cover
Contact Name
Ekonomika Syariah
Contact Email
ekonomikasyariah.ejurnaliain@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
ekonomikasyariah.ejurnaliain@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota bukittinggi,
Sumatera barat
INDONESIA
EKONOMIKA SYARIAH : Journal of Economic Studies
ISSN : 26147890     EISSN : 26148110     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Ekonomi Syariah adalah forum untuk memberikan pemahaman ilmiah dalam hal ekonomi, keuangan serta perbankan syariah. Ini juga memberikan peran penting dalam mempromosikan proses pengetahuan, nilai-nilai dan keterampilan. Teks ilmiah yang membahas topik ekonomi, keuangan dan perbankan syariah sangat diharapkan untuk disajikan. Jurnal-jurnal tersebut terdiri dari artikel penelitian, laporan penelitian, ulasan, komunikasi singkat dan informasi ilmiah di bidang ekonomi, keuangan, dan perbankan syariah termasuk realitas, regulasi, implementasi, dan dampaknya.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2021): January-June 2021" : 7 Documents clear
Muslim Consumer Behavior and Purchase Rizkyka Choirunnisa; Egi Arvian Firmansyah
EKONOMIKA SYARIAH : Journal of Economic Studies Vol 5, No 1 (2021): January-June 2021
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30983/es.v5i1.4170

Abstract

This study aims to analyze the factors that influence the behavior of Muslim consumers in West Java in purchasing decisions of halal cosmetic products, which include factors of attitude, subjective norms, perceived behavioral control, religiosity, knowledge, and halal labeling. This study used descriptive and verification methods with a quantitative approach. The sample used in this study were 412 Muslim women with an age range of 15-64 years which were taken by purposive sampling technique. Data were collected through questionnaires and analyzed using the Partial Least Square-Structural Equation Model (PLS-SEM) method. The results of this research showed that attitude, subjective norm, religiosity, knowledge, and halal labeling have positive and significant impacts on purchasing decisions, while the perceptions of behavior control have no significant impacts on purchasing decisions. This finding showed that the purchase decision of halal cosmetic products of Muslim consumers can be influenced by several factors, and halal labeling has a greater influence. This study also reveals that some Muslim consumers do not know the halal label of a product. This research contributes to encouraging cosmetic companies that do not yet have halal certification to apply for halal certification and this finding is also a reference for the government to require halal certificates for cosmetic products. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen Muslim Jawa Barat dalam keputusan pembelian produk kosmetik halal, yang meliputi factor sikap, norma subjektif, persepsi kontrol perilaku, religiusitas, pengetahuan, dan labelisasi halal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif yang dianalisis dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 412 perempuan Muslim berusia 15-64 tahun dan berdomisili di Jawa Barat yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Model (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti sikap, norma subjektif, religiusitas, pengetahuan, dan labelisasi halal memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan persepsi kontrol perilaku tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Temuan ini menunjukkan bahwa keputusan pembelian produk kosmetik halal dari konsumen muslim dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, dimana labelisasi halal memiliki pengaruh yang lebih besar. Penelitian ini juga mengungkap bahwa sebagian konsumen muslim di Jawa Barat belum mengetahui label halal dari suatu produk. Penelitian ini berkontribusi dalam mendorong perusahaan kosmetik yang belum memiliki sertifikasi halal untuk mengajukan sertifikasi halal dan sebagai pertimbangan bagi pemerintah untuk mewajibkan produk yang beredar di Indonesia bersertifikat halal. 
The Effect of Sharia Bank Financing, Zakat, and Education Expense, on Economic Growth and Human Development Index in Indonesia 2015-2019 Indah Indria Wardani; Mohammad Nur Rianto Al Arif
EKONOMIKA SYARIAH : Journal of Economic Studies Vol 5, No 1 (2021): January-June 2021
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30983/es.v5i1.4096

Abstract

Islamic bank financing, zakat, and education expenditure can increase Indonesia’s economic growth and Human Development Index (HDI). Islamic bank financing could be funding capital for the community. Zakat plays a role in wealth distribution, while education expenditure contributes by improving the quality of human resources. This study analysed the direct and indirect relationship between Islamic bank financing, zakat, and education expenditure to economic growth and HDI. Data were analysed using path analysis based on panel data for the period 2015-2019. The results showed that the Islamic bank financing, zakat and education expenditure had a significant positive effect on economic growth. Islamic bank financing, zakat, and education expenditure had a significant positive impact on HDI. At the same time, the indirect implications showed that Islamic bank financing, zakat, and education expenditure have a significant positive effect on HDI through economic growth. Pembiayaan perbankan syariah, zakat, dan belanja pendidikan menjadi instrumen yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan di Indonesia. Pembiayaan perbankan syariah dapat menjadi modal pendanaan bagi masyarakat, zakat berperan sebagai penyalur kekayaan, sedangkan belanja pendidikan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Penelitian ini menganalisis hubungan langsung dan tidak langsung antara variabel pembiayaan bank syariah, zakat, dan pengeluaran pendidikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan IPM. Analisis data menggunakan path analysis berdasarkan data panel untuk periode 2015-2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiayaan bank syariah, zakat dan belanja pendidikan berpengaruh positif signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Pembiayaan perbankan syariah, zakat, dan belanja pendidikan berpengaruh positif signifikan terhadap IPM. Sedangkan pengaruh tidak langsung menunjukkan bahwa pembiayaan bank syariah, zakat, dan pengeluaran pendidikan berpengaruh positif signifikan terhadap IPM melalui pertumbuhan ekonomi.
Determinants of Financing Disbursed by Islamic Rural Banks (BPRS) in Indonesia Khairatun Hisan; Riski Syahpitri; Zulkarnaini Zulkarnaini
EKONOMIKA SYARIAH : Journal of Economic Studies Vol 5, No 1 (2021): January-June 2021
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30983/es.v5i1.4249

Abstract

This study aims to determine the factors influencing the total financing disbursed (PYD) in Islamic Rural Banks in Indonesia in the 2015-2019 period. The data in this study were collected from the documentation on the Financial Services Authority (OJK) official website from a quarter I 2015 to quarter IV 2019. The data were analyzed using the multiple regression method with SPSS software. The results showed that Third Party Funds (Dana Pihak Ketiga) positively and significantly affected the total disbursed financing (p-value 0.000). Non-Performing Financing (NPF) has a positive and significant effect on total financing (p-value 0.004). Return on Assets (ROA) has a positive and significant effect on total financing (p-value 0.035). Simultaneously, the three variables also positively affect the total financing disbursed by Islamic Rural Banks in Indonesia (p-value 0.000) with an Adjusted R Square value of 0.968 or 96.8%. The findings of this study contribute to the development of empirical studies related to the determinants of financing in microfinance institutions such as Islamic Rural Banks and can be used as a reference for financing management in Islamic Rural Banks.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi total pembiayaan yang disalurkan (PYD) pada BPRS di Indonesia dalam periode 2015-2019. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dari dokumentasi website resmi Otoritas Jasa Keuangan dari triwulan I 2015 - triwulan IV 2019. Data dianalisis dengan menggunakan metode regresi berganda dengan software SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dana Pihak Ketiga (DPK) berpengaruh positif dan signifikan terhadap total pembiayaan disalurkan (p-value 0,000). Non Performing Financing (NPF) berpengaruh positif dan signifikan terhadap total pembiayaan (p-value 0,004). Return on Asset (ROA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap total pembiayaan (p-value 0,035). Secara simultan ketiga variabel juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap total pembiayaan yang diberikan BPRS di Indonesia (p-value 0,000) dengan nilai Adjusted R Square sebesar 0,968 atau 96,8%. Temuan penelitian ini berkontribusi dalam pengembangan studi-studi empiris terkait determinan pembiayaan pada lembaga keuangan mikro seperti BPRS dan dapat digunakan untuk acuan pengelolaan pembiayaan di BPRS. 
Analysis of The Influence of Return on Equity on Sharia Stock Price Moderated by Corporate Social Responsibility Zikra Agusti Humaira
EKONOMIKA SYARIAH : Journal of Economic Studies Vol 5, No 1 (2021): January-June 2021
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30983/es.v5i1.2578

Abstract

This research aims to determine the effect of Return On Equity (ROE) on Sharia Share Prices of the Property Sector Moderated by Corporate Social Responsibility (CSR). The population of this research is all property sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange from 2011 to 2017. The research sample was taken using a purposive sampling method, so that a sample of 12 companies was obtained. The data analysis technique used is the panel data regression method which is a combination of cross section data and time series data using Eviews 7 software. The results of the analysis show Return On Equity (ROE) does not have a significant effect on the price of sharia shares in the property sector and Corporate Social Responsibility (CSR) is proven to strengthen the effect of ROE on the sharia stock price of the property sector. The findings of this study will be useful for relevant policy makers because disclosure of CSR in financial statements will provide positive sentiment that will increase investor confidence to invest.Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return On Equity (ROE) Terhadap Harga Saham Syariah Sektor Properti Yang Dimoderasi Oleh Corporate Social Responsibility (CSR). Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor properti yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011 hingga 2017. Sampel penelitian diambil menggunakan metode purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 12 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode regresi data panel yang merupakan gabungan dari data cross section dan data time series dengan menggunakan software Eviews 7. Hasil analisis menunjukkan Return On Equity (ROE) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham syariah sektor properti dan Corporate Social Responsibility (CSR) terbukti memperkuat pengaruh ROE terhadap harga saham syariah sektor properti. Temuan penelitian ini akan bermanfaat bagi pengambil kebijakan terkait karena pengungkapkan CSR dalam laporan keuangan akan menjadi nilai yang akan menambah kepercayaan investor untuk melakukan investasi.Kata Kunci : Harga Saham Sektor Properti, ROE, CSR
Implementation of Inclusive Finance in Empowering Micro, Small and Medium Enterprises (UMKM) at Micro Waqf Banks Rahma Jaziyatul Chikmiyah
EKONOMIKA SYARIAH : Journal of Economic Studies Vol 5, No 1 (2021): January-June 2021
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30983/es.v5i1.4294

Abstract

This study aimed to analyze the impact of the implementation of financial inclusion at Al-Fithrah Micro Waqf Bank regarding the empowerment of Empowering Micro, Small and Medium Enterprises (MSME). Even though MSME sectors have become a central foundation for the economy, the capital limitation is still considered a classic problem. It influences the government to release National Strategy Financial Inclusion to provide financial services that all levels of society can access. The indicators inclusive financial consists of access, usage and quality to realize empowerment through financing and assistance. This research used a descriptive qualitative method, and data were collected through interviews, observations, and documentation. The results showed that the financial inclusion component had been implemented but still has many potentials to be maximized. The components of access and usage have been appropriately implemented in terms of physical aspects and prices that are easily accessible to customers. These two components have an impact on increasing customer Islamic financial literacy. In the quality component, product variations are expected to fulfill the different business needs of customers. Meanwhile, financing has not significantly impacted fulfilling the welfare component’s capital needs  because the nominal value is too small. Furthermore, business assistance has a more significant impact on improving the business and spiritual aspects of clients. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penerapan keuangan inklusif pada Bank Wakaf Mikro Al-Fithrah terhadap pemberdayaan UMKM di sekitarnya. Meskipun sektor UMKM telah menjadi fondasi yang cukup sentral bagi perekonomian, keterbatasan permodalan masih menjadi masalah klasik UMKM. Hal ini mendorong pemerintah untuk mengeluarkan Strategi Nasional Keuangan Inklusif yang bertujuan untuk memberikan layanan keuangan yang dapat diakses seluruh lapisan masyarakat. Indikator keuangan inklusif yang terdiri dari akses, penggunaan dan kualitas diterapkan untuk mewujudkan pemberdayaan UMKM melalui pembiayaan dan pendampingan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen keuangan inklusif telah diimplementasikan namun masih berpotensi untuk dimaksimalkan. Komponen akses dan penggunaan sudah terlaksana dengan baik dilihat dari segi fisik dan harga yang mudah dijangkau nasabah. Kedua komponen tersebut berdampak pada peningkatan literasi keuangan syariah nasabah. Pada komponen kualitas, variasi produk diharapkan dapat memenuhi kebutuhan modal nasabah yang berbeda. Sedangkan untuk komponen kesejahteraan, pembiayaan belum memberikan pengaruh signifikan untuk memenuhi kebutuhan permodalan karena nilai nominal yang terlalu kecil. Selain itu, program pendampingan usaha (HALMI) memiliki dampak yang lebih signifikan terhadap peningkatan usaha dan spiritual pelanggan.
Examining the Contribution of Transformational Leadership Style and Affective Commitment to Organizational Citizenship Behavior (OCB) Andis Febrian
EKONOMIKA SYARIAH : Journal of Economic Studies Vol 5, No 1 (2021): January-June 2021
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30983/es.v5i1.4120

Abstract

This study aims to determine the effect of the transformational leadership style on affective commitment, transformational leadership style on organizational citizenship behavior, affective commitment on organizational citizenship behavior, and transformational leadership style on organizational citizenship behavior mediated by employee’s affective commitment in the Bank Muamalat Indonesia (BMI) Padang Branch. This research was conducted at Bank Muamalat Indonesia Padang Branch. The questionnaires were distributed to collect data and analyzed using Regression analysis. The result of the analysis showed that a significant influence of transformational leadership style on employee’s affective commitment, transformational leadership style on employee’s organizational citizenship behavior, affective commitment on organizational citizenship behavior, and transformational leadership style on organizational citizenship behavior mediated by employee’s affective commitment in the BMI Padang Branch. Research findings contribute to the development of human resources to improve the performance of company employees.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap komitmen afektif, gaya kepemimpinan transformasional terhadap perilaku kewargaan organisasional, komitmen afektif terhadap perilaku kewargaan organisasional, dan gaya kepemimpinan transformasional terhadap perilaku kewargaan organisasional yang dimediasi oleh komitmen afektif pada karyawan Bank Muamalat Indonesia Cabang Padang. Penelitian ini dilakukan di Bank Muamalat Indonesia Cabang Padang, dengan sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisa deskriptif dan uji analisis regresi. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan gaya kepemimpinan transformasional  terhadap komitmen afektif, gaya kepemimpinan transformasional terhadap perilaku kewargaan organisasional,  komitmen afektif terhadap perilaku kewargaan organisasional, dan gaya kepemimpinan transformasional terhadap perilaku kewargaan organisasional yang dimediasi oleh komitmen afektif pada karyawan bank muamalat indonesia cabang padang. Temuan penelitian berkontribusi pada pengembangan sumber daya manusia sehingga dapat meningkatkan kinerja karyawan perusahaan. 
The Policy Responses towards Contemporary Islamic Capital Market in Indonesia: The Dynamics and Challenges Andri Soemitra
EKONOMIKA SYARIAH : Journal of Economic Studies Vol 5, No 1 (2021): January-June 2021
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30983/es.v5i1.4298

Abstract

Islamic capital market has been developed to anticipate the need for capital management in the Islamic industry that grows rapidly. This paper will study the dynamics and the contemporary challenges of capital market industry products. The research utilizes a qualitative approach by searching data and information from relevant literatures, specific data, and information from regulators. The researcher conducts analytical studies literature after collecting and compiling data from relevant literatures. This study shows that Islamic capital markets have attempted to reach certain standards based on the criteria of Islamic teaching. However, this study found that globally and nationally the development of Islamic capital markets is still struggling with regulatory, products, and practices problems. This study indicates that the Islamic capital market regulator in Indonesia still needs wider socialization and more efforts to increase the low level of literacy and inclusion.  Pasar modal syariah dikembangkan untuk mengantisipasi kebutuhan pengelolaan modal di industri syariah yang tumbuh pesat. Tulisan ini mengkaji dinamika dan tantangan kontemporer produk industri pasar modal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mencari data dan informasi dari literatur yang relevan dan data dan informasi spesifik dari regulator. Peneliti melakukan studi analitik literatur setelah mengumpulkan dan menyusun data dari literatur yang relevan. Studi ini menunjukkan bahwa pasar modal syariah telah berusaha mencapai standar tertentu berdasarkan kriteria ajaran Islam. Namun, penelitian ini menemukan bahwa secara global dan nasional perkembangan pasar modal syariah masih berkutat dengan masalah regulasi, produk dan praktik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa regulator pasar modal syariah di Indonesia masih membutuhkan usaha-usaha sosialisasi yang lebih luas untuk meningkatkan literasi dan inklusi pasar modal syariah yang masih rendah di Indonesia. 

Page 1 of 1 | Total Record : 7