cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan)
ISSN : 2548298X     EISSN : 25485024     DOI : -
Core Subject : Economy,
Diterbitkan oleh Sekolah Tinggi ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya secara berkala (setiap tiga bulan) yaitu setiap Maret, Juni, September, dan Desember, dengan tujuan untuk menyebarluaskan hasil penelitian, pengkajian, dan pengembangan bidang ekonomi dan keuangan, khususnya bidang akuntansi, manajemen, pasar modal hukum bisnis, perpajakan, sistem informasi, serta bidang ekonomi dan keuangan lainnya. Artikel yang dipublikasikan dalam EKUITAS dapat berupa Artikel Penelitian maupun Artikel Konseptual (non-penelitian).
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 1 (2005)" : 7 Documents clear
SIKLUS HIDUP ORGANISASI: UPAYA-UPAYA STRATEGIS DALAM MENGHADAPI GEJALA PENURUNAN ORGANISASI AGAR DAPAT “GOING CONCERN” DAN TETAP UNGGUL Suryo Budi Santoso; Herni Justiana Astuti
EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan) Vol 9 No 1 (2005)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya(STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.057 KB) | DOI: 10.24034/j25485024.y2005.v9.i1.283

Abstract

Keuntungan dari krisis multi dimensi yang terjadi sejak tahun 1997 di Indonesia banyak yang dapat kita ambil sebagai pelajaran berharga. Diantaranya adalah banyaknya perusahaan yang mengalami gulung tikar dimana sebelumnya dia menjadi salah satu perusahaan yang sangat sukses bahkan disegani di tingkat asia dengan julukan “Macan Asia”. Menjadi organisasi yang unggul (competitive advantage) adalah pilihan yang mau tidak mau harus di ambil jika kita tidak mau kalah dalam persaingan di era globalisasi ini sehingga perusahaan dapat going concern.Upaya strategis yang dapat dilakukan yaitu; dengan konsep glocal strategy yang terdiri dari local, international, multinational, and global strategy approaches; diperlukanya etika di dalam strategi pembuatan keputusan; efektifitas dan komitmen dalam organisasi; harus memiliki tujuh sifat kesadaran organisasi seperti yang disarankan oleh Heaton dan Harung (1999) dan kesadaran emosional serta kesadaran spiritual; modal intelektual organisasi; pembelajaran organisasi dengan mengunakan management by process, experiment, demi transfer of knowledge.
ANALISIS PERSAMAAN SIMULTAN DARI TOBIN’S Q, KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN KEBIJAKAN UTANG Wahidawati Wahidawati
EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan) Vol 9 No 1 (2005)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya(STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.057 KB) | DOI: 10.24034/j25485024.y2005.v9.i1.289

Abstract

The purpose of this research to estimates a simultaneous equations model with Tobin’s Q (firm value), managerial ownership and debt policy jointly determined within the system. This research is based on the pre¬vious¬ research by Chen and Steiner (2000), which found that managerial ownership tobe a significant and positive determinant of the level Tobin’s Q. Chen and Steiner (1999) observed evidence of subtituons-monitoring effects between managerial ownership and debt policy.The research is focused on manufacturing companies listed in BEJ for periode 1999-2002.The method of data collection is done by using pooling method and give 151 firm year observation.This research uses a non linear simultaneous equation methodology with use the statistical method two stage least square. The result of research provides empirical evidence : First, that managerial ownership has a non linear relation with Tobin’s Q (we find support for both an alignmenteffect and an entrenchment effectin the relationship between managerial ownership and Tobin’s Q. second, The result supports the argument that managerial ownership helps to resolve the agency conflicts between stock holder and manager. The result also indicate that there is not subtitu¬ta¬bi¬li¬ty between debt and managerial ownership.
PENGARUH GENDER TERHADAP PROFESIONALISME MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI DI STIESIA SURABAYA Nur Handayani
EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan) Vol 9 No 1 (2005)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya(STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.057 KB) | DOI: 10.24034/j25485024.y2005.v9.i1.291

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh perbedaan gender terhadap tingkat profesionalisme mahasiswa dan mahasiswi di Program Studi Akuntansi STIESIA Surabaya. Pengukuran profesionalisme dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dikembangkan oleh Hill et al. (1998). Variabel-variabel pembentuk profesionalisme adalah knowledge, skill dan attitude. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 94 kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan tingkat profesionalisme yang secara statistik signifikan antara mahasiswa dengan mahasiswi di Program Studi Akuntansi STIESIA Surabaya.
ANALISIS ABNORMAL RETURN SURAT BERHARGA PADA PENAWARAN PERDANA DI BURSA EFEK JAKARTA (PERBANDINGAN PERIODE SEBELUM DAN SELAMA KRISIS MONETER) Tri Kartika Pertiwi
EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan) Vol 9 No 1 (2005)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya(STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.057 KB) | DOI: 10.24034/j25485024.y2005.v9.i1.280

Abstract

The research about abnormal return of initial offering has  been  carried out by many other researchers. The results indicated that underpricing which signed by positive abnormal returns occurred in the short time. However, the effects that has caused underpricing was still indicate inconsistency. The objective of this research is to examine the differences of abnormal return between company that carry out  initial public offering in the  period  before and during monetary crisis,with a special reference to Jakarta Stock Exchange. Furthermore, it also aims to find out effects of stock value uncertainty and company value that proxied by standard deviation and age, effect of informed demand proxied by delay time, and effect of underwriter reputation on abnormal return.Results indicated that there was significant abnormal return difference between the periods before and during monetary crisis.  The factor that effected abnormal return in the period before monetary crisis was delay variable and underwriter reputation. The results was contrary with initial assumption. The significant factor that influenced abnormal return in the period during monetary crisis was standard deviation and age
KAJIAN IMPLEMENTASI SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH BERDASARKAN KEPMENDAGRI NOMOR 29 TAHUN 2002 Sutjipto Ngumar; Ikhsan Budi
EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan) Vol 9 No 1 (2005)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya(STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.057 KB) | DOI: 10.24034/j25485024.y2005.v9.i1.333

Abstract

Tujuan kajian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang kondisi penerapan Sistem Penganggaran dan Pelaporan Keuangan Daerah apakah telah dijalankan sesuai dengan Kepmendagri No. 29 Tahun 2002, serta memberikan masukan kepada Pimpinan Pemerintah Daerah maupun Pimpinan Satuan Kerja tentang hal-hal dan tindakan-tindakan yang perlu dilakukan agar Sistem Penganggaran dan Pelaporan Keuangan Daerah sesuai dengan Kepmendagri No. 29 Tahun 2002 dan dapat dilakukan secara utuh, benar dan konsisten. Tahapan metode penelitian yang dilaksanakan meliputi; survey pendahuluan dengan tujuan mengenali obyek penelitian, prosedur dan sistem Akuntansi Keuangan Pemerintah Daerah berdasarkan Kepmendagri No 29 Tahun 2002 sehingga mendapatkan gambaran umum daerah yang diteliti; survey lapangan dilakukan setelah studi kepustakaan dan merupakan lanjutan dari survey pendahuluan, dalam melakukan survey lapangan peneliti mencari dan mendapatkan data secara langsung dari pemerintah daerah. Pengolahan data dilakukan dengan teknik penjodohan atau membandingkan Kepmendagri No. 29 tahun 2002 mengenai Sistem Penganggaran dan Pelaporan Keuangan Daerah dengan implementasinya. Tahap terakhir adalah penyusunan laporan kegiatan studi dan rekomendasi. Objek penelitian ini dilakukan di Pemerintah Kota Surabaya, Pemerintah Kabupaten Malang, dan Pemerintah Kabupaten Lamongan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Malang, Lamongan, dan Kota Surabaya belum sepenuhnya melaksanakan Kepmendagri No. 29 Tahun 2002. Terdapat banyak kendala yang menjadi penghambat pelaksanaan penganggaran dan akuntansi sesuai dengan Kepmendagri No. 29 Tahun 2002. Namun dapat dilihat bahwa telah ada niat dan usaha untuk melaksanakan peraturan tersebut dengan sebaik-baiknya sesuai dengan batas kemampuan pemerintah daerah. Masalah yang dihadapi tidak sepenuhnya berasal dari internal pemerintah daerah. Untuk itu baik pemerintah daerah yang diteliti maupun pemerintah propinsi sebagai pembina, perlu untuk segera mencari jalan untuk mengatasi masalah tersebut. Kerja sama antar pemerintah daerah dan pusat hendaknya lebih ditingkatkan lagi.
FAKTOR-FAKTOR FUNDAMENTAL MIKRO: PERTUMBUHAN AKTIVA, PERTUMBUHAN TINGKAT PENGEMBALIAN AKTIVA, RASIO UTANG, RASIO LANCAR, LABA BERSIH PER SAHAM, RASIO HARGA-LABA BERSIH PER SAHAM & HASIL (PENDAPATAN) SAHAM YANG BERPENGARUH TERHADAP HARGA SAHAM INDUSTRI MAKANAN & MINUMAN PADA BURSA EFEK DI INDONESIA Bambang Hadi Santsoso
EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan) Vol 9 No 1 (2005)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya(STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.057 KB) | DOI: 10.24034/j25485024.y2005.v9.i1.285

Abstract

The population of this research is shares of the issuers (go public companies) in the food and beverage industry listed on the stock exchange in Indonesia. The research period is 4 years (from year 1998 to2001), and its sample consists of 10 shares of issuers in the industry of food and beverage. The sample was taken from 18 shares of issuers, with the implementation of purposive or non-random sampling technique. The capital market roles are so important, and therefore, ideally, the analysis with the focus on factors and on dominant factors influenced price of shares is really needed to be carried out through a detail research. Focus of this research is on the impact of micro fundamental factors towards price of shares of the food and beverage industry listed on the stock exchange in Indonesia, especially after economy and monetary crisis happened in 1997 in Indonesia. Variables studied in the research are price of shares, and asset growth, return on asset growth, debt ratio, current ratio, earning per share, price earning ratio, and also dividend yield.  The source of data is secondary data obtained from the Surabaya and Jakarta Stock Exchanges, as well as Capital Market Reference Center. The model used for this research is multiple linier regressionanalysis model. Result of research concluded that the changes on price of shares of the food and beverage industry listed on the stock exchange in Indonesia were influenced simultaneously by asset growth, return on asset growth, debt ratio, current ratio, earning per share, price earning ratio, and dividend yield. Meanwhile, the changes on price of shares of the food and beverage industry listed on the stock exchange in Indonesia was influenced partially by only earning per share.
PENGARUH CITRA MEREK DAN CITRA PENGECER TERHADAP RESPON MEREK DAN RESPON PENGECER MELALUI KEPUASAN MEREK DAN KEPUASAN PENGECER Didit Darmawan; Pantja Djati
EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan) Vol 9 No 1 (2005)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya(STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.057 KB) | DOI: 10.24034/j25485024.y2005.v9.i1.293

Abstract

This research tries to compare brand image electronic products and store image to brand responses and store responses through brand satisfaction and customer store- satisfaction. The dominating existence of brand image and store image where customers buy the product.The result of this research shows that brand satisfaction influence brand responses than customer store-satisfaction. The contribution of this research for managers is that positive store image and customer store- satisfaction doesn’t mean that customer will not switch to other store but brand image and customer satisfaction to brand potentially hold the brand switching intention.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2005 2005


Filter By Issues
All Issue Vol 8 No 1 (2024) Vol 7 No 4 (2023) Vol 7 No 3 (2023) Vol 7 No 2 (2023) Vol 7 No 1 (2023) Vol 6 No 4 (2022) Vol 6 No 3 (2022) Vol 6 No 2 (2022) Vol 6 No 1 (2022) Vol 5 No 4 (2021) Vol 5 No 3 (2021) Vol 5 No 2 (2021) Vol 5 No 1 (2021) Vol 4 No 4 (2020) Vol 4 No 3 (2020) Vol 4 No 2 (2020) Vol 4 No 1 (2020) Vol 3 No 4 (2019) Vol 3 No 3 (2019) Vol 3 No 2 (2019) Vol 3 No 1 (2019) Vol 2 No 4 (2018) Vol 2 No 3 (2018) Vol 2 No 2 (2018) Vol 2 No 1 (2018) Vol 1 No 4 (2017) Vol 1 No 3 (2017) Vol 1 No 2 (2017) Vol 1 No 1 (2017) Vol 20 No 4 (2016) Vol 20 No 3 (2016) Vol 20 No 2 (2016) Vol 20 No 1 (2016) Vol 19 No 4 (2015) Vol 19 No 3 (2015) Vol 19 No 2 (2015) Vol 19 No 1 (2015) Vol 18 No 4 (2014) Vol 18 No 3 (2014) Vol 18 No 2 (2014) Vol 18 No 1 (2014) Vol 17 No 4 (2013) Vol 17 No 3 (2013) Vol 17 No 2 (2013) Vol 17 No 1 (2013) Vol 16 No 4 (2012) Vol 16 No 3 (2012) Vol 16 No 2 (2012) Vol 16 No 1 (2012) Vol 15 No 4 (2011) Vol 15 No 3 (2011) Vol 15 No 2 (2011) Vol 15 No 1 (2011) Vol 14 No 4 (2010) Vol 14 No 3 (2010) Vol 14 No 2 (2010) Vol 14 No 1 (2010) Vol 13 No 4 (2009) Vol 13 No 3 (2009) Vol 13 No 2 (2009) Vol 13 No 1 (2009) Vol 12 No 4 (2008) Vol 12 No 3 (2008) Vol 12 No 2 (2008) Vol 12 No 1 (2008) Vol 11 No 4 (2007) Vol 11 No 3 (2007) Vol 11 No 2 (2007) Vol 11 No 1 (2007) Vol 10 No 4 (2006) Vol 10 No 3 (2006) Vol 10 No 2 (2006) Vol 10 No 1 (2006) Vol 9 No 4 (2005) Vol 9 No 3 (2005) Vol 9 No 2 (2005) Vol 9 No 1 (2005) Vol 8 No 4 (2004) Vol 7 No 4 (2003) More Issue