cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan)
ISSN : 2548298X     EISSN : 25485024     DOI : -
Core Subject : Economy,
Diterbitkan oleh Sekolah Tinggi ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya secara berkala (setiap tiga bulan) yaitu setiap Maret, Juni, September, dan Desember, dengan tujuan untuk menyebarluaskan hasil penelitian, pengkajian, dan pengembangan bidang ekonomi dan keuangan, khususnya bidang akuntansi, manajemen, pasar modal hukum bisnis, perpajakan, sistem informasi, serta bidang ekonomi dan keuangan lainnya. Artikel yang dipublikasikan dalam EKUITAS dapat berupa Artikel Penelitian maupun Artikel Konseptual (non-penelitian).
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 19 No 3 (2015)" : 7 Documents clear
DETERMINAN PERILAKU NASABAH PENGGUNA MOBILE BANKING: MODEL DECOMPOSED THEORY OF PLANNED BEHAVIOR Eva Fauzia Dian Pratiwi; Imam Subekti; Aulia Fuad
EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan) Vol 19 No 3 (2015)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya(STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.057 KB) | DOI: 10.24034/j25485024.y2015.v19.i3.131

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel–variabel yang terdapat dalam Decomposed Theory of Planned Behavior. Penelitian ini juga menguji apakah variabel persepsi kontrol perilaku memiliki pengaruh tidak langsung terhadap perilaku penggunaan mobile banking melalui minat dalam menggunakan sebagai variabel mediasi. Sampel penelitian ini adalah nasabah yang menggunakan layanan mobile banking di Surabaya. Hasil analisis menunjukkan bahwa konstruk persepsi kemudahan penggunaan dan kompatibilitas tidak memiliki pengaruh terhadap sikap penggunaan layanan mobile banking.  Konstruk sikap juga tidak memiliki pengaruh terhadap minat dalam menggunakan, persepsi kontrol perilaku juga tidak memiliki pengaruh terhadap perilaku penggunaan layanan mobile banking. Sebaliknya, persepsi kemudahan dan persepsi risiko memiliki pengaruh terhadap sikap penggunaan mobile banking. Norma interpersonal dan norma sosial memiliki pengaruh terhadap norma subjektif. Keyakinan sendiri dan kondisi fasilitas memiliki pengaruh terhadap persepsi kontrol perilaku. Sikap, norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku memiliki pengaruh terhadap minat dalam menggunakan layanan mobile banking. Hasil pengujian terakhir menunjukkan minat memiliki pengaruh terhadap perilaku penggunaan layanan mobile banking. Implikasi dari studi ini relevan bagi pihak manajemen bank dan analisis mobile banking agar memperhatikan kembali faktor kegunaan, kompatibilitas, sikap dan persepsi kontrol perilaku dalam menerapkan dan mengembangkan sistem mobile banking. 
MARKET STRUCTURE, CONDUCT AND PERFORMANCE: EVIDENCE FROM INDONESIA BANKING INDUSTRY Rizky Yudaruddin
EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan) Vol 19 No 3 (2015)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya(STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.057 KB) | DOI: 10.24034/j25485024.y2015.v19.i3.126

Abstract

Indonesian Banking Architecture Policies (API) since 2004 has resulted in the rising of banks concentration. This increase of banks concentration raises two opposing hypotheses,structure-conduct- performance (SCP) and efficient-performance hypothesis. SCP approach is a structural approach. This approach considers that the level of profits which the bank acquired is affected by the market structure and the degree of competition.The decreasing level of competition and the increasing in concentration in an industry will lead to increased profits for these industries.This study aims to prove, whether banks in Indonesia in 2009-2013 supportstructure-conduct-performanceor efficient-performance hypotheses. The sampling method used was purposive sampling. Using banks’ financial statement data sourced fromBank Indonesia, which then analyzed with panel data regression in e-views 8 program. It’s found that banks in Indonesia support the efficient hypothesis. However, the banks efficiency has yet encourage low interest practice and thus reducing the competitiveness of the Indonesian economy in the face ofASEAN Community 2015.
PEMBENTUKAN GREEN ENTREPRENEURIAL BEHAVIOR PADA MAHASISWA Hastin Umi Anisah; Wimby Wandary
EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan) Vol 19 No 3 (2015)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya(STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.057 KB) | DOI: 10.24034/j25485024.y2015.v19.i3.132

Abstract

Penelitian ini merupakan salah satu upaya untuk menumbuh kembangkan perilaku berwirausaha yang hijau, yakni perilaku bisnis mandiri yang praktiknya memperhatikan keseimbangan antara aspek ekonomi, aspek keorganisasian, dan aspek masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan perbedaan persepsi dasar perilaku berwirausaha secara hijau antara mahasiswa jurusan Akuntansi dan Manajemen yang mengambil Mata kuliah Kewirausahaan pada TA 2014/2015 untuk dapat menerapkan nilai-nilai Green Entrepreneurial Behavior (GEB). Dengan jenis data primer adalah data ordinal, maka pendekatan non-parametrik digunakan dalam penelitian ini. Adapun pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji Mann-Whitney untuk menguji perbedaan respon pada 2 kelompok sampel mahasiswa yang mengambil mata kuliah Kewirausahaan pada masa penelitian berlaku, yakni Semester Gasal TA 2014/2015 di Jurusan Manajemen dan Jurusan Akuntansi. Perbedaan perlakuan pada responden terletak pada materi perkuliahan bahwa tidak setiap kelompok sampel menerima materi yang mendasarkan pada materi dari Rumah Perubahan sebagai literatur dasar perkuliahan. Adapun asumsi terhadap literatur dasar adalah pada menyampaikan secara implisit mengenai green entrepreneurship yang membekali GEB mahasiswa. Adapun teknik penentuan sampel yang digunakan adalah stratified random sampling. Hasil penelitian menemukan bahwa tidak terdapat perbedaan terhadap dasar perilaku berwirausaha secara hijau antara mahasiswa jurusan Akuntansi dan Manajemen yang mengambil Mata kuliah Kewirausahaan pada TA 2014/2015 untuk dapat menerapkan nilai-nilai Green Entrepreneurial Behavior.
SOLUSI MODEL PERIKATAN PENGELOLAAN SDA PERTAMBANGAN MINERAL DAN BATUBARA SESUAI SYARIAH Istiyanti Istiyanti; Nurul Huda
EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan) Vol 19 No 3 (2015)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya(STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.057 KB) | DOI: 10.24034/j25485024.y2015.v19.i3.127

Abstract

Pengelolaan SDA pertambangan mineral dan batubara di Indonesia dinilai sangat memprihatinkan. Muncul berbagai masalah akibat ketidakmampuan Pemerintah dalam mengelola SDA dimaksud. Salah satu akibatnya adalah rendahnya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari bidang SDA pertambangan mineral dan batubara. Penyebab dari rendahnya PNBP tersebut, antara lain ketidak- jelasan penghitungan dasar bagian Negara sebagai dampak ketidakjelasan bentuk perikatan/akad yang dilakukan antara Pemerintah dengan pihak perusahaan yang melakukan eksplorasi dan eksploitasi. Penulis melakukan penelitian merumuskan solusi model perikatan sesuai syariah dalam mengelola SDA pertambangan mineral dan batubara di Indonesia dengan menggunakan metodologi Analytic Networking Process (ANP) serta dengan bantuan software Super Decision. Hasil penelitian menunjukkan pilihan model perikatan/akad Mudharabah Musyarakah dalam mengelola SDA pertambangan mineral dan batubara dengan alasan pada asas keadilan. 
MEDIASI NILAI PELANGGAN DAN KEPERCAYAAN MEREK PADA PENGARUH KEPRIBADIAN MEREK TERHADAP LOYALITAS Siti Zuhroh
EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan) Vol 19 No 3 (2015)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya(STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.057 KB) | DOI: 10.24034/j25485024.y2015.v19.i3.133

Abstract

Dalam mengambil keputusan pembelian konsumen tidak hanya didasarkan pada atribut produk seperti harga, desain, dan fungsi produk namun juga pada perasaan atau emosi yang ditimbulkan ketika menggunakan produk tersebut, sehingga akan lebih menjadi satu ikatan emosional antara merek dan konsumen yang akan mampu menjaga hubungan jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan hubungan antara kepribadian merek, serta menempatkan nilai pelanggan dan kepercayaan merek menjadi variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pengguna smartphone Blackberry di Malang Kota. Jumlah sampel sebanyak 307. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik acidental sampling dan diolah dengan menggunakan analisis GSCA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepribadian Merek berpengaruh tidak signifikan terhadap Loyaitas Merek namun berpengaruh signifikan positif terhadap loyalitas merek yang dimediasi oleh Nilai Pelanggan dan Kepercayaan Merek. Implikasi penelitian ini adalah memberikan informasi bagi Manajer Pemasaran untuk membangun strategi pemasaran dalam membangun Loyalitas Merek yang didasarkan pada aspek Psikologis.
KONTRIBUSI KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PUBLIKASI SUSTAINABILITY REPORT Muhammad Khafid; Mulyaningsih Mulyaningsih
EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan) Vol 19 No 3 (2015)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya(STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.057 KB) | DOI: 10.24034/j25485024.y2015.v19.i3.129

Abstract

Sustainability report adalah laporan sukarela untuk menyajikan laporan tanggung jawab perusahaan  aspek  sosial,  ekonomi,  lingkungan. Tercatat ada sekitar 47,1% perusahaan industri pertambangan yang membuat laporan keberlanjutan secara sukarela. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, dewan direksi, komite audit, dan governance committee terhadap publikasi sustainability report. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan industri pertambangan terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2011-2013. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Sampel yang masuk kriteria sebanyak 17 perusahaan. Unit analisis sampel untuk tahun 2011-2013 sebanyak 51 annual report. Metode analisis data penelitian ini yaitu regresi logistik. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel profitabilitas, ukuran perusahaan, dan governance committee, berperan positif terhadap publikasi sustainability report. Leverage, dewan direksi, dan komite audit tidak berpengaruh terhadap publikasi sustainability report. Saran untuk penelitian selanjutnya dengan memperhatikan kualitas isi pengungkapan dari publikasi sustainability report sesuai pedoman GRI. Selain itu sebaiknya menggunakan pengukuran yang berbeda sebagai proksi dari variabel atau mempertimbangkan faktor ekonomi, seperti perubahan kurs tingkat bunga, atau tingkat inflasi untuk menghasilkan penelitian yang lebih baik.
STRUCTURAL TRANSFORMATION OF ECONOMY IN SPECIAL REGION OF YOGYAKARTA Nur Feriyanto
EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan) Vol 19 No 3 (2015)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya(STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.057 KB) | DOI: 10.24034/j25485024.y2015.v19.i3.130

Abstract

The first aim of this study was to determine the relationship between the growth rate of GRDP and the growth rate of sectors’ labor absorption in Special Region of Yogyakarta. The second objective was using the Esteban Marquillas’ Shift-Share analysis to prove whether there has been a structural transformation of the economy in Special Region of Yogyakarta during 2009-2014. The third aim was to determine the impact of economic sectors’ growth in Indonesia on the growth of aggregate GRDP in Special Region of Yogyakarta.  Results of this study were: (1) There were three conditions used to observe the relationship between the growth rate of GRDP and the growth rate of labor absorption in Special Region of Yogyakarta namely anomalous, regressive, and progressive. (2) The use of Esteban Marquillas’ Shift-Share analysis showed that in the area of Special Region of Yogyakarta there had been a shift in the economic structure from the primary sector to the secondary and tertiary sectors. (3) The economic sectors’ growth in Indonesia could lead to the growth of aggregate GRDP in Special Region of Yogyakarta as much as 539.53 billion IDR. Suggestions offered by this research are as follows: (1) policy making by the government related to development has to pay attention to the relationship between economic growth and unemployment rate. (2) Government has to address the economic transformation from primary to tertiary sectors, especially for development planning; and (3) government needs to focus on economic development for the dominant sectors of economy in DIY province.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 8 No 1 (2024) Vol 7 No 4 (2023) Vol 7 No 3 (2023) Vol 7 No 2 (2023) Vol 7 No 1 (2023) Vol 6 No 4 (2022) Vol 6 No 3 (2022) Vol 6 No 2 (2022) Vol 6 No 1 (2022) Vol 5 No 4 (2021) Vol 5 No 3 (2021) Vol 5 No 2 (2021) Vol 5 No 1 (2021) Vol 4 No 4 (2020) Vol 4 No 3 (2020) Vol 4 No 2 (2020) Vol 4 No 1 (2020) Vol 3 No 4 (2019) Vol 3 No 3 (2019) Vol 3 No 2 (2019) Vol 3 No 1 (2019) Vol 2 No 4 (2018) Vol 2 No 3 (2018) Vol 2 No 2 (2018) Vol 2 No 1 (2018) Vol 1 No 4 (2017) Vol 1 No 3 (2017) Vol 1 No 2 (2017) Vol 1 No 1 (2017) Vol 20 No 4 (2016) Vol 20 No 3 (2016) Vol 20 No 2 (2016) Vol 20 No 1 (2016) Vol 19 No 4 (2015) Vol 19 No 3 (2015) Vol 19 No 2 (2015) Vol 19 No 1 (2015) Vol 18 No 4 (2014) Vol 18 No 3 (2014) Vol 18 No 2 (2014) Vol 18 No 1 (2014) Vol 17 No 4 (2013) Vol 17 No 3 (2013) Vol 17 No 2 (2013) Vol 17 No 1 (2013) Vol 16 No 4 (2012) Vol 16 No 3 (2012) Vol 16 No 2 (2012) Vol 16 No 1 (2012) Vol 15 No 4 (2011) Vol 15 No 3 (2011) Vol 15 No 2 (2011) Vol 15 No 1 (2011) Vol 14 No 4 (2010) Vol 14 No 3 (2010) Vol 14 No 2 (2010) Vol 14 No 1 (2010) Vol 13 No 4 (2009) Vol 13 No 3 (2009) Vol 13 No 2 (2009) Vol 13 No 1 (2009) Vol 12 No 4 (2008) Vol 12 No 3 (2008) Vol 12 No 2 (2008) Vol 12 No 1 (2008) Vol 11 No 4 (2007) Vol 11 No 3 (2007) Vol 11 No 2 (2007) Vol 11 No 1 (2007) Vol 10 No 4 (2006) Vol 10 No 3 (2006) Vol 10 No 2 (2006) Vol 10 No 1 (2006) Vol 9 No 4 (2005) Vol 9 No 3 (2005) Vol 9 No 2 (2005) Vol 9 No 1 (2005) Vol 8 No 4 (2004) Vol 7 No 4 (2003) More Issue