cover
Contact Name
Ahmad Kadir KIlo
Contact Email
ahmad@ung.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jjec@ung.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Jambura Journal of Educational Chemistry
ISSN : 26557606     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
The Journal of Educational Chemistry (JJEC) is the official journal of Chemistry Department, Faculty Mathematic and Natural Science, Gorontalo State University. JJEC is peer-reviewed articles publish articles twice a year in February and August. JJEC typically addresses chemical content, chemical education research, results of thought and research, instructional methods, and laboratory experiments.
Arjuna Subject : -
Articles 157 Documents
Pengembangan Media Pembelajaran Tera-Tera untuk ‎Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Larutan ‎Penyangga Nurpepi Pakuna; Hendri Iyabu; Suleman Duengo
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 3, No 1 (2021): Februari
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jjec.v3i1.10140

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji validitas media pembelajaran tera-tera untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi larutan penyangga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Adapun tahap tersebut yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluasi. Namun, dalam penelitian ini hanya sampai tahap development. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi penilaian kelayakan media pembelajaran tera-tera. Kelayakan media tera-tera dinilai oleh 4 orang validator ahli yaitu 3 orang dosen kimia UNG dan 1 orang guru SMA. Hasil validasi pengembangan media pembelajaran tera-tera diperoleh persentase rata-rata 90,00% dengan kriteria sangat valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan bahwa media pembelajaran tera-tera yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran materi larutan penyangga.
Identifikasi Miskonsepsi Menggunakan Tes Pilihan ‎Ganda dengan CRI Termodifikasi Materi Larutan ‎Elektrolit dan Non Elektrolit Meiske Hasan; Astin Lukum; Erni Mohamad
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 3, No 1 (2021): Februari
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jjec.v3i1.10185

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi siswa MAN 1 Kota Gorontalo tentang konsep larutan elektrolit dan non elektrolit dengan menggunakan Tes Pilihan Ganda dengan CRI Termodifikasi. Jenis Penelitian ini adalah deskriftif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 1 Kota Gorontalo sebanyak 225 orang. Instrument berupa soal pilihan ganda beralasan terbuka menggunakan CRI Termodifikasi dengan 25 soal pilihan ganda. Data penelitian diperoleh dari hasil tes pilihan ganda beralasan terbuka. Hasil Penelitian menunjukan bahwa menggunakan Tes Pilihan Ganda Dengan CRI Termodifikasi diketahui siswa Kelas X MAN 1 Kota Gorontalo mengalami Miskonsepsi dengan Persentase tertinggi pada indikator menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit yakni Miskonsepsi 1 sebesar 25%, Miskonsepsi 2 sebesar 18% dan Miskonsepsi 3 sebesar 12%. Indikator dengan nilai presentase terendah adalah Indikator pengertian larutan elektrolit dan non elektrolit yakni Miskonsepsi 1 sebesar 15%, Miskonsepsi 2 sebesar 10% dan Miskonsepsi 3 sebesar 6%.
Perbedaan Hasil Belajar Antara Siswa yang Diajar dengan Media Teka-Teki Silang (TTS) dan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) pada Materi Sistem Koloid Agus Said; Mardjan Paputungan; Julhim S. Tangio
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 3, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jjec.v3i2.10435

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantukan media Teka-Teki Silang (TTS) dan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) pada materi sistem koloid di SMA Negeri 4 Gorontalo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah sampel 2 kelas yang masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Desain penelitian ini menggunakan pola rancangan “randomized pretest-posttest comparison group design”. Data hasil belajar kognitif menggunakan tes pilihan ganda, data afektif dan psikomotor menggunakan lembar observasi, uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran TPS berbantukan TTS memberikan hasil belajar lebih baik dibandingkan dengan penggunaan model pembelajaran TPS berbantukan LKPD baik kognitif, afektif dan psikomotor. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan menggunakan uji-t perbandingan antara kedua kelas dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung = 6,530 > ttabel =1,672.
Peningkatan Hasil Belajar Kimia Dasar Mahasiswa STKIP PI Makassar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kimia Berbasis Concept Mapping Dipadu Teams Games Tournament Haris Munandar; Opir Rumape
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 3, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jjec.v3i2.11194

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan menerapkan model pembelajaran kimia Berbasis Concept Mapping Dipadu Teams Games Tournament untuk meningkatkan hasil belajar kimia dasar mahasiswa STKIP PI Makassar. Adapun subjek penelitian adalah mahasiswa kelas I A, berjumlah 35 mahasiswa. Pelaksanaan ini dilaksanakan dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tiga kali pertemuan dan satu pertemuan evaluasi. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan terjadi peningkatan kategori hasil belajar mahasiswa, pada siklus I berada pada kategori sedang yaitu 10 orang mahasiswa atau 28,58% dan meningkat di siklus II pada kategori tinggi yaitu 22 orang mahasiswa atau 62,86%, terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar mahasiswa yaitu pada siklus I 54,14 dan meningkat pada siklus II menjadi 75,43. Serta peningkatan ketuntasan belajar mahasiswa pada siklus I yaitu 11 orang atau 47.14 dan meningkat pada siklus II menjadi yaitu 31 orang 88,57%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kimia berbasis Concept Mapping dipadu Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil Belajar kimia dasar mahasiswa STKIP PI Makassar.
Pengembangan Video Animasi Kimia Terintegrasi Keislaman pada Materi Struktur Atom Buchori Muslim; Munasprianto Ramli; Ulfah Nursarifah
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 3, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jjec.v3i2.11568

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk media pembelajaran berupa video animasi kimia terintegrasi keislaman pada materi struktur atom. Proses pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari dari analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Hasil penelitian uji coba terbatas kepada mahasiswa diantaranya aspek minat terhadap media dengan presentase 84%, aspek penguasaan materi dengan presentase 83,30%, aspek integrasi sains dan islam dengan presentase 86,4%, aspek tampilan dengan presentase 83%, aspek keterlaksanaan dengan presentase 84,7%, serta aspek audio dengan presentase 84,1%. Sehingga secara keseluruhan uji coba terbatas kepada mahasiswa mendapatkan presentase 84,30% dengan kriteria sangat layak. Hasil penilaian produk video animasi oleh ahli media sebesar 82,50% untuk video 1, 83,75% untuk video 2, dan 82,50% untuk video 3. Sehingga video animasi yang dikembangkan dalam penelitian ini mendapat kriteria sangat layak.
Pengaruh Model Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) dengan Bantuan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi Hendri Iyabu; Netty Ino Ischak; Yogi Supriadin; La Alio
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 3, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jjec.v3i2.11897

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan bantuan multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA1 dan IPA2 SMA Negeri 1 Telaga Biru, berjumlah 64 siswa, dengan menggunakan rancangan penelitian “Posttest-Only Control Design”. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essay sebanyak 13 nomor soal yang digunakan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) dengan bantuan multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Telaga Biru pada materi laju reaksi. Pengujian hipotesis data pada hasil penelitian diuji menggunakan uji-t. Berdasarkan kriteria pengujian H¬¬0 ditolak jika thitung  ttabel pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian adalah adanya pengaruh model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) dengan bantuan multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Telaga Biru pada materi laju reaksi. Berdasarkan pengujian tersebut diperoleh thitung = 5,026  ttabel = 1,999, maka hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima.
Identifikasi Kesulitan Pemahaman Konsep Larutan Penyangga Siswa di Gorontalo Alma J Genes; Astin Lukum; Lukman A.R. Laliyo
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 3, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jjec.v3i2.11911

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan pemahaman larutan penyangga siswa di Gorontalo, yang diukur dalam 5 aspek,yaitu: pengertian, prinsip kerja, pH dan pOH, pH asam basa,dan fungsi penyangga dalam tubuh manusia. Penelitian kuantitatif deskriptif ini dilakukan pada siswa kelas XI (N=215) di Gorontalo. Data dijaring dengan instrumen tiga tingkat. Hasil penelitian ditemukan bahwa aspek pH asam basa (96.5%) paling sulit di pahami siswa, dibandingkan aspek fungsi larutan penyagga dalam tubuh manusia (94.9%), pH dan pOH (89.3%), prinsip kerja (83.7%), pengertian (48.8%). Temuan ini mengindikasikan bahwa siswa belum memahami dengan baik dan benar konsep larutan penyangga. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa diperlukan pembelajaran remedial untuk menyiapkan materi pembelajaran selanjutnya
Pengaruh Strategi Joyful Learning Melalui Chemical Bonding Game Terhadap Prestasi Belajar Kimia Siswa Risciana Yusuf; Nurhayati Bialangi; Wiwin Rewini Kunusa; Mardjan Paputungan
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 4, No 1 (2022): Februari
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jjec.v4i1.12725

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Joyful Learning melalui Chemical Bonding Game terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 1 Telaga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eeksperimen dengan desain “Pretest-Posttest group Design”. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa Instrumen tes dalam bentuk objektif. Data dianalisis menggunakan uji-t untuk melihat pengaruh pembelajaran Joyful Learning menggunakan Chemical Bonding Game. Hasil penelitian pada pretest rata-rata kelas eksperimen 23,18 dan kelas kontrol 25,21 masih sangat rendah, pada posttes rata-rata kelas eksperimen 76,788 dan kelas kontrol 67,242. Hasil hipotesis menunjukan thitung = 3,601 dengan taraf signifikan 5% dan dk = 64 diperoleh ttabel = 1,669. Berdasarkan hasil uji hipotesis, jika thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Joyful Learning dengan menggunakan media Chemical Bonding Game memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa.
Analisis Kualitas Air Sungai Berbasis Praktikum sebagai Bentuk Penerapan Project Based Learning Wiwin Rewini Kunusa; Ramli Utina; Frida Maryati Yusuf; Cecy Rahma Karim; Nur Inda R. Umadji
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 5, No 1 (2023): Februari
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jjec.v5i1.12726

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan ketrampilan proses sains mahasiswa semester VII yang sedang menempuh mata kuliah Kimia Analitik III. Kemampuan mahasiswa dalam melakukan analisis tentang permasalahan lingkungan masih rendah. Penerapan Project Based Learning ini dengan melibatkan mahasiswa secara langsung di luar kelas dalam mengembangkan sejumlah keterampilan proses sains untuk menganalisis kualitas air sungai di Lokasi Wisata Desa Meranti Kecamatan Tapa Kabupaten BoneBolango. Kualitas air sungai Desa Meranti ditentukan berdasarkan parameter warna, rasa, bau, pH, dan analisis logam berat. Pembelajaran dilakukan secara berkelompok dengan tahapan 1) menentukan proyek, 2) merancang langkah-langkah penyelesaian proyek, 3) menyusun jadwal pelaksanaan proyek, 4) penyelesaian proyek, 5) menyusun laporan dan publikasi hasil proyek, dan 6) evaluasi proses dan hasil proyek. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Pre Experimental Design. Indikator keterampilan proses sains yang diteliti meliputi: 1) menyajikan data dalam bentuk grafik, 2) mengumpulkan dan mengolah data, 3) merancang penelitian dan 4) melaksanakan eksperimen 5) membuat laporan akhir.
Analisis Miskonsepsi Materi Pereaksi Pembatas Menggunakan Tes Three Tier Multiple Choice Adelia Nur Polamolo; Astin Lukum; Kostiawan Sukamto
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 4, No 1 (2022): Februari
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jjec.v4i1.13180

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi siswa pada materi pereaksi pembatas kelas XI IPA MAN 1 Kota Gorontalo. Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes Three Tier Multiple Choice. Tes instrumen yang digunakan telah diuji menggunakan uji validitas konstruk dan uji reliabel. Subjek penelitian yang digunakan adalah kelas XI IPA MAN 1 Kota Gorontalo dengan jumlah sampel 178 siswa yang diambil dari 5 kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami miskonsepsi diseluruh indikator dengan kategori miskonsepsi 1 (MK1) memiliki persentase sebesar 12,2%, miskonsepsi 2 (MK2) memiliki persentase sebesar 9,4%, dan miskonsepsi 3 (MK3) memiliki persentase sebesar 34,6%.

Page 1 of 16 | Total Record : 157