cover
Contact Name
Ismail Sangkala
Contact Email
ismail@unismuh.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
ismail@unismuh.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
JKIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
ISSN : 23560347     EISSN : 26157209     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
JKIP adalah Jurnal kependidikan dan keguruan yang telah mendapat beberapa indeksasi nasional dan internasional. Tema yang diangkat adalah kesusasteraan, seni, bahasa (Indonesia dan Inggris), sosiologi, kewarganegaraan, fisika, matematika, biologi, anak usia dini, teknologi pendidikan, guru sekolah dasar.
Arjuna Subject : -
Articles 91 Documents
PENERAPAN MODEL CURAH GAGASAN (BRAINSTORMING) DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII A SMPN 1 TANETE RILAU KAB. BARRU Dewi, Anita Candra; Arianti, Isnani
JKIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Vol 3 No 1 (2016): JKIP
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7.602 KB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Curah Gagasan (Brainstorming) dalam Meningkatkan Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas VIIA SMPN 1 Tanete Rilau Kab. Barru. Tujuan umum dari penelitian ini adalah membantu para guru untuk lebih banyak mengembangkan model-model pembelajaran yang inovatif dan aktif sehingga output yang dihasilkan memiliki kompetensi yang sangat baik. Adapun tujuan khusus dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar menulis karangan deskripsi siswa kelas VIIA SMPN 1 Tanete Rilau Kab. Barru melalui model pembelajaran curah gagasan (brainstorming). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMPN 1 Tanete Rilau Kab. Barru sebanyak 40 orang. Data penelitian ini berupa hasil pengamatan berdasarkan temuan-temuan di lapangan, hasil observasi, catatan lapangan, pelaksanaan menulis karangan deskripsi, dan dokumentasi. Adapun sumber data penelitian ini disesuaikan dengan permasalahan penelitian. Pada tahap perencanaan, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah format observasi model brainstorming. Untuk pengumpulan data, menggunakan instrumen kunci dan instrumen penunjang. Instrumen kunci dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, sedangkan instrumen penunjang adalah catatan lapangan, lembar observasi, dan tes. Pengelolaan data pada penelitian ini dilakukan setelah terkumpulnya data, selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Análisis hasil siklus I menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar siswa setelah menerapkan model curah gagasan sebesar 57,5 % atau 23 siswa dari 40 siswa termasuk dalam kategori tuntas dan sebesar 42,5% atau 17 siswa dari 40 siswa termasuk dalam kategori tidak tuntas. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan pada siklus II. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa belum terjadi peningkatan secara signifikan pada siklus I dalam penerapan model curah gagasan dalam meningkatkan pembelajaran menulis karangan deskripsi siswa kelas VII A SMPN 1 Tanete Rilau Kab. Barru.
IMPROVING THE STUDENTS’ SPEAKING SKILL BY USING TASK- BASED APPROACH AT THE SECOND YEAR STUDENTS OF SMA NEGERI 2 SUNGGUMINASA KAB. GOWA Latief, Hasnawati; Muhsin, Muh. Arief
JKIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Vol 2 No 2 (2015): JKIP
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7.602 KB)

Abstract

This research aimed to find the improvement of the students’ speaking Accuracy and Fluency by using Task-based Approach at SMA Negeri 2 Sungguminasa Kab. Gowa in the 2013/2014 Academic Year. Task-based Approach was used in a Classroom Action Research (CAR). The research had been conducted in two cycles, each cycle consists of four meetings. It employed speaking test as an instrument. A number of research subjects were 37 students in class XI. The instruments were speaking test and observation. The research findings showed that Task-based Approach could improve the students’ speaking skill from cycle I to cycle II. The students’ achievement from D-Test to cycle I was 12.50%, and after finishing cycle II the students’ achievement became 16.27%. Based on the research findings, the researcher concludes that Task-based Approach gave a significant contribution in the learning process of speaking accuracy and fluency.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK AKROSTIK MELALUI METODE GALLERY OF LEARNING (GALERI BELAJAR) SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SATU ATAP PUNAGA KEC. MANGNGARABOMBANG KABUPATEN TAKALAR Ratnawati, Ratnawati
JKIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Vol 1 No 2 (2014): JKIP
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7.602 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi dengan dengan teknik akrostik pada siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Punaga Kec. Mangngarabombang Kab. Takalar. Penelitian ini bersifat deskriptif kulitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reaserch) yang terdiri dari dua siklus dimana dua siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri satu atap Punaga kec. Mangngarabombang kab. Takalar sebanyak 15 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus pertama yang tuntas secara individual dari 15 siswa hanya 2 siswa dengan persentase 6,06% yang memenuhi ketuntasan kriteria minimal (KKM) atau berada pada kategori rendah. Secara klasikal belum terpenuhi karena nilai rata-rata diperoleh sebesar 59,18%%. Sedangkan pada siklus II dimana dari 15 siswa dengan persentase 100% dan telah memenuhi KKM dan secara klasikal sudah terpenuhi yaitu nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 77,54% atau berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas, dapat disimpulkan keterampilan menulis puisi dengan teknik akrostik pada siswa kelas VIII SMP negeri satu atap Punaga kec. Mangngarabombang keb. Takalar melalui metode gallery of  learning mengalami peningkatan.
THE EFFECT OF USING PROBLEM BASED LEARNING (PBL) METHOD TOWARD STUDENTS’ SPEAKING SKILL Hamid, Sitti Maryam
JKIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Vol 1 No 2 (2014): JKIP
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7.602 KB)

Abstract

This research aimed at finding out whether or not the effect of using Problem Based Learning (PBL) method toward students’ speaking skill in term of vocabulary at the second year students of SMA Neg.1 Bantaeng. The researcher used quasi experimental research. The researcher took two classes, XI IPS 1 as a control class with 31 students, XI IPS 2 as an experimental class with 29 students. The researcher used cluster sampling technique. The research instrument was students retell interesting story or their experience to know the students’ vocabulary in speaking. The findings of this research shows that the value of t-test in the post-test is higher than t-table (2.875> 2.048). Problem Based Learning (PBL) Method improve the students’ vocabulary of experimental class in speaking English . The speaking achievement it was proved by the mean score of experimental class in pretest was 58.2 then improved to be 72.0, In control class the mean score of pre-test was 63.8, score of post-test 65.1. It means that there is improvement and effect by using problem based learning (PBL) method between experimental class and control class. Then in addition the t-test value is bigger than t-table value (2.875 >2.048). It means that there is significant difference between the students’ speaking achievement before and after using Problem Based Learning (PBL) method. From these findings, the researcher made conclusion that by using Problem Based Learning (PBL) Method can improve the students’ speaking English.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SCIENTIFIC PADA POKOK BAHASAN MATRIKS UNTUK SISWA KELAS 10 SMK Akib, Hasnani
JKIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Vol 4 No 2 (2017): JKIP
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7.602 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan perangkat dalam pembelajaran matriks yang valid, praktis, dan efektif. Produk yang dikehendaki dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran matriksi yang valid, praktis dan efektif. Produk tersebut terdiri dari 8 komponen, yaitu (1) RPP; (2) Buku peserta didik; (3) Lembar kerja peserta didik;  (4) lembar Penilaian Hasil Belajar (5) Lembar observasi aktivitas peserta didik; (6) lembar observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran; (7) angket respon peserta didik; (8) lembar validasi. Proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan modifikasi model 4-D dari Thiagarajan. Ujicoba dilakukan di SMK Negeri 2 Sidenreng Kabupaten Sidrap peserta didik kelas X TKJ. Hasil yang diperoleh pada ujicoba tersebut adalah pengembangan perangkat pembelajaran matriksi yang valid, praktis dan efektif. Sebagai implikasi yang diperoleh dari perangkat ini, disarankan: (1) kepada pendidik Matematika untuk dapat menggunakan perangkat ini pada materi matriks, (2) untuk keperluan pengembangan selanjutnya, pendidik diharapkan dapat mengembangkan sendiri perangkat pembelajaran (RPP, buku peserta didik, lembar kerja peserta didk dan lembar penilaian hasil belajar) yang disesuaikan dengan pembelajaran saintifik. Sehingga peserta didik akan lebih termotivasi dan dapat mengkonstruksi sendiri ide/ pengetahuannya sesuai dengan kurikulum 2013, (3) bagi peneliti yang berminat melakukan penelitian pengembangan perangkat agar mencermati segala kelemahan dan keterbatasan penelitian ini, sehingga penelitian yang dilakukan dapat menghasilkan perangkat yang lebih valid, praktis, dan efektif.
PENERAPAN METODE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 UNISMUH MAKASSAR Nurfadilah, Nurfadilah
JKIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Vol 5 No 2 (2018): JKIP
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7.602 KB)

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana menerapkan metode scramble untuk meningkatkan motivasi belajar fisika siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan motivasi belajar fisika siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar sebelum dan setelah diterapkan metode scramble, dan (2) mendeskripsikan apakah motivasi belajar fisika siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar mengalami peningkatan setelah diajar dengan metode scramble. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan sampel populasi penelitian yaitu siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar berjumlah 9 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-test and Post-test Group Design. Prosedur penelitian melalui tiga tahap dengan tahapan; (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan, dan (3) tahap akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar fisika siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar setelah diterapkan metode scramble dengan hasil pre-test diperoleh skor maksimal perolehan siswa 93 (71,53%) dengan skor terendah 75 (57,69%) dalam kategori tinggi, dan pada saat post-test diperoleh skor maksimal perolehan siswa 116 (89,23%) dengan skor terendah 82 (63,08%) dalam kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas X Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar dengan menerapkan metode scramble mengalami peningkatan.
METAFOR DALAM SURAT CINTA TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK KARYA HAMKA Azis, Sitti Aida
JKIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Vol 1 No 1 (2014): JKIP
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7.602 KB)

Abstract

Buku Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck ditulis Hamka, dan sengaja dipilih untuk dijadikan sebagai objek kajian, karena novel tersebut relatif banyak yang meminati yang memuat kisah perjalanan spritual dan pengembaraan pengarangnya sehingga terungkap filsafat hidupnya. Tulisan ini dapat mengungkap eksistensi Stilistika terkhusus metafora sebagai kajian ilmu, sehingga keberadaan karya sastra bukanlah sebagai tulisan tanpa makna, melainkan sebuah bidang ilmu yang lahir, ada dan bermakna. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengungkapkan metafora dalam lembaran Surat cinta Zainuddin dan Hayati dalam novel, dimana diharapkan dapat bermanfaat dalam pengembangan dan peningkatan pengetahuan ilmu sastra pada umumnya dan sosiologi sastra pada khususnya, karena hasil ini akan mendeskripsikan bahasa metafora dalam lembaran surat cinta Zainuddin dengan Hayati dalam novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. yang kelak akan dipedomani dalam mengajarkan apresiasi sastra. Jenis penelitian ini mengunakan kualitatif yang memiliki karakteristik di antaranya memiliki sifat induktif yaitu pengembangan konsep yang didasarkan atas data yang ada, mengikuti desain penelitian yang fleksibel sesuai dengan konteksnya. Data yang diperlukan bersumber novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck yang ditulis oleh Hamka dengan jumlah halaman 223, dicetak 1994 di Jakarta, percetakan  Bulan Bintang. Adapun teknik pengumpulan data dengan teknik kaji dokumen dengan tetap memperhatikan  prosedur penelitian kualitatif yang bersifat hermeneutis. Kemudian di analisis dengan teknik pemahaman (verstehen) secara mendalam menurut asas-asas lingkaran hermeneutik.
SEMIOTIK DALAM ANTOLOGI PUISI “DARI AMERIKA KE CATATAN LANGIT” KARYA DENDY SUGONO DAN ABDUL ROZAK ZAIDAN Asnidar, Anin
JKIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Vol 2 No 2 (2015): JKIP
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7.602 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komponen tanda, tingkatan tanda dan relasi antar tanda dalam antologi puisi ”Dari Amerika ke Catatan Langit”. Penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik baca, klasifikasi, dan catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi yang mencakup identifikasi, klasifikasi, analisis, interpretasi, dan konfirmasi. Data dalam penelitian ini adalah semiotik yang terdapat dalam antologi puisi “Dari Amerika ke Catatan Langit” karya Dendy Sugono dan Abdul Rozak Zaidan. Sumber data penelitian adalah buku antologi  puisi “Dari Amerika ke Catatan Langit” karya Dendy Sugono dan Abdul Rozak Zaidan. Yang di dalamnya mengandung 32 puisi. Dari 32 puisi tersebut, dipilih 5 kategori sebagai puisi terbaik yaitu (1) “Ikhlas” karya Abizai,  (2)”Lalat dalam Shalat” karya Abizai, (3) “Diakhir perjalanan” karya Awang Suaip bin Haji Abdul Wahab,(4) “Suria” Karya Hajah Shaharah binti Dato Paduka Haji Abdul Wahab  (5) “Shalat” karya Hajah Shaharah binti Dato Paduka Haji Abdul Wahab. Hasil analisis terhadap puisi dengan menggunakan pendekatan semiotik, menemukan beberapa makna, diantaranya adalah pembacaan dalam antologi puisi “Dari Amerika ke Catatan Langit.” Analisis yang dilakukan terhadap antologi puisi “Dari Amerika ke Catatan Langit” hanya menyentuh sebagian kecil wilayah pembicaraan semiotik, yakni mengungkapkan komponen tanda, tingkatan tanda, relasi antar tanda dari lima puisi yang terpilih. Dengan begitu, masih luas wilayah yang dapat dikaji oleh peneliti lain. Sebab ruang lingkup kajian semiotik terhadap puisi sangat luas.
PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK SETTING KOOPERATIF (RESIK) SISWA KELAS VII Syahri, Andi Alim
JKIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Vol 1 No 2 (2014): JKIP
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7.602 KB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk  memberikan gambaran tentang kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa dalam pembelajaran, respon siswa dalam pembelajaran, dan penguasaan matematika siswa terhadap pendekatan matematika realistik setting kooperatif (RESIK). Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII SMP Nasional Makassar  semester II Tahun Pelajaran 2012/2013 .  Seluruh siswa yang ada di kelas terpilih (kelas VII5) sebanyak 30 orang dijadikan subjek penelitian. Analisis data yang digunakan adalah analisis  deskriptif  untuk mendeskripsikan  kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, respons siswa dan penguasaan hasil belajar matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan guru mengelola pembelajaran bernilai baik dimana pembelajaran lebih banyak berpusat kepada siswa (student oriented) dan guru bertindak sebagai fasilitator, (2) aktivitas siswa  dalam pembelajaran menciptakan aktivitas berinteraksi dan semua aspek yang diamati berada dalam batas toleransi (3) keterlaksanaan perangkat pembelajaran secara umum terlaksana seluruhnya (4) siswa memberikan respons positif terhadap pendekatan matematika realistik setting kooperatif (RESIK) (5) penguasaan matematika siswa telah mencapai ketuntasan klasikal. Sebagai implikasi dari hasil penelitian ini, disarankan agar dalam pembelajaran matematika, hendaknya guru menggunakan pendekatan matematika realistik setting kooperatif (RESIK).
THE USE OF POINT COUNTERPOINT METHOD TO IMPROVE STUDENTS’ SPEAKING ABILITY Maharida, Maharida
JKIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Vol 2 No 1 (2015): JKIP
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7.602 KB)

Abstract

The objective of this research was intended to find out how the Point Counterpoint Method can improve of students’ speaking ability at XI MM I of SMK Negeri 1 Bungoro, Pangkep. The research method used a classroom action research which consisted of two cycles. Each cycle consisted of four meetings. It meant that there were eight meetings for two cycles. This classroom action research was conducted at class XI MM I of SMKN 1 Bungoro, Pangkep on 2012/2013 academic year. The subjects of the research were the students of class XI which consisted of 30 students. The instrument used speaking test. The findings of the research were the improving of the students’ pronunciation, grammar and vocabulary in speaking. The mean score of the students’ pronunciation (vowels and consonant) in D-Test was 42.06, in cycle I was 60.11 and in cycle II was 71.37 and the improvement of the students’ pronunciation mean score in D-Test to cycle I was 43.22%, in cycle I to cycle II was 23.51%, in D- Test to cycle II was 70.07%, while students’ grammar mean score (Simple Present Tense  and Future Tense ) in D-Test was 47.77, in cycle I was 59.24 and in cycle II was 73.58  and the improvement of the students’ grammar mean score in D-Test to cycle I was  23.97%, in cycle I to Cycle II was 24.29%, in D-Test to cycle II was 51.16% while students’ vocabulary (noun and verb) mean score in D Test was 53,3, in cycle I was 63.58 and in cycle II was 72.99 and the improvement of students’ vocabulary mean score in D-Test to cycle I was 19.24%, in cycle I to cycle II was 14.9%, in D-Test to cycle II was 37.16%.The students’ activeness toward teaching learning process by using a Point Counterpoint Method was increased. It can be seen from the observation result of the students’ activeness in the classroom from the first meeting at the first cycle until at the last meeting in cycle II always grow up. It could be stated that the research was successful.

Page 1 of 10 | Total Record : 91