cover
Contact Name
Rohmad Wahid
Contact Email
jurnal.gammath@unmuhjember.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.gammath@unmuhjember.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
ISSN : 25034723     EISSN : 25412612     DOI : -
Core Subject :
Gammath merupakan jurnal ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Jember tersedia gratis (open access) yang berisi tulisan ilmiah dari hasil pemikiran dan penelitian di bidang matematika dan pendidikan matematika.
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2018): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika" : 14 Documents clear
KEGUNAAN SIFAT ALJABAR KOMUTATIF DALAM PERKALIAN DUA BILANGAN Utomo, Rukmono Budi
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2018): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.033 KB) | DOI: 10.32528/gammath.v3i2.1602

Abstract

Penelitian ini menjelaskan teknik berhitung perkalian dua bilangan dengan memanfaatkan operasi aljabar yang bersifat komutatif. Teknik ini sebenarnya merupakan perumuman dari teknik perkalian bersusun ke bawah, dengan perbedaan yang terletak pada pemahaman akan operasi aljabar komutatif. Perhitungan perkalian dua bilangan dengan memahami bentuk operasi komutatif dalam aljabar akan lebih memudahkan dan mempercepat dalam menemukan hasil dari perkalian dua buah bilangan tersebut. Hal ini dikarenakan dalam konsep aljabar memungkinkan untuk diambil perumuman atau generalisasi dari suatu bentuk operasi komutatif. Dengan demikian dalam menghitung perkalian dua bilangan dapat dengan mudah dilakukan hanya dengan mengingat bentuk umum dari operasi komutatif dalam aljabar tersebut.Kata Kunci: Perkalian, Operasi, Aljabar, Komutatif.
PENGEMBANGAN “PAKSOBRI” DENGAN QUIZ FABER MATA KULIAH ALJABAR LINIER ELEMENTER DI UNIVERSITAS ISLAM JEMBER Siskawati, Fury Styo
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2018): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.189 KB) | DOI: 10.32528/gammath.v3i2.1604

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses dan hasil pengembangan “PAKSOBRI” dengan Quiz Faber mata kuliah Aljabar Linier Elementer di Universitas Islam Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa metode wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Dengan model pengembangan yang digunakan yaitu model 4D yang dipangkas menjadi 3D dimana hanya sebatas mengembangakan produk saja. Adapun tahapan yang dilalui antara lain yaitu: (1) Tahap pendefinisian (define) yang meliputi analisis awal akhir, analisis subjek, analisis materi, analisis tugas, analisis tujuan pembelajaran, dan analisis indikator hasil belajar; (2) Tahap Perancangan (design) yang melipiti penentuan jenis soal, dan penentuan format soal; (3) Tahap Pengembangan (develop) yang meliputi validasi ahli materi, kebahasaan dan tampilan, uji keterbacaan, dan uji coba kelompok kecil. Kemudian hasil dari pengembangan “PAKSOBRI” dengan Quiz Faber dapat dipaparkan bahwa telah berhasil dikembangkan “PAKSOBRI” dengan Quiz Faber yang layak digunakan dimana hasil tersebut diperkuat dengan persentase validasi ahli materi sebesar 94%, validasi ahli bahasa sebesar 80% dan validasi ahli tampilan sebesar 80%. Kemudian “PAKSOBRI” dengan Quiz Faber memiliki isi yang cukup jelas dan mudah dipahami oleh pembaca dimana pada uji keterbacaan rata-rata persentase penilaian yang diberikan sebesar 80%. Selain itu juga “PAKSOBRI” dengan Quiz Faber disukai oleh berbagai kelompok mahasiswa dengan tinjauan perbedaan nilai hasil belajar dimana berdasarkan respon mahasiswa jawaban yang diberikan adalah sangan suka dan suka dengan persentase rata-ratanya sebesar 83.33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “PAKSOBRI” dengan Quiz Faber layak digunakan pada mata kuliah Aljabar Linier Elementer di Universitas Islam Jember Kata Kunci: PAKSOBRI, Quiz Faber
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN BULAT Irawati, Tri Novita
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2018): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (351.115 KB) | DOI: 10.32528/gammath.v3i2.1599

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi bilangan bulat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan data menggunakan metode observasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan tingkat tinggi yang terdiri dari analisis tingkat kemampuan analisis siswa rata-rata mencapai 30%, tingkat mengevaluasi mencapai 32%, dan tingkat mencipta mencapai 23% dari skor maksimal 100. Berdasarkan hasil wawancara, kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sangat rendah karena mereka masih belum terbiasa mengerjakan soal tes. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi harus selalu ditingkatkan salah satunya melalui soal pemecahan masalah.Kata Kunci: Kemampuan berpikir tingkat tinggi, soal pemecahan masalah
PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR Putri, Riska Agustin Rismalanti
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2018): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.312 KB) | DOI: 10.32528/gammath.v3i2.1606

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar  siswa. (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar  siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian non eksperimen dengan desain kausalitas. Desain penelitian kausalitas adalah desain penelitian yang disusun untuk meneliti kemungkinan adanya hubungan sebab akibat antara variabel (Abdullah, 2015:35).  Pelaksanaan penelitian ini yaitu pada tanggal 28 Mei 2018 hingga 04 Juni 2018 di kelas VIII.8 SMP Negeri 2 Tamanan Bondowoso. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa tes. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes uraian. Berdasarkan penelitian yang diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar  siswa. Hal ini ditunjukan dengan menggunakan SPSS 21 didapat signifikan 0,000 < 0,025 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Besar pengaruh dalam penelitian ini model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar  siswa adalah sebesar 80,7% sedangkan sisanya yaitu 19,3% dipengaruhi oleh variabel lain. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terbukti dapat mempengaruhi hasil belajar  siswa.Kata Kunci: Realistic Mathematics Education (RME), hasil belajar , bangun ruang sisi datar.
APLIKASI PEWARNAAN GRAF TERHADAP PEMBUATAN JADWAL UJIAN SKRIPSI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS ISLAM JEMBER Mahmudah, Muhlisatul
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2018): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.629 KB) | DOI: 10.32528/gammath.v3i2.1600

Abstract

Universitas Islam Jember merupakan Perguruan Tinggi Swasta yang menyelenggarakan  pendidikian kota Jember. Pelaksanaan ujian skripsi mahasiswa di universitas Islam Jember khususnya pendidikan Matematika dilaksanakan sebanyak 2 (dua) kali, yaitu ujian proposal dan ujian Skripsi. Setiap mahasiswa akan diuji oleh 3 (tiga) orang dosen, yakni 2 orang dosen pembimbing dan 1 orang dosen penguji, sedangkan 1 orang dosen dapat menjadi penguji pada beberapa mahasiswa, sehingga dalam penyusunan  jadwal ujian skripsi harus mempertimbangkan ketersediaan waktu masing-masing dosen yang akan menguji. Penyusunan jadwal ujian skripsi di universitas islam jember program studi pendidikan matematika saat  ini dilakukan secara manual, sehingga masih ditemukannya jadwal ujian skripsi yang tumpang tindih. Jadwal ujian yang tumpang tindih mengakibatkan pelaksanaan ujian  tidak maksimal, sehingga diperlukan teknik dalam penyusunan jadwal ujian skripsi.  Salah satu teknik yang dapat digunakan untuk membentuk jadwal adalah pewarnaan titik graf. Hasil penelitian ini memperlihatkan pewarnaan titik dapat diterapkan dalam pembuatan jadwal ujian skripsi dengan memberikan hasil penjadwalan yang lebih baik dari metode sebelumnya. Jadwal ujian skripsi yang dihasilkan tidak lagi memperlihatkan jadwal ujian yang saling tumpang tindih sehingga pelaksanaan ujian skripsi berjalan dengan lebih baikKata kunci : Penjadwalan, Pewarnaan Titik, Ujian, Skripsi.
PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTs DENGAN DAN TANPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE Oemi Noer Qomariyah, Ririn Febriyanti,
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2018): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.859 KB) | DOI: 10.32528/gammath.v3i2.1632

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan  hasil belajar matematika dengan dan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada siswa. karena pada umumnya siswa akan lebih semangat dalam proses pembelajaran, saat mereka dihadapkan dengan pertanyaan – pertanyaan yang diberikan oleh guru. Sehingga model pembelajaran ini melatih siswa untuk berani berpendapat dan menghargai pendapat teman. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian two group post-test-only design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Miftakhul Ulum Gondang, dengan pengambilan sampel dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas VIII - B kelas eksperimen, siswa kelas VIII - C sebagai  kelas kontrol dan siswa kelas VIII - A sebagai kelas uji coba. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika berbentuk essay. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t. Hasil  rata-rata nilai hasil belajar diperoleh nilai 83,83 untuk kelas eksperimen dan 68,83 untuk kelas kontrol, yang berarti nilai rata-rata  hasil belajar matematika siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share lebih tinggi dari nilai rata-rata  hasil belajar matematika siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil uji hipotesis  (Independent Samples Test) diperoleh nilai Sig.(2-tailed) = 0,000, karena nilai Sig.(2-tailed)  = 0,000, berarti 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima.. Kesimpulannya ada perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas VIII dengan dan tanpa menggunakan  model pembelajaran kooperatif  tipe think pair share MTs Miftakhul Ulum Gondang.Kata kunci : Hasil Belajar Matematika dan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share .
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XII SMA MATERI PROGRAM LINEAR Ferry Ferdianto, Devi Liyana,
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2018): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1058.102 KB) | DOI: 10.32528/gammath.v3i2.1601

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbasasis masalah materi program linear.  Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini mengambil 10 subjek yang diambil menggunakan teknik stratified random sample dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan siswa untuk menyelesaikan soal matematika berbasis masalah Hasil penelitian menunjukan bahwa seluruh subyek penelitian memiliki kemampuan dalam menyelesaiakan soal matematika berbasis masalah dengan berbagai tingkatan.Kata Kunci:  Kemampuan Matematika, Soal Matematika Berbasis Masalah, Materi Program Linear
PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTs DENGAN DAN TANPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE Ririn Febriyanti, Oemi Noer Qomariyah
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2018): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/gammath.v3i2.1632

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan  hasil belajar matematika dengan dan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada siswa. karena pada umumnya siswa akan lebih semangat dalam proses pembelajaran, saat mereka dihadapkan dengan pertanyaan – pertanyaan yang diberikan oleh guru. Sehingga model pembelajaran ini melatih siswa untuk berani berpendapat dan menghargai pendapat teman. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian two group post-test-only design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Miftakhul Ulum Gondang, dengan pengambilan sampel dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas VIII - B kelas eksperimen, siswa kelas VIII - C sebagai  kelas kontrol dan siswa kelas VIII - A sebagai kelas uji coba. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika berbentuk essay. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t. Hasil  rata-rata nilai hasil belajar diperoleh nilai 83,83 untuk kelas eksperimen dan 68,83 untuk kelas kontrol, yang berarti nilai rata-rata  hasil belajar matematika siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share lebih tinggi dari nilai rata-rata  hasil belajar matematika siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil uji hipotesis  (Independent Samples Test) diperoleh nilai Sig.(2-tailed) = 0,000, karena nilai Sig.(2-tailed)  = 0,000, berarti 0,000 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima.. Kesimpulannya ada perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas VIII dengan dan tanpa menggunakan  model pembelajaran kooperatif  tipe think pair share MTs Miftakhul Ulum Gondang.Kata kunci : Hasil Belajar Matematika dan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share .
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XII SMA MATERI PROGRAM LINEAR Devi Liyana, Ferry Ferdianto
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2018): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/gammath.v3i2.1601

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbasasis masalah materi program linear.  Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini mengambil 10 subjek yang diambil menggunakan teknik stratified random sample dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan siswa untuk menyelesaikan soal matematika berbasis masalah Hasil penelitian menunjukan bahwa seluruh subyek penelitian memiliki kemampuan dalam menyelesaiakan soal matematika berbasis masalah dengan berbagai tingkatan.Kata Kunci:  Kemampuan Matematika, Soal Matematika Berbasis Masalah, Materi Program Linear
KEGUNAAN SIFAT ALJABAR KOMUTATIF DALAM PERKALIAN DUA BILANGAN Rukmono Budi Utomo
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2018): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/gammath.v3i2.1602

Abstract

Penelitian ini menjelaskan teknik berhitung perkalian dua bilangan dengan memanfaatkan operasi aljabar yang bersifat komutatif. Teknik ini sebenarnya merupakan perumuman dari teknik perkalian bersusun ke bawah, dengan perbedaan yang terletak pada pemahaman akan operasi aljabar komutatif. Perhitungan perkalian dua bilangan dengan memahami bentuk operasi komutatif dalam aljabar akan lebih memudahkan dan mempercepat dalam menemukan hasil dari perkalian dua buah bilangan tersebut. Hal ini dikarenakan dalam konsep aljabar memungkinkan untuk diambil perumuman atau generalisasi dari suatu bentuk operasi komutatif. Dengan demikian dalam menghitung perkalian dua bilangan dapat dengan mudah dilakukan hanya dengan mengingat bentuk umum dari operasi komutatif dalam aljabar tersebut.Kata Kunci: Perkalian, Operasi, Aljabar, Komutatif.

Page 1 of 2 | Total Record : 14


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 7, No 2 (2022): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 7, No 1 (2022): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2021): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 1 (2021): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2020): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 1 (2020): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2019): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2019): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2019): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2018): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2018): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2018): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2018): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2017): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2017): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2017): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2017): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2016): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2016): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2016): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2016): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika More Issue