cover
Contact Name
Alim Harun Pamungkas
Contact Email
alimharun@fip.unp.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
alimharun@fip.unp.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS)
ISSN : 23382392     EISSN : 26203308     DOI : -
Core Subject : Education,
SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar (PLS) memuat artikel-artikel hasil penelitian dan atau kajian analitis-kritis di bidang pendidikan luar sekolah secara khusus pada pembangunan pendidikan orang dewasa, pendidikan masyarakat, pelatihan dan pengembangan sumber manusia, penyuluhan, dan pengembangan masyarakat. Spesifikasi kajian ditujukan untuk pengalaman, pengembangan, dan menjelaskan tentang sejarah, filosofi, prinsip-prinsip, kebijakan, desain, dan teknologi yang digunakan dan dikembangkan dalam layanan pendidikan di luar sistem persekolahan.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2013): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing April 2013" : 20 Documents clear
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN LUDO GEOMETRI DI PAUD HABIBUL UMMI II Ramaikis Jawati
SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Vol 1, No 1 (2013): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing April 2013
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (112.095 KB) | DOI: 10.24036/spektrumpls.v1i1.1537

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh  rendahnya kemampuan kognitif anak. Hal ini diduga disebabkan oleh kurang menariknya media yang digunakan guru dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatkan kemampuan  kognitif anak melalui permainan ludo geometri di PAUD Habibul Ummi II.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian anak PAUD Habibul Ummi II. Pada kelompok usia 5-6 tahun yang berjumlah 12 orang pada semester I tahun ajaran 2012-2013. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu masing-masing siklus 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi.Berdasarkan hasil penelitian, Maka  dapat disimpulkan bahwa melalui permainan ludo geometri dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini 5-6 tahun dalam aspek mengenal bentuk geometri, mengenal bilangan, dan mengelompokkan warna.
PENGENALAN MEMBACA BAGI ANAK USIA DINI DENGAN PENDEKATAN BEYOND CENTER CIRCLE TIME(BCCT) DITAMANKANAK-KANAKISLAM AL-AZHAR KOTA BUKITTINGGI Laura Neswita Yulia
SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Vol 1, No 1 (2013): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing April 2013
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (127.094 KB) | DOI: 10.24036/spektrumpls.v1i1.1486

Abstract

Abstrak Latar belakang penelitian ini adalah cara guru dalam mengenalan membaca kepada anak usia dini melalui pembelajaran sentra (BCCT), dengan tujuan untuk mengetahui upaya-upaya guru melalui pemilihan sentra pembelajaran, penggunaan media dalam pembelajaran, pemilihan materi atau bahan ajar untuk pengenalan membaca. Responden dari penelitian ini adalah guru TK Islam Al-Azhar yang berjumlah 21 orang, dan terdaftar sebagai guru TK di Dinas Pendidikan Kota Bukittinggi. Hasil penelitian ditemukan bahwa pemilihan pendekatan pembelajaran sentra, penggunaan media yang tepat , kreatif dan inovatif, serta pemilihan materi atau bahan ajar yang sesuai ternyata merupakan upaya guru dalam pengenalan membaca kepada anak usia dini di TK Islam A-Azhar.
Penerapan Disiplin Oleh Lembaga Kursus Menjahit Pondok Busana Modiste Menurut Warga Belajar Mella Sri Rahayu Nursrilfa
SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Vol 1, No 1 (2013): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing April 2013
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (118.438 KB) | DOI: 10.24036/spektrumpls.v1i1.1511

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi karena keberhasilan kursus menjahit Pondok Busana Modiste dalam Penerapan Disiplin warga belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) gambaran penerapan disiplin waktu oleh lembaga dalam pelaksanaan kursus menjahit menurut warga belajar, (2) gambaran penerapan disiplin belajar oleh lembaga dalam pelaksanaan kursus menjahit menurut warga belajar dan (3) gambaran penerapan disiplin melalui tata tertib oleh lembaga dalam pelaksanaan kursus menjahit menurut warga belajar. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 30 orang dan semua dijadikan responden. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan disiplin waktu yang dilakukan sudah sangat baik, penerapan disiplin belajar yang dilakukan sangat baik, dan penerapan tata tertib yang dilakukan sangat baik.
PELAKSANAAN PENDIDIKAN KELUARGA TENTANG SIKAP SANTUN PADA ANAK REMAJA DALAM PENDIDIKAN KELUARGA DI JORONG AMPALU KACIAK KECAMATAN LIMA KAUM KABUPATEN TANAH DATAR Mutya Amillda Chair
SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Vol 1, No 1 (2013): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing April 2013
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (107.306 KB) | DOI: 10.24036/spektrumpls.v1i1.1453

Abstract

Abstrak Artikel ini ditulis untuk menemukan tentang bagaimana sikap santun anak remaja dalam berbicara di dalam keluarga dan sikap santun remaja dalam bertingkah laku . Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitaif dengan populasi 81 anak remaja dengan sample 45 anak remaja, alat pengumpul datanya berupa  questioner, pengelolaan data memakai persentase. Hasil penelitian bahwa Pelaksanaan pendidikan keluarga tentang Sikap  santun anak remaja dalam berbicara dalam pendidikan keluarga masih rendah, ini terlihat dari sebagian besar  anak remaja menyatakan kurang dalam  Menghargai, Memberikan Perhatian dan empati, dan tidak merespon pembicaraan di dalam pendidikan keluarga, Pelaksanaan pendidikan keluarga tentang Sikap  Santun anak remaja dalam bertingkah laku dalam pendidikan keluarga masih rendah, ini terlihat dari sebagian besar anak remaja menyatakan  kurang  dalam tolong- menolong dan berbuat baik.
HUBUNGAN ANTARA KETERLIBATAN ANAK DALAM KEGIATAN EKONOMI DENGAN PUTUS SEKOLAH DI JORONG PASAR SIALANG GAUNG KABUPATEN DHARMASRAYA Sukma rita
SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Vol 1, No 1 (2013): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing April 2013
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (129.901 KB) | DOI: 10.24036/spektrumpls.v1i1.1757

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya angka anak yang putus sekolah di Jorong Pasar Sialang Gaung Dharmasraya. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara keterlibatan anak dalam kegiatan ekonomi keluarga dengan anak putus sekolah. Jenis Penelitian ini kuantitatif korelasional. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposif yaitu sebanyak 40 orang anak putus sekolah dan 20 orang anak tidak putus sekolah. Teknik analisis data menggunakan rumus Chi-Squre..Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlibatan anak dalam kegiatan ekonomi keluarga sangat tinggi, (2) tinggi angka anak putus sekolah terlihat pada tingkat pendidikan SD dan SMP, dan (3) ada hubungan yang signifikan antara keterlibatan anak dalam kegiatan ekonomi keluarga dengan angka anak putus sekolah di Jorong Pasar Sialang Gaung.
PENINGKATAN PERILAKU MORAL ANAK MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR ORANG-ORANGAN DI PAUD HABIBUL UMMI II KECAMATAN SUTERA KABUPATEN PESISIR SELATAN yanti yanti
SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Vol 1, No 1 (2013): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing April 2013
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (108.095 KB) | DOI: 10.24036/spektrumpls.v1i1.1487

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi oleh prilaku moral anak yang masih rendah di PAUD Habibul Ummi II Koto Panjang.  Hal ini terutama disebabkan karena metode dan media yang digunakan guru dalam mengajar tidak bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prilaku moral anak dengan menggunakan metode bercerita dengan media gambar orang-orangan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah anak umur 5-6 tahun sebanyak 10 orang yang belajar pada semester 2 tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian terdiri atas dua siklus teknik yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan perhitungan persen. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa terjadi peningkatan prilaku moral anak dengan metode bercerita menggunakan media gambar orang-orangan dari siklus I dan II. Harapan dari penelitian ini adalah pendidik anak usia dini dapat menggunakan metode bercerita menggunakan media gambar orang-orangan untuk meningkatkan prilaku moral anak agar berkembang dengan optimal.
PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA TUTUP BOTOL HIAS DI PAUD KENANGA I KABUPATEN PESISIR SELATAN Elok Siti Muflikha
SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Vol 1, No 1 (2013): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing April 2013
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162.862 KB) | DOI: 10.24036/spektrumpls.v1i1.1450

Abstract

AbstrakArtikel ini ditulis untuk menggambarkan peningkatan kemampuan anak mengenalhuruf yang terdiri dari beberapa aspek yaitu (1) menyebutkan bunyi huruf dengan benar(2) menyebutkan huruf awal dari nama benda-benda yang ada disekitarnya (3)menyebutkan huruf akhir dari nama benda-benda yang ada disekitarnya (4)menggabungkan huruf menjadi suku kata (5) menggabungkan suku kata menjadi kata.Penelitian ini menggunakan tindakan kelas. Sumber data penelitian ini adalah anakPAUD Kenanga I kelompok B sebanyak lima belas orang. Instrumen penelitianmenggunakan format observasi. Setelah melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan,pengamatan, dan refleksi data dianalisis menggunakan presentase. Hasil penelitianmenunjukkan kemampuan anak mengenal huruf melalui media tutup botol hias padaSiklus II meningkat sangat tinggi sebesar 93%.
GAMBARAN KEHIDUPAN PASANGAN YANG MENIKAH DI USIA MUDA DI KABUPATEN DHARMASRAYA Hesti Agustian
SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Vol 1, No 1 (2013): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing April 2013
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.667 KB) | DOI: 10.24036/spektrumpls.v1i1.1516

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin meningkatnya jumlah pernikahan di usia muda di Desa Ampalu Kecamatan Koto Salak Kabupaten Dharmasraya, yang mana tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat pendidikan, gambaran ekonomi, serta gambaran budaya pasangan yang menikah di usia muda di desa Ampalu kecamatan Koto Salak kabupaten Dharmasraya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data ialah melalui wawancara terstruktur. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Tingkat pendidikan pasangan yang menikah di usia muda di Desa Ampalu Kecamatan Koto Salak Kabupaten Dharmasraya masih tergolong rendah. (2) Rata-rata ekonomi pasangan yang menikah di usia muda di Desa Ampalu Kecamatan Koto Salak Kabupaten Dharmasraya tergolong cukup kaya. (3) Pasangan yang menikah di usia muda di Desa Ampalu Kecamatan Koto Salak Kabupaten Dharmasraya menggambarkan budaya yang mengarah pada perkawinan usia muda.
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU PESAN BERANTAI DI PAUD MELATI KOTA PADANG Rahmawati Rahmawati
SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Vol 1, No 1 (2013): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing April 2013
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (119.605 KB) | DOI: 10.24036/spektrumpls.v1i1.1454

Abstract

Abstrak Artikel ini ditulis untuk 1) Mengambarkan peningkatan kemampuan berbahasa anak dalam mengikuti 3 perintah sekaligus melalui permainan kartu pesan berantai, 2) Mengambarkan peningkatan kemampuan berbahasa anak dalam membedakan suatu benda melalui permainan kartu pesan berantai, 3) Mengambarkan peningkatan kemampuan berbahasa anak dalam menjawab pertanyaan “kapan” melalui permainan kartu pesan berantai. Penelitian ini dilakukan di PAUD Melati Padang Barat yang berjumlah 19 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menggambarkan bahwa 1) permainan kartu pesan berantai dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak dalam mengikuti tiga perintah sekligus, 2) permainan kartu pesan berantai dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak dalam menyebutkan perbedaan suatu benda, 3) permainan kartu pesan berantai dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak dalam menjawab pertanyaan “kapan”. Dalam upaya meningkatkan kemampuan berbahasa anak pada aspek mengikuti 3 perintah sekaligus, menyebutkan perbedaan suatu benda, menjawab pertanyaan “kapan” diharapkan kepada guru lebih kreatif untuk dapat menggunakan berbagai media untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak.
HAMBATAN – HAMBATAN WARGA BELAJAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN PROGRAM PAKET C DI KECAMATAN PANCUNG SOAL KABUPATEN PESISIR SELATAN Neni Ana Nofita
SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Vol 1, No 1 (2013): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing April 2013
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (142.863 KB) | DOI: 10.24036/spektrumpls.v1i1.1489

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dengan menurunnya kehadiran warga belajar program paket C setara SMA di Muara Sakai kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan.  Penelitian ini bertujan untuk mengetahui hambatan warga belajar dalam proses pembelajaran program paket C setara SMA di Muara Sakai Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan: a) gambaran warga belajar di lihat dari segi  minat dalam  pembelajaran b) gambaran warga belajar  dilihat dari segi ketersediaan waktu dalam pembelajaran c) gambaran warga belajar di lihat dari segi kesibukan pekerjaan.  Adapun jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah warga  belajar  dalam pembelajaran paket C  yang berjumlah 30 orang dan semuanya dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan angket. Teknik analisis data yang di gunakan dengan rumus persentase. Temuan penelitian ini menunjukan  bahwa  warga belajar mengalami hambatan belajar pada program kesetaraan paket C di tinjau dari aspek: a) minat warga belajar dalam kegiatan pembelajaran memiliki hambatan pada tingkat sedang, b) ketersediaan waktu menjadi hambatan bagi warga belajar dalam kegiatan pembelajaran, pada tingkat sedang, c) kesibukan bekerja bagi warga belajar  menjadi hambatan warga belajar untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran, hambatan ini tergolong dalam kategori sedang. Dari kesimpulan yang telah dikemukakan di atas, maka di sarankan Tutor sebaiknya merancang pembelajaran yang menarik minat warga belajar dan dapat memotivasi warga belajar agar lebih rajin mengikuti kegiatan pembelajaran.

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 3 (2024): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing August 2024 Vol 12, No 2 (2024): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing May 2024 Vol 12, No 1 (2024): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing Februari 2024 Vol 11, No 4 (2023): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing November 2023 Vol 11, No 3 (2023): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing August 2023 Vol 11, No 2 (2023): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing May 2023 Vol 11, No 1 (2023): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing Februari 2023 Vol 10, No 4 (2022): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing November 2022 Vol 10, No 3 (2022): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing August 2022 Vol 10, No 2 (2022): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing May 2022 Vol 10, No 1 (2022): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing Februari 2022 Vol 9, No 4 (2021): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing November 2021 Vol 9, No 3 (2021): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing August 2021 Vol 9, No 2 (2021): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing May 2021 Vol 9, No 1 (2021): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing February 2021 Vol 8, No 4 (2020): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing December 2020 Vol 8, No 3 (2020): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing September 2020 Vol 8, No 2 (2020): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing Juny 2020 Vol 8, No 1 (2020): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing March 2020 Vol 7, No 4 (2019): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing December 2019 Vol 7, No 3 (2019): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing September 2019 Vol 7, No 2 (2019): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing Juny 2019 Vol 7, No 1 (2019): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing March 2019 Vol 6, No 4 (2018): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing December 2018 Vol 6, No 3 (2018): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing September 2018 Vol 6, No 2 (2018): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing Juny 2018 Vol 6, No 1 (2018): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing March 2018 Vol 3, No 1 (2015): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing April 2015 Vol 2, No 2 (2014): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing October 2014 Vol 2, No 1 (2014): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing April 2014 Vol 1, No 2 (2013): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing October 2013 Vol 1, No 1 (2013): SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS): Publishing April 2013 More Issue