cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Unnes Journal of Mathematics Education Research
ISSN : 22526455     EISSN : 25024507     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2014): November 2014" : 10 Documents clear
PBL PENDEKATAN REALISTIK SAINTIFIK DAN ASESMEN PISA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA
Unnes Journal of Mathematics Education Research Vol 3 No 2 (2014): November 2014
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakLiterasi matematika adalah kapasitas individu dalam merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari. Peneli-tian ini merupakan penelitian R&D yang bertujuan untuk mengembangkan perangkatPBL dengan pendekatan realistik-saintifikdanasesmen berorientasi PISAyangvaliddan praktis untukmeningkatkankemampuanliterasi matematikasiswaSMPsecaraefektif.Perangkatpembelajaran yangdikembangkan meliputi:silabus,RPP,LKS,bukusiswa,dan tes kemampuanliterasi matematikasiswaberorientasi PISA.Prosespengembanganperangkat merujukpadamodel Plomp yangmeliputi: investigasiawal,desain, konstruksi,tes,evaluasidan revisi.Ujicobaperangkat pembelajaranmelibatkan siswakelas VIII SMPN 5 Semarang tahunakademik2013/2014denganmenggunakan desain penelitiannon-randomizedpretest-posttest controlgroupdesign.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaperangkat pembelajarandinilaivalidoleh paraahli dengankategori sangatbaik. Perangkatpembelajaran dapatdikategorikanpraktis denganmerujukpadasiswadan gurumerespon positif, sertakemampuangurudalammengelolapembelajaran dikategorikan tinggi.Pembelajaranjuga efektif meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa.AbstractMathematics literacy is an individual capacity to formulate, to employ, and to interpret mathematicsin variouscontextsof daily life. This study is an R&D which aims to develop validand practical learning devices of  PBL with realistic-scientific approach and PISA-adaptedassessment in order to effectively improve mathematics literacy capability of  Junior HighSchool students. The learning devices includes: syllabus, lesson plans, student worksheet, studentbook,andPISA-adaptedtestof mathematics literacy. The development model followsthe Plomp model: initial investigation, design, construction, test, evaluation, and revision.The learning devices testing was done in grade VIII of  SMP N 5 Semarang of  academic year2013/2014 by using non-randomized pretest-posttest control group design. The result suggeststhat: the learning devices are considered valid by referring that the experts’ judgement consideredthat the learningdevicesareverygood.Thelearningdevicesareconsideredpracticalbyreferringthe positiveresponseof the students and teacher, as well as the teacher’s capabilityto organize learning was in high category. The learning is considered effective in improvingstudents’ mathematics literacy.
MODEL PROJECT BASED LEARNING BERMUATAN ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA
Unnes Journal of Mathematics Education Research Vol 3 No 2 (2014): November 2014
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematikamodel Project Based Learning (PjBL) bermuatan etnomatematika untuk menin-gkatkan kemampuan koneksi matematika yang valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan pembelajaran mengacu pada model Plomp mencakup kegiatan investigasiawal,perancangan, realisasi/ konstruksi,pengujian,evaluasi,dan revisi.Hasilpenelitian menunjukkanperangkatpembelajaran yangdikembangkan valid;yangmeliputi validitassilabusdenganrata-rata 4,26 (sangatbaik);RPP denganrata-rata4,26 (sangatbaik); LKSdengan rata-rata 4,26 (sangatbaik); buku ajarsiswadengan rata-rata 4,27 (sangatbaik)); dan TKKM dengan rata-rata4,42 (sangatbaik).Perangkatpembelajaran yangdikembangkan implementasinya dinyatakanpraktis,yaitu:(1)mengelolapembelajaran baik, skorrata-rata 4,48, 2),respon siswapositif mempunyai rata-rata 87,71.  Penerapan pembelajaran matematika dinyatakanefektif, denganindikator (1)kemampuan koneksi metematikamencapai ketuntasandengannilairataan80, kemampuankoneksimetematikamencapaiketuntasanklasikal dengan  ketuntasan mencapai85%,(2) Kelasmodel PjBLbermuatanetnomatematikalebih baikdari pada kelas ekspositori; 3)Karakter cinta budayalokaldanketerampilanprosesberpengaruhpositif terhadap kemampuan koneksimetematika; dan 4) Adanya peningkatan proses pembentukan kemampuan koneksimetematika pada kelas model PjBL bermuatan etnomatematika.AbstractThis study aims to determine the validity, analyze the practicality, analyze the effectivenessof  the application of  the learning mathematics. The research that used is instructional developmentmodel whichreferstoa Plomp’smodel. Theresultsof the development of  learningas follows: (1) develop a valid learning tool; Syllabus is 4.26 (very good); RPP is 4.26 (very good); LKS is 4.26 (very good); Textbook students is  4.27 (very good)); and TKKM is 4.42 (very good).; (2) learning   specified practice, namely: 1) abilityto manage classroom teacheisverygoodhasan average 4.48, 2) the positive student response to learning has an average  87.71;(3) learning mathematics effective, with indicator: 1) connection mathematics ability reachthe mastery standard both individually and classically; 2) class that learn use project basedlearning model contained etnomatematics better than expoxitory; 3) character source localcultureand Process Skill spositive influence on the connection of  mathematics ability as largeas 0.918; and 4) an increasing in the connection of  mathematics ability formation proccess of class project based learning model contained etnomatematics.  
ANALISIS PEMBELAJARAN DAN LITERASI MATEMATIKA SERTA KARAKTER SISWA MATERI GEOMETRI DAN PENGUKURAN
Unnes Journal of Mathematics Education Research Vol 3 No 2 (2014): November 2014
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakSecara umum tujuan penelitian ini dideskripsikannya proses pembelajaran dankemampuan literasi matematika serta karakter siswa pada materi geometri danpengukuran menggunakan analisis POAC. Penelitian ini merupakan jenis penelitiankualitatif. Bentukpendekatanpenelitian yangdigunakan adalah pendekatandeskriptif.Pengumpulandata dilakukan denganangket, observasi,wawancara,dadokumentasi.Sumberdata utama adalah gurumatematika dan siswa.Keabsahandatayangdigunakan dalampenelitian inidenganmenggunakan uji credibility,ujitransferability,ujidependability,uji dependability,dan uji confirmability.Hasilpenelitianyangdidapatkan bahwaproses pembelajarandankemampuanliterasimatematikasertakarakter siswapada materi geometridan pengukuran kelasVIIISMPN 1 TulismenggunakananalisisPOACtelah dilakukanberdasarkananalisisPOAC.Prosespembelajaranmatematika diidentifikasiberdasarkanprosespengajarandanprosesbelajar.Kemampuanliterasi matematikasiswarendah karenahanyamencapailevel4.AbstractThe general research questions in this study how the learning process and maths literacy skillsas well as the character of  the students on the geometry material and the measurement usingPOAC analysis. Generally this study’s aim are described the learning process and mathematicsliteracyskillsas well as the characterof the students on the geometry material and themesurement of  eight class of  Junior High School 1 Tulis using POAC analysis. This is a kindof  qualifative sudy. The form of  study approached were used descriptive observation, interviews,and documentation. Themain data source were mathematics teachersand students.Thevalidity data was used by using thetest of credibility. The test used in this study wereTesof  transferability, test of  dependabrility, and test of  confirmability. The result of  the studythat the learning process and maths literacy skills as well as the character of  the students onthe geometry material and the measurement of  the eight class of  Junior High School 1 Tulisusing POAC analysis has been done based on the POAC analysis. Mathematics learning processwasidentified based onthe processof teaching and learning. Mathematics literacy skillsof  students was low because only reached level 4. 
ANALISIS PEMBELAJARAN HUMANIS DAN KONSTRUKTIVISKARAKTER, DAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA
Unnes Journal of Mathematics Education Research Vol 3 No 2 (2014): November 2014
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pencapaian indikator teori humanismedankonstruktivismedalamperencanaan, bahanajar,danprosespembelajaranmateritrigonometri. Selainitu, ingindiketahui kemampuanliterasi matematikadankarakteryangmunculsebagaihasilbelajar.Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatif.Instrumen yang disusun dan dikembangkan terdiri dari instrumen penila-ian perangkat pembelajaran,instrumen penilaian proses pembelajaran, tes kemampuanliterasimatematika,daninstrumenpenilaiankarakter.Validitasinstrumenpenelitianditentukanberdasarkan validasitimahli dan hasil tes uji cobadi lapangan.Teknikpengumpulandata yaitudenganmetode tes,observasi,wawancara,dan angket.Analisisdatadilakukan sebelum,selama, dan setelah penelitianberupaanalisisdiskriptif kualitatif.Keabsahan data hasil penelitian diuji menggunakan metode trianggulasidata. PenilaianterhadapRPP dan proses pembelajaranberada pada levelyangrendah, penilaian bahan ajar tergolong sedang jika dilihat daritiga aspek yaitupembelajaranhumanis,konstruktivis,dankemampuanliterasimatematika.Pencapaiankemampuan literasi matematikamasihdalam levelmenerjemahkanmasalahkontekstualkemodelmatematika dan belummampumencapai tahap menerapkandanmenafsirkan.Ketujuhkarakteryangdiamati belumsepenuhnyaterlihat. Karakteryangterlihat selamapembelajaran adalah jujur,toleransi,tanggungjawab,rasaingintahu, dan percayadiri.AbstractThe purpose of  this study was to determine the achievement indicators humanism andconstructivism theory in planning, teaching materials, and learning materials in matter trigonometry.In addition, it will be analyzedthe mathematical literacyskills andcharacterthatappearsas a resultof learning. This research is qualitative. The instrument was conceived anddeveloped is instrument to assess of  learning tools such as lesson plans and teaching materials, learning assessment, tests of  mathematical literacy skills, and instrument of  character. Validi-ty instruments of  research is determined based on the validation of  expert team and the resultof  trial test. Data collection techniques are the methods of  testing, observation, interviews,and questionnaires. Data analysis is a qualitative descriptive analysis was performed before,during, and after the research. Validity data in this research was tested using triangulationmethod. results showed that lesson plan and learning process are at a low level and teachingmaterial at middle level when viewed from the aspect of  humanist, constructivist, mathematicalliteracycapabilities.Achievement of mathematical literacy skills are still in the level of contextual problem formulate into mathematical models and have not been able to reach thestage of  employing and interpreting. Seven characters observed yet fully visible, the charactersare seen during learning were honest, tolerance, responsibility, curiosity and self-confidence.
MODEL LEARNING CYCLE 5E DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN DISPOSISI MATEMATIS DAN BERPIKIR KRITIS
Unnes Journal of Mathematics Education Research Vol 3 No 2 (2014): November 2014
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matema-tika yang valid, praktis dan pembelajaran yang efektif. Model pengembangan pemb-elajaran mengacu pada model Plomp. Hasil pengembangan perangkat pembelajaransebagaiberikut: (1)perangkat pembelajaranyangdikembangkan valid;silabusadalah4,32 (sangatbaik); RPPadalah 4,42 (sangatbaik); LKSadalah4,28 (sangatbaik);bukusiswaadalah 4,32 (sangatbaik)); danTKBKadalah4,40 (sangatbaik);(2)perangkat pembelajaran dinyatakanpraktis,yaitu:a)kemampuangurumengelolakelas rata-ratanya4,10 (baik);danb)responsiswapositif denganrata-rata85,5%; (3) pembelajaran matematika dinyatakan efektif  yaitu: a) KBK siswa secaraindividu minimal mencapai kriteria 75, serta  proporsi siswa mendapatkan nilaiminimal KBKsama dengan 75 melebihi 75%; b) adanya pengaruh positif  disposisimatematis dan keterampilan berpikir kritis terhadap KBKsebesar 95,5%; c) berdasarkanuji banding KBK kelas LearningCycle5E dengan pendekatan Scientificlebihbaikdari pada kelas ekspositori;dan d) adanyapeningkatan disposisimatematissebesar0,47,keterampilanberpikirkritissebesar0,35dankemampuan berpikirkritissebesar 0,47. Hasilpenelitianperangkat pembelajaran dengan LearningCycle5Edengan pendekatan Scientifictelah valid dan terbukti praktis dan efektif.AbstractThe purpose of  this study was to produce a valid mathematics learning equipment, practical,and to determine the effectiveness of  learning. The research that used is instructional developmentmodelwhichrefersto a Plomp’smodel. Theresultof learning equipment development asfollows: (1) learning equipment developed is valid: syllabus 4,32 (very good); RPP4,42 (verygood); LKS4, 28(very good); student books 4,32(very good); and TKBK 4,40 (very good);(2) learning tool use specified practice: a) ability to manage classroom teacheris an average4,10 (verygood), b) the positive student response to learning has an average 85,5%;(3) learningmathematicseffective:a) the proportionof students who learn a minimum value criticalthinking  abilities  equal by 75 by 75%; b) the existence of  a positive influence of  dispositionmathematics  and skill softhe critical thinking ability as large as 95,5%; c) class that learn use5E Learning Cycle Model with a Scientific Approach better than expository; and d) an increasinginthedisposition mathematics as 0,47,theskills of the critical thinking as 0,35 and theKBK formation proccess of  experimental class as 0,604. The results have a valid and provenpractical and effective. 
MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERPADU DENGAN TIK UNTUK MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR
Unnes Journal of Mathematics Education Research Vol 3 No 2 (2014): November 2014
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPada kurikulum 2013 pelajaran TIK dihilangkan dan terintegrasi pada setiap matapelajaran.Ini menjadi tantangan bagi guru matematika supaya kompetensi TIK siswa tetap ditanamkan di sekolah meskipun pelajaran TIK telah dihilangkan.Skenario model MMPterpadu dengan TIK yaitu siswa diberi tugas terstrukturdengan memanfaatkan TIK pada setiap pertemuan.Tujuan penelitian ini adalahmenghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian inimerupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Borg and Gall.Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Silabus, RPP, Buku Siswa,LKS, dan TKPM.Cara pengambilan data dengan dokumen, angket, observasi,wawancara, dan tes. Pengolahan data uji efektifitas dengan uji ketuntasan, ujipengaruh, uji banding, dan uji peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan:perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dengan skor rataan 4.14;perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis karena respon positif  siswa83,10 % dan skor kemampuan guru mengelola kelas 4,26; pembelajaran matematikaefektif  karena rataan hasil TKPM kelas eksperimen 77,33 melebihi KKM = 70,rataan kelas ekperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, ada pengaruh positif kemandirian belajar dan keterampilan pemecahan masalah terhadap kemampuanpemecahan masalah sebesar 79%; serta terdapat peningkatan kemandirian,keterampilan pemecahan masalah, dan kemampuan pemecahan masalah.AbstractIn 2013 curriculum eliminated and integrated ICT lessons in each subject. It’s a challenge formathematics teachers ICT competencies that students stay in school despite the lessons instilledICT has removed.MMP Scenario models integrated with ICT that students are given structuredtasks with the use ICT at each meeting.The purpose this research to producemathematicallearningvalid, practical and effective. This research is development of  model Borg and Gall. Learning device was developed syllabus, lesson plans, Student Book, worksheets, and TKPM.Obtaining data based on collecting documents, questionnaire, observation, interview, and tests.The data processing effectiveness test included test completeness, effect of  test, test differenceand improvement test. The results showed: learning developed device valid with average skor4.14;learning developed device is practical based on 83,10% positive response of  students andscore of  the ability teachers to manage the class is 4.26; the learning mathematics effectiveresult because average results of  experimental class problem solving abilities is 77,33 exceedKKM 70, average experimental grade higher than control, and there is positive effect betweenindependence learningand problem solving skills to problem solving ability many 79%; therean increase independence learning, problem solving skills, and problem solving ability.
KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TAI DENGAN PENDEKATAN CONCEPT MAPPING BERBASIS KARAKTER
Unnes Journal of Mathematics Education Research Vol 3 No 2 (2014): November 2014
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakTujuan penelitian adalah mengetahui implementasi pembelajaran  kooperatif TAI dengan pendekatan concept mapping berbasis karakter untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika materi Geometrikelas X yang efektif  denganperangkat yang valid dan praktis mengacu model Thiagarajan yang dimodifikasi.Data TKLM diolah uji t, regresi, independen sample t-test, dan uji gain. Hasilpengembangan perangkat, sebagai berikut1) Perangkat pembelajaran valid denganskor silabus 3,96, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)4,05, Buku Ajar Siswa4,10,  Lembar Kerja Siswa(LKS) 4,10, dan Tes Kemampuan Literasi Matematika(TKLM)3,83; 2) Penerapan perangkat pembelajaran praktis, yaitu : (1) keterpakaianperangkat baik skor rata-rata 3,78 dan  (2) angket respon siswa positif  rata-rata81,8 %; 3) Pembelajaran efektif yaitu: (1) rata-rata TKLM 73,72dan ketuntasanrata-rata kelas>85 %,(2) karakter kemandirian dan keterampilan berpikir kreatif berpengaruh positif  terhadap kemampuan literasi matematika sebesar 80,3 %,(3)adanya perbedaan yang signifikan rata-rata kelas eksperimen 73,72  lebih baik darikelas kontrol 68,08; (4) adanya peningkatan enam siswa pilihan terhadap karakter0,595 dan keterampilan berpikir kreatif0,413 serta kemampuan literasi matematika0,650. Berdasarkan hasil validasi dan hasil uji coba diperoleh perangkat valid,praktis, dan efektif, makatujuanpengembanganperangkattercapai.AbstractThe purposeof  learning using character based cooperatife TAI with concept mappingapproach in crease mathematics literacy ability on effective Geometry material of  grade Xvalid and practical diveces refers to modifiedThiagarajan model. Date processed by t-test,regression, independent sample t-test, andgain test. The result of  learning devices developmentare as follows: 1) learning diveces developedvalid;Silabus3,96; RPP 4,05; BAS 4,10; LKS4,10; and TKLM3,82; 2) Classified partical, namely:(1) usefull good average3,78;(2) thepositivestudentresponseto learning average 81,8 %; 3) Mathematics learning is classifiedeffective, namely: (1) the TKLM average 73,72 and classicalincreased TKLM>85%, (2)the existence of  a positiveinfluence of  independent characterslearnand creative thinkingskills to mathematics literacy abillity 80,3 %, (3) there is a significant difference betwenmathematics literacy in experimental class 73,72 better than control class 68,08; (4) anincreasethe selectedsixstudents for their independent character 0,595 and creativethinkingskills0,413, while ability to mathematics literacy clasically 0,650. Based on theresults ofthevalidationandthetest results it is obtainedvalid, practicaland effective, therefor the goal of diveces developmentachieved.
PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL IKRAR BERPENDEKATAN RME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA
Unnes Journal of Mathematics Education Research Vol 3 No 2 (2014): November 2014
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran Penelitianini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran matematika Model IKRARberpendekatan RME yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan mengacupada model Plomp. Hasil penelitian ini adalah: (1)perangkatpembelajaran yangdikembangkan valid: Silabus 3,99 (baik); RPP3,93 (baik); bukusiswa 3,86 (baik);LKS 3,84 (baik); dan TKRM 4,03 (sangat baik) untuk rentang 1-5; (2) Perangkatpembelajaran dinyatakan praktis: a) rata-rata kemampuan guru mengelola kelas4,27 (sangat baik) untuk rentang 1-5; danb)rata-rata respon siswa positif  83,64%;(3) Pembelajaran matematika dinyatakan efektif: a) rata-rata KRM kelas uji cobaperangkat lebih besar dari 70, proporsi siswa dengan nilai minimal 70 melebihi75%; b) KRM siswa kelas IKRAR dengan rata-rata sebesar 81,95 lebih baik daripada kelas ekspositori sebesar 68,91; c) KRM siswa dipengaruhi secara bersamasamaoleh kemandiriandanketerampilansebesar73,2%;d)peningkatan KRMkelasIKRARsebesar 0,62 (sedang).Dalam pembelajaan matematika, hendaknyagurumemperhatikankemampuanrepresentasimatematikasiswa,khususnyadalammerepresentasikansoaldari bentuk teksmenjadibentuksimbolmatematika.AbstractThe purposeof  this studywas toproduce amathematics learning equipment is valid, practice,and effectiven. The research that used is instructional development model which refers toa Plomp’s model.Theresult of  learning equipment development as follows: (1) learningequipment developed isvalid: syllabusis 3,99 (good); RPPis3,93(good); student book is3,86 (good); LKSis3,84 (good); and testthe KRM is 4,03 (very good) for 1 to 5 scale; (2)learningtooluse specified practice, namely: a) abilityto manage classroom teacher is very goodhas an average 4,27, b) the positive student response to learning hasan average 83,64%;(3)learningmathematicseffective: a) KRM average grade test device is greater than 73, aswell as the proportion of  students who learn a minimum value equal by 70 by 75 %; b)the existence of  a positive influence of  independent learning and skill of  the matematicalrepresentationabilityas large as 81,95; c) class that learn use IKRAR Models better thanexpoxitory; and d) an increasing intheKRM formation proccess ofIKRAR class is 0,62(medium). In mathematics learning, teacher should pay attention to student’s mathematicalrepresentation ability, specialy to representate text form to mathematics symbol.
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN TERPADU MODEL INTEGRATED BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER
Unnes Journal of Mathematics Education Research Vol 3 No 2 (2014): November 2014
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terpadu modelintegrated bermuatan pendidikan karakter untuk meningkatkan kemampuanpemecahan masalah siswa yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan perangkatpembelajaran pada penelitian ini menggunakan modofikasi model Thiagarajan.Data TKPM diolah menggunakan t test, uji proporsi z, regresi sederhana, danuji Gain. Pengembangan perangkat menghasilkan: (1) Perangkat valid diperolehskor rata-rata silabus 3,80; RPP 3,87; buku siswa 3,64; LKS 3,58; dan TKPM 3,39dan keseluruhannya dalam kategori “valid”. (2) Perangkat praktis yang dilihatdari pengamatan pengelolaan pembelajaran 3,83 (baik), dan respon siswa 86,21%(sangat positif), (3) pembelajaran efektif  (a) TKPM 76,94 melampaui KKM 70dan mencapai ketuntasan klasikal lebih dari 80%, (b) Rata-rata hasil TKPMmodel integrated lebih dari rata-rata hasil TKPM dengan metode konvensional, (c)Aktivitas peserta didik berpengaruh positif  terhadap TKPM sebesar 89,8%, dan (d)Ada peningkatan yang cukup signifikan pretest 42,18 dan posttest 76,94.AbstractThe purpose of  this study to obtain the integrated learning model of  integrated chargedcharacter education to enhance students’ problem solving abilities are valid, practical, andeffective. The development of  learning tools in this study using a modification of  the modelThiagarajan. TKPM data processed using t-test, z test of  proportion, simple regression, andtest Gain. Software development produces: (1) a valid device obtained an average score of  3.80syllabus; RPP 3.87; BSS 3.64; LKS 3.58, and 3.39 and its overall TKPM in the categoryof  “valid”. (2) practical tools in the observation of  the learning management 3.83 (good),and 86.21% student response (very positive), (3) effective learning (a) 76.94 TKPM exceed70 KKM and achieve mastery over classical of  80%, (b) Average results TKPM integratedmodel more than the average TKPM results with conventional methods, (c) Activities learnerspositive effect on TKPM by 89.8.8%, and (d) There is a significant increase pretest 42.18 andposttest 76.94.
MODEL CYCLE 7E TERPADU PROGRAM SEKOLAH UNTUK PENINGKATAN KARAKTER RASA INGIN TAHU DAN PEMECAHAN MASALAH
Unnes Journal of Mathematics Education Research Vol 3 No 2 (2014): November 2014
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran matematika model Cycle 7E terpadu program sekolah untuk peningkatan karakter rasa ingin tahu dan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangandengan menggunakan model Borg and Gall (1987). Perangkat pembelajaranyang dikembangkan adalah Silabus, RPP, LKPD, Buku Ajar Peserta Didik, CDPembelajaran, dan TKPM.  Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah pesertadidik kelas X SMA PL Don Bosko. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif,uji t, uji z, uji regresi, dan uji normalitas gain. Hasil penelitian menunjukkan (1)perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid dengan skor silabus4.51, RPP 4.34, LKPD 4.48, Buku Ajar Peserta Didik 4.41, CD Pembelajaran 4.54,dengan skor tertinggi 5 sedangkan TKPM memenuhi kriteria valid; 2) perangkatpembelajaran yang dikembangkan dinyatakan praktis karena respon positif  pesertadidik 91,98 % dan skor kemampuan guru mengajar 4.42 dari skor tertinggi 5; (3) ujicoba perangkat pembelajaran efektif karena  rata-rata hasil kemampuan pemecahanmasalah kelas eksperimen 81,07 melebihi KKM=73, rataan kelas ekperimen lebihtinggi daripada kelas kontrol, serta ada pengaruh positif  antara rasa ingin tahu danketerampilan pemecahan masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah yangditunjukkan dengan persamaan regresi y ̂ =31,735  + 7,689x_1+ 7,207x_2 dengannilai pengaruh 64,6 %.AbstractThis research was aiming at developing mathematic learning device model Cycle 7E integratedwith school program to improve curiosity character and problem solving. The learning devicedeveloped covered Syllabus, Lesson Plan, Students Worksheet, Students Text Book, CD onLearning and Problem Solving Competence test. Technique of  data analysis was descriptiveanalysis ,t-test, z-test, regression test, and normality gain test. The result of  the researchshowed (1) learning deviced which was developed was stated valid with 4.51 for the syllabus,4.34 for lesson plan, 4.48 for students worksheet, 4.41 for Students Textbook,  4.54 for CDLearning, with maximum score 5 while Test on Problem Solving Competence fulfilled validcriteria; 2)Learning device which was developed was said practical due to the positive responsefrom the students 91,98 %  and teacher’s teaching competence score was 4.42 of  5; (3) try outof  learning device was effective because the average result of  problem solving in experimentalclass 81,07 which was more than minimum requirements=73, average of  experimental classwas higher than control class, and there was positive correlation between curiosity and problemsolving skill on the ability of  problem solving shown by regression equation  y ̂ =31,735  +7,689x_1+ 7,207x_2 with the correlation score  64,6 %.

Page 1 of 1 | Total Record : 10