perspektif kebijakan publik (Bandung: Alfabeta 2013 cet. ll) Menurut L.C Maleong dalam Lestari (2013) Muqtafiah, Upaya Pemerintah Dalam Mengoptimalkan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan  Menengah  (UMKM).  Dalam  http://muqtafiah.blogspot.co.id.  (Akses  tgl  15 oktober 2015) Munjazi Syukron, Pemberdayaan masyarakat untuk mengurangi kemiskinan melalalui program nasional pemberdayaan masyarakat PNPM mandiri (Skripsi   Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakatra Tahun  2009) Peraturan   mentri   dalam   negeri,   tentang   kader   pemberdayaan   masyarakat   dalamfile:///C:users/user/downloads/no_7_2007%20(3). pdf  (Akses tgl 09 november 2015) Peraturan  pemerintah  repoblik  Indonesia,  Undang-undang  pemerintah  kecamatan  No  19 tahun  2008  file:///C:/users/user/downloads/peraturan  pemerintah  tahun  2008-019-08%20(4).pdf (Akses tgl 09 november 2015) Rahmat   Aliaman,   warga   miskin   capai   15.500   jiwa   http://palopopos.co.id/   headline/item/1303.html. (Akses tgl 07 desember 2015) Rangkuti Freddy, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis (Jakarta: PT GramediaPustaka Utama 2004) Rivai Veithzal dkk, Islamic Leadership (Jakarta: PT Bumi Aksara) Shihab M. Quraish, Tafsir al-Mishbah Pesan kesan dan Keserasian al-Qur’an Surah Al- Jumu'ah (Jakarta:Penerbit Lentera Hati 2002) h  229-232 Sinin Abu Ahmad Ibrahim, Manajemen Syariah (Jakarta: Grafindo PT Raja Persada 2006)S. Nasution, Metode Research Penelitian Ilmiah (Jakarta: PT Bumi Aksara 2008 Ed.1 Cet.10) Said Farid A. Muhammad, Strategi pemberdayaan UMKM pada dinas koperindag kabupatenmaros studi kasus pada sektor perdagangan (Skripsi Universitas Hasanuddin  Tahun2015) Sulistiyani, Pemberdayaan Masyarakat  http://cikacimoet. Blogspot.co.id (Akses tgl 08 juni2015)Taqdir  Mety,  Qodratillah  Dkk,  Kamus  bahasa  indonesia  untuk  pelajar  (Jakarta:  Badan pengembangan bahasa kementrian pendidikan dan kebudayaan 2011 Ed. 1 Cet. 1) Usman Sunyoto Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (Yogyakarta: Pustaka Pelajar2012) Cet. 1 h 249 Wahyu Ramdani, Isd ilmu sosial dasar (Bandung: Pustaka Setia 2007) Wahyudi  Agustinus  Sri   Manajemen  Strategik   (Tangerang  Selatan:   BinaRupa  Aksara publisher 2002) h 180 Widjaja Haw, Penyelenggaraan otonomi di Indonesia dalam rangka sosialisasi UU No. 32Tahun 2004 tentang pemerintahan daerah (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada 2007) Wibowo, Perilaku Dalam Organisasi (Jakarta: PT Rajawali Pers 2014)Winarno  Surkhmad,  Pengantar  Penelitian  Ilmiah  Dasar  Metode  Dan  Teknik  (Bandung: Penerbit Tarsito 2001) Wybisana Goenawan, Pemberdayaan dalam perspektif islam  http://www.ristek.go.id (Akses tgl 06 agustus 2015) Zimmerer Thomas W. dkk. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. (Jakarta: PenerbitSalemba Empat 2008)
PENGARUH LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN DALAM KEMASAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI ISLAM IAIN PALOPO ..... .......
Journal Of Institution And Sharia Finance Vol 3, No 1 (2020): JUNI
Publisher : Program Studi Perbankan Syariah, IAIN Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.157 KB) | DOI: 10.24256/joins.v3i1.1468

Abstract

This study discusses the effect of Halal Labeling on Purchasing Decisions of Packaged Food Products in the 2014 Islamic Economics Study Program Students Iain Palopo. The purpose of this study was to determine whether there is an effect of halal labeling on purchasing decisions of packaged food products for students, the effect of halal labeling on purchasing decisions of packaged food products on students of the 2014 Sharia Economic Study Program.IAIN Palopo. In this study, using quantitative descriptive methods that are about data that is collected and expressed in the form of numbers, although also in the form of qualitative data as a support, such as words or sentences arranged in a questionnaire, the results of consultations or interviews between researchers and information. Based on research conducted, in the calculation of simple linear regression statistical methods obtained multiple correlation coefficient values (R) of, 777 which means there is a moderate relationship between halal labeling with consumer purchasing decisions. The coefficient of determination (R2) is obtained, 603 which means halal labeling only explains 60.3% of consumer purchasing decisions. All research variables have a level of significance above the level of significance used in the study, namely () 0.05. Thus it was concluded that halal labeling had a strong influence on consumer purchasing decisions. Keywords: Halal Labeling; Buying decision Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Dalam Kemasan Pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam Angkatan Tahun 2014 Iain Palopo . Tujuan  dari  penelitian ini  adalah  Untuk  mengetahui adakah  pengaruh  labelisasi  halal  terhadap  keputusan pembelian produk makanan dalam kemasan pada mahasiswa, pengaruh labelisasi halal terhadap keputusan pembelian produk makanan dalam kemasan pada mahasisiwa Program Studi Ekonomi Syariah angkatan 2014IAIN Palopo. Dalam penelitian ini, menggunakan metode deskriptif kuantitatif yaitu tentang data yang dikumpuklkan dan dinyatakan dalam bentuk angka-angka, meskipun juga berupa data kualitatif sebagai pendukungnya, seperti kata-kata atau kalimat yang tersusun dalam angket, kalmat hasil konsultasi atau wawancara antara peneliti dan informasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dalam perhitungan metode statistic regresi sederhana linear diperoleh ilai koefisien korelasi multipel (R) sebesar ,777 yng artinya terdapat hubungan  yang  moderat  antara  labelisasi  halal  dengan  keputusan  pembelian  konsume.  Nilai  koefisien determinasi  (R2)  diperoleh  ,603  yang  artinya  labelisasi  halal  hanya  menjelaskan  60,3%  dari  keputusan pembelian konsumen. Semua variabel penelitian memeiliki tingkat signifikasi diatas tingkat signifikasi yang digunakan dalam penelitian yaitu () 0,05. Dengan demikian disimpulkan bahwa labelisasi halal memiliki pengaruh yang kuat terhadap keputusan pembelian konsumen. Kata kunci : Labelisasi Halal; Keputusan Pembelian Daftar PustakaAmrullah Fakhiran, http:/www.aneka-skripsi,Ekonomi syariah blogspot.com.akses tanggal 25oktober 2015 Assae Henry, Consumer Behavior and Marketing Action Engel James F et,al., Consumer Behavior,8th edition orlando florida USA : The Dryden Press Harcourt college Publisher,1995 Erlandohttp:// www.republika.co.id. Tanggal akses 25 oktober Ghozali Imam, Aflikasi Analisi Multivariatedengan Program SPSS, (Ed. III;Semarang Badan Universitas Ponegoro, 2005 http://ilmiahmanajemen.blogspot.co.id/2009/10/.Akses tanggal 25 oktober 2015 http://www.ilmu pengetahuana lam.com.  Akses tanggal 25 oktober 2015Indriantoro Nur dan Bambang Supomo,Metodologi Penelitian Bisnis,Yogyakarta: BPFE,1999 Kotler Philip, Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Control,12th edition, New jersey: prentice-Hall International Inc.,2008Kotler Philip, Manajemen pemasaran di Idonesia,  Jakarta: salemba Empat; 1999 Mannan Abdul, Teori dan Perilaku Ekonomi Islam. Yogyakarta. PT. Dana Bakti Wakaf Mangkunegara, Perilaku Konsumen, Ed. Revisi, Cet.2.Refika Aditama, ( Bandung 2009),h.3 Peter J. Paul & jerry l. Olsonconsumer Behavior,judul asli Consumer behavior and Marketing Strategy, Terj. Damos Sihombing, Perilaku Konsumen dan strategi Pemasaran,Jakarta:Penerbit Erlangga,1999Pirmantoro                             Joko,http://jokofirmantoro.blogspot.co.id/2013/06/regresi-linier- sederhana.html?m=1, diakses tnggl. 14 januari 2016.Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode penelitian pendidikan, Bandung : Remaja Rosda Karyan, 2006   
LAYANAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH MANDIRI KOTA PALOPO .... .....
Journal Of Institution And Sharia Finance Vol 3, No 1 (2020): JUNI
Publisher : Program Studi Perbankan Syariah, IAIN Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (523.282 KB) | DOI: 10.24256/joins.v3i1.1441

Abstract

Abstract: This study is to analyze the services provided by Bank Syariah Mandiri and its effects on customer loyalty. The type of research used is field research, by examining directly on the object, namely Bank Syariah Mandiri customers in Palopo City. This research uses quantitative research type, the population in this study are customers of Bank Syariah Mandiri in Palopo City amount to 3,600 people, with a sample of 100 people drawn questionnaires. The technique used in sampling is the technique (probability sampling) simple random sampling (random sample). The instrument used was a questionnaire (questionnaire) with 23 items presented in the form of a Likert scale. The results of research and data processing obtained are the independent variable X1 (physical form) significantly influencing the variable Y (Customer Loyalty) while the other four independent variables namely X2 (Empaty), X3 (Reliability), X4 (Responsiveness), X5 (Guarantee ) does not significantly influence the variable Y (Customer Loyalty), this is evidenced by using the t test in which the physical appearance variable has a t count of 3,847 greater than the t value of the table 2,627, while all four variables have a t count of empathy 0,465, reliability 0,648, responsiveness 2.155, and the guarantee 0.166 is not greater than the value of t table 2.627. While simultaneously the independent variables, X1 (Physical Existence), X2 (Empaty), X3 (Reliability), X4 (Responsiveness) and X5 (Guarantee) significantly influence the dependent variable Y (Customer Loyalty), this is evidenced by using the f test where the physical appearance variable, empathy, reliability, responsiveness and guarantee have f count 5.217 greater than f table 1.93.Keywords: Service, Customer Loyalty, Islamic BanksAbstrak: Penelitian ini untuk menganalisis layanan yang diberikan oleh Bank Syariah Mandiri dan pengaruhnya terhadap loyalitas nasabah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan, dengan meneliti langsung pada objek, yaitu nasabah Bank Syariah Mandiri Kota Palopo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian adalah nasabah Bank Syariah Mandiri Kota Palopo berjumlah 3.600 orang, dengan penarikan sampel 100 orang yang diberikan angket. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik (probability sampling) pengambilan sampel acak sederhana (random sample). Instrumen yang digunakan adalah angket (kuesioner) dengan 23 butir pernyataan yang disajikan dalam bentuk skala likert. Hasil penelitian dan pengolahan data yang diperoleh adalah variabel bebas X1 (Wujud fisik) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Y (Loyalitas Nasabah) sedangkan empat variabel bebas lainnya yaitu X2 (Empaty), X3 (Keandalan), X4 (Daya Tanggap), X5 (Jaminan) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variable Y (Loyalitas Nasabah), ini dibuktikan dengan menggunakan uji t dimana variabel wujud fisik mempunyai t hitung 3,847 lebih besar dari nilai t tabel 2,627, sedangkan keempat variabel tersebut mempunyai t hitung empati 0,465, keandalan 0,648, daya tanggap 2,155, dan jaminan 0,166 tidak lebih besar dari nilai t tabel 2,627. Sedangkan secara simultan variabel bebas, X1 (Wujud Fisik), X2 (Empaty), X3 (Keandalan), X4 (Daya Tanggap) dan X5 (Jaminan) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat Y (Loyalitas Nasabah), ini dibuktikan dengan menggunakan uji f dimana variabel wujud fisik, empati, keandalan, daya tanggap dan jaminan mempunyai f hitung 5,217 lebih besar dari f tabel 1.93.Kata Kunci: Layanan, Loyalitas Nasabah, Bank SyariahDAFTAR PUSTAKA Arikonto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, Jakarta, PT. Rineka cipta, 1998. Arikonto Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rieneka Cipta 2000. Abdullah,  Ruslan  &  Kamal,  Fasiha,  Pengantar  Islamic  Economics,  Makasar  :Lumbung Informasi Pendidikan LIPa, 2013. Bungin M. Burhan, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta, Prenada Media, 2005 Huryati, Ratih, Bauran  Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Bandung : Alfabeta, 2010. Hasan, Zubairi, Undang-Undang Perbankan Syariah, Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada,2009. Ismail, Perbankan Syariah, Jakarta:Kencana, 2011. Irawan, Handi, 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan, Jakarta :PT. Elex Media Kompotindo, 2002. Kadir, Hasrida, “Pengaruh Pelayanan Customer Service Terhadap Loyalitas nasabah pada Bank Syariah Mandiri Cabang Kota Palopo”, skripsi,STAIN Palopo 2014. Kotler, Philip, Lane Keller, Kevin, Manajemen Pemasaran, Person Education/ PT. Indeks 2006/ 2007. Lupiyoudi, Rambat & Hamdani, A., Manajemen Pemaasaran Jasa, Jakarta : Salemba Empat, 2006. Paulus Lilik, Kristianto, Psikologi Pemasaran, Yogyakarta CAPS 2011. Sunarno, Ariyanti, Pengaruh kualitas pelayanan frontliner terhadap loyalitas nasabah pada Bank BTN Syariah Cabang Bandung, Skripsi, UI Bandung 2011. Sumar’in, Konsep Kelembagaan Bank Syariah, Yogyakarta, Graha Ilmu, 2012. S Nasution. Metode Research, Cet. I; Jakarta: Bumi Aksara, 2003.Saputra, anwar Lyndon, Raving Fans Menciptakan Pelanggan Fanatik, ken Blanchard & Sheldon bowles batam cantre, 2003.Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Bandung, Alfabet, 2008. Sulaiman Wahid, Analisis Regresi Menggunakan SPSS Contoh Kasus dan Pemecahannya, Yogyakarta, Andi Offset, 2014.Wijayanti,  Nina,  “Faktor-faktor  yang  mempengaruhi  loyalitas  nasabah PT.  Bank Rakyat Indonesia TBK”, Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2010.
ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PT BANK BRI SYARIAH MENGGUNAKAN LAPORAN LABA RUGI DAN NILAI TAMBAH ..... .....
Journal Of Institution And Sharia Finance Vol 3, No 1 (2020): JUNI
Publisher : Program Studi Perbankan Syariah, IAIN Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.171 KB) | DOI: 10.24256/joins.v3i1.1446

Abstract

Abstract: This study is entitled "Comparative analysis of financial performance of PT. Bank BRISyariah uses the income statement and value added "with the aim of finding out how the financial performance of BRI Syariah Bank is based on the added value and income statement. While the research method used in this study is a qualitative descriptive method and will later describe the financial performance condition of BRI Syariah Bank. This study concludes that the financial performance of BRI Syariah Bank in the period 2013 to the period 2014 experienced a significant decline, while in the following period it experienced a significant  increase.Keywords: Financial performance, value added, income statement. Abstrak: Penelitian ini berjudul “Analisis perbandingan kinerja keuangan PT. Bank BRISyariah menggunakan laporan laba rugi dan nilai tambah” dengan bertujuan untuk mencari tahu bagaiaman kinerja keuangan Bank BRI Syariah berdasarkan nilai tambah dan laporan laba rugi. Sedangkan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan nantinya akan menggambarkan kondisi kinerja keuangan Bank BRI Syariah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kinerja keuangan Bank BRI Syariah pada periode 2013 ke periode2014 mengalami penurunan yang signifikan, sedangkan pada periode berikutnya mengalami kenaikan yang signifikan.Kata kunci: Kinerja keuangan, nilai tambah, laporan laba rugi.DAFTAR PUSTAKA Abdul Karim, Adiwarman, Bank Islam “Analisis Fiqih dan Keuangan”, Edisi III: Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada,2008. Damastuti, Isnaini Endah, Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Syariah Dengan Menggunakan Income Statement Approach dan Value Added statement Approach, Semarang: Skripsi, 2010. Ghosali,  Imam,Aplikasi  Analisis  Multivariate  Dengan  Program  Spss,  Semarang:  Undip2005. Harahap, Sofyan Safri, Menuju Perumusan Teori Akuntansi Islam, Jakarta: Pustaka Quantum,2006 http://brisyariah.co.id http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/26406/4/Chapter%20II.pdfMulawarman,  Aji Dedi. Akuntansi syariah, Teory, Konsep dan Laporan Keuangan, Jakarta, Publishing Company,2009 Muthaher, Osmad. Akuntansi Perbankan Syariah, Cet.I; Yogyakarta, Graha Ilmu, 2012 Nurhayati, Sri dan Wasilah, Akuntansi Syariah di Indonesia, Cet.II; Jakarta: Salemba Empat,2008 Reza, M. Amrullah Putra Tara, Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perbankan Syariah Menggunakan Pendekatan Laba Rugi (Income Statement) dan Nilai Tambah (Value Added Statement), Semarang: Skripsi, 2014. oemitra,  Andri,  M.A,  Bank  dan  Lembaga  Keuangan  Syariah,  Edisi  I,  Cet.II;  Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010 Sugiono,  Metode  Penelitian  Kuantitatif,  Kualitatif,  dan  Kombinasi  (Mixed  Methods), Bandung: Alfabeta CV. Suwanto,  Perbandingan  Kinerja  Keuangan  Bank  Syariah  dengan  Pendekatan  IncomeStatement Approach dan Value Added Approach, Semarang: Journal, 2011. Triyuwono,  Iwan,  Respektif  Metodologi  dan  Teori  Akuntansi  Syariah,  Jakarta:  PT. RayaGrafindo Persada, 2006. Usman, Rachmadi, Aspek Hukum Perbankan Syariah Di Indonesia, Jakarta: Sinar Grafika,2012.
ANALISIS IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP GOOD CORPERATE GOVERNANCE (CCG) TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT DAN KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA PALOPO .... .....
Journal Of Institution And Sharia Finance Vol 3, No 1 (2020): JUNI
Publisher : Program Studi Perbankan Syariah, IAIN Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (638.057 KB) | DOI: 10.24256/joins.v3i1.1442

Abstract

Abstract: The main problem of this research is how is the implementation of the principles of Good Corporate Governance (GCG) towards public perceptions and financial performance in Palopo Municipal Water Company (PDAM)? The sub-points of the problem are: 1. How is the implementation of GCG principles in PDAM Palopo City? 2. What is the community perception of PDAM Palopo City? 3. What is the financial performance of PDAM Palopo City? 4. How is the relationship of GCG principles implementation to financial performance in PDAM Palopo City. This study aims to: a. To find out the implementation of GCG principles in PDAM Palopo City, b. To find out the public perception of PDAM Palopo City, c. To find out the financial performance in PDAM Palopo City, d. To find out the relationship of GCG principles implementation to financial performance in PDAM Palopo City. The data source used in this study is primary data obtained directly from the research object as the source of information sought in this case comes from the PDAM Palopo City office and secondary data through library research related to the title of the research and data collection through interviews , observation, documentation, triangulation, questionnaire. The approach used is a case study approach. Analysis of balanced qualitative and quantitative data in a balanced manner (Concurrent Trianggulation). The results showed that: 1) The implementation of GCG principles in 2010-2012 (pre) in PDAMs went well with a percentage of 49.74% and after the implementation of GCG in 2012-2014, the application was very good with a percentage of 53.57%. 2) Public perception of PDAM Palopo City is classified as good with a percentage of 50.27%. 3) Financial performance in Palopo City PDAM is classified as less by obtaining a value from the financial aspect 45, due to the decline in profitability indicators every year such as NPM, ROA and ROE. 4) The application of GCG does not have a strong relationship to financial performance because the low positive relationship of pre and post GCG implementation in PDAMs only strengthens in the administration section, while in financial performance is not in line.Keywords: Good Corporate Governance, Community Perception, Financial Performance.  Abstrak: Permasalahan pokok penelitian ini adalah bagaimana implementasi prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) terhadap persepsi masyarakat dan kinerja keuangan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Palopo? Adapun sub pokok masalahnya yaitu: 1. Bagaimana implementasi prinsip-prinsip GCG di PDAM Kota Palopo? 2. Bagaimana persepsi masyarakat terhadap PDAM Kota Palopo? 3. Bagaimana kinerja keuangan di PDAM Kota Palopo? 4. Bagaimana hubungan dari implemantasi prinsip-prinsip GCG terhadap kinerja keuangan di PDAM Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan: a. Untuk mengetahui implementasi prinsip- prinsip GCG di PDAM Kota Palopo, b. Untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap PDAM Kota Palopo, c. Untuk mengetahui kinerja keuangan di PDAM Kota Palopo, d. Untuk mengetahui hubungan dari implementasi prinsip-prinsip GCG terhadap kinerja keuangan di PDAM Kota Palopo. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari objek penelitian sebagai sumber informasi yang dicari dalam hal ini berasal dari kantor PDAM Kota Palopo dan data sekunder melalui studi pustaka (library research) berkaitan dengan judul penelitian serta pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, trianggulasi, kuesioner. Adapun pendekatan yang  digunakan adalah pendekatan studi  kasus. Analisis data campuran kualitatif dan kuatitatif secara seimbang (Concurrent Trianggulation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Implemtasi prinsip-prinsip GCG tahun 2010-2012 (pra) di PDAM berjalan baik dengan persentase 49,74% dan sesudah penerapan GCG di tahun 2012-2014, penerapannya sangat baik dengan persentase 53,57%. 2) Persepsi masyarakat terhadap PDAM Kota Palopo adalah tergolong baik dengan persentase 50,27%. 3) Kinerja keuangan di PDAM Kota Palopo tergolong kurang dengan memperoleh nilai dari aspek keuangan 45, disebabkan penurunan setiap tahunnya indikator profitabilitas seperti NPM,ROA dan ROE.4) Penerapan GCG tidak memiliki hubungan yang kuat terhadap kinerja keuangan dikarenakan hubungan positif rendah dari pra dan pasca implementasi GCG di PDAM hanya memperkuat di bagian administrasi, sedangkan di kinerja keuangan tidak sejalan.Kata Kunci : Good Corporate Governance, Persepsi Masyarakat, Kinerja Keuangan.DAFTAR PUSTAKAAdi Nugroho, Faisal, Analisis pengaruh Corporate Social Responbility dan karakteristik Good Corporate Governance tehadap kinerja Perusahaan (Studi empiris pada perusahaan manufaktur di BEI tahun 2012), Skripsi, Universitas diponegoro Semarang, 2014.Anton, Analisis Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan, Universitas AKI, vol 3. nomor 1, 2012.Aplikasi Kamus Besar Bahasa Indonesia, http://www.yufid.orgAriani Dian, Persepsi masyarakat umum terhadap Bank Syariah di Medan, Tesis, UniversitasSumatera Utara, 2007.Ayu Lestari, Tiara, Pengaruh Efektivitas Pengendalian Intern Terhadap Penerapan Prinsip- Prinsip Good Corporate Governance, Jurnal Akutansi, Universitas Komputer Indonesia, 2014.Departemen Agama RI, Al-Hikmah Al-Qur’an Dan Terjemahnnya, Bandung: Diponegoro,2015.Efendi, Muh. Arief, The power of Good Corporate Governance: Teori dan implementasi, Jakarta: Salemba Empat, 2009.Fajaruddin,  Ahmad,     Implementasi  GCG  dalam     Perspektif     Islam  (Studi  Kasus  di RS.’Aisyiyah Bojonegoro), Jurnal Hukum dan Ekonomi Islam, Institut Studi Islam Darussalam Gontor, 2014.Harian      Medan      Bisnis,”Good      and      Clean      Governance,”      03      Juni      2015.http://mdn.biz.id/n/167128/ (24 Agustus 2016)Kaihatu, Thomas S., Good Corporate Governance dan Penerapannya di Indonesia, JurnalManajemen dan Kewirausahaan, Universitas Kristen Petra Surabaya. vol 8. nomor 1,2006.Kementerian BUMN, Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara tentang Penerapan  Tata  Kelola  Perusahaan  yang  Baik  (Good  Corporate  Governance), nomor. PER-01/MB/2011.Kementerian Dalam Negeri, Keputusan Menteri Dalam Negeri tentang Pedoman KinerjaPerusahaan Daerah Air Minum, Nomor 47 Tahun 1999.Komite  Nasional  Kebijakan  Governance,  Pedoman  Umum  Good  Corporate  GovernanceIndonesia, https://www.knkg-indonesia.com 2015.Monisa Wati, Like, Pengaruh Praktek Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan  Perusahaan  di  Bursa  Efek  Indonesia,  Jurnal  Manajemen,  Universitas Negeri Padang. vol 1. nomor 1, 2012.Nazir, Moh., Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia, 2005.Nuryanto,      Yahya      “Dasar      Kinerja      Keuangan,”      Blog      Yahya      Nuryanto.http://yanurto.blogspot.co.id/2010/12/dasar-kinerja-keuangan.html, 2015.Okkyrianto, Rico, Pengaruh Good Corporate Governance terhadap kinerja keuangan perusahaan,  Jurnal  Ekonomi  dan  Bisnis,  Universitas  Brawijaya  Malang.  vol  2. Nomor 2, 2014.Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (Makalah, Skripsi, dan Tesis), STAIN Palopo, 2012. Purwana Harahap, Rinto, Analisis hukum   penerapan Tata kelola Perusahaan Yang Baik(Good Corporate Governance) pada Badan Usaha Milik Daerah (studi pada PT. Perkebunan Sumatera Utara), Skripsi, Universitas Sumatera Utara, 2011.
PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DALAM ISLAM (STUDI PADA PT BOSOWA BERLIAN MOTOR KOTA PALOPO) .... ......
Journal Of Institution And Sharia Finance Vol 3, No 1 (2020): JUNI
Publisher : Program Studi Perbankan Syariah, IAIN Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.859 KB) | DOI: 10.24256/joins.v3i1.1447

Abstract

Abstract: In this study the formulation of the problem is is there an influence of work motivation on performanceemployees in Islam, simultaneously and partially on the performance of employees at PT. Bosowa Berlian Motor Palopo City. The hypothesis proposed there is the effect of work motivation simultaneously and partially on employee performance at PT. Bosowa Berlian Motor Palopo City. This study aims to determine the effect of work motivation on employee performance at PT Bosowa Berlian Motor. This study uses a direct survey method to the company by going directly to the field accompanied by distributing questionnaires that have been prepared. And the analytical method used in this study is simple regression analysis. The sampling technique used is saturated sampling technique, which is the technique of determining the sample when all members of the population are used samples. this is often done if the population is relatively small, less than 30 (thirty) people. The population used is 26 employees. Based on the results of this study motivation has a significant effect on employee performance at PT Bosowa Berlian Motor, indicated by a significant value of p = 0.012 less than α = 0.05 (0.012 <0.05) with a regression coefficient amounted to 0.490. In connection with the results of hypothesis testing, the results of this study indicate the influence of work motivation and work ability both simultaneously and partially. The influence arising from the results of the study shows a positive direction, which means that better work motivation and good work skills will improve employee performance. Motivation to work in Islam solely expects the blessing of Allah SWT, by giving thanks, giving thanks for the blessings that have been given, and doing pious practices, Motivation works to get pious practices in the world. working in Islam is only pursuing "worldly bonuses" but also as a pious practice of humans to go to eternity.Keywords: Work motivation; Employee performance Abstrak: Dalam  penelitian  ini  rumusan  masalah  adalah  adakah  pengaruh  motivasi  kerja  terhadap  kinerjakaryawan dalam Islam, secara simultan dan parsial terhadap kinerja karyawan pada PT. Bosowa Berlian Motor Kota Palopo. Hipotesis yang diajukan ada pengaruh motivasi kerja secara simultan dan parsial terhadap kinerja karyawan pada PT. Bosowa Berlian Motor Kota Palopo.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Bosowa Berlian Motor. Penelitian ini menggunakan metode survey langsung ke perusahaan melalui cara mendatangi langsung ke lapangan dengan disertai menyebarkan kuesioner yang telah disusun. Dan Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yakni analisis regresi sederhana, Adapun teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sampel. hal ini sering dilakukan bila jumlah populasi relatif kecil, kurang dari 30 (tiga puluh) orang. Jumlah populasi yang digunakan sebanyak 26 karyawan.. Berdasarkan hasil penelitian ini motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT Bosowa Berlian Motor, ditunjukkan dengan nilai signifikan p=0,012 lebih kecil dari α =0,05 (0,012<0,05) dengan koefisien regresi sebesar  0,490.  Berkaitan  dengan  hasil  pengujian  hipotesis,  maka  hasil  penelitian  ini  menunjukan adanya pengaruh dari motivasi kerja dan kemampuan kerja baik secara serempak maupun secara parsial. Pengaruh yang ditimbulkan dari hasil penelitian menunjukan arah yang positif , yang berarti bahwa motivasi kerja yang lebih baik dan adanya kemampuan kerja yang baik akan meningkatkan kinerja karyawan. Motivasi kerja dalam islam semata-mata mengharapkan ridho dari Allah SWT, dengan cara berusha, mensyukuri nikmat yang telah diberikan, dan melakukan amalan-amalan shaleh, Motivasi bekerja untuk mendapatkan amalan saleh di dunia. bekerja dalam Islam itu hanya mengejar “bonus duniawi” namun juga sebagai amalan saleh manusia untuk menuju kepada kekekalan.Kata Kunci: Motivasi kerja; Kinerja Karyawan Daftar Pustaka Arikuntono Suharsimi, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, PT. Rineka, Cipta Jakarta:2011 Departemen Agama RI,  Al-Qur’an daqn Terjemahannya  Jakarta: CV, DIponegoro, 2005 Mahmud  Hilal,  Model  Pengembangan  Kinerja  Guru  Pada  Sma  Negri  Di  Kota  Palopo, Pascasarjana Uin Alauddin Makassar: 2015), h. 53Mifta Thoha, PerilakuOrganisasi, Konsep Dasar Dan Aplikasinya, Ed, 1.Cet. 23, Jakarta : Rajawali Pers, 2014Mursi Abdul Hamid, SDM Yang Produktif, “Pendekatan AL-QUR’AN dan Sains”, Cet.1, Jakarta: Gema Insani Press Musliani, Hubungan Motivasi Kerja dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja karyawan PT. Citra Sarana Sejahtera Palopo, Skripsi Program Studi Ekonomi Islam Jurusan Syariah STAIN : Palopo, 2013 Nanasudjana, Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah Makalah-Skripsi-disertasi, Bandung: Sinar Baru Argasindo, 2007 Nasution S, Metode Research, Jakarta: bumi aksara, 2001 Pramandhika  Ananto,  Motivasi  Kerja  Dalam  Islam,  Studi  Kasus  pada  Guru  TPQ  di Kecamatan Semarang Selatan, Semarang: 2011 Setiadi Nugroho J., Perilaku Konsumen konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran,cet. Pertama, Jakarta: kencana, ed. 1, 2003Sule Erni Tisnawati dan Kurniawan Saefullah, Pengantar Manajemen, Ed. 1, Cet. 1; Jakarta: kencana, 2005 Sugiono, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta, 2005 Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan pengembangan Bahasa. Kamus Besar Bahas Indosnesia, Cet. 9, Jakarta Balai Pustaka 1997 Tim Penyusun, Pedoman Penyusunan Skripsi, Tulungagung: IAIN Tulungagung, 2014 wibowo, Manajemen kinerja, Ed,3-5, Jakarta, Rajawali Pers: 2011Wirawan, Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia, Jakarta, Salemba empat
ANALISIS KEGIATAN EKONOMI ATAS HAK CIPTA DALAM EKONOMI ISLAM .... ......
Journal Of Institution And Sharia Finance Vol 3, No 1 (2020): JUNI
Publisher : Program Studi Perbankan Syariah, IAIN Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.442 KB) | DOI: 10.24256/joins.v3i1.1443

Abstract

Abstract: The existence of sharia provisions and protection of the Law on copyright provides adequate legal protection, of course so that the ability of intellectual rights, creativity, or community expertise can grow in line with a fair business competition climate. Copyright can be justified by Islamic Economics in terms of distributive justice. Consideration of fairness is a strong reason to support copyright. Fair that the inventor gets a reward for providing services to the community. Conversely, it would be unfair if others become "stowaways" at the expense of others who have tried to do research and new discoveries. Incentives also need to be given to the inventor because without him the development of art, science and technology would not be possible. Because the freedom that an inventor has is invaluable capital for the progress of society. Therefore, protection for what he found was appropriate given by the community.Keywords: Copyright, Islamic Economics Abstrak: Adanya ketentuan syariah dan perlindungan Undang-undang tentang hak cipta memberikan perlindungan hukum yang memadai, tentunya supaya kemampuan hak intelektual, kreativitas, atau keahlian masyarakat dapat tumbuh sejalan dengan iklim persaingan usaha yang sehat. Hak cipta dapat dibenarkan oleh Ekonomi Islam dari segi keadilan distributif. Pertimbangan mengenai keadilan merupakan alasan yang kuat untuk mendukung hak cipta. Adil bahwa penemu mendapatkan reward karena memberikan layanan bagi masyarakat. Sebaliknya, akan menjadi tidak adil jika orang lain menjadi “penumpang gelap” atas biaya orang lain yang telah berusaha melakukan penelitian dan penemuan baru. Insentif juga perlu diberikan kepada penemu karena tanpa dia tidak mungkin terjadi perkembangan seni, ilmu dan teknologi. Karena kebebasan yang dimiliki seorang penemu merupakan modal yang yang tak ternilai bagi kemajuan masyarakat. Oleh karena itu, perlindungan atas apa yang ia temukan pantas diberikan oleh masyarakat.Kata kunci: Hak Cipta, Ekonomi IslamDAFTAR PUSTAKAal-Duraini, Fathi. Haqq al-Ibtikar fi al-Fiqh al-Islami al-Muqaran, Bairut: Mu`assasah al-Risalah, 1984al-Zuhaili, Wahbah. al-Fiqh al-Islami wa Adilllatuhu, juz 4, Bairut: Dar al-Fikr al-Mu`ashir, 1998Badrulzaman, Mariam Darus. Mencari Sistem Hukum Benda Nasional, Bandung: BPHN-Alumni, 1983Damian, Eddy. Hukum Hak Cipta, Bandung: Penerbit Alumni, 2002Dewantara, Ki Hajar. Kebudayaan, (Jogjakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa, 1967Fauzan, Ahmad. Perlindungan Hukum Hak Kekayaan Intelektual, Bandung, CV Yama Widya, 2004Muhammad, Abdul Kadir. Kajian Hukum Ekonomi Hak Kekayaan Intelektual, Bandung: PT. Citra Bakti, 2001Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1996Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI), Ekonomi Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008R. Tjitrosudibio, dan R. Subekti Kitab Undang-undang Hukum Perdata, Jakarta: Pradnya Paramita, 1982Simatupang, Richard Burton. Aspek Hukum dalam Bisnis, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003Sofwan, Sri Soedawi dan Masjchoen. Hukum Perdata: Hukum Benda, Yogyakarta: Liberty, 1981Subekti, Pokok-Pokok Perdata, Jakarta: PT. Intermasa, 1980Tunggal, Hadi Setia. Undang-Undang Hak Cipta (UU No. 19 Tahun 2002), Jakarta: Harvindo, 2003Undang-Undang Hak Cipta No. 19 Tahun 2002 
PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK SYARIAH PADA BANK SYARIAH MANDIRI KOTA PALOPO ... .....
Journal Of Institution And Sharia Finance Vol 3, No 1 (2020): JUNI
Publisher : Program Studi Perbankan Syariah, IAIN Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (522.707 KB) | DOI: 10.24256/joins.v3i1.1448

Abstract

Abstract: This study discusses the effect of marketing strategies on customer satisfaction of Islamic Banks at Bank Syariah Mandiri Palopo Branch. The focus of the study discussion lies in the influence of marketing strategies and customer satisfaction in Bank Syariah Mandiri Palopo Branch. In this study using field research, by examining directly on the object, namely customers of Bank Syariah Mandiri Palopo branch. This research uses quantitative research type, the population in this study are customers of Bank Syariah Mandiri in Palopo branch totaling 3600 people, with a sample of 50 people given questionnaires. The technique used in sampling is a technique (probability sampling) simple random sampling (random sample). The instrument used was a questionnaire (questionnaire) with 23 statements presented in the form of a Likert scale. Based on the results of the research that has been carried out, it can be seen that the marketing strategy applied at the Bank Syariah Mandiri in the Palopo Branch has a positive and significant effect on customer satisfaction with value. the value of t-count (3,432) is greater than the value of t-table (1,660). The influence of marketing strategy on customer satisfaction at Bank Syariah Mandiri Branch Palopo 0.895. Customer satisfaction at Bank Syariah Mandiri before an increase in marketing strategy was 36,639 when the marketing strategy was increased by 1 point, satisfaction increased by 0.895.Keywords: Marketing Strategy, Customer Satisfaction. Abstrak: Penelitian ini membahas mengenai Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah pada Bank Syariah Mandiri Cabang Palopo. Fokus kajian pembahasan yaitu terletak pada pengaruh strategi pemasaran dan kepuasan nasabah di Bank Syariah Mandiri Cabang Palopo.Dalam penelitian ini menggunakan penelitian lapangan,  dengan  meneliti  langsung  pada  objek,  yaitu  nasabah  Bank  Syariah Mandiri cabang Palopo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Mandiri cabang Palopo berjumlah 3600 orang, dengan penarikan sampel 50 orang yang diberikan angket. Tehnik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah tehnik (probability sampling) pengambilan sampel acak sederhana (random sample). Instrumen yang digunakan adalah angket (kuesioner) dengan 23 butir pernyataan yang disajikan dalam bentuk skala likert.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa strategi pemasaran yang diterapkan di Bank Syariah Mandiri Cabang Palopo mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai yang diperoleh nilai thitung (3,432) lebih besar dari nilai ttabel (1,660). Besar pengaruh yang ditimbulkan strategi pemasaran terhadap kepuasan nasabah di Bank Syariah Mandiri Cabang Palopo 0,895. Kepuasan nasabah pada Bank Syariah Mandiri sebelum adanya peningkatan strategi pemasaran adalah sebesar 36,639 ketika strategi pemasaran ditingkatkan 1 poin maka kepuasan bertambah 0,895.Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Kepuasan Nasabah.Daftar Pustaka‘Uwaidah, Kamil Muhammad, Fiqih Wanita, Cet. V, Jakarta: Timur: Pustaka Al-Kautsar, 2000.Abu Zahrah, Muhammad, Ushul Fiqh, Jakarta: PT. Pustaka Firdaus, 1994Ahmad,  Imam bin Hambal, Musnad Imam Ahmad bin Hambali, juz IV. Beirut: Dãr Ibn Katsir. 1993.al-Aziz,Saifullah, Fiqhi Islam, Surabaya: Terbit Terang, 1996.al-Husaini, Taqiyuddin Abi Bakri bin Muhammad, Kifayatul Akhyar,   Surabaya: Dãrl Kitab Islami, t.th.al-Kahlani, Muhammad Ismail, Subulus-salam, Bandung: Dahlan, t.th.al-Qurtubi, Abu Walid Muhammad bin Ahmad Rasyid, Bidayah al-Mujtahid,Semarang: Toha Putra, t.th.Aminata, Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Daun Ubi Jalar Sebagai Pakan Babi di Kelurahan Bosso Kecamatan Walenrang Utara, Skripsi, 2013Anonim, Fikih Perniagaan | Klikuk.Com | Titian IlmuPenyejuk Qalbu (5 Desember 2013)Asnawi, Haris Faulidi, Transaksi Bisnis E-Commerce Perspektif Islam, (Yogyakarta: Magistra Insania Press, 2004Buhari, Imam  Shahih Bukhari, Book 34, Hadith 1, Vol. 3, Book 34 http://sunnah.com/bukhari/34Bukhari, Imam, Shahih Bukhari, (Juz. I, Singapura: Maktabah Sulaiman Mar’iy, tth.  Bukhori, Imam, Shahih al Bukhari, Juz 3, Beirut-Libanon: Dãr Al- Kutub Al-Ilmiyah, t.th.Departemen Agama RI, al-Qur’an dan Terjemahnya, Semarang: Toha Putra, 1989Gemala Dewi, et.al., Hukum Perikatan Islam di Indonesia, Jakarta: Prenada Media, 2005Haroen, Nasrun, Fiqhi Muamalah, Jakarta: Gaya Media Pratama, 2000Hasyimi, Muhammad, Fiqhi 4 Mazhab, (Bandung: Sinar Baru Argesindo, 1999.Lubis, Suhrawardi K., Hukum Ekonomi Islam, Jakarta: Sinar Grafika, 2000Mas’adi, Gufran A., Fiqhi Muamalah Kontekstual, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002.Mas’ud, Ibnu  dan Zainal Abidin, Fiqhi Mazhab Syafi’i, Bandung: Dipo-negoro, 2007Rasyid, Sulaiman, Fiqhi Islam, Cet. 22, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 1989.Sabiq, Sayyid, alih bahasa oleh Kamaluddin A. Marzuki dkk. Fiqhi Sunnah Jil. 12 , Bandung: Alma’arif, 1996.Sabiq, Sayyid, Fiqhi as-Sunnah, Jil. III, Libanon: Dãrl Fikr, t.th.Syafei, Rachmat, Fiqhi Muamalah, Bandung: Pustaka Setia, 2001.Ya’qub, Hamzah, Kode Etik Dagang Menurut Islam; Pola Pembinaan Hidup dalam Berekonom), Bandung: CV. Diponegoro, 1992Yahya, Mukhtar, Dasar-Dasar Pembinaan Hukum Islami,  Bandung: PT. Al-Ma’arif, 1986                    

Page 1 of 1 | Total Record : 10