cover
Contact Name
Ahmad Farhani
Contact Email
jurnal.pubbis@gmail.com
Phone
+6285389328231
Journal Mail Official
jurnal.pubbis@gmail.com
Editorial Address
Komplek Stadion Olahraga Sarabakawa Pembataan - Tanjung Tabalong
Location
Kab. tabalong,
Kalimantan selatan
INDONESIA
PubBis : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Publik dan Administrasi Bisnis
ISSN : 25796240     EISSN : 25501054     DOI : 10.35722/pubbis
Core Subject : Social,
Journal PubBis provides media to publish original articles in the form of a unique new knowledge in the fields of public administration and business administration. This journal opens opportunities for the publication of the existence and research sharing and sustainable efforts development in public and business administration field. Journal of public administration issues the article covers: - Governance, - Public organizations, - Public policy, - Public service, - Management, - Law ethics, - Bureaucratic administration and government. Journal of Business Administration issues the articles covers : - Human resources, - Entrepreneurs, - Technopreneurs and sociopreneurs.
Articles 336 Documents
PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP SEMANGAT KERJA KARYAWAN PADA PT. BANGUN NUSANTARA JAYA MAKMUR (BNJM) KABUPATEN TABALONG Rahman, Taufik
Jurnal PubBis Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : stiatabalong.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (916.094 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepuasan kerja terhadap semangat kerja karyawan PT. Bangun Nusantara Jaya Makmur (BNJM) Kabupaten Tabalong, dengan metode pendekatan kuantitatif teknik analisa yang digunakan yaitu analisa regresi lenier berganda, Dengan alat penguji Software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel kepuasan kerja  berpengaruh  signifikan terhadap variabel semangat kerja , dimana diketahui t hitung > t tabel, yaitu: 3,011 > 0,682. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja berpengaruh singnifikan terhadap semangat kerja karyawan PT. Bangun Nusantara Jaya Makmur (BNJM) Kabupaten Tabalong, semangat kerja dipengaruhi signifikan dengan 21,8% sisa 87,2% dipengaruhi variabel lain. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa motivasi mempunyai pengaruh signifikan yang lebih tinggi terhadap kinerja karyawan dibandingkan kompensasi, motivasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan . Kata kunci : kepuasan kerja,semangat kerja karyawan
KINERJA PEGAWAI SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (Studi Pada Kabupaten Barito Utara) Noor, Muhammad
Jurnal PubBis Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : stiatabalong.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.668 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pegawai di Sekretariat DPRD Kabupaten Barito Utara dan mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi dalam meningkatkan dalam meningkatkan kinerja pegawai di Sekretariat DPRD Kabupaten Barito Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari informan dan data sekunder yang diperoleh secara tidak langsung. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang berhasil dikumpulkan selanjutnya dideskripsikan dan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif yang memberikan gambaran mengenai Kinerja Pegawai Di Sekretariat DPRD Kabupaten Barito Utara dengan tiga tahap yaitu : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja Pegawai Di Sekretariat DPRD Kabupaten Barito Utara menunjukan indicator yang belum optimal, hal ini terlihat indikator-indikator  Produktivitas, Kualitas Layanan, Responsivitas, Responsibilitas dan Akuntabilitas faktor yang Mempengaruhi yaitu Faktor Kedisiplinan dan Faktor Kemampuan. Penelitian ini merekomendasikan kepada Sekretariat DPRD Kabupaten Barito Utara mengadakan evalausi kinerja pegawai untuk meningkatkan kinerja sehingga dapat berjalan lebih maksimal dan efektif dan memperhatikan kendala-kendala yang sering dihadapi, yaitu dengan melakukan perencanaan yang lebih baik, kreatif dan lebih inovatif. Dari perencanaan yang baik inilah diharapkan partisipasi Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara muncul dan berdampak optimal serta memberikan kepuasan tersendiri bagi Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara. Kata Kunci : Kinerja, Kinerja Pegawai
KUALITAS PELAYANAN IBU HAMIL PESERTA JAMKESDA DI PUSKESMAS MALINAU KECAMATAN LOKSADO KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN Hayati, Rahmi
Jurnal PubBis Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : stiatabalong.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.67 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisa Kualitas pelayanan Ibu Hamil Peserta Jamkesda di Puskesmas Malinau Kecamatan Loksado dan Mengidentifikasi Apa saja yang menjadi faktor penghambat Kualitas pelayanan Ibu Hamil Peserta Jamkesda di Puskesmas Malinau Kecamatan Loksado. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Informan yang dipilih adalah ibu hamil sebagai peserta Jamkesda. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari informan dan data sekunder yang diperoleh secara tidak langsung. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang berhasil dikumpulkan selanjutnya dideskripsikan dan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif yang memberikan gambaran mengenai Kualitas Pelayanan Ibu Hamil Peserta Jamkesda Di Puskesmas Malinau Kecamatan Loksado Kabupaten HSS dengan tiga tahap yaitu : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengujian keabsahan data dilakukan dengan teknik uji kredebilitas yaitu : (1) perpanjangan pengamatan, (2) meningkatkan ketekunan, (3) triangulasi, (4) analisakasus negative, (5) menggunakan bahan referinsi dan (6) mengadakan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Ibu Hamil Peserta Jamkesda Di Puskesmas Malinau Kecamatan Loksado Kabupaten HSS dikatakan cukup berkualitas, hal ini terlihat indikator-indikator bahwa : Tangibles (Nyata), Reliability (Dapat dipercaya), Responsivess (Keinginan untuk membantu), Assurance (Kepastian) dan Emphaty (Empati). Kendala yang dihadapi yaitu kelengkapan sarana dan prasarana  kurang memadai, kemudahan akses, tempat dan lokasi pelayanan tidak mudah dijangkau oleh masyarakat, kurangnya kedisplian waktu pelayanan dan kurang responsif. Penelitian ini merekomendasikan kepada Puskesmas Malinau Kecamatan Loksado Kabupaten HSS agar direncanakan lebih baik, kreatif dan lebih inovatif sehingga dapat berjalan lebih maksimal dan efektif dalam melaksanakan penyelenggaraan pelayanan Jamkesda. Kata Kunci :  Kualitas Pelayanan, Jamkesda
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGUATAN KELEMBAGAAN DALAM MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN PERIKANAN (Studi Kasus Desa Kambitin dan Kambitin Raya Kecamatan Tanjung) Murjani, STIA Tabalong
Jurnal PubBis Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : stiatabalong.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (686.467 KB)

Abstract

Local fish hatchery units (UPRs) located in Kambitin and Kambitin Raya Villages of Tanjung District are the development centers of the aquacultures in Tabalong Regency. In order to support the productivity of those FHUs, the local government established a fish breeding center. The breeding center covers and supervises eight FHUs (Sido Makmur, Usaha Bersama, Harapan Makmur, Karya Makmur, Jaya Mukti, Barokah Jaya, Bumi Makmur and Sri Lestari). The study was aimed to analize the corcodance between the UPRs and the fish breeding center in Kambitin and also to analyze the local government intervention in the framework of community empowerment through strengthening institution to support fishery development. The result of this research showed that was a competition and conducive situation between the fish breeding center and the fish hatchery unit. This situation was a negative effect of the implementation of Regional Regulation (PD No. 05 Year 2006) about retribution of the local goverment’s product unit and regulation of Regents Tabalong (Perbup No. 02 Year 2008) about the implementation directions of the regional regulation. Due to that regulation, the original function of the fish breeding center, as supervising unit of UPRs, was changed to be one the income generating units of the local government. Consequently, the fish breeding center with a good productivity became a new competitor for the UPRs with lower competitiveness. In addition, the relationship among them was not conducive. Therefore, a strategic policy of the local government to reset the role of the fish breeding center to its original function should be taken to stabilize their relationship. In addition, the fish breeding center, the fish should be prohibited to market its products to the same consumers of the UPRs. Inclusion, as an effort to empower the community, intervertion of the local government is required by strengthening the local institutions such as UPRs and the fish breeding center proportionally. Keywords   :    Community Empowerment, Institutin Strangthening, Government Intervention.
MONITORING EVALUASI PROGRAM PENGEMBANGAN KEBUN KARET UNGGUL DI KABUPATEN TABALONG TAHUN 2014 Setiawati, Budi
Jurnal PubBis Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : stiatabalong.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (556.198 KB)

Abstract

Tujuan monitoring dan evaluasi program CSR PT.Adaro Indonesia adalah ingin mengetahui dan menganalisis  dampak program pengembangan kebun karet unggul yang telah dilaksanakan oleh CSR PT. Adaro Indonesia pada tahun 2007 melalui pemanfaatan bantuan bibit karet unggul yang ditanam dilihat dari jumlah  Penelitian monev dilakukan secara kualitatif, yaitu menggunakan metode evaluasi. Teknik pengumpulan data dalam monev menggunakan teknik wawancara, kuesioner (angket), dokumentasi, dan observasi. Optimalisasi pemanfaatan penanaman bibit karet unggul serta perawatannya. Seperti, bantuan bibit karet unggul yang diberikan oleh PT.Adaro Indonesia melalui Dinas Perkebunan dilihat dari pemanfaatan dan perawatannya dapat dikatakan  belum optimal hal ini disebabkan sebagian bibit banyak yang mati sebelum ditanam dan bibit tersebut bukan bibit unggul, bibit yang diberikan berbentuk stum bukan berbentuk polibex. Dalam mengatasi hama penyakit sangat dikeluhkan oleh anggota petani karet, sebab tidak adanya pelatihan/penyuluhan tentang mengatasi hama penyakit yang bisa mematikan banyak pohon karet, biasanya pohon tersebut tumbang dengan sendirinya, akibat kurang intensnya PPL datang melakukan penyuluhan. Hasil yang mereka peroleh tidak maksimal. Sistem penanaman sebagian besar mengikuti anjuran dari PPL, tapi tidak sedikit dari mereka mempunyai inisiatif dan cara tersendiri. Hal ini menyesuaikan kondisi tingkat kesuburan tanah. Sistem panen yang dilakukan oleh kelompok petani sebagian besar pohon karetnya berproduksi, tetapi ada sebagian pohon yang tidak dapat  disadap karena bukan dari bibit unggul dan kualitasnya tidak terlalu bagus sehingga getah karetnya lambat keluar. Sebagian besar dari mereka tidak melibatkan orang lain dalam menyadap karetnya, karena itu akan mengurangi angka pendapatan yaitu sistem bagi hasil.Outcomes/dampak bantuan bibit karet unggul seperti bantuan bibit karet unggul yang diberikan oleh PT.Adaro Indonesia tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan pendapatan petani karet, hal ini dikarenakan bibit yang diterima oleh kelompok petani bukan bibit karet unggul sehingga secara ekonomi hasil yang didapat belum memuaskan ditambah harga karet saat ini menurun. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan petani karet. Akibatnya mereka tidak memiliki tabungan.  Kata Kunci : Monitoring, Evaluasi Program, Kebun Karet Unggul
PENGARUH KEMAMPUAN SUMBER DAYA MANUSIA ( SDM ) TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KECAMATAN MURUNG PUDAK Ifansyah, Muhammad Noor
Jurnal PubBis Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : stiatabalong.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.478 KB)

Abstract

Data penelitian ini dikumpulkan dengan metode observasi berdasarkan keadaan di lapangan dan juga dengan melakukan wawancara terhadap responden. Metode penelitian bersifat asosiatif kuantitatif, data yang diperoleh berdasarkan angket dianalisis menggunakan program SPSS (Statistical Packages of Social Science) 17. 0. Dari hasil penelitian ini ditemukan berdasarkan variabel yang diteliti menunjukan adanya hubungan yang positif antara variabel bebas kemampuan SDM dengan variabel terikat kualitas pelayanan publik. Rekomendasi dari penelitian ini adalah: (i) peningkatan frekuensi keikutsertaan pegawai dalam suatu diklat ataupun workshop (ii) perlunya menempatkan pegawai sesuai dengan latar belakang pendidikannya (iii) meningkatkan disisplin pegawai khususnya dalam ketepatan waktu (iv) penetapan standar biaya pelayanan secara jelas dan pasti (v) penetapan jadwal pelayanan dengan jelas (vi) melengkapi fasilitas pelayanan agar pelanggan merasa lebih nyaman. Kata Kunci : Pengaruh Kemampuan, SDM, Kualitas Pelayanan
PENGARUH HUMAN CAPITAL, STRUCTURAL CAPITAL, DAN CUSTOMER CAPITAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) DI KABUPATEN TABALONG Wirawan, Septiadi
Jurnal PubBis Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : stiatabalong.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (620.46 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis signifikansi pengaruh Human Capital, Structural Capital, dan Customer Capital Terhadap Kinerja Perusahaan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Di Kabupaten Tabalong. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif menggunakan regresi linear ganda sebagai teknik analisis data dengan bantuan SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel bebas (Human Capital, Structural Capital, dan Customer Capital) berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat (Kinerja Perusahaan), baik secara parsial maupun secara simultan. Variabel Structural Capital memiliki nilai koefisien terbesar, menjadikannya sebagai varibel dominan yang mempengaruhi variabel Kinerja Perusahaan. Nilai Adjusted R Square menunjukkan nilai sebesar 0,769 atau besarnya pengaruh Human Capital, Structural Capital, dan Customer Capital terhadap Kinerja Perusahaan adalah 76,9%, sedangkan 23,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar tiga variabel bebas tersebut. Kata Kunci : Human Capital, Structural Capital, Customer Capital, Kinerja Perusahaan
PENGARUH KOMPENSASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PDAM TANJUNG KABUPATEN TABALONG Rahman, Taufik
Jurnal PubBis Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : stiatabalong.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (673.259 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi dan motivasi terhadap kinerja pada PDAM Tanjung Kabupaten Tabalong baik secaraparsial maupun simultan, dengan  pendekatan kuantitatif teknik analisa yang digunakan yaitu analisa regresi lenier berganda, Dengan alat penguji Software SPSS Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel kompensasi berpengaruh tidak signifikan terhadap variabel kinerja, dimana diketahui t hitung < t tabel, yaitu: 1,344 < 1,985, variabel motivasi berpengaruh signifikan terhadap variabel kinerja dimana diketahui nilai t hitung > t tabel, yaitu: 7,248 > 1,985. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompensasi dan motivasi berpengaruh singnifikan terhadap kinerja karyawan PDAM Tanjung Tabalong kinerja dipengaruhi signifikan dengan 60,8% sisa 39,2% dipengaruhi variabel lain Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa motivasi mempunyai pengaruh signifikan yang lebih tinggi terhadap kinerja karyawan dibandingkan kompensasi, motivasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan Kata kunci : KompensasidanMotivasi, Kinerja karyawan
PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN SUB SEKTOR PERBANKAN YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2008 - 2012 Arifin, Jauhar
Jurnal PubBis Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : stiatabalong.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (878.317 KB)

Abstract

Unit analisis dalam penelitian ini adalah perusahaan sub-sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta Indonesia pada periode 2008-2012. Data unit ini diwakili oleh laporan keuangan yang telah diaudit perusahaan dan data historis harga saham di Bursa Efek Indonesia. data laporan keuangan dan data historis harga saham perusahaan yang digunakan adalah dari tahun 2008 sampai 2012. Perusahaan sampel dalam penelitian hanya perusahaan yang memenuhi kriteria sampel sebanyak 26 x 5 = 130 perusahaan. Analisis data Generalized Structured Component Analysis (GSCA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Corporate Governance secara signifikan mempengaruhi Kinerja Keuangan. Kata Kunci : Tata Kelola Perusahaan, Intellectual Capital, Kinerja Keuangan
PELAYANAN PENDIDIKAN DASAR PADA SDLB NEGERI SUNGAI MALANG KECAMATAN AMUNTAI TENGAH KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA Riduan, Ahmad
Jurnal PubBis Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : stiatabalong.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (520.888 KB)

Abstract

Referring to the Preamble of Constitution of the Republic of Indonesia, every citizen entitled to a proper education is no exception to children with physical, mental-intellectual, social, and emotional disabilities commonly called Special Children (ALB) or Children with Special Needs (ABK). For them, special schools (SLB) from primary to intermediate level are the main hope for fulfillment of non-conventional education desires not obtained from other educational institutions. In SDLB Negeri Sungai Malang, the quality of basic education provided in general is sufficient enough to meet the thirst of education for students in terms of teachers, curriculum, academic atmosphere, and scientific resources. Behind that, there is a lack of discipline in the teacher's aspect, the lack of technology in the learning process in the curriculum aspect, the expansion of school land in the academic atmosphere aspect, and the lack of visual aids on the scientific aspect. In the future, it is necessary to improve the quality of education service in SDLB Negeri Sungai Malang by the Head of Education Office in Hulu Sungai Utara Regency through the expansion of school land of SDLB Negeri Sungai Malang for the fulfillment of academic atmosphere besides the provision of digital technology facilities and a number of props to support the learning process for ABK with the efforts of the Headmaster of SDLB Negeri Sungai Malang to improve teacher discipline through continuous direct/indirect supervision techniques and the use of electronic attendance (finger print) in addition to the exemplary performance of the Headmaster to the teachers. Keywords : Basic Education, Children with Special Needs, Quality of Public Service

Page 1 of 34 | Total Record : 336